15 Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

Tahukah Anda bahwa Kabupaten Mojokerto merupakan kabupaten/kota terkecil di Indonesia ? Namun meski begitu Mojokerto memang sangat kaya akan budaya dan juga sejarah kerajaan masa lampau terutama Kerajaan Majapahit.

Tidak hanya itu saja lho, Mojokerto juga menyimpan banyak keindahan alam yang masih sangat terjaga, banyak juga tempat wisata unik yang dapat Anda kunjungi di Mojokerto.

Bagi Anda yang tertarik berwisata di Kabupaten Mojokerto, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Mojokerto:

1. Kampung Majapahit

Kabupaten Mojokerto memang tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Majapahit di masa lampau.

Di Kampung Majapahit ini Anda akan menjumpai deretan pemukiman rumah penduduk yang memiliki bangunan khas Majapahit yang memang sengaja direnovasi agar dapat menjadi salah satu destinasi wisata pilihan selama berada di Kabupaten Mojokerto.

Tidak sekadar rumahnya saja, jika Anda beruntung Anda dapat menyaksikan berbagai atraksi budaya yang biasa di tampilkan di Kampung Majapahit ini.

2. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi Anda yang senang mendaki.

Tidak hanya pesona keindahan alamnya saja, di Gunung Penanggungan juga benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan-kerajaan pada masa lampau lho.

Selain itu, di sisi utara puncak Gunung Penanggungan ini Anda akan menemukan bangunan yang menyerupai altar yang sangat kental dengan kesan mistis lho.

3. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu menjadi salah satu air terjun yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Mojokerto. Tebing yang menjulang tinggi dan tegak ini memang menjadi keunikan tersendiri dari Air Terjun Coban Canggu.

Sejuknya udara ditambah lagi dengan tanaman hijau yang tumbuh disekitaran air terjun ini menambah keeksotisannya. Tentunya jika Anda berkunjung ke air terjun yang satu ini Anda akan berhasil melepas penatnya aktivitas sehari-hari.

4. Situs Trowulan

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Mojokerto memang memiliki banyak sejarah tentang kerajaan-kerajaan di masa lampau, di Situs Trowulan ini juga Anda akan menemukan lebih dari sepuluh situs purbakala peninggalan Kerajaan Majapahit lho.

Candi-candi dan alamnya yang hijau memang begitu menenangkan. Keindahan Situs Trowulan bahkan dijadikan sebagai spot foto lho bagi para wisatawan.

5. Maha Vihara Mojopahit

Maha Vihara Mojopahit atau yang dikenal juga dengan sebutan Patung Buddha Tidur ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk mengundang para wisatawan berdatangan.

Tentu saja banyak wisatawan yang memilih berkunjung ke Maha Vihara Mojopahit ini dibanding harus pergi jauh ke Thailand ataupun Myanmar.

Tidak hanya ber-swafoto didepan Patung Buddha Tidur saja, ada sebuah vihara dengan arsitektur khas dapat Anda temui di tempat ini.

6. Museum Balai Pelestarian Purbakala

Jika Anda ingin berwisata edukasi, Museum Balai Pelestarian Purbakala ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Bangunan museum yang sudah berumur 200 abad ini memang menyimpan banyak sekali koleksi benda peninggalan sejarah di zaman purbakala.

Anda juga akan melihat berbagai artefak dari berbagai kerajaan berada di Museum ini lho. Menarik bukan ? Berwisata sambil mengulik sejarah yang ada.

7. Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu juga memiliki keindahan alam yang mempesona lho. Meski ketinggiannya hanya mencapai 15 meter namun pesona air terjun yang satu ini tetap menarik banyak wisatawan berdatangan. Alamnya yang masih begitu asri juga memang sangat cocok sekali untuk menenangkan diri.

8. Puncak Jengger

Ingin mencoba mendaki gunung ? Puncak Jengger ini cocok lho bagi para pendaki pemula.

Dengan ketinggiannya yang mencapai 1100 mdpl ini Anda sudah dapat menikmati keindahan alam khas pegunungan dengan udara sejuknya yang memanjakan tubuh.

Namun pastikan untuk berhati-hati ya, meskipun cocok untuk pendaki pemula beberapa jalur cukup licin untuk dilalui.

9. Situs Siti Inggil

Selain di Situs Trowulan, Anda juga dapat berwisata edukasi di Situs Siti Inggil. Situs yang juga menyimpan berbagai sejarah peradaban ini memang menarik untuk Anda kunjungi.

Nama dari Situs Situ Inggil ini sendiri memiliki airti sebagai “tanah yang diagungkan” dimana tempat ini dulunya merupakan tempat singgah dan bertapa dari Raja Majapagit bernama Raden Wijaya. Uniknya, Raden Wijaya yang beragama Hindu justru memiliki makam yang begitu kental dengan gaya khas Islam lho.

10. Air Terjun Watu Ondo

Ingin melihat air terjun kembar di Mojokerto ? Anda dapat mengunjungi Air Terjun Watu Ondo.

Air terjun kembar dengan aliran airnya yang deras ini memang memberi sensasi yang cukup menyegarkan.

Keindahan alam yang disuguhkan pun tidak main-main lho. Namun Anda perlu berhati-hati ya karena jalur menuju Air Terjun Watu Ondo ini terbilang cukup ekstrim.

11. Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo juga menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Tempat pemandian yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 997 masehi ini bahkan disebut-sebut sebagai tempat pemandian para keluarga Kerajaan Majapahit lho.

Adanya pancuran yang bertingkat di tempat ini juga memang menambah keindahan dari Petirtaan Jolotundo ini. Bahkan banyak wisatawan yang menyebut tempat ini instagramable lho.

Oh ya, perlu diingat jika Anda mandi di pemandian yang satu ini pastikan untuk tidak menggunakan shampo ataupun sabun ya.

12. Museum Sanggar Gubug Wayang

Selain sejarah kerajaannya, Mojokerto juga memang kaya akan budaya. Di museum yang satu ini Anda dapat menemykan berbagai karakter wayang baik berupa wayang golek, wayang kulit, ataupun wayang potehi.

Selain wayang ada juga beberapa alat kesenian lain seperti reog, keris, kuda lumping, gamelan, dan mainan zaman dulu lainnya.

Hal unik yang tidak boleh Anda lupakan jika berkunjung ke museum yang satu ini adalah adanya buku Samkok yang sudah berusia 100 tahun lho.

13. Pendopo Agung Trowulan

Meski baru, namun tempat yang satu ini dianggap sakral lho oleh masyarakat setempat.

Pendopo yang menyajikan keindahan alam dengan sentuhan arsitektur khas Jawa Kuno ini juga sangat begitu luas lho, jadi tentu Anda akan menghabiskan banyak waktu di tempat ini.

Namun tenang saja tentu wisata Anda tidak akan terasa bosan karena akan banyak hal unik yang Anda temui di Pendopo Agung Trowulan ini.

14. Strawberry Farm Pacet

Ingin merasakan udara sejuk sambil menikmati nikmatnya buah strawberry ? Tempat yang satu ini harus Anda jadikan pilihan.

Tidak hanya menyantap strawberry saja, di tempat ini Anda juga akan diajarkan cara menanam strawberry dari awal hingga panen lho. Strawberry Farm Pacet ini tentu akan lebih menyenangkan jika dikunjungi bersama keluarga tercinta.

15. Bumi Perkemahan Dlundung

Sudah puas berwisata dan ingin menikmati keindahan alam Mojokerto lebih lama ? Anda perlu mencoba sensasi berkemah di Bumi Perkemahan Dlundung ini.

Luasnya yang mencapai 1.600 hektar ini full alam terbuka lho. Nuansa sejuk dan semua tumbuhan hijau yang ada di tempat ini dijamin akan membuat Anda merasa betah berada di Bumi Perkemahan Dlundung ini.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Mojokerto. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN