15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi.

Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang begitu asri dapat ditemui diberbagai sudut Kabupaten Pacitan ini.

Tak heran Pacitan memiliki segudang tempat wisata yang begitu menarik perhatian para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.

Jika Anda tertarik untuk berwisata di Kabupaten Pacitan, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Pacitan:

1. Monumen Jenderal Sudirman

Anda tentu sudah tau tentang sosok Jenderal Sudirman. Dulunya Jenderal Sudirman memiliki markas di Kabupaten Pacitan, sebagai bentuk rasa hormat akhirnya dibuatlah monumen yang satu ini. Monumen Jenderal Sudirman sendiri tidak dibuat sekadar mendirikan patung saja lho, namun semuanya penuh dengan perhitungan.

Anda akan menemukan 3 tahapan tangga, dimana tangga pertama berjumlah 45 melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia, tangga kedua berjumlah 8 melambangkan bulan kemerderkaan Indonesia, dan tangga ketiga berjumlah 17 yang melambangkan tanggal kemerderkaan Indonesia.

Bahkan disetiap dinding bangunan Anda akan melihat relief tembaga yang berkisah tentang perjalanan hidup Jenderal Sudirman. Menarik bukan?

2. Goa Song Terus

Goa yang satu ini memang tidak boleh Anda lewatkan. Salah satu goa yang kental dengan kesan mistis di Pacitan ini memang memiliki keunikannya tersendiri.

Di Goa Song Terus ini Anda akan menjumpai banyak tualng belulang manusia yang telah mati ribuan tahun silam.

Namun menariknya, tulang belulang ini justru dijadikan sebagai bahan penelitian arkeolog lho untuk meneliti peradaban manusia purba. Tapi tenang saja, dibalik kesan mistisnya goa yang satu ini juga begitu eksotis lho.

3. Pantai Klayar

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Pacitan tanpa mendatangi Pantai Klayar. Keindahan pantainya yang memang begitu mempesona tidak mudah ditemui di pantai-pantai lainnya.

Uniknya di pantai yang satu ini Anda juga akan menemukan seruling laut yang berupa batu karang besar dengan celah lho.

Alam sekitar dari Pantai Klayar juga terbilang begitu asri. Tentu menyenangkan mengunjungi Pantai Klayar bersama orang-orang tersayang.

4. Pantai Watu Karung

Tidak kalah menarik dari Pantai Klayar, Pantai Watu Karung juga memiliki pesonanya tersendiri lho.

Pesona pasir putih dengan perpaduan ombaknya yang besar juga sangat cocok untuk surfing lho.

Keindahan lainnya yang dapat Anda temui di pantai ini adalah adanya karang besar yang terlihat begitu eksotis.

5. Goa Gong

Pacitan juga punya goa lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan Goa Gong sendiri menjadi goa terindah se-Asia Tenggara, jadi pastikan Anda tidak melewatkannya ya.

Didalam Goa Gong nantinya Anda akan melihat sendang bidadari yang memiliki air begitu jernih, nah nama “Gong” ini berasal dari sebuah batu yang ada di goa ini yang menimbulkan bunyi seperti gong.

6. Pantai Teleng Ria

Jika Pantai Watu Karung memiliki ombak besar yang cocok untuk surfing, nah Pantai Teleng Ria ini memiliki ombak yang tenang jadi sangat cocok bagi Anda mengajak anak-anak bermain air di pantai yang satu ini.

Keindahan pasir putih ditambah semilir angin yang menyapa juga dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama di pantai yang satu ini.

7. Goa Luweng Ombong

Berbeda dari goa-goa pada umumnya, Goa Luweng Ombong ini memiliki lubang vertikal lho.

Jika dilihat dari ketinggian Anda akan melihat lubang besar yang berada di tengah-tengah alam hijau lho.

Menariknya karena lubang dari goa ini vertikal Anda justru akan merasakan cahaya matahari yang terlihat begitu eksotis dari dalam goa.

8. Curug Gringsing

Pacitan juga memiliki air terjun yang menarik untuk Anda kunjungi lho. Hal pertama yang akan menyambut Anda di Curug Gringsing ini adalah hawa sejuk khas pegunungan.

Air terjun yang ada di Curug Gringsing juga begitu eksotis lho, Anda akan melihat beberapa titik air terjun dimulai dari aliran air yang kecil sampai aliran air yang lebih besar.

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk Anda menghilangkan penat setelah melakukan aktivitas sehari-hari.

9. Pantai Buyutan

Wah Pacitan memang menyuguhkan banyak sekali keindahan alam yang luar biasa ya. Pantai Buyutan juga menjadi salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi.

Perpaduan birunya laut, pasir pantai putih, dan hamparan hijau alam yang begitu menyejukkan dapat Anda rasakan langsung di Pantai Buyutan ini.

Pantai yang satu ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak lho, terlebih karena pasir pantainya yang begitu halus.

10. Wisata Pinus Gemaharjo

Hutan pinus memang selalu menyajikan keindahan alam yang eksotis. Suguhan alam hijau dan juga udara sejuk yang memanjakan tubuh tentu akan membuat siapa saja senang berada di hutan pinus.

