17 Tempat Wisata di Kabupaten Lebak Banten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Lebak yang terletak di Provinsi Banten memiliki pesona keindahan alam yang begitu luar biasa.

Terdapat banyak sekali pantai, curug, serta beberapa wisata budaya dan sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata pantai akan mengajak Anda menikmati landscape yang dengan padu-padan gradiasi yang sangat memanjakan mata.

Wisata curug akan memanjakan Anda dengan suara air yang jatuh, pepohonan rindang yang mengitarinya, serta kesegaran udara yang dihasilkannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Tempat Wisata di Kabupaten Lebak Banten, berikut telah kami rangkum rekomendasi yang adai di Kabupaten Lebak:

1). Curug Sata

Lokasi: Cimanyangray, Kec. Gunung kencana, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Curug yang berada di antara pepohonan rindang dapat Anda jadikan destinasi wisata di Kabupaten Lebak.

Tempat wisata yang masih asri ini akan berhasil membuat Anda merasa sangat tenang, suara gemercik air dan udara segar, serta suara hewan yang terdengar sesekali akan mampu memanjakan Anda dan melupakan sejenak hiruk-pikuk perkotaan.

2). Gua Maria Bukit Kanada

Lokasi: Jatimulya, Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Gua Maria Bukit Kanada merupakan destinasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi. Berada jauh dari keramaian membuat Gua Maria Bukit Kanada memberikan Anda nuansa teduh nan hening yang tentu akan memberikan Anda rasa tenang dan damai.

Gua ini biasanya digunakan untuk melakukan peribadatan agama Khatolik di berbagai daerah, sehingga Anda akan melihat banyak sekali pengunjung yang berziarah dan berdoa di gua tersebut. Gua Maria ini terbuka selama 24 jam dan selalu ramai dikunjungi di akhir pekan.

3). Pantai Karang Bokor

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Pantai Karang Bokor menyuguhkan panorama alam yang sangat luar biasa indah, perpaduan warna biru cerah, langit yang indah, dan dikelilingi oleh pepohonan yang jarang membuat destinasi wisata Pantai Karang Bokor menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi untuk mendapatkan penglihatan yang lebih luas dan jernih.

Di pantai ini terdapat karang besar yang berdiri kokoh di tengah laut. Karang ini juga menjadi ikon pantai Karang Bokor sehingga banyak wisatawan yang ingin menyaksikan karang besar tersebut.

4). Pantai Pasir Putih Sawarna

Lokasi: Jl. Raya Sawarna Bayah No.Km. 12 No.1, Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Pantai Pasir Putih Sawarna menyuguhkan bentangan pasir putih yang sangat memukau.

Tekstur pasir putih ini sangat halus dan lembut, sehingga akan memberikan sensasi dingin saat bersentuhan dengan kaki. Dan semakin ke pesisir pantai maka pasirnya akan berubah menjadi lebih keras dan warnanya menjadi kehitaman.

Pantai Pasir Putih Sawarna akan memberikan Anda pemandangan yang sangat memanjakan mata dan memberikan Anda pengalaman yang menyenangkan dengan berbagai perpadauan keindahan yang ada.

5). Agrowisata Kebun Teh Cikuya

Lokasi: Hegarmanah, Kec. Cibeber, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Kebun Teh menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesai, hawa sejuknya mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung sehingga merasa betah dan ingin kembali lagi.

Tatanan rapi tanaman teh yang memberikan nuansa hijau membuat pemandangan menjadi jernih.

Dan saat Anda menaiki kawasan kebun teh ini, maka Anda akan menyaksikan keindahan pantai di kawasan Lebak Selatan yang sangat mempesona.

Anda juga bisa berkunjung ke pengolahan pabrik teh untuk meihat proses pengolahan daun teh.

6). Curug Kanteh

Lokasi: Cikatomas, Kec. Cilograng, Kec. Lebak, Provinsi Banten

Terletak di lokasi yang terbilang sangat sulit dijangkau justru membuat curug ini masih sangat asri.

Medan berat yang harus Anda lalui, akan terbayar saat Anda menyaksikan keindahan alam yang disuguhkan Curug Kanteh.

Air terjun di Curuh kenteh ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter, bisa Anda bayangkan bagaimana segarnya, dan gemuruh suaranya.

7). Curug Cihear

Lokasi: Lebaksitu, Kec. Lebakgedong, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Curug Cihear menjadi curug lainnya yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Lebak. Untuk menikmati suguhan alam di Curug Cihear ini Anda harus melalui jalan berbatu.

Curug Cihear memiliki tinggi kurang lebih 28 meter dan lebar 6 meter, segala penat yang dirasakan akan terhempas seiring keindahan yang terus mengalir di Curug Cihear ini.

8). Wisata Air Panas Senang Hati

Lokasi: Jl. Raya Rangkasbitung-Bogor Km. 37, Jl. Nasional 1, RW.1, Kec. Cipanas, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Berendam di air panas akan mampu membuat tubuh Anda menjadi relax, sehingga lelahnya perjalanan yang Anda tempuh akan mampu terobati dengan berendam di Wisata Air Panas Senang hati.

9). Wisata Kampung Baduy

Lokasi: Desa Kanekes, Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Suku Baduy merupakan sebuah suku yang hidup secara terisolir dari ramainya dunia luar.

Suku Baduy menjadi salah satu suku yang masih memegang teguh adat dan budaya hingga hari ini dan tidak terpengaruh dengan budaya dari luar, sehingga Anda dapat mempelajari budaya suku Baduy di Wisata Kampung Baduy ini.

Anda juga akan bangunan rumah Suku Baduy yang khas dan berbeda dari rumah pada umumnya.

10). Wisata Seni Batik Khas Lebak

Lokasi: Desa Bojongleles, Kec. Cibadak, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Indonesia terkenal dengan kain batik, yang pada setiap daerah memiliki motif, corak, dan warna yang khas dan berbeda-beda.

Kabupaten Lebak menjadi salah satu wilayah penghasil batik yang juga terkenal dengan keindahan coraknya.

Di wisata seni ini Anda akan mengetahui 12 jenis motif dari batik khas Lebak yang unik dan proses pembuatan batik yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

11). Pantai Goa Langir Sawarna

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Lokasi pantai yang berada kurang lebih 2 kilometer dari keramaian ini memang merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur.

Saat tiba di Pantai Goa Langir Sawarna maka Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang membentang.

Terdapat pula gerbang sederhana yang akan menyambut Anda di pintu masuk pantai ini. Angin yang sejuk dipadu dengan birunya laut akan menjadi perpaduan yang sangat indah.

12). Pantai Talanca

Lokasi: Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Pantai Talanca juga sering disebut sebagai Pantai Emas Beach yang mempunyai hamparan pasir putih yang membentang seakan tanpa batas.

Di sepanjang pinggir pantai terdapat pohon-pohon pantai yang rindang, sehingga memberikan kesan yang sejuk.

Pada bagian ujung timur pantai, juga terdapat perpaduan air tawar dan air laut yang dipisahkan oleh sebuah bukit kecil.

13). Situs Cibedug

Lokasi: Dusun Lebak Cibedug, Desa Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Situs Cibedug menjadi salah satu objek wisata sejarah yang berada di Cibeber Lebak dan merupakan sebuah nama kampung di wilayah Desa Citorek Barat.

Kampung ini memang terkenal karena adanya sisa peninggalan zaman megalitik yaitu berupa punden berundak dan menhir yang ada pada sebuah kompleks. Namun kompleks tersebut kini telah diisolasi dan diberi nama menjadi situs Lebak Cibedug.

Untuk sisa peninggalan zaman megalitikum di Cibeduk ini terdapat setidaknya sembilan teras dari susunan batu yang bentuknya lonjong. Terletak di lereng gunung membuat pemandangan yang ada di sekitar situs ini sangat memesona.

14). Pantai Suka Hujan

Lokasi: Desa Suka Hujan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Pantai Suka Hujan memiliki pasir yang berwarna puti dan karang-karang sekitar pantai yang sangat memukau.

Nama Suka Hujan ini berasal dari lokasi pantai tersebut yang berada di Desa Suka Hujan dan berada di dekat muara sungai Suka Hujan.

15). Gua Seribu Candi

Lokasi: Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Gua Seribu Candi merupakan tempat wisata gua yang akan membuat Anda memperoleh pengalaman wisata yang berkesan. Gua ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang begitu indah dan unik.

