15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan tidak memiliki keindahan alam yang dapat Anda nikmati ya.

Banyak keindahan alam dan juga berbagai tempat wisata yang memang dibuat begitu asri lho di Pasuruan. Bahkan Gunung Bromo juga menjadi salah satu tempat wisata yang paling direkomendasikan di Pasuruan.

Jika Anda tertarik untuk berwisata di Kabupaten Pasuruan, berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Pasuruan:

1. Gunung Bromo

Siapa yang tidak tau Gunung Bromo ? Ya, salah satu gunung yang begitu terkenal ini memang tidak boleh Anda lewatkan.

Letaknya yang berada di perbatasan antara Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan juga Malang membuat Gunung Bromo dijadikan tempat wisata unggulan di daerah-daerah tersebut.

Bahkan dengan keindahannya ini Gunung Bromo memiliki akses yang cukup mudah, karena adanya anak tangga yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan jika berada di Gunung Bromo adalah menunggangi kuda untuk mengelilingi area yang satu ini. Wah tentu menyenangkan ya?

2. Reco Kembar

Reco Kembar juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pemandangan alamnya yang begitu mempesona dengan keeksotisan dari dua batu ajaib yang ada memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Anda juga dapat merasakan sensasi berendam dengan sumber mata air yang masih begitu alami dan tentunya akan terasa begitu segar.

3. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya yang sudah berdiri sejak tahun 1941 ini memang cocok untuk berwisata bersama keluarga tercinta.

Bahkan di Kebun Raya ini berbagai jenis tanaman yang dikembangkan disusun secara tematik lho.

Banyak tumbuhan yang memang menarik di Kebun Raya Purwodadi ini, tak heran banyak wisatawan yang senang ber-swafoto di tempat ini bersama warna-warni tanaman yang ada.

4. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati menjadi satu-satunya danau yang ada di dataran rendah Jawa Timur lho.

Danau ini memang terbentuk secara alami karena aktivitas vulkanik dari gunung merapi, tak heran danau yang satu ini memiliki kandungan sedimen mineral.

Menariknya, Anda akan disuguhi pemandangan senja yang begitu indah jika berada di Danau Ranu Grati ini.

Tidak hanya keindahan dan juga sejarah tentang Kerajaan Majapahitnya saja yang terkenal dari danau ini, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas penunjang lainnya lho yang akan menambah keseruan Anda dalam berwisata.

5. Hutan Mangrove Nguling

Salah satu hutan mangrove yang ada di Kabupaten Pasuruan ini memang memiliki keindahan yang sudah tidak perlu diragukan lagi lho, bahkan banyak wisatawan asing yang takjub dengan Hutan Mangrove Nguling ini.

Selain menarik, hutan mangrove juga memang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata edukasi agar tetap mencintai lingkungan sekitar.

Wah menarik ya untuk mengajak si kecil berwisata sambil menumbuhkan kecintaannya pada lingkungan.

6. Sawahe Pak Budi

Sesuai namanya, Sawahe Pak Budi ini memang merupakan tempat wisata edukasi milik Pak Budi.

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok lho untuk Anda nikmati bersama keluarga tercinta.

Tempatnya yang begitu asri dan juga sejuk memang menyajikan begitu banyak pengetahuan baru untuk Anda.

Tidak hanya pesawahan saja lho, ada juga peternakan dan pertanian organik. Serunya lagi, ada kids house yang akan membuat anak Anda betah berada di Sawahe Pak Budi ini.

7. Kawasan Tretes

Bagi masyarakat Pasuruan, Kawasan Tretes ini tentu sudah tidak asing lagi. Sajian keindahan alamnya yang begitu mempesona ditambah lagi udara sejuk yang selalu ada di tempat ini pasti membuat siapa saja betah berlama-lama di Kawasan Tretes ini.

Bahkan keindahan dari Kawasan Tretes ini juga disebut sebagai tempat terbaik lho di Pasuruan. Wah, jangan sampai Anda lewatkan yaa.

8. Pantai Lekok

Pantai Lekok dan keindahannya memang tidak boleh Anda lewatkan. Perpaduan keindahan pasir dan juga air lautnya memang akan membuat Anda takjub berada di pantai yang satu ini.

Terlebih senja berwarna jingga yang dapat Anda nikmati di Pantai Lekok ini akan membuat Anda mensyukuri keindahan alam yang ada.

9. Pemandian Alam Banyu Biru

Senang melihat ikan-ikan di aquarium ? Anda harus coba berkunjung ke Pemandian Alam Banyu Biru ini.

Anda akan merasakan sensasi berenang bersama dengan ikan sengkaring secara langsung lho. Wah akan menjadi pengalaman baru ya bagi Anda.

