17 Tempat Wisata di Kabupaten Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan cerita masyarakat, nama Pekalongan ini terbentuk karena pada zaman dulu terdapat seorang bernama Raden Bahu yang merupakan abdi dalem Sultan Agung mendapat perintah.

Ia mendapat perintah Sultan Agung untuk membangun daerah di Sebelah Barat Kabupaten Kendal. Ia melakukan ritual tapa ngalong atau tapa seperti kelelawar.

Dibalik cerita tersebut, kabupaten Pekalongan menghadirkan destinasi wisata budaya, wisata alam, dan lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pekalongan memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Kabupaten Pekalongan.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Pekalongan yang wajib Anda kunjungi:

1. Museum Batik Pekalongan

Lokasi: Jl. Jatayu, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Objek wisata ini cocok untuk Anda yang senang dengan koleksi kain batik, pasalnya Museum Batik Pekalongan akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai macam koleksi batik khas Pekalongan dengan motif yang unik.

Sebagai salah satu daerah yang terkenal dengan keunggulan batiknya, Museum Batik Pekalongan menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Pekalongan.

2. Telaga Sigebyar Mangunan

Lokasi: Hutan, Tlogohendro, Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Telaga Sigebyar Mangunan merupakan danau yang berada di kaki Gunung Kendeng dengan pemandangan cantik khas hutan tropis yang dingin dan sejuk.

Anda bisa menikmati keindahan Telaga Sigebyar dengan menggunakan perahu. Jika Anda datang pada pagi hari akan terlihat kabut tebal di sekitar telaga bagai sebuah lukisan yang benar-benar nyata.

Telaga Sigebyar ini juga sarat akan kisah mistis. Jadi, setiap pemandu wisata akan mengingatkan kamu untuk menjaga sikap selama mengunjungi lokasi ini dan menghormati ketentuan adat di sana.

3. Kawasan Budaya Jetayu

Lokasi: Jl. Jatayu, Kauman, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Kawasan Budaya Jetayu menjadi destinasi wisata budaya yang berada di tengah pusat kota dan menjadi landmark kabupaten Pekalongan.

Anda akan menemukan berbagai bangunan peninggalan masa Kolonial Belanda yang masih cukup terawat. Kawasan Budaya Jetayu ini dibagi dalam tiga ring.

Ring pertama yakni berupa bangunan peninggalan era Belanda seperti kantor pos, rumah dinas pejabat Belanda, Gereja, jembatan, klenteng hingga pabrik.

Sedangkan ring kedua adalah tempat kegiatan seni mulai dari seni pertunjukan daerah yang biasanya tampil di alun-alun Pekalongan.

Dan ring ketiga adalah pusat kegiatan masyarakat setempat pada pagi hari seperti sekolah, gedung perkantoran dan tempat usaha yang pada sore hingga malam hari akan berubah menjadi tempat berkumpulnya anak muda Pekalongan.

4. Pantai Pasir Kencana

Lokasi: Panjang Wetan, Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Pantai Pasir Kencana ini berjarak sekitar 4 km dari jantung kota dari kabupaten Pekalongan. Tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah, di sini juga terdapat akuarium besar yang berisi berbagai macam biota laut yang menarik.

Ada pelabuhan dan pelelangan ikan yang mana jika Anda ingin membawa buah tangan ikan laut segar maka bisa membelinya di pelelangan tersebut.

Berkujung ke Pantai Pasir Kencana akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang seru dan juga menyenangkan.

5. Pantai Depok

Lokasi: Sawah, Depok, Kec. Siwalan, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Pantai Depok ini memiliki ombak yang landai, sehingga Anda bisa berenang dan bermain air dengan nyaman di sini.

Panorama alam yang tersaji dengan begitu indahnya menjadikan siapapun yang berkunjung akan merasa betah untuk berlama-lama menikmati sajian alam di Pantai Depok ini.

6. Curug Bajing

Lokasi: Telogopakis, Kec. Petungkriyono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug Bajing memiliki ketinggian air terjun kurang lebih 70 meter dengan aliran airnya yang cukup deras. Anda bisa merasakan kesegaran juga ketenangan saat berkunjung ke sini.

Suanasa alam yang asri, dengan suara air yang jatuh, serta udara yang segar akan membuat segala rasa lelah Anda perlahan sirna.

7. Pantai Slamaran

Lokasi: Krapyak Lor, Kec. Pekalongan, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Pantai Slamaran memiliki lokasi yang tidak jauh dari Pasir Kencana. Letak Pantai Slamaran ini dipisahkan oleh sebuah pelabuhan dengan pantai Pasir Kencana.

Sehingga Anda bisa ke pantai Pasir Kencana terlebih dahulu kemudian melanjutkannya ke pantai Slamaran. Disini nanti Anda bisa mendapatkan pemandangan alam dengan laut lepas dan beberapa pepohonan yang mengitarinya.

8. Curug Muncar

Lokasi: Curugmuncar, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug Muncar ini berada di ketinggian 1200 mdpl. Memiliki udara yang sejuk serta pemandangan yang masih sangat asri menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Curug Muncar ini.

Namun untuk dapat menikmati keindahan yang tersaji di sini, Anda perlu menempuh perjalanan dengan medan yang cukup sulit. Sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang senang berpetualang.

