15 Tempat Wisata di Kabupaten Lamongan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Lamongan memang begitu kental dengan sejarah perkembangan Islam di masa lampau. Selain itu kuliner khas Lamongan juga sangat terkenal, salah satunya adalah Soto Lamongan.

Dibalik sejarah dan kulinernya yang sangat terkenal, keindahan alam Lamongan juga tidak kalah mempesona lho. Jadi tidak ada salahnya untuk menjadikan Kabupaten Lamongan sebagai tempat berwisata Anda.

Meski wilayahnya kecil, namun Lamongan menjadi pemenang penghargaan adipura lho selama enam tahun berturut-turut.

Mengagumkan bukan? Nah jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Lamongan, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Lamongan:

1. Goa Maharani

Lamongan memang menjadi salah satu daerah yang memiliki kandungan kapur tinggi, tak heran jika Anda akan menemukan banyak sekali goa di Kabupaten Lamongan.

Goa Maharani sendiri menjadi salah satu goa yang tidak boleh Anda lewatkan, pemandangan eksotis yang ada di dalam goa ini disebut-sebut sebagai tempat penyebaran agama Islam lho di zaman dulu.

Anda juga tidak perlu membayangkan goa gelap yang menyeramkan ya, goa yang memang sudah difungsikan sebagai tempat wisata ini sudah memiliki penerangan dan juga jalur untuk Anda berkeliling menikmati keindahan goa.

2. Pantai Brondong

Meski dikenal memiliki banyak goa, ada juga pantai indah lho yang dapat Anda temui di Lamongan.

Pantai Brondong memang terkenal dengan anginnya yang kencang, hamparan air laut kebiruan yang begitu jernih juga begitu memanjakan mata.

Tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja, di pantai yang satu ini juga banyak penjual yang menjajakan berbagai kuliner khususnya kuliner khas laut lho.

3. Makam Sunan Drajat

Lamongan dan proses penyebaran agama Islam memang sudah begitu melekat. Anda bahkan dapat menemukan Makam Sunan Drajat, salah satu dari sembilan Walisongo di Kabupaten Lamongan.

Jasanya yang begitu besar karena telah ikut serta dalam penyebaran Islam membuat banyak umat muslim seringkali berziarah ke makam beliau untuk mengirimkan doa.

4. Museum Sunan Drajat

Setelah mengunjungi makamnya, jangan lupa untuk berkunjung ke Museum Sunan Drajat.

Museum yang didirikan sebagai rasa hormat atas jasa-jasa dari Sunan Drajat ini memang menyimpan banyak sekali peninggalan dari Sunan Drajat, seperti bedug, gamelan, baju besi, buku, dan masih banyak lagi peninggalan bersejarah lainnya.

5. Museum Seni Islam Indonesia

Lamongan memang masih kental dengan sejarah Islam. Tak heran jika Museum Seni Islam Indonesia berada di Lamongan.

Museum yang menyimpan sejarah perkembangan agama Islam di Indonesia ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Banyak pengetahuan baru yang akan Anda dapat di tempat yang satu ini.

6. Gunung Mas Tugu Mantup

Gunung Mas Tugu Mantup menjadi salah satu tempat wisata yang sedang ramai lho akhir-akhir ini. Tempat wisata yang menyediakan beragam spot foto menarik ini memang banyak dikunjungi oleh para pemuda.

Banyak dari mereka yang berkunjung ke tempat yang satu ini untuk eksis berfoto. Tidak hanya spot fotonya saja yang menarik, ada juga keindahan alam asri yang dapat Anda nikmati.

7. Pantai Klayar Lamongan

Pantai Klayar memang tidak memiliki pasir putih seperti pantai-pantai indah lainnya. Namun pasirnya yang berwarna kecoklatan dilengkapi dengan bunga warna-warni yang ada di tepi pantai membuatnya justru terlihat romantis.

Keindahan air laut yang jernih dan langit biru ditambah udara segarnya tentu cocok untuk dinikmati dengan orang tersayang.

8. Gunung Ratu

Keindahan dari Gunung Ratu memang sudah tidak diragukan lagi. Gunung yang memang sudah populer sejak dulu ini bahkan masih banyak diminati lho hingga saat ini.

Menurut kabar yang beredar Gunung Ratu merupakan tempat pengasingan Dewi Andong Sari dan juga tempat lahirnya Gajah Mada.

Meskipun rutenya terbilang cukup terjal namun keindahan alam yang asri akan membuat Anda melupakan rasa lelah selama berada di pendakian.

9. Pantai Kutang

Pantai Kutang juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan jika berada di Lamongan.

Perpaduan keindahan pantai pasir putih dengan hutan mangrove tentu membuat siapa saja yang melihatnya akan merasa takjub.

Tidak cukup dengan hanya menikmati keindahan alamnya saja, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti memancing, bermain pasir, bermain air, ataupun bermain ayunan lho.

10. Monumen Van Der Wijck

Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar “Van Der Wijck”. Ya, filmnya yang berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck memang sangat terkenal.

Monumen ini sendiri juga memang sengaja didirikan untuk memperingati tenggelamnya kapal Van Der Wijck yang tenggelam di perairan Jawa.

Tak jarang banyak wisatawan berdatangan ke tempat ini untuk ber-swafoto karena bangunannya yang mempesona.

11. Gunung Pegat

Ketika Anda berkunjung ke Gunung Pegat jangan bayangkan gunung pada umumnya ya, karena di Gunung Pegat ini yang Anda temui adalah perbukitan kapur yang terpisah karena adanya halan lintas Lamongan-Jombang.

Tak heran jika tempat yang satu ini dinamai Gunung Pegat . Dari bukit kapur ini Anda akan disuguhi pemandangan alam yang mempesona lho.

12. Wisata Pohon Trinil

Pohon yang satu ini memang terbilang unik. Dulunya keunikan dari pohon ini biasa digunakan warga sekita untuk mengikat tali hewan ternaknya agar tidak lepas.

Namun karena keunikannya yang disebut-sebut instagramable pohon ini pun akhrinya ramai dikunjungi para pemburu foto untuk ber-swafoto dengan latar belakang Pohon Trinil ini.

13. Tlogo Sadang

Tempat yang dulunya merupakan galian batu ini memang memiliki pesona yang jarang Anda temui di tempat manapun. Tak heran jika banyak wisatawan yang senang berkunjung ke tempat ini.

Sisa batu kapur yang menjulang tinggi memang menjadi tempat foto favorite para wisatawan setiap kali berkunjung ke tempat yang satu ini.

14. Plengsengan Pantai Penanjan

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Plengsengan Pantai Penanjan ya jika Anda berada di Lamongan.

Meski mungkin belum cukup terkenal dikalangan wisatawan tapi pantai yang satu ini merupakan spot terbaik lho untuk menikmati matahari terbenam.

15. Pemandian Air Panas Brumbung

Setelah puas berwisata jangan lupa untuk memanjakan tubuh Anda dengan berendam air panas ya.

Pemandian Air Panas Brumbung ini menjadi salah satu pemandian yang memiliki keindahan alam luar biasa lho.

Tempat yang bahkan disebut sebagai tempat pertapaan Sunan Drajat ini memang memiliki alam yang begitu eksotis, jadi cocok untuk Anda melemaskan otot tubuh sambil menenangkan pikiran.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Lamongan. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN