18 Tempat Wisata di Kabupaten Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah Kabupaten atau Kota di provinsi Jawa Tengah. Magelang menyimpan keindahan yang beberapa diantarnya masih jarang diketahui, sehingga menjadi objek wisata yang menyuguhkan suasana asri dan alami.

Tempat wisata ini meliputi situs budaya, situs bersejarah, sampai air terjun yang siap menyegarkan tubuh Anda dengan pemandangan alam yang menduhkan mata.

Magelang memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di Magelang.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Magelang yang wajib Anda kunjungi:

1. Candi Borobudur

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur tentu bukan sebuah tempat wisata yang asing, bagaimana tidak mengingat Candi Borobudur merupakan salah satu situs keajaiban dunia yang ada di negara Indonesia.

Selain memiliki struktur bangunan yang menarik dan menakjubkan, pemandangan di sekitar Candi Borobudur juga sangat asri dan indah.

Hingga saat ini Candi Borobubudur terus berusahan melengkapi seluruh fasilitas pendukung yang diharapkan dapat membuat siapapun yang mengunjunginya dapat merasa nyaman.

2. Gunung Telomoyo

Lokasi: Kab. Semarang dan Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Telemoyo memiliki gerbang masuk di Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Gunung Telemoyo menyuguhkan keindahan alam yang terhampar begitu luas, apalagi saat matahari terbit maupun saat matahari terbenam Anda akan menyaksikan panorama alam dengan padu-padan warna yang indah.

3. Punthuk Setumbu

Lokasi: Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Di Bukit Punthuk Setumbu ini Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan latar Gunung Merapi Merbabu.

Dari tempat ini Anda juga dapat menikmati megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang tertutup lautan kabut. Segala keindagan yang tersaji di Bukit Punthuk Setumbu akan sangat memanjakan Anda.

4. Punthuk Kendil

Lokasi: Gupakan, Kamal, Giritengah, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Kendil ini berada di ketinggian sehingga menawarkan keindahan alam yang begitu memikat mata.

Punthuk Kendil Mirip dengan Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong, yang juga merupakan hasil dari pengelolaan dataran tinggi. Anda bisa menikmati panorama senja yang utuh saat berkunjung ke sini.

5. Air Terjun Grenjengan Kembar

Lokasi: Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Air Terjun Grenjengan Kembar mampu menghadirkan ketenangan dengan segala suasana alam yang tersaji, mulai dari hijaunya alam sekitar, segarnya gemercik air, dan sejuknya udara.

Lokasi air terjun ini memang berada di hutan yang didominasi oleh pohon pinus dan bambu yang rindang, dimana hutan tersebut masih termasuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Merbabu.

6. Gunung Andong

Lokasi: Area Hutan/Kebun, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Andong akan membuat siapapun yang pernah mengunjunginya pasti ingin kembali lagi. Gunung Andong dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang suka mendaki.

Gunung ini menyajikan pemandangan yang sungguh memesona, dengan hamparan keindahan sekitarnya yang membuat pengalaman mendaki menjadi sangat menyenangkan.

7. Air Terjun Kedung Kayang

Lokasi: Jl. Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Air Terjun Kedung Kayang ini terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, dan berada di 950 mdpl.

Tinggi air terjun Kedung Kayang sekitar 40 meter dengan aliran air yang cukup deras dan juga dingin.

Akses menuju Air Terjun Kedung Kayang tidaklah sulit, sehingga Anda bisa menikmati keindahan di sini tanpa perlu merasa kelelahan.

8. Bukit Grenden

Lokasi: Pakis-Ngablak, Kuwiden, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Grenden merupakan tempat wisata terletak di lereng Gunung Merbabu, yang sekaligus menjadi alternatif gerbang menuju pendakian Gunung Merbabu.

Bukit Grenden ini adalah tempat wisata berupa hutam pinus yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto karena deretan hutan pinus membuat latar belakang foto menjadi sangat keren.

9. Taman Kyai Langgeng

Lokasi: Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Taman Kyai Langgeng ini memiliki lokasi yang tidak jauh dari pusat perbelanjaan Artos Magelang.

Taman Kyai Langgeng merupakan taman rekreasi berbasis edukasi yang cocok untuk anak-anak. Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas dan beragam wahana permainan seru yang bisa Anda.

10. Taman Badakan

Lokasi: Jl. Pahlawan No.190, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Taman Badakan menjadi tempat wisata favorit keluarga untuk bersantai dan bercengkrama bersama.

Di sini Anda bisa menikmati pemandangan yang ada sambil menyantap makanan yang Anda bawa dari rumah, maupun dengan membeli dari para penjual yang menjajakan dagangannya di sekiataran Taman Badakan.

11. Jembatan Gantung Mangunsuko

Lokasi: Jombong, Paten, Dukun, Magelang, Jawa Tengah.

Jembatan Gantung Mangunsuko ini memiliki panjang 120 meter yang berfungsi menghubungkan Desa Mangunsuko dan Desa Sumber yang dipisahkan oleh Sungai Senowo.

Anda bisa menikmati keindahan pemandangan dari atas Jembatan Gantung Mangunsuko, sambil mengabadikan momen dengan latar tempat yang begitu memesona.

12. Alun-Alun Magelang

Lokasi: Kel. Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Alun-alun memang selalu jadi tempat favorit untuk siapapun, baik masyarakat sekitar maupun wisatawan, termasuk Alun-alun Kota Magelang.

Alun-alun Kota Magelang selalu dipadati oleh banyak pengunjung, tertama pada saat akhir pekan atau hari libur. Anda bisa menikmati nuansa kota Magelang sambil menyantap aneka jajanan yang ada di sekitarnya.

13. Candi Mendut

Lokasi: Jl. Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Mendut merupakan candi lainnya yang ada di Magelang. Candi Mendut memiliki keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi, serta pemandangan alam yang tersaji dengan begitu indahnya. Candi Mendut juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

14. Candi Pawon

Lokasi: Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Pawon menyimpan nilai sejarah yang sangat menarik untuk Anda ketahui. Wisata Candi Pawon di Borobudur Magelang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Borobudur.

Tidak hanya candinya saja yang unik, tetapi juga pemandangan di sekiatarnya akan membuat Anda betah.

15. Air Terjun Sekar Langit

Lokasi: Desa Telogorejo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Air Terjun Sekar Langit merupakan salah satu air terjun di lereng Gunung Telomoyo. Air terjun ini memiliki aliran air yang jernih lagi menyegarkan.

Dibalik keindahan air terjun ini memiliki cerita tersendiri tentang sejarah Joko Tarub yang sangat melegenda. Air Terjun Sekar Langit ini termasuk air terjun yang legendaris.

16. Bukit Sleker Asri

Lokasi: Grenjeng, Gandusari, Bandongan, Grenjeng, Gandusari, Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Sleker Asri menyuguhkan panorama alam yang asri dan memikat hati. Objek wisata ini cocok untuk dijadikan alternatif berlibur bersama kerabat dan keluarga, di sini Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto berlatar pemandangan yang hijau nan asri.

17. Wisata Kulon Ndeso

Lokasi: Soko, Desa No.2, Suko 2, Sokorini, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Wisata Kulon Ndeso mengusung konsep pedesaan sederhana dengan pemandangan jajaran gunung.

Suasana tenang, sejuk, dan asri akan memberikan pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan.

Tempat ini jadi pilihan yang tepat untuk Anda berlibur dan me-refresh diri, sebelum kembali ke aktivitas yang super padat.

18. Karesidenan Kedu

Lokasi: Kota Magelang, Kab. Temanggung, Kab. Wonosobo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Karesidenan Kedu merupakan museum dengan gedung yang terbilang sudah tua, hal tersebut memberikan kesan eksotis dan unik. Disewakan untuk kegiatan seperti pernikahan, wisudawan dan sebagainya.

Tempat ini dulunya adalah tempat dinas dan pengelolaan administrasi di Karesidenan Kedu, tapi sekarang telah beralih fungsi menjadi tempat menarik.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang berada di kawasan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini memang sangat terkenal dengan keindahannya. Kabupaten Kepulauan…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang Wajib Dikunjungi

Pati merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan…

Download Driver Epson T1100

Printer Epson memang menjadi printer pilihan dengan alasan kualitasnya yang terbilang nendang. Maka tak heran jika printer Epson selalu menjadi…

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Wonogiri banyak…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

Nathalie Holscher Bak Jadi Sosok Orang Ketiga, Marissya Icha Pasrah Kalau Tak Dipilih Frans Faisal: Enggak Maksa

Marissya Icha ikhlas bila Frans Faisal berjodoh dengan Nathalie Holscher. Belakangan, Frans Faisal dan Nathalie Holscher memang ramai dijodohkan oleh…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

Biaya Balik Nama Sepeda Motor dan Syarat Pengurusan Terbaru

Kini, lebih mudah mengatur kembali nama dan membuat STNK). Biasanya nama kendaraan bermotor berubah karena adanya pergantian nama pemiliknya. Misalnya,…

15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi

Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar Kota Jakarta Pusat ? Selain tentang kemacetan, kesibukan, Jakarta juga memang cukup terkenal…