17 Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Purworejo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menyenangkan dan indah untuk Anda kunjungi.

Banyak wisata alam dengan pemandangan yang asri dan udara yang sejuk yang akan memanjakan Anda saat berkunjung ke kabupaten ini. Purworejo dapat Anda tempuh dengan waktu 1 jam perjalanan saja dari Yogyakarta.

Purworejo memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Kabupaten Purworejo.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo yang wajib Anda kunjungi:

1. Curug Silangit

Lokasi: Krajan, Jatirejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Curug Silangit merupakan air terjun dengan suasana alam yang asri dan indah. Letak Curug Silangit ini tersembunyi diantara perbukitan dan mengalir air dari tebing yang tinggi.

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang tersembunyi ini, Anda perlu berjalan menelusuri jalur tracking yang cukup menantang, serta melewati jembatan bambu yang menyuguhkan pemandangan alam yang memesona.

Selanjutnya Anda bisa menikmati keindahan air terjun dari gazebo yang tersedia.

2. Goa Seplawan

Lokasi: Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Goa Seplawan memiliki ornamen di dalamnya berupa stalaktit dan stalakmit, serta dinding dengan bentuk atau kerangka ikan, juga terdapat flow stone, gouwer dan soda strat.

Goa ini memang memiliki daya tarik yang akan membuat siapapun penasaran untuk melihatnya secara langsung.

3. Puncak Geger Menjangan

Lokasi: Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Kec. Loano, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Kawasan Gegesr Menjangan ini memiliki banyak objek wisata seperti kolam renang, taman pemancingan dan masih banyak lagi.

Dan jika Anda menikmati pemandangan alam secara utuh, Anda perlu berjalan kurang lebih 1.8 km dengan menyusuri jalan setapak yang cukup menantang.

4. Pantai Jatimalang

Lokasi: Patu, Jatimalang, Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Pantai Jatimalang menawarkan keindahan yang sangat megah, Anda akan disuguhkan pemandangan laut lepas yang memesona dengan deburan ombak, serta panorama alam yang terhampar dengan begitu indahnya.

Apalagi saat matahari mulai tenggelam, Anda akan sangat dimanjakan dengan biasan cahaya langit yang sangat memesona.

5. Curug Muncar

Lokasi: Kalibang, Kaliwungu, Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Curug Muncar menyajikan suasana alam yang indah dan asri. Walau memang untuk dapat menikmati keindahannya Anda perlu menempuh jalan yang tidak mudah dan cenderung menanjak.

Selama perjalanan Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang menyejukkan, jadi seharusnya tidak ada rasa lelah yang berarti yang Anda rasakan.

6. Masjid Agung Purworejo

Lokasi: Jl. Mayjen Sutoyo, Sindurjan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Masjid Agung Purworejo ini memiliki beduk paling besar di dunia dan terbuat dari kayu jati utuh yang dilubangi di bagian tengahnya.

Beduk ini merupakan beduk tua yang umurnya sama dengan Masjid Agung Purworejo itu sendiri, yang dinamakan sebagai Beduk Pandawa dengan diameter 194 cm, sedangkan bagian depan berukuran sedang dan belakang berukuran 180 cm.

Selain arsitektur masjidnya yang menarik, para wisatawan juga datang karena ingin melihat bagaimana rupa beduk terbesar di dunia.

7. Hutan Alam

Lokasi: Desa Mayung Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Hutan Alam merupakan hutam yang dikelola secara langsung oleh pemerintah kabupaten Purworejo.

Hutan alam ini dapat dimanfaatkan untuk berkamah dan Anda juga bisa melakukan aktivitas outbound.

Deretan hutan pinus menjadi sebuah pemandangan yang tersaji dengan begitu elegan dan memesona.

8. Pantai Ketawang

Lokasi: Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Kec. Grabag, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Pantai Ketawang memiliki potensi wisata yang bergitu besar, namun belum banyak orang yang mengetahuinya, termasuk untuk dilirik para investor.

Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan lomba balap kuda yang diselenggarakan oleh warga sekitar. Suasana pantai yang masih asri dan indah akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

9. Benteng Pendem

Lokasi: Dusun Kalimaro, Bapangsari, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Benteng Pendem merupakan sebuah bukti sejarah, dimana dulunya Benteng Pendem ini merupakan pangkalan militer di masa penjajahan Jepang.

Benteng kuno ini memiliki keunikan tersendiri yang lantas menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Benteng Pendem terletak di ketinggain 200 meter diatas permukaan laut.

10. Wisata Rimba Pinus

Lokasi: Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Wisata Rimba Pinus merupakan destinasi wisata yang cukup populer. Wisata Rimba Pinus menyajikan keindahan yang akan membuat Anda terpana, dilengkapi dengan nuansa alam yang dingin dan sejuk membuat siapapun yang mengujunginya akan betah untuk berlama-lama.

Saat ini Wisata Rimba Pinus telah dikembangkan oleh pemerintah setempat, sehingga membuat tempat wisata yang satu ini memiliki perkembangan yang baik dan lebih terjaga.

11. Goa Sikantong

Lokasi: Coco Leal, Tlogoguwo, Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Goa Sikantong dapat Anda jadikan sebagai alternatif destinasi wisata. Goa ini seringkali dikunjungi oleh warga sekitar maupaun para wisatawan dari luar kota. Keindahan yang tersaji di goa ini sangat untuk dan juga menarik.

12. Curug Gunung Cenderung

Lokasi: Singolopo, Cepedak, Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Curug Gunung Cenderung yang juga dikenal dengan sebutan Curug Kyaiu Kate ini merupakan air terjun dengan aliran air yang cukup deras, yang memiliki ketinggian 25 m.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang senang dengan hal-hal yang memacu adrenalin. Curug Gunung Cenderung ini sering digunakan sebagai spot memancing oleh warga setempat.

13. Museum Tosan Aji

Lokasi: Jl. Setia Budi No. 1, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Museum Tosan Aji ini memiliki semacam senjata atau pusaka dari logam besi yang mendapat tempat terhormat atau dihargai di mata orang-orang zaman dulu.

Adapun bentuk dari senjata atau pusaka tersebut berupa berupa keris, tombak, pedang hingga menur dengan tampilan yang unik. Tempat ini tentunya merupakan tempat wisata yang penuh edukasi dan sejarah.

14. Hutan Kusumo Asri

Lokasi: Desa Mayung Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Hutan Kusumo Asri menyuguhkan pemandangan yang asri dengan udara yang sejuk. Di sini terdapat deretan pohon pinus serta beragam pohon yang terbilang langka.

Hutan Kusumo Asri berada di ketinggian lebih kurang 300 mdpl. Anda bisa berkemah di sini sambil menikmati sajian alam yang begitu memanjakan mata.

15. Curug Lumbung

Lokasi: Jl. Krandon, Randon, Karang Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Curug Lumbung memiliki dinding sungai dengan ornamen yang unik. Pemandangan yang tersaji dengan begitu indahnya, membuat para wisatawan tidak akan pernah ingin melewatkan untuk mengabadikan momen di sini.

Saat berada di Curug Lumbung pastikan Anda selalu berhati-hati, mengingat terdapat banyak bebatuan yang licin.

16. Alun-Alun Kota Purworejo

Lokasi: Jl. Proklamasi, Purworejo, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo.

Alun-Alun Purworejo ini memiliki luas sekitar 6 hektar. Dimana di tengah-tengah alun-alun terdapat sepasang pohon beringin yang memang sengaja didatangkan dari Keraton Yogyakarta.

Anda juga dapat menyantap beragam wisata kuliner yang terdapat di sekitar alun-alun, sehingga Anda bisa duduk santai sambil menikmati sajian yang menggugah selera.

17. Pantai Pasir Puncu

Lokasi: Keburuhan, Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pantai Pasir Puncu menyajikkan pemandangan khas pantai yang indah, namun memang akses untuk menuju ke pantai ini masih cukup sulit dikarenakan kondisi jalannya yang tidak mendukung.

Namun segala lelah yang terasa akan tergantikan oleh semilir angin pantai dan deburan ombak, serta hamparan pasir yang masih sangat alami, yang keseluruhannya memberikan rasa tenang pada jiwa.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Trenggalek memang terletak di daerah pesisir, tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali keindahan pantai yang dapat Anda…

Ditantang Turunkan Salju di Korea dengan Honor Rp 5 M, Mbak Rara Angkat Tangan

Mbak Rarara ditantang untuk menurunkan salju secara sengaja oleh Richard Lee. Siapa sangka jika ia menolk tantangan itu meski diiming-imingi…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Dengan Kota Ungaran sebagai ibu kotanya. Semarang menyuguhkan pemandangan yang memukau dengan…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Kudus yang Wajib Dikunjungi

Kudus merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kudus menyimpan banyak hal-hal yang menarik untuk Anda ketahui, termasuk tempat…

6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Bagi Pemula

Untuk memiliki sebuah barang yang sedang sangat dibuthkan atau berharga, terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih…

15 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi

Meski Jakarta terbagi menjadi beberapa bagian, Jakarta Timur merupakan daerah terpadat lho yang ada di Jakarta. Sebagai daerah terpadat yang…

Hingga Detik Ini Nissa Sabyan Tak Menunjukkan Itikad Baik, Ririe Fairuz Beberkan Hubungan dengan Sosok yang Disebut-sebut Perusak Rumah Tangganya

Masih ingat dengan sosok Ririe Faius? Wanita yang menjadi pusat simpati publik usai perselingkuhan suaminya dengan Nissa Sabyan terkuak. Jika…

Cara Membuat Website Pribadi dan Jualan Online dengan Mudah

Menggunakan website sebagai media berbagi informasi memang sangat menarik, anda bisa berbagi informasi tentang apapun kepada para pengunjung website yang…