Stalagtit di gua ini memang terlihat unik dan sekilas mirip dengan stupa di Candi Borobudur. Saat anda sudah memasuki area gua maka anda bisa merasakan sensasi dingin dari tetesan air yang jatuh dari bagian atas gua.

Kondisi langit-langit gua ini memang sangat pendek dan berbahaya maka penjelajahan gua ini dilakukan sejauh 50 meter dari mulut gua saja. Sebab semakin ke dalam maka gua akan semakin menyempit dan membahayakan bagi pengunjung.

16). Wisata Tapak Kaki Raksasa si Kabayan

Lokasi: Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

Tapak kaki di objek wisata ini berukuran raksasa yang panjangnya kurang lebih 2,5 meter dan lebarnya 0,7 meter.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat mitosnya tapak kaki kanan tersebut adalah peninggalan dari jejak kaki si Kabayan.

Batu yang berbentuk tapak kaki ini memang sangatlah mirip dengan kaki manusia pada umumnya namun bedanya berukuran sangat besar.

17). Wisata Arung Jeram Sungai Ciberang

Lokasi: Sungai Ciberang, Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Lebak Gedong, Provinsi Banten

Arung Jeram termasuk olahraga yang cukup menantang namun memberikan pengalaman seru sekaligus mengesankan. Dengan mengunjungi destinasi wisata Arung Jeram Sungai Ciberang ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang masih asri.

Anda dapat memilih paket rute untuk menikmati sensasi arung jeram di sini, yang terdiri dari rute 750 meter dan 25 kilometer yang akan memakan waktu sekitar 5 jam.

Untuk Anda yang masih pemula, pilih saja rute yang singkat, pengalaman bermainnya akan tetap seru dan menantang kok.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya. Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Niat Sholat Dhuha dan Tata Cara Melakukannya

Ada begitu banyak shalat sunnah salah satunya adalah shalat dhuha, shalat sunnah dhuha merupakan shalat sunnah yang memiliki banyak manfaat…

Lagi-lagi Ramalan Mba You Terbukti! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Gara-gara Podcast Maia Estianty?

Di tengah ramainya pemberitaan tentang Putri Delina dan Nathalie Holscher yang saling sindir, akhirnya Nathalie Holscher memilih gugat cerai Sule.…

Contoh Soal Fisika Kelas 8 SMP/MTs dan Jawabannya

Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat memberikan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, prinsip, konsep, dan keterkaitannya dengan lingkungan, teknologi,…

Bubu Beberkan Alasan Tinggalkan Syahrini Meski 7 Tahun Jalin Cinta, Tak Kuat Tanggung Beratnya Risiko?

Sebagaimana diketahui, Syahrini dan Reino Barack telah resmi menikah pada Rabu (27/2/2019) di Jepang. Resmi menikah dengan Reino Barack, kehidupan…

11 Cara Budidaya Tomat Agar Hasil Panen Melimpah

Tomat merupakan bagian dari tanaman hortikultura, yaitu tanaman yang dapat dibudidayakan di kebun atau pekarangan rumah. Tomat termasuk sayuran buah…

Contoh Soal AKM SD Kelas 6 dan Pembahasannya

Dengan sistem Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa akan termonitor perkembangannya dalam penguasaan materi yang telah diajarkan. Kemampuan literasi dan numerasi…

‘Mungkin Tahu Diri’ Dewi Perssik Tahu Alasan Angga Wijaya Tak Tuntut Harta Gono-gini Saat Perceraian, Singgung Sosok Pencuri Harta

Perceraian Dewi Perssik dan Angga Wijaya telah disahkan Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Senin (1/8/2022) lalu. Kembali menyandang status janda…

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs dan Jawabannya

Mengembangkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam bentuk lisan maupun tulisan, termasuk mendengarkan, membaca, dan menulis, merupakan salah satu tujuan…

Contoh Soal CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang hukum dan hak asasi manusia dalam pemerintahan untuk…

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Jawabannya

Memiliki keterampilan komunikasi dalam berbagai konteks dapat membantu siswa untuk memahami isi bacaan dan mengemukakan gagasan atau ide dengan lebih…