15 Tempat Wisata di Kabupaten Malang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Malang memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur. Menariknya Kabupaten Malang merupakan kabupaten terluas kedua lho di Jawa Timur.

Keindahan alam di Kabupaten Malang juga tidak kalah menarik dibanding kabupaten atau kota lainnya di Indonesia. Bahkan Anda akan menemukan beberapa surga tersembunyi di Kabupaten Malang yang masih begitu asri dan terjaga.

Jika Anda tertarik berwisata di Kabupaten Malang, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Malang:

1. Pantai Balekambang

Salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan jika berada di Kabupaten Malang adalah Pantai Balekambang. Keindahan pantai yang satu ini memang mempesona lho, bahkan banyak yang menyebut bahwa keindahan Pantai Balekambang mirip dengan keindahan Pantai Lot yang ada di Bali.

Salah satu hal yang paling mendukung kemiripan pantai yang satu ini dengan Pantai Lot adalah adanya Pura Amerta Jati yang berada di atas Pulau Ismoyo. Pura yang berdiri kokoh memang menambah keeksotisan dari Pantai Balekambang.

Tidak sekadar menambah keindahannya saja, pura yang satu ini juga memang difungsikan sebagai tempat ibadah umat Hindu ketika menggelar upacara adat.

2. Pemandian Kalireco

Ingin merasakan sensasi mandi di alam terbuka ? Anda harus datang ke Pemandian Kalireco ini.

Airnya yang jernih berwarna kebiruan ditambah beberapa air terjun yang ada di pinggiran kolamnya dan juga perpaduan keindahan alam yang asri akan Anda dapat di Pemandian Kalireco ini.

Sambil membasuh tubuh dan berenang, dijamin segala rasa penat Anda hilang di tempat yang satu ini.

3. Pulau Sempu

Jika berkunjung ke Kabupaten Malang, Anda harus berkunjung ke Pulau Sempu Tempat yang disebut-sebut sebagai surga wisata di Kabupaten malang ini memang menawarkan berbagai keindahan alam yang menakjubkan.

Banyak sekali tempat wisata alam yang bisa Anda jelajahi di Pulau Sempu. Namun agar Anda tidak salah arah pastikan Anda menyewa tour guide ya untuk mendampingi Anda.

4. Pantai Tiga Warna

Nah, Pantai Tiga Warna ini merupakan salah satu wisata alam yang ada di area Pulau Sempu lho. Keindahan alamnya yang mempesona memang begitu dijaga di pantai ini.

Namun, karena pantai yang satu ini berada di kawasan hutan konservasi jadi untuk menuju ke Pantai Tiga Warna ini Anda perlu melakukan reservasi sebelumnya untuk memastikan bahwa pantai yang satu ini tidak terlalu ramai dan tetap terjaga.

Sesuai namanya, di Pantai Tiga Warna ini Anda akan menjumpai gradiasi tiga warna mulai dari pasir pantainya yang putih, dan perpaduan gradiasi air laut berwarna biru dan hijau.

Oh ya, pantai yang satu ini juga terbilang aman lho, karena ombak besar yang datang dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu.

5. Coban Sumber Pitu

Coban Sumber Pitu menjadi air terjun terbesar lho yang ada di Jawa Timur. Sesuai namanya Coban Sumber Pitu ini memiliki tujuh sumber mata air.

Menarik bukan ? Ketika Anda mengunjungi air terjun yang satu ini dijamin Anda akan terkagum-kagum melihatnya.

Sebuah tebing tinggi yang penuh dengan tanaman hijau dengan tujuh aliran air terjun memang terlihat begitu mengagumkan. Tak heran banyak wisatawan yang senang berkunjung ke air terjun yang satu ini.

6. Taman Labirin Coban Rondo

Senang bermain teka-teki ? Anda dapat berkunjung ke Taman Labirin Coban Rondo ini. Taman labirin yang luas dan memiliki tinggi 2 meter ini memang menarik untuk dipecahkan.

Namun tidak perlu khawatir, jika Anda sudah merasa kesulitan mencari jalan keluar Anda dapat meminta tolong teman untuk menunjukan arah dari menara pandang yang ada di sisi taman.

Tidak hanya taman labirin saja, Anda juga dapat menikmati air terjun di tempat wisata yang satu ini. Air terjun dari tebing tinggi dengan tanaman hijau disekelilingnya tentu akan membuat Anda terpesona.

7. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep memang belum begitu terkenal dibanding pantai-pantai lainnya di Kabupaten Malang. Namun Pantai Ngliyep memiliki keindahan tersendiri lho.

