15 Tempat Wisata di Kabupaten Madiun yang Wajib Dikunjungi

Madiun memang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak sekali julukan. Hal ini tentu saja karena banyak sekali keunikan yang tersaji di Madiun.

Dari mulai kulinernya, sejarah masa lampau, dan juga pencapaian-pencapaian dari Kabupaten Madiun sendiri. Ya, banyaknya keunikan di Madiun juga membuat banyak wisatawan berdatangan ke Madiun.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Madiun, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Madiun:

1. Gunung Wilis

Gunung Wilis memang sudah begitu terkenal di Jawa Timur. Bagaimana tidak gunung dengan ketinggian 2.169 mdpl ini membentang di lima daerah sekaligus lho yaitu Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk, dan juga Kediri.

Ketinggiannya yang terbilang tidak terlalu tinggi dibanding gunung-gunung yang ada di Jawa Timur lainnya, Gunung Wilis pun memang cocok untuk para pendaki pemula, jadi jangan kaget ya karena gunung yang satu ini akan begitu ramai saat musim liburan tiba.

2. Pesanggrahan Madiun

Ingin merasakan sensasi menikmati keindahan alam dari rumah pohon ? Anda dapat mengunjungi Pesanggrahan yang ada di Madiun ini.

Hamparan alam hijau ditambah indahnya senja dapat Anda nikmati di rumah pohon ini. Tidak hanya itu saja lho, Anda juga bahkan dapat menikmati air terjun, berkemah, dan melakukan trail adventure di tempat yang satu ini.

3. Situs Nglambangan

Jika Anda datang ke Madiun jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Situs Nglambangan, situs yang memang menawarkan wisata edukasi sejarah ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit lho.

Banyak sekali berbagai benda peninggalan sejarah yang dapat Anda lihat di tempat ini. Bahkan jika Anda berkunjung ke Situs Nglambangan pada 1 Suro Anda akan melihat secara langsung prosesi upacara adat yang biasa diselenggarakan di situs yang satu ini.

4. Sekar Arum

Ingin mengajak keluarga bermain air di alam terbuka ? Sekar Arum dapat Anda jadikan destinasi wisata selanjutnya.

Suguhan pemandangan alamnya yang begitu asri ditambah dengan aliran air yang menyegarkan memang cocok sekali untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Tidak hanya itu lho, di tempat wisata yang satu ini juga telah disediakan berbagai fasilitas permainan lainnya, seperti arung jeram, flying fox, bahkan tempat makan dan juga gazebo lho.

5. Hutan Pinus Nongko Ijo

Meski sudah ada diberbagai daerah namun hutan pinus memang selalu menarik untuk dikunjungi. Hutan Pinus Nongko Ijo juga memiliki keindahan alam tersendiri untuk Anda nikmati.

Tempat wisata yang memang sedang banyak digandrungi akhir-akhir ini oleh para wisatawan dan warga lokal ini memang tidak hanya sekadar hutan pinus saja lho.

Ada spot foto menarik yang dapat Anda coba, selain itu kehadiran dua aliran sungai di tempat ini juga menambah sensasi alam yang sejuk di hutan pinus ini.

6. Air Terjun Banyulawe Dong

Siapa yang tidak senang dengan pemandangan alam asri ditambah suara gemericik air terjun? Keindahan ini dapat Anda nikmati di Air Terjun Banyulawe Dong.

Meski jalur menuju air terjun yang satu ini terbilang menantang, namun suguhan pemandangan alam hijau yang keasriannya terjaga dengan derasnya kucuran air terjun membuat siapa saja merasa relax berada di tempat yang satu ini. Jadi cocok sekali untuk Anda melepas penat dari kegiatan sehari-hari.

7. Air Terjun Kucur

Keindahan Air Terjun Kucur memang sudah cukup terkenal. Namun siapa sangka jika air terjun yang satu ini merupakan air terjun buatan.

Air terjun yang memang sengaja dibuat sebagai solusi dari masalah kekeringan di daerah Dusun Pucang Sawit ini nyatanya malah mengundang banyak wisatawan berdatangan lho.