Ikan sengkaring sendiri bukan ikan biasa lho, ikan yang satu ini disebut sebagai ikan keramat dan tidak ada satu orang pun yang berani menangkap ataupun sekadar menyentuhnya. Anda harus berhati-hati yaa dan taati peraturannya.

10. Candido Agro Herbal

Candido Agro Herbal merupakan tempat pembudidayaan tanaman herbal yang telah ada sejak 1997.

Selain beragam tanaman herbal, Anda juga akan menemukan banyak sekali tanaman hias yang cantik lho.

Tentu akan menyenangkan berwisata menikmati keindahan sambil menambah wawasan tentang tanaman herbal yang berkhasiat.

11. Pantai Penunggul

Pesona pantai pasir putih memang tidak pernah salah untuk dikunjungi, airnya yang begitu jernih dan ombaknya yang tenang menjadikan pantai yang satu ini begitu cocok untuk Anda bermain air di tepi pantai.

Tidak hanya keindahannya saja lho, ada fasilitas pelengkap lainnya yang dapat Anda temukan di pantai ini seperti spot foto yang menarik, area bermain volly pantai, dan ada juga hutan bakau lho. Menarik bukan ?

12. Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan

Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan juga tidak boleh Anda lewatkan. Luasnya yang mencapai 60 hektar ini pasti akan membuat Anda puas berada di tempat wisata yang satu ini.

Jumlah tanaman yang dapat Anda temui di Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan ini juga banyak sekali lho. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti area bermain air.

13. Pantai Karang Hitam

Pantai Karang Hitam ini memang memiliki pesonanya tersendiri. Pantai yang memiliki banyak batu karang yang eksotis ini bahkan akan terlihat lebih indah lho pada saat matahari terbenam, sesuai namanya Anda akan melihat karangnya menjadi berwarna hitam dan begitu mempesona menjadikan pantai yang satu ini berbeda dari pantai lainnya.

14. Candi Jawi

Selain menikmati keindahan alam dan segala fasilitas wisatanya, di Pasuruan Anda juga dapat menemukan tempat wisata bersejarah lho.

Salah satunya Candi Jawi, Candi yang diperkiraan telah ada dari abad ke-13 ini memang memiliki arsitektur yang begitu khas dengan gaya Hindu Buddha.

Udaranya yang sejuk juga pasti akan membuat Anda betah lho berlama-lama di tempat ini.

15. Candi Gunung Gangsir

Selain Candi Jawi, Candi Gunung Gangsir juga menjadi salah satu candi yang harus Anda kunjungi di Pasuruan.

Berbeda dengan Candi Jawi yang memiliki arsitektur khas Hindu Buddha, Candi Gunung Gangsir ini memiliki arsitektur yang begitu khas bergaya Buddha lho.

Di dalam Candi Gunung Gangsir ini Anda akan menemukan benda berharga yang memang dijaga.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Pasuruan. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

‘Tahun Ini udah Fix!’ Verrell Bramasta Umumkan Pernikahan, Siapa Calonnya? Bocorkan Ada 3 Pilihan Wanita

Artis Verrell Bramasta mengatakan bahwa tahun ini dirinya akan menikah. Punya tiga kandidat calon istri. Belum lama ini Verrell Bramasta…

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

Roro Fitria Syok Berat Lihat Suami Menari-nari Telanjang Bulat di Depan Foto Orang yang Sudah Wafat

Roro Fitria nampaknya syok berat kepada sang suami, Andre Irawan. Roro Fitria sampai tak habis pikir dengan kelakuan Andre. Maka…

Tanggapi Somasi dari Mbak Rara gegara Bongkar Trik Pawang Hujan, Pesulap Merah Santai: Saya Gak Nyebut Nama Dia!

Mbak Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022, mlayangkan somasi kepada Pesulap Merah karena telah membongkar trik pawang hujan yang dilakukannya.…

Raul Lemos terseret uang korupsi miliaran rupiah dan puluhan ribu dolar AS, ini pasal hukum yang menantinya

Sosok suami artis Krisdayanti, Raul Lemos, kini tengah hangat diberitakan terkait masalah yang sedang menjeratnya. Padahal seperti diketahui, Raul Lemos…

Tinggalkan Anak 11 Bulan Demi Berzina dengan Pria Lain, Seorang Anggota Polisi Pergoki Istrinya Berselingkuh dengan Anak Kepala Desa, Temukan Fakta Mencengangkan di Kamar Hotel

Tinggalkan tanggungjawabnya di rumah, sang suami pergoki istrinya asik dengan pria lain. Tak semua pasangan suami istri bisa menangani masalah…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan cerita masyarakat, nama Pekalongan ini terbentuk karena pada zaman dulu terdapat…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pemalang yang Wajib Dikunjungi

Pemalang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Menawarkan destinasi wisata alam yang indah, bahkan beberapa diantaranya masih menjadi sebuah…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tuban yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tuban memang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam ini juga menyimpan banyak sejarah menarik…