Pantai pasir putih dengan terumbu karang yang ditumbuhi tanaman hijau memang membuat pantai yang satu ini terlihat begitu eksotis.

Pantai yang memang belum terkenal ini juga akan menjadi keuntungan bagi Anda karena dapat menikmati keindahannya dengan tidak terlalu ramai.

8. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot disebut-sebut sebagai Maldivesnya Kabupaten Malang lho. Bagaimana tidak, pemandangan menakjubkan dapat Anda nikmati di pantai yang satu ini.

Namun Anda tidak diperbolehkan berenang ya di Pantai Sipelot karena ombaknya memang sangat besar. Jadi tetap berhati-hati dan nikmati keindahannya dari tepi pantai saja.

9. Wisata Pujon Kidul

Ingin berwisata alam sambil menikmati berbagai santapan khas nusantara ? Wisata Pujon Kidul menjadi pilihan tepat bagi Anda. Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga membuat tempat yang satu ini memiliki udara sejuk lho.

Tidak cukup dengan sejuknya udara, pemandangan keindahan alam, dan kulinernya saja, Anda juga bahkan dapat menjajal berbagai wahana permainan lainnya lho yang ada di Wisata Pujon Kidul ini.

10. Pantai Mbehi

Wah ada lagi pantai ekstotis yang wajib Anda kunjungi jika berada di Kabupaten Malang. Pantai Mbehi, pantai yang ada di pesisir selatan Kabupaten Malang ini memang menyimpan keindahan yang tersembunyi lho.

Lokasinya yang berada di area hutan lindung memang membuat pantai yang satu ini masih sangat begitu terjaga.

Selain keindahannya, ada hal unik yang akan Anda temui di Pantai Mbehi ini, salah satunya adalah karang yang memiliki lubang besar yang tembus langsung ke air laut.

Meski unik, namun jika Anda ingin melihatnya Anda harus berhati-hati ya karena tidak ada pagar pembatas sama sekali.

11. Perkebunan Teh Wonosari

Malang juga punya perkebunan teh yang menarik untuk dikunjungi lho. Perkebunan Teh Wonosari salah satunya.

Tidak hanya menikmati hamparan perkebunan teh hijau yang sejuk saja, banyak fasilitas permainan seru yang dapat Anda coba disini seperti berkuda, halang rintang, ATV, flying fox, dan masih banyak lainnya.

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Malang lebih lama lagi dekat dari area Perkebunan Teh Wonosari ini juga Anda akan menemukan beberapa penginapan lho disini.

12. Museum Kesehatan Jiwa dr. Radjiman Wediodiningrat

Apakah Anda punya nyali pemberani ? Jika ya, Anda harus coba berkunjung ke museum yang satu ini. Tempat yang dulunya gudang dari rumah sakit jiwa ini memang dibuat sedemikian rupa untuk menjadi museum.

Anda akan menemukan beberapa gambaran mengerikan tentang kesehatan jiwa dari beberapa masa, menariknya Anda juga dapat melihat perlengkapan untuk membedah otak lho. Cukup mengerikan bukan ? Jadi pastikan untuk siapkan nyali Anda ya.

13. Pantai Banyu Anjlok

Kabupaten Malang memang memiliki banyak pantai eksotis yang menarik untuk dikunjungi, namun Pantai Banyu Anjlok ini memiliki keunikan lain yang tidak dapat Anda temui di pantai-pantai sebelumnya lho.

Pantai Banyu Anjlok ini memiliki sebuah kolam di puncak air terjun yang terbentuk secara alami lho. Bahkan dari kolam ini Anda akan melihat keindahan dari Pantai Banyu Anjlok itu sendiri.

Seru bukan ? Terlebih saat momen matahari terbit dan terbenam keindahannya tentu semakin bertambah.

14. Museum Malang Tempo Doeloe

Tidak lengkap rasanya datang ke Malang tanpa berkunjung ke museumnya. Museum yang dibuat untuk menyimpan berbagai benda bersejarah yang ada di Malang ini memang menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya benda-benda peninggalannya saja lho, desain interior dari museum ini juga bahkan bertemakan sejarah Malang di masa lampau.

15. Museum Angkut

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar Museum Angkut. Ya, salah satu tempat wisata yang sudah sangat terkenal ini tentu saja tidak boleh Anda lewatkan.

Koleksi transportasi tradisional bahkan hingga modern berada di Museum yang satu ini. Tidak hanya itu tempatnya yang juga instagramable, tentu cocok untuk Anda ber-swafoto.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Malang. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN