17 Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang Wajib Dikunjungi

Pati merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan Grobogan.

Pati termasuk wilayah dengan wilayah dataran rendah yang luas, dan pada beberapa bagian lainnya merupakan rangkaian pegunungan kapur dan perbukitan. Sudah bisa Anda bayangkan bagaimana keindahan tempat wisata yang ada di kabupaten ini?

Pati memiliki potensi wisata alam yang begitu menakjubkan, baik berupa wisata pantai, air terjun, maupun bukit wisata. Pati juga memiiki beberapa tempat wisata sejarah, budaya, dan religi yang menarik untuk dikunjungi seperti Pintu Gerbang Majapahit, Petilasan Syech Jangkung, hingga Masjid Agung Pati.

Pati memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Kabupaten Pati. Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang wajib Anda kunjungi:

1. Puncak Arga Pesona

Lokasi: Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Puncak Arga Pesona merupakan puncak tertinggi Pegunungan Kendeng. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang begitu indah.

Dari atas gardu pandang kamu Anda menyaksikan keindahan alam di Kabupaten Blora, Rembang, Pati, Grobogan, dan Kudus yang begitu eksotis. Puncak memang selalu berhasil membuat siapa saja memiliki keyakinan lebih atas kuasa-NYA.

2. Agrowisata Jolong

Lokasi: Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Agrowisata Jolong merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan beragam pilihan wisata yang menarik.

Anda bisa menikmati sajian dari hasil kebun kopi dan komoditas lainya, menikmati indahnya taman bunga, wisata Air Terjun Grenjengan, rumah pohon dan taman keluarga.

Selain itu juga terdapat wahana bermain, seperti outbound, flying fox, terapi ikan, rumah balon, dll yang akan membuat momen berlibur menjadi menyenangkan.

3. Pantai Idola Banyutowo

Lokasi: Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Pantai Idola Banyutowo menghadirkan suasana pantai dengan deburan ombak, hamparan pasir, dan jajaran pohon yang begitu indah.

Pantai Idola Banyutowo akan menjadi tempat yang tepat untuk Anda bersantai sambil menikmati panorama alam yang tersaji dengan begitu luas.

Anda juga bisa menikmati beragam fasilitas, seperti spot selfie, ayunan, bebek air, mangrove, rumah makan apung, dll.

4. Air Terjun Tadah Hujan

Lokasi: Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Air Terjun Tadah Hujan memiliki aliran air yang deras dan juga menyegarkan. Air Terjun Tadah Hujan ini merupakan sumber air alami yang dipakai warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Air Terjun Tadah Hujan menghadirkan suasana alam yang asri, ditambah uara gemericik air membuat suasana semakin teduh dan sejuk.

5. Air Terjun Lorodan Semar

Lokasi: Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Air Terjun Lorodan Semar memang tidak terlalu tinggi, namun suasana yang tercipta tetaplah patut untuk Anda nikmati.

Debit air yang cukup deras, disertai pemandangan eksotis berupa bukit kapur di kanan kirinya menjadi daya tarik sendiri yang dimiliki oleh Air Terjun Lorodan Semar ini.

6. Goa Pancur Pati

Lokasi: Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Goa Pancur Pati mengajak Anda untuk mengeksplor keindahan alam di sekitar goa yang masih asri dan teduh.

Goa Pancur Pati juga memiliki air mancur yang terletak di depan goa yang begitu ikonik. Di sini juga terdapat spot selfie yang sangat keren untuk mengabadikan momen berlibur Anda.

7. Waduk Seloromo

Lokasi: Desa Gembong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Waduk Seloromo pemandangan alam yang menawan, serta landscape pengunungan yang begitu indah.

Udara yang sejuk akan membuat Anda menikmati segala keindahan yang tersaji di sini dengan nyaman.

Waduk Seloromo menjadi tempat yang tepat untuk Anda bersantai sambil menikmati sajian alam yang memesona.

8. Desa Wisata Jrahi

Lokasi: Desa Jrahi, Gunung Wungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Desa Wisata Jrahi yang juga dikenal dengan nama Desa Pancasila ini menjadi desa yang terkenal dengan masyarakatnya yang sangat rukun.

Selain menyajikan suasana pedesaan yang damai, Anda juga bisa melihat Vihara Saddhagiri di desa ini yang merupakan vihara terbesar di Pati.

Bangunan vihara yang begitu megah terlihat semakin mempesona dengan adanya Embung Mini Jrahi di depannya.

9. Bukit Pandang Kayen

Lokasi: Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Bukit Pandang Kayen ini terletak di lereng Gunung Kendeng. Anda bisa menikmati panorama alam yang begitu indah.

Dilengkapi dengan beberapa spot foto kekinian, seperti gardu pandang, rumah pohon, dekorasi I love You, Kupu-kupu dan spot foto lainnya dengan latar view perbukitan nan menawan menjadikan tempat ini berhasil menarik minat para wisatawan.

