17 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Dengan Kota Ungaran sebagai ibu kotanya.

Semarang menyuguhkan pemandangan yang memukau dengan hawa yang sejuk, terutama di daerah Ungaran dan Bandungan. Dan pada beberapa tempat wisata terdapat wisata kuliner khas Semarang yang menggugah selera.

Semarang memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Kabupaten Semarang.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang wajib Anda kunjungi:

1. Taman Bunga Celosia Bandungan

Lokasi: Jln. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Taman Bunga Celosia menghadirkan konsep tempat wisata dengan banyak spot foto seolah Anda sedang keliling dunia.

Di sini terdapat replika Patung Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Paris, Kincir Angin di Belanda, hingga ragam warna-warni bunga cantik yang sungguh memesona.

2. I’AMpelgading Homeland

Lokasi: Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

I’AMpelgading Homeland ini berada pada ketinggian 1.300 mdpl. Dimana Anda akan merasakan udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang sungguh memesona.

Untuk menikmati suguhan alam dengan lebih lama, Anda bisa berkemah di sini. Sebaiknya gunakan sepeda motor untuk mendatangi desitnasi wisata ini, mengingat akses jalan yang tidak begitu luas.

3. Mawar Camp Area

Lokasi: Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Mawar Camp Area yang terletak di kaki Gunung Ungaran menawarkan pemukiman dengan udara sejuk. Rasa tenang dan damai akan Anda dapatkan saat berkunjung ke sini.

Anda bisa menikmati alam dengan camping di Mawar Camp Area ini. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap membuat Anda bisa berlibur dengan sangat nyaman.

4. Desa Wisata Sepakung

Lokasi: Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Desa Wisata Sepakung mengajak Anda untuk menikmati suasana asri dengan udara yang segar dari kawasan Bukit Cemoro Sewu.

Di sini Anda juga bisa melihat hamparan Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran. Adapun fasilitas yang ada di sini, seperti gardu pandang, ayunan, hingga sepeda layang yang membuat liburan Anda semakin seru.

5. Agrowisata Kopeng

Lokasi: Dusun Dukuh, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Agrowisata Kopeng menawarkan pengalam seru yakni dengan memetik buah jambu biji kristal, serta menikmati keindahan yang tersaji melalui Menara Pandang 3.

Ada juga taman bunga dengan Menara Kudus dengan tinggi 4 lantai atau sekitar 15 meter dari permukaan tanah, terbuat dari bambu.

Dari sini, Anda juga bisa melihat 6 gunung sekaligus, di antaranya Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Gajah, dan Gunung Merbabu.

6. Setiya Aji Flower Farm

Lokasi: Jl. Kendalisodo, Dusun Ngasem, Desa Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Setiya Aji Flower Farm akan menjadi destinasi wisata yang menyenangkan untuk para pecinta tanaman, terutama bunga.

Menghadirkan kesan yang romantis, Setiya Aji Flower Farm sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama pasangan.

Warna-warni bunga yang terhampar dan dirangkai dengan cantik, membuat Anda bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang yang sungguh memesona.

7. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Lokasi: Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Pondok Wisata Umbul Sidomukti menyuguhkan pemandangan berupa kawasan perbukitan dengan udaranya yang begitu menyejukkan.

Di sini, terdapat tiga kolam pemandian yang letaknya berada di antara jurang.

Menikmati kesejukan alam sambil berendam di kolam air bebatuan tentu akan membuat Anda menjadi sangat relaks.

Selain itu terdapat beberapa permainan yang bisa Anda coba, seperti flying fox, Marine Bridge, Rapeling, hingga ATV.

8. Susan Spa & Resorts

Lokasi: Jl. Gintungan Utara, Dusun Piyoto, jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Liburan tidak selalu tentang mengunjungi tempat yang indah, tetapi juga tentang sebuah tempat yang menyajikan rasa relaks

Susan Spa & Resort menawarkan berbagai fasilitas yang akan memanjakan Anda, di sini terdapat kolam renang air hangat dengan suguhan pemandangan berupa hamparan alam hijau dengan kabut tipis yang begitu eksotis.

Resort ini juga menawarkan fitur menarik berupa Kapel La Kana yang berbentuk unik dan cantik. Anda juga bisa menyantap berbagai wisata kuliner yang lezat di resto yang tersedia.

9. Vanaprastha Gedong Songo Park

Lokasi: Kompleks Candi Gedong Songo, Lereng Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Vanaprastha Gedong Songo Park merupakan sebuah rumah kayu yang berada di antara pepohonan pinus.

Dimana terdapat tiga rumah kayu berbahan dasar kayu jati yang berusia lebih dari 100 tahun.

Terletak di dalam kompleks Candi Gedong Songo, kawasan wisata ini menawarkan sensasi sejuk dan pemandangan yang indah dari hutan pinus yang memesona.