Wisata Pinus Gemaharjo bahkan memiliki beberapa fasilitas wisata yang menarik lho untuk Anda coba, salah satunya adalah dengan adanya hammock.

Nah jika Anda ingin menikmati keindahan hutan pinus dari ketinggian Wisata Pinus Gemaharjo juga memiliki gardu pandang yang instagramable lho, jadi sambil menikmati keindahan alam Anda dapat ber-swafoto juga.

11. Pantai Taman

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pantai Taman selama berada di Pacitan. Meski terlihat seperti pantai biasa pada umumnya, namun pemandangan alam disaat matahari terbit dan terbenam di pantai ini merupakan spot terbaik lho di Pacitan.

Tidak hanya itu saja Anda juga dapat melihat secara langsung penangkaran penyu yang ada di pantai ini.

Tidak puas dengan itu saja? Pantai Taman juga menawarkan sensasi flying fox terpanjang di Indonesia dengan melintasi Pantai Taman ini. Seru bukan ?

12. Pantai Tawang

Ingin berwisata ke pantai yang sepi untuk menenangkan diri ? Pantai Tawang menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Pesona keindahan pantai pasir putih dan air laut jernih ditambah dengan alam hijau yang mengelilingi pantai yang satu ini memang begitu menarik untuk dikunjungi.

Selain itu Anda juga akan melihat kegiatan para nelayan lho. Menarik bukan?

13. Bukit Pakis Pacitan

Ingin menyaksikan keindahan Kabupaten Pacitan di malam hari ? Bukit Pakis Pacitan harus Anda jadikan salah satu destinasi wisata selama berada di Pacitan.

Salah satu tempat bersantai dan juga bersenda gurau bersama teman-teman ini memang menyajikan keindahan alam Pacitan dari ketinggian.

Pesona alam dengan kerlap-kerlip lampu di pemukiman memang menjadikannya begitu sangat indah.

Bukit Pakis Pacitan ini akan lebih indah lagi jika Anda mengunjunginya saat bulan purnama karena akan banyak sekali bintang-bintang bertaburan di langit Pacitan.

14. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul sendiri sebenarnya merupakan bagian dari Pantai Buyutan. Namun keindahan Pantai Ngandul ini seperti surga tersembunyi lho di Kabupaten Pacitan, karena masih banyak yang belum mengetahuinya.

Jangan bayangkan pantai dengan pasir putihnya yang cantik, karena di Pantai Ngandul ini yang akan Anda jumpai adalah air laut, tebing karang, dan juga air terjun.

Ya, ada air terjun di Pantai Ngandul ini. Bahkan menariknya aliran air terjun yang mengalir ke pantai ini merupakan aliran air sungai yang bermuara ke laut lho. Wah menarik bukan?

15. Pantai Kasap

Anda tentu tau keindahan dari Raja Ampat bukan ? Namun letaknya yang jauh dan juga transportasi yang mahal membuat Anda hanya dapat melihat foto atau videonya saja.

Nah, jika Anda berada di Pacitan Anda tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat lho. Ada Pantai Kasap yang keindahannya mirip dengan Raja Ampat lho.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Pacitan. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ayahnya Jadi Mantan Kadiv Propam Polri, Anak Ferdy Sambo Ternyata Tempuh Pendidikan Militer yang Sama dengan AHY, Biayanya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Anak Ferdy Sambo turut menjadi sorotan usai mantan Kadiv Propam Polri itu ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. Bak sudah…

Pasal 181 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule: Janda Anak Dua

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule. Nathalie Holscher secara tiba-tiba menceraikan Sule. Kini, Sule kembali menduda. Sebelumnya,…

Pasal 163 bis KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

‘Tahun Ini udah Fix!’ Verrell Bramasta Umumkan Pernikahan, Siapa Calonnya? Bocorkan Ada 3 Pilihan Wanita

Artis Verrell Bramasta mengatakan bahwa tahun ini dirinya akan menikah. Punya tiga kandidat calon istri. Belum lama ini Verrell Bramasta…

‘Dukun-dukun Langsung Resign’, Pesulap Merah Gandeng Hotman Paris Jadi Pengacara, Firdaus Oiwobo Kebakaran Jenggot: Sesat Semua!

Makin panas, Pesulap Merah alias Marcel Radhival dan dr Richard Lee kini gandeng Hotman Paris sebagai pengacara untuk lawan para…

15 Tempat Wisata di Kota Kediri yang Wajib Dikunjungi

Meski letak Kota Kediri ini berada di tengah kepungan Kabupaten Kediri, namun Kota Kediri menjadi kota terbesar ke-3 lho di…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

Terpaksa Jadi Janda Lagi Usai Bahagia Dinikai Brondong Usia 27 Tahun, Syok Nikahi Suami Orang

Kemampuan akting artis senior Henidar Amroe tak perlu diragukan lagi. Ia sudah malang melintang di dunia hiburan tanah air cukup…

Pasal 161 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…