15 Tempat Wisata di Kabupaten Pamekasan yang Wajib Dikunjungi

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Kabupaten yang berada di Pulau Madura ini. Ya, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

Wisata kuliner dari Kabupaten Pamekasan memang sudah begitu terkenal, namun selain itu Kabupaten Pamekasan juga memiliki cukup banyak pilihan wisata alam untuk Anda kunjungi lho.

Tertarik untuk berwisata di Pamekasan? Berikut ini telah kami rangkum untuk Anda beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika datang ke Pamekasan:

1. Air Terjun Ahatan

Jika Anda datang ke Kabupaten Pamekasan, jangan lewatkan air terjun yang satu ini. Air Terjun Ahatan sendiri memang sempat viral lho beberapa waktu lalu.

Meski ketinggiannya terbilang cukup rendah dan aliran airnya tidak begitu deras namun pesona alam dari air terjun yang satu ini terbilang instagramable, jadi tak heran jika banyak wisatawan ber-swafoto di Air Terjun Ahatan ini.

Namun jika Anda berkunjung ke tempat yang satu ini pastikan untuk selalu menjaga alamnya dengan baik ya.

2. Api Abadi

Fenomena unik yang ada di Kabupaten Pamekasan ini tentu tidak boleh Anda lewatkan.

Api ini dinamakan Api Abadi karena memang apinya tidak pernah padam sekalipun disiram menggunakan air.

Namun pastikan untuk tetap berhati-hati ya jika berkunjung ke tempat yang satu ini.

3. Brukoh Pakong

Ingin melihat keindahan Kabupaten Pamekasan? Anda dapat berkunjung ke Brukoh Pakong ini.

Dari bukit yang satu ini Anda akan melihat pemandangan Kabupaten Pamekasan yang begitu hijau dan asri lho.

Sejuknya udara yang ada di Brukoh Pakong juga pasti akan membuat Anda betah berlama-lama disini menikmati keindahan alamnya.

4. Makam Ronggosukowati

Makam Ronggosukowati juga menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang cukup terkenal lho di Pamekasan.

Ronggosukowati sendiri merupakan pendiri Kabupaten Pamekasan, tidak heran jika sampai saat ini makamnya selalu ramai dikunjungi karena memang jasanya yang begitu besar.

Selain itu Ronggosukowati juga merupakan raja Islam pertama lho, jadi Makam Ronggosukowati ini memang cocok untuk dijadikan tempat belajar sejarah Islam di Pulau Madura.

5. Bukit Kampung Toron Samalem

Tempat yang dulunya merupakan lokasi penambangan batu bara ini memang menjadi salah satu tempat yang eksotis. Diatas bukit ini bahkan Anda akan menemukan rumah mini yang begitu menarik.

Tak heran jika tempat yang satu ini seringkali didatangi oleh para fotografer karena memang memiliki banyak spot foto yang menarik.

6. Wahana Bukit Cinta

Wahana Bukit Cinta ini bukan merupakan bukit yang berbentuk hati ya, namun di bukit ini Anda akan menemukan sebuah tangga berbentuk hati yang memang menjadi ciri khas dari bukit ini.

Bahkan keberadaan tangga bentuk hati ini menarik banyak para pasangan untuk datang lho.

Tidak hanya itu saja, alamnya yang indah dan terkesan romantis juga memang menjadikan tempat yang satu ini ramai dikunjungi para pasangan.

7. Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring memang menarik untuk dikunjungi. Selain keindahan pantainya, Anda juga akan disuguhi hutan mangrove yang begitu mempesona.

Sambil menikmati keindahan alam di Pantai Talang Siring, Anda juga dapat melihat kegiatan para nelayan menangkap ikan lho, Anda juga dapat membeli hasil tangkapan para nelayan ini jika mau. Menarik bukan?

8. Air Terjun Durbugen

Pamekasan juga memiliki air terjun yang mempesona lho. Air Terjun Durbugen salah satunya.

Airnya yang tidak terlalu dalam juga terbilang aman untuk Anda berenang atau sekadar bermain air.

Pesona tebingnya juga menambah keeksotisan dari air terjun yang satu ini. Bahkan keindahan dari air terjun yang satu ini juga cocok untuk Anda ber-swafoto.

9. Air Terjun Bunyato

Tidak kalah eksotis dari Air Terjun Durbugen, Air Terjun Bunyato juga menarik perhatian para wisatawan lho.

Menariknya, air terjun yang satu ini memiliki aliran air yang terpisah-pisah seolah sebuah tirai tipis.