Bagaimana tidak, keindahan alam sekitarnya yang dipadukan dengan air terjun berundak ini memang begitu mempesona.

8. Waduk Dawuhan

Kebanyakan waduk mungkin bukan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Namun berbeda dengan waduk yang satu ini.

Waduk Dawuhan ini selalu ramai dikunjungi para muda-mudi lho untuk sekadar bersantai menikmati indahnya senja.

Selain waduk yang satu ini di Jawa Timur Anda memang akan menjumpai banyak sekali waduk yang dijadikan sebagai objek wisata lho karena keindahannya.

9. Waduk Widas

Tidak seperti Waduk Dawuhan yang menawarkan keindahannya saja. Waduk Widas bahkan menyediakan berbagai fasilitas penunjang wisata lainnya lho, seperti tempat untuk memancing, taman bermain, dermaga, dan bahkan restoran yang menyajikan berbagai makanan lezat lho.

Waduk yang satu ini tentu sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

10. Taman Wisata Gunung Kendil

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Taman Wisata Gunung Kendil selama berada di Madiun.

Keindahannya yang disebut-sebut mirip dengan Santa Monic yang berada di Los Angles ini memang tidak pernah sepi pengunjung.

Selain bersantai menikmati keindahannya, Anda juag dapat menikmati fasilitas lainnya seperti memancing, balapan motor, dan juga hal-hal menarik lainnya.

11. Air Terjun Seweru

Perpaduan air terjun, alam hijau, dan juga udara sejuk dapat Anda nikmati di Air Terjun Seweru ini.

Bagaimana tidak, air terjun yang berada di ketinggian 400 mdpl ini memang memiliki aliran air terjun yang bersumber dari kaki Gunung Wilis.

Menyenangkannya lagi, di Air Terjun Seweru ini Anda dapat bermain air dan bahkan berenang lho karena kawasannya yang terbilang aman.

12. Desa Wisata Brumbun

Ingin merasakan arung jeram di sungai yang berada di lereng Gunung Wilis ? Anda harus berkunjung ke desa wisata yang satu ini.

Lingkungannya yang masih begitu asri dengan area persawahan yang membentang hijau memang menjadi daya tarik tersendiri untuk mengundang wisatawan berdatangan ke tempat yang satu ini.

Aliran sungai yang ada di Desa Wisata Brumbun ini juga begitu deras lho, jadi memang cocok sekali untuk bermain arung jeram.

13. Monumen Kresek

Berwisata sambil menambah wawasan tentang sejarah memang begitu menyenangkan. Salah satu tempat bersejarah yang perlu Anda kunjungi selama berada di Madiun adalah Monumen Kresek.

Masih ingat tentang cerita kejamnya PKI di masa lampau ? Ya, monumen yang satu ini menjadi salah satu bentuk sejarah dari kekejaman PKI pada masyarakat yang berada di Desa Kresek.

Di tempat ini juga kita akan lebih bersyukur karena bisa hidup dengan aman dan damai sekarang ini. Selain monumennya yang mengingatkan kita pada sejarah, alam sekitar dari Monumen Kresek ini juga begitu asri dan sejuk lho.

14. Situs Rumah Palang

Jika yang sebelumnya adalah monumen yang mengingatkan kita tentang pembantaian PKI, Anda juga harus berkunjung ke Situs Rumah Palang ini yang menyimpan berbagai penunggalan dari Kerajaan Jawa Kuno.

Anda akan melihat banyak koleksi arca yang masih dijaga dengan baik hingga saat ini. Tentu menyenangkan bukan berwisata sambil menambah pengetahuan sejarah baru?

15. Masjid Kuno Kuncen

Selain menikmati keindahan alam Madiun, jangan lupa untuk berwisata religi di Masjid Kuno Kuncen. Masjid yang memang sudah ada sejak zaman Kesultanan Demak ini memang memiliki arsitektur yang menarik.

Gaya khas dari budaya Hindu memang terasa begitu kental di bangunan Masjid Kuno Kuncen ini. Tak heran jika keunikannya dan umurnya yang sudah ratusan tahun ini banyak menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke masjid yang satu ini.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Madiun. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN