15 Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin sudah tau tentang Kabupaten Nganjuk dan perannya sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur. Namun Kabupaten Nganjuk tidak hanya memiliki keunggulan dari bawang merahnya saja lho.

Banyak tempat yang bisa Anda jelajahi di Kabupaten Nganjuk, mulai dari tempat wisata alam, tempat wisata edukasi, dan juga tempat wisata religi dapat Anda jumpai di Kabupaten Nganjuk.

Jika Anda tertarik untuk berwisata di Kabupaten Nganjuk, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Kabupaten Nganjuk:

1. Air Terjun Sumber Manik

Salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan jika berada di Kabupaten Nganjuk adalah Air Terjun Sumber Manik.

Air terjunnya yang cukup unik dengan aliran air yang melebar di dua titik ini memang terlihat begitu eksotis.

Menurut kabar yang beredar air terjun ini dulunya merupakan tempat bertapa Damarwulan lho di zaman Kerajaan Majapahit.

Tak heran dengan adanya kabar seperti itu, karena Air Terjun Sumber Manik ini memang tersembunyi dan cocok untuk dijadikan tempat bertapa.

2. Grojogan Duwur Sumber Miri

Tempat wisata yang satu ini cocok lho untuk Anda kunjungi beramai-ramai. Grojogan Duwur Sumber Miri yang menawarkan wisata air ini bahkan memiliki aliran air bertingkat seperti air terjun.

Airnya yang begitu segar juga memungkinkan Anda untuk mandi ataupun berenang di tempat ini. Setelah puas bermain air Anda dapat bersantai sambil menggelar tikar lho untuk menyantap perbekalan bersama.

3. Bukit Batu Songgong

Dulunya Bukit Batu Songgong ini tidak semenarik sekarang ini lho. Namun karena kreatifitas warga sekitar dalam memanfaatkan bebatuan yang unik ini akhirnya terciptalah sebuah taman dengan hiasan bebatuan yang mengagumkan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam Kabupaten Nganjuk yang begitu mempesona sambil ditemani udara yang sejuk.

4. Museum Anjuk Ladang

Jika Anda berkunjung ke museum yang satu ini maka Anda akan menemukan beberapa bangunan dengan isi yang berbeda lho.

Di museum yang satu ini Anda akan menemukan berbagai peninggalan sejarah dan juga budaya masa lampau.

Bagi Anda yang ingin tau tentang cikal bakal didirikannya Kabupaten Nganjuk Anda dapat melihatnya di Prasasti Anjuk Ladang yang ada di Museum ini.

5. Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Nah, tempat yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Taman Rekreasi Anjuk Ladang sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Banyak sekali fasilitas yang disediakan di tempat wisata yang satu ini seperti kolam renang, kebun binatang mini, jogging track, dan bahkan perkemahan lho.

Namun jika Anda tidak terlalu senang dengan keramaian pastikan Anda mengunjunginya tidak di waktu musim liburan ya.

6. Goa Margo Tresno

Goa Margo Tresno memang sudah diresmikan sebagai tempat wisata namun kesan mistis memang masih sangat melekat di tempat yang satu ini.

Anda juga akan menemukan banyak sekali kelelawar yang hidup didalam goa ini. Tidak hanya itu, di dalam goa juga terdapat kolam yang dapat Anda gunakan untuk mandi ataupun berenang lho.

7. Taman Pandan Wilis

Taman Pandan Wilis menjadi salah satu tempat wisata yang sempat ramai diperbincangkan lho.

Tempat yang sangat cocok untuk para anak muda ini memang begitu nyaman untuk menjadi tempat nongkrong di sore hari.

Bahkan banyak warga setempat yang seringkali berolahraga lho di Taman Pandan Wilis ini.

Tidak perlu khawatir, Anda dapat menikmati keindahan dari taman yang satu ini kapanpun Anda mau.

8. Agrowisata Nganjuk

Anda tentunya tau bahwa Nganjuk menjadi salah satu sentra produksi bawang merah. Nah, di Agrowisata Nganjuk ini Anda akan diajarkan secara langsung bagaimana pembudidayaan bawang merah di Kabupaten Nganjuk.

Tidak hanya bawang merah saja, Anda juga dapat melihat proses menanam hingga memanen padi. Menyenangkan bukan mendapat pengetahuan baru?

Lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung pun tentunya akan membuat Anda betah berlama-lama ada di Agrowisata yang satu ini.

9. Agrowisata Perkebunan Mawar

Jika sebelumnya merupakan tempat budidaya bawang merah, di tempat yang satu ini Anda akan melihat pembudidayaan aneka jenis mawar lho.

Tidak hanya itu saja, dengan pemandangan alamnya yang indah dipadukan dengan bunga mawar bermekaran di tempat ini juga disediakan berbagai pilihan oleh-oleh yang berasal dari bunga mawar seperti parfume dan juga sirup yang menyegarkan.

10. Grojogan Duwur Sumbermiri

Anda wajib mengunjungi Grojogan Duwur Sumbermiri jika berada di Kabupaten Nganjuk. Keindahan alam yang eksotis menjadikan tempat yang satu ini disebut sebagai surga dunia yang berada di Kabupaten Nganjuk.

Meski akses jalannya rusak dan menyulitkan Anda untuk sampai di tempat yang satu ini, namun pemandangan indah yang Anda dapat dengan kesegaran aliran air yang ada di Grojogan Duwur Sumbermiri dijamin tidak akan membuat Anda menyesal telah mengunjunginya.

11. Goa Margo Tresno

Jangan lewatkan tempat wisata bersejarah yang satu ini. Meskipun perjalanan menuju Goa Margo Tresno ini cukup menantang namun suguhan keindahan alam yang akan Anda dapat tentu menjadikan perjalanan yang telah dilalui tidak seberapa.

Udara segar dan alam yang masih asri akan Anda rasakan di tempat yang satu ini. Ketika sampai di Goa Margo Tresno Anda akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan informasi-informasi mengenai Goa Margo Tresno ini.

12. Candi Lor

Jika dilihat candi yang satu ini mungkin memang kurang menarik. Candi Lor juga memang jauh dari kata megah jika dibandingkan dengan bangunan candi yang lainnya.

Namun salah satu peninggalan bersejarah ini justru sengaja dibiarkan begitu saja lho. Hal ini karena Candi Lor merupakan asal usul dari Kabupaten Nganjuk dan warga ingin bentuknya tetap asli tanpa perubahan agar tidak mengurangi nilai dari sejarahnya.

13. Bukit Goa Dali

Bukit Goa Dali atau yang biasa disebut sebagai Alas Patuk bagi masyarakat setempat ini memiliki suguhan alam yang menakjubkan lho.

Anda dapat melihat pemandangan alam hijau mempesona dari atas bukit ini. Suasana dari ketinggian juga tentu terasa begitu sejuk dan menenangkan.

Selain menikmati keindahan alamnya yang begitu hijau, tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk Anda berfoto.

14. Makam Kanjeng Jimat

Selain menikmati wisata alam di Kabupaten Nganjuk, jangan lupa untuk berkunjung ke Makam Kanjeng Jimat.

Kanjeng Jimat atau yang memiliki nama asli Kanjeng Raden Toemenggoeng Sosrokoesoemo ini memiliki peran yang sangat besar lho bagi keberadaan Kabupaten Nganjuk saat ini.

Tidak heran banyak wisatawan yang berdatangan ke Makam Kanjeng Jimat untuk mendoakannya dan mengenang jasa-jasa beliau semasa hidup.

15. Masjid Yoni Al-Mubarok

Masih satu komplek dengan Makam Kanjeng Jimat, Anda juga tidak boleh lewatkan untuk berkunjung ke Masjid Yoni Al-Mubarok.

Salah satu bangunan masjid bersejarah yang ada di Kabupaten Nganjuk ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Bangunannya yang kental dengan gaya khas Jawa dengan ukiran kayu jati yang dapat Anda lihat disetiap ornamennya memang membuat siapa saja terkagum-kagum melihat keindahan bangunan masjid yang satu ini.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Nganjuk. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Dulu Nangis Saat BBM Naik, Sekarang Megawati Minta Rakyat Jangan Cengeng, Anak Buah AHY: Itu Tangisan ‘Drama’

Politikus Partai demokrat Yan Harahap menyinggung Megawati Soekarnoputri soal tangisannya dulu ketika Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. Menurutnya, tangisannya saat…

Betrand Peto Pernah Minum ASI Sarwendah, Kelakuan Anak Angkat Dewi Perssik Juga Pernah Jadi Perbincangan karena Nekat Mencium Sang Ibu Angkat Di Hadapan Publik

Keberadaan Betrand Peto di keluarga Ruben Onsu memang sempat menuai pro kontra. Hal itu karena sikapnya kepada sang ibu asuh,…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Kediri yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kediri menjadi salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Kediri sendiri memang terkenal dengan sejarah dan…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

Pesulap Merah Cuek Disomasi Rara Pawang Hujan: Biarin Saja, Kenapa Memangnya?

Marcel Radhival atau Pesulap Merah menanggapi somasi Rara Pawang Hujan terkait pernyataan yang dianggap merendahkan pekerjaannya. Ditemui di kawasan Pluit,…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin sudah tau tentang Kabupaten Nganjuk dan perannya sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur. Namun Kabupaten Nganjuk…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sampang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Sampang memang menjadi salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Banyak sekali cerita sejarah yang ada…