10. Candi Gedong Songo

Lokasi: Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Candi Gedong Songo yang berlokasi di lereng Gunung Ungaran menjadikan Candi Gedong Songo sebagai salah satu candi tertinggi di Indonesia.

Nikmati keindahan alam yang tersaji saat matahari pagi perlahan naik di balik gunung berselimut awan di Candi Gedong ini.

Anda juga bisa berfoto dengan background bangunan candi, hutan, dan pegunungan yang sangat keren.

11. Dusun Nglarangan

Lokasi: Dusun Ngalarangan, Desa Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Dusun Nglarangan menawarkan Anda pengalaman berkuda di kawasan hijau yang akan memberikan pengalaman berlibur yang mengesankan dan tak terlupakan.

Suasana pedesaan yang bisa Anda rasakan di sini juga menjadi sebuah daya tarik tersendiri, sehingga membuat para wisatawan ingin kembali lagi.

12. Wisata Alam Bantir Hills

Lokasi: Jl. Bantir, Desa, Losari, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Alam Bantir Hills menawarkan pesona hamparan pemandangan hijau dari atas awan, hal yang menarik bukan?

Di sini Anda juga bisa berfoto di beberapa spot foto yang telah disediakan, seperti matahari, kupu-kupu, bintang, bunga, dan rumah pohon.

Pemandangan cantik berupa Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Sumbing juga bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Wisata Alam Bantir Hills ini.

13. Kebun Teh Medini

Lokasi: Desa Ngesrepbalong, Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Kebun Teh Medini yang terletak di kaki Gunung Ungaran menyajikan pemandangan hijau yang menenagkan dengan udara sejuk yang akan membuat Anda betah, bahkan ketagihan untuk kembali lagi.

Anda bisa menikmati keindahan hamparan perkebunan teh sambil menikmati minuman hangat atau makanan sederhana yang dijajakan di warung yang terletak di sekitar Kebun Teh Medini ini.

14. Gedong Pass (G-Pass)

Lokasi: Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah.

Gedong Pass (G-Pass) mengajak Anda untuk menikmati pemandangan alam yang bisa dilihat melalui gardu pandang yang juga menjadi spot foto favorit.

Dan uniknya terdapat spot foto berupa dek raksasa berbentuk seperti sebuah bahtera alias perahu.

Selain itu Anda juga bisa menikmati pemandangan menyegarkan, yakni tiga buah air terjun yang masih alami di area lembah bawah.

15. Curug Semirang

Lokasi: Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Curug Semirang merupakan sebuah kawasan yang dikelola oleh Perum Perhutani. Curug Semirang menyuguhkan pemandangan alam yang indah, namun memang akses jalan ke curug ini tidak mudah untuk dilalui.

Dari pintu gerbang menunju lokasi air terjun kira-kira menempuh waktu 20 menit dengan berjalan kaki dan jarak tempuh sekitar 1 kilometer. Jika Anda bertunutng, Anda bisa melihat kupu-kupu lima warna yang sungguh memesona.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Bharada E Sebut Kuat Ma’ruf Bercinta dengan Putri Candrawathi Ketahuan Brigadir J, Ini yang Picu Ferdy Sambo Kesetanan

Kuat Ma'ruf dan Putri Candrawathi disebut bercinta dan ketahuan Brigadir J diduga picu emosi Ferdy Sambo hingga terjadi pembunuhan. Fakta…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Purworejo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menyenangkan dan indah untuk…

Biaya Balik Nama Sepeda Motor dan Syarat Pengurusan Terbaru

Kini, lebih mudah mengatur kembali nama dan membuat STNK). Biasanya nama kendaraan bermotor berubah karena adanya pergantian nama pemiliknya. Misalnya,…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…

Betrand Peto Pernah Minum ASI Sarwendah, Kelakuan Anak Angkat Dewi Perssik Juga Pernah Jadi Perbincangan karena Nekat Mencium Sang Ibu Angkat Di Hadapan Publik

Keberadaan Betrand Peto di keluarga Ruben Onsu memang sempat menuai pro kontra. Hal itu karena sikapnya kepada sang ibu asuh,…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Ketika mendengar nama Kabupaten Ponorogo tentu yang ada dibenak Anda adalah kesenian reog bukan ? Ya, salah satu kesenian dari…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Ngawi, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini selain memiliki alam yang begitu mengagumkan juga memang kaya…

‘Takut Akan Dikejar Wartawan’, Hotman Paris Tolak Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Meski Sempat Dihubungi Langsung oleh Tersangka: Saya Tidak Mau

Hotman Paris selama ini memang dikenal sebagai pengacara kondang. Yang kemampuannya dalam menangani sebuah kasus tak perlu diragukan lagi. Kendati…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

Murkanya Bharada E saat Rekonstruksi, Anggap Adegan Versi Tersangka Lain Termasuk Ferdy Sambo Tak Sesuai Fakta: Ada Penolakan

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sempat marah saat rekostruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar. Proses rekonstruksi kasus pembunuhan…