10. Waduk Gunung Rowo

Lokasi: Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Waduk Gunung Rowo seringkali dijadikan tempat santai di akhir pekan maupun saat berlibur oleh masyarakat kabupaten Pati.

Di sini Anda bisa menikmati suasana alam yang indah, sembari menyantai beragam wisata kuliner yang lezat, salah satunya ikan bakar dengan kulaitas ikan yang masih segar.

11. Bendungan Kletek

Lokasi: Desa Kletek, Kecamatan Puncakwangi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Bendungan Kletek menghadirkan pemandangan alam yang begitu asri. Objek wisata yang resmi dibuka pada Mei 2018 ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan karena keindahan alam serta fasilitasnya yang cukup lengkap.

Anda bisa berfoto di spot foto yang tersedia, serta menyantap hidangan yang tersedia di warung sekitar Bendungan Kletek ini.

12. Bukit Naga Jolong

Lokasi: Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Bukit Naga Jolong menawarkan hamparan pemandangan kabupaten Pati yang indah, terutama dengan adanya pemandangan berupa Waduk Seloromo dan Waduk Gunung Rowo yang begitu eksotis.

Bukit Naga Jolong ini merupakan sebuah kawasan perkebunan buah naga yang juga difungsikan sebagai tempat rekreasi.

13. Hutan Pinus Pangonan

Lokasi: Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Deretan pohon pinus dengan cahaya matahari yang menelusup masuk diantara celah pepohonan menjadi pemandangan indah yang bisa Anda nikmati di Hutan Pinus Pangonan.

Hutan Pinus Pangonan memiliki suasana yang masih asri dan udara yang sejuk. Anda bisa melepas segala penat yang menerjang dengan mengunjungi objek wisata yang satu ini.

14. Juwana Water Fantasy

Lokasi: Jl. Juwana Rembang Km.7, Bumimulyo, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Juwana Water Fantasy menyediakan kolam renang dengan berberda ukuran serta kedalaman, sehingga memungkinkan Anda sekeluarga untuk berlibur dengan sangat menyenangkan di sini.

Terdapat kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, taman rekreasi air ini juga dilengkapi dengan wahana permainan air yang seru. Setidaknya ada sekitar 35 wahana permainan yang bisa Anda coba di sini.

15. Sendang Sani Pati

Lokasi: Dukuh Sani, Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Sendang Sani Pati akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang menyenangkan.

Di sini terdapat berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, seperti kolam renang, pemancingan, arena outbound, gazebo, hingga rumah makan dengan menu ikan bakar yang menggugah selera.

Sendang Sani Pati menjadi destinasi wisata yang tepat untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

16. Bukit Pandang Duren Sawit

Lokasi: Jrambah, Durensawit, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Bukit Pandang Duren Sawit menghadirkan landscape perbukitan yang begitu meneduhkan dan menawan.

Anda akan merasakan suasana hati yang tenang dan teduh dengan menikmati pemandangan alam yang sejuk dipandang ini. Abadikan momen berlibur dengan berfoto di spot foto yang tersedia di sini.

17. Klating Puncakwangi

Lokasi: Mojoledok, Desa Mojoagung, Kec. Puncakwangi, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Nikmati keindahan alam sambil melakukan piknik yang seru untuk me-refresh pikiran dari padatnya rutinitas sehari-hari dengan mengunjungi objek wisata Klating Puncakwangi.

Klating Puncakwangi ini terletak di dataran tinggi, sehingga memberikan suasana serta udara yang sejuk dengan pemandangan yang begitu asri.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo Peluk Erat Putri Candrawathi

Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, hadir dalam rekonstruksi pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Selasa (30/8/2022).…

Biaya Balik Nama Sepeda Motor dan Syarat Pengurusan Terbaru

Kini, lebih mudah mengatur kembali nama dan membuat STNK). Biasanya nama kendaraan bermotor berubah karena adanya pergantian nama pemiliknya. Misalnya,…

Viral! Video Ustadz Abdul Somad tantang dukun berwajah seram santet dirinya: Bertambah pula musuh saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu tokoh agama yang kerap mengajarkan syi'ar islam dengan pembawaan yang ringan dan mudah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

15 Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Bali ini memang begitu terkenal dengan kulinernya yang khas. Namun bukan hanya kulinernya saja…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

Raul Lemos terseret uang korupsi miliaran rupiah dan puluhan ribu dolar AS, ini pasal hukum yang menantinya

Sosok suami artis Krisdayanti, Raul Lemos, kini tengah hangat diberitakan terkait masalah yang sedang menjeratnya. Padahal seperti diketahui, Raul Lemos…

Kasihan! Rela main belakang demi punya momongan, Syahrini disebut sulit hamil karena hal ini

Tiga tahun menjalin bahtera rumah tangga dengan Reino Barack, Syahrini harus menerima kenyataan belum juga dikaruniai momongan. Penyanyi cantik ini…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…