Airnya yang begitu segar juga sangat cocok lho untuk Anda berenang, apalagi kedalamannya yang hanya mencapai 1 meter saja, jadi tentunya aman.

10. Goa Blaban

Goa Blaban memang menjadi tempat wisata yang cukup unik di Pamekasan, goa yang ditemukan ketika warga setempat sedang menggali sumur ini memang begitu terkenal sampai sekarang.

Di dalam Goa Blaban ini Anda akan menemukan bebatuan berwarna emas ditambah dengan stalagtit dan stalagmit yang begitu eksotis.

11. Pantai Jumiang

Anda juga tidak boleh lewatkan pantai yang satu ini jika berada di Kabupaten Pamekasan.

Pantai Jumiang sendiri memang menjadi salah satu pantai yang tidak pernah sepi lho, terlebih ketika musim liburan tiba.

Keindahannya lah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan berdatangan ke pantai ini. Wah, terbayang ya bagaimana indahnya pantai yang satu ini?

12. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara memang memiliki arsitektur megah yang menarik banyak perhatian bagi warga lokal ataupun para wisatawan.

Bahkan vihara yang satu ini juga menjadi simbol toleransi beragama lho karena letaknya yang berdekatan dengan masjid dan juga pura.

Bangunannya yang megah dan begitu khas menjadikan tempat ini begitu ramai dikunjungi para wisatawan untuk ber-swafoto.

13. Puncak Batu Ratu

Senang ber-swafoto ? Puncak Batu Ratu ini menjadi tempat wisata yang harus Anda kunjungi selama berada di Pamekasan.

Selain keindahan alamnya yang asri, di Puncak Batu Ratu juga disediakan banyak pilihan spot foto lho untuk Anda gunakan.

Ah tentu menyenangkan bukan mengabadikan momen dengan keindahan alam yang luar biasa ?

14. Bukit Waru

Suasana alam khas pegunungan akan Anda dapatkan di Bukit Waru ini. Hamparan keindahan alam juga dapat Anda nikmati lho di Bukit Waru.

Menyenangkannya lagi, ada beberapa spot foto yang disediakan pengelola tempat ini untuk Anda gunakan lho.

Wah tentu menyenangkan datang ke Bukit Waru sambil memanjakan mata dan juga menyegarkan tubuh dengan udaranya yang masih begitu terjaga.

15. Alun-Alun Pamekasan

Wah tentu rasanya tidak lengkap berkunjung ke suatu daerah tanpa mendatangi alun-alunnya. Kabupaten Pamekasan juga memiliki alun-alun yang menarik lho untuk Anda kunjungi.

Anda juga akan menemukan salah satu monumen iconic di alun-alun ini, yaitu Monumen Arek Lancor. Wah tentu menyenangkan ya bermain bersama keluarga di Alun-Alun Pamekasan ini?

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Pamekasan. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pasal 162 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

Pasal 172 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Sempat Putus Meski Akhirnya Nikah di Bawah Tangan dan Jadi Janda 9 Tahun Terakhir, Umi Pipik Kenang Hidupnya yang Nelangsa Kala Awal Jadi Istri Uje, Jualan Makanan Agar Dapur Tetap Ngebul!

Usai sembilan tahun menyandang status janda, memang Pipik Dian Irawati tak lagi dikabarkan menjalin hubungan dengan laki-laki lain. Sebelumnya sempat…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

Watak Asli Irjen Ferdy Sambo Dibongkar Grafolog, Sifat Temperamental Terlihat Jelas dari Tulisan Tangannya

Watak asli Irjen Ferdy Sambo baru-baru ini dibongkar oleh ahli tulisan tangan atau grafolog, Tessa Sugito. Watak asli tersebut dibaca…

15 Tempat Wisata di Kota Kediri yang Wajib Dikunjungi

Meski letak Kota Kediri ini berada di tengah kepungan Kabupaten Kediri, namun Kota Kediri menjadi kota terbesar ke-3 lho di…

Innalillahi, Musibah Menerpa Atta Halilintar, Aurel Hermansyah Beber Penyebab Suami Terkulai Lemas di Ranjang Rumah Sakit

Kabar kurang sedap datang dari pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Mendadak, Aurel Hermansyah membagikan kondisi kesehatan Atta Halilintar yang…

Heboh Kabar Agnes Mo Berjilbab dan Peluk Agama Islam, Netizen: Tak Seperti Artis Lain, Melepas Iman Demi Cinta!

Agnes Monica alias Agnez Mo ramai diberitakan menjadi mualaf atau memeluk agama Islam. Kabar ini mencuat usai foto pelantun "Matahariku"…