9. Desa Wisata Lolong

Lokasi: Lolong, Kec. Karanganyar, Kab. Pakalongan, Jawa Tengah.

Desa Wisata Lolong ini terkenal akan buah durian dengan kualitas unggul, sehingga objek wisata ini akan menjadi hal yang menyenangkan untuk Anda pecinta durian.

Desa Wisata Lolong juga menjadi destinasi wisata berlibur yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

10. Gunung Regojembangan

Lokasi: Gumelem, Kec. Petungkriono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Gunung Regojembangan menghadirkan panorama alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Maka detinasi wisata yang satu ini menjadi hal wajib untuk dikunjungi bagi Anda yang suka mendaki.

Gunung Regojembangan memiliki ketinggian 2.117 mdpl, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sungguh memesona.

11. Watu Ireng

Lokasi: Lambur, Kec. Kandang serang, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Watu Ireng yang terkenal akan cerita mistisnya dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang memang suka dan penasaran tentang hal tersebut. Watu Ireng sendiri memiliki arti batu hitam dalam bahasa Indonesia.

Di lokasi wisata ini terdapat batu besar yang diperkirakan memiliki rongga, namun tidak ada yang tahu asal mula batu tersebut bagaimana.

12. Bukit Pawuluhan

Lokasi: Gembong, Kec. Kandang serang, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Bukit Pawuluhan menyajikan pemandangan pegunungan yang meneduhkan. Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di puncak Bukit Pawuluhan ini.

Pemandangan di atas puncak bukit ini sangat indah sekali, dan akan menjadi spot foto terbaik untuk Anda yang hobi berfoto.

13. Argowisata Kebun Teh Pagaliran

Lokasi: Kateleng, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Argowisata Kebun Teh Pagaliran menghadirkan suasana alam yang asri dan sejuk. Tempat wisata kebun teh memang akan membuat siapa saja yang datang merasa betah dan ingin kembali lagi.

Anda bisa menikmati keindahan yang terhampar luas, sambil menyantap hidangan sederhana yang akan menghangatkan badan.

14. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Lokasi: Tlogohendro, Kec. Petungkriyo, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Gunung Kendalisodo terkenal dengan puncak Hanomannya, dimana Anda akan disuguhi pemandangan yang begitu memukau.

Gunung ini memiliki ketinggian 1697 mdpl, sehingga cocok untuk para pendaki pemula. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan demi kelestarian alam yang ada di dalamnya.

15. Mangrove Park

Lokasi: kandang panjang, Kec, pemalang, Kab. Pekalongan, Jawa tengah.

Mangrove Park ini sebelumnya merupakan tambak udang yang dikelola oleh dinas pertanian kota kemudian ditanami oleh pohon bakau.

Tujuan penanaman pohon bakau sendiri dimaksudkan untuk mencegah abrasi air di kawasan setempat.

Hingga akhirnya Mangrove Park dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi.

16. Curug Bidadari Jolotigi

Lokasi: Purbo Jolotigo, Kec. Talun, Kab. Pekalongan, Jawa tengah.

Curug Bidadari Jotoligi yang juga memiliki sebutan Curug Batu Dinding Kolam Lima ini hadir dengan keindahan alam yang asri lagi menyejukkan. Di sini terdapat lima aliran air yang hampir menyerupai kolam renang.

17. Black Canyon

Lokasi: Desa Kayu Puring, Kecamatan Petungkriyono, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Black Canyon atau yang dikenal juga dengan nama Kedung Sipingit ini merupakan sungai dengan arus yang deras, dan dilengkapi dengan dinding batu raksasa hitam yang mengapitnya.

Anda bisa melakukan beragam aktivitas seru, seperti body rafting, river tubing atau sekadar berenang untuk menikmati kesegaran airnya.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang berada di kawasan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini memang sangat terkenal dengan keindahannya. Kabupaten Kepulauan…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Viral! Video Ustadz Abdul Somad tantang dukun berwajah seram santet dirinya: Bertambah pula musuh saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu tokoh agama yang kerap mengajarkan syi'ar islam dengan pembawaan yang ringan dan mudah…

Tertangkap Mesum dengan Mantan hingga Viral Se-Indonesia, Istri Polisi Tanggung Malu, padahal Wajah Suami Mirip Arya Saloka!

Kasus perselingkuhan selalu jadi sorotan utama warga Indonesia. Terutama jika pelaku maupun korbannya merupakan orang yang terpandang. Salah satu yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak pulau-pulau indah yang…

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule: Janda Anak Dua

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule. Nathalie Holscher secara tiba-tiba menceraikan Sule. Kini, Sule kembali menduda. Sebelumnya,…

Ditantang Turunkan Hujan dalam Waktu 10 Menit, Rara Pawang Hujan Auto Salting dan Langsung Lirik HPnya, Dokter Richard Lee: Kamu Salah Ngomong dengan Saya

Baru-baru ini, sosok Rara pawang hujan mendadak jadi sorotan saat ditantang turunkan hujan oleh Dokter Richard Lee. Tak hanya ditantang…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…

Dituding Manfaatkan Kesulitan Orang demi Konten, Baim Wong Menangis: Tidak Sebanding dengan Adsense

YouTuber dan aktor Baim Wong tak bisa menahan air matanya saat mendengar tudingan bahwa dirinya terus memanfaatkan kesulitan orang lain…