15 Tempat Wisata di Kabupaten Kediri yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kediri menjadi salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Kediri sendiri memang terkenal dengan sejarah dan juga beberapa hal mistis dibaliknya.

Meski begitu Kediri juga memiliki pegunungan yang mempesona lho dengan hamparan alam hijau yang ada. Kabupaten Kediri sendiri bahkan menjadi salah satu daerah dengan udara yang sejuk di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Kabupaten Kediri, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Kediri:

1. Gunung Kelud

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar Gunung Kelud. Gunung yang memang sudah cukup terkenal di Indonesi aini merupakan gunung merapi yang termasuk paling aktif lho di Indonesia.

Meski begitu keindahan yang ditawarkan Gunung Kelud memang membuat siapa saja senang menikmatinya.

Meskipun Gunung Kelud ini berada di tiga kabupaten sekaligus namun puncaknya memang berada di Kabupaten Kediri dengan danau kawah yang begitu mempesona.

2. Gunung Klotok

Selain Gunung Kelud, Gunung Klotok juga menjadi salah satu gunung yang tidak boleh Anda lewatkan jika berada di Kediri.

Gunung yang memang dijadikan sebagai tempat wisata andalan Kabupaten Kediri ini tidak hanya menyajikan pegunungan saja lho.

Anda dapat menikmati berbagai fasilitas permainan lainnya seperti goa, trek sepeda gunung, flying fox, waterboom, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Air Terjun Irenggolo

Keindahan Air Terjun Irenggolo memang begitu menakjubkan lho. Bentuk air terjunnya yang berundak menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan berdatangan.

Sebelum sampai di Air Terjun Irenggolo ini Anda akan disuguhi pemandangan indah lereng Gunung Wilis lho. Suasana alam yang melekat juga akan Anda rasakan ketika berada di air terjun yang satu ini.

Jika Anda berkunjung pada saat bulan suro maka Anda akan melihat prosesi adat yang diadakan di air terjun ini.

4. Air Terjun Dolo

Berada tidak jauh dari Air Terjun Irenggolo, Air Terjun Golo juga tidak kalah indahnya. Tempat yang memiliki dua titik air terjun ini memang menambah pesonanya sendiri.

Bahkan karena lokasi dari Air Terjun Dolo ini berada di ketinggian 1800 mdpl Anda juga akan merasakan hawa sejuk khas pegunungan lho.

5. Goa Maria Pohsarang

Wisata religi bagi umat Katolik ini memang menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

Goa Maria Pohsarang ini sendiri biasanya ramai pada bulan maria, karena banyaknya wisatawan yang datang untuk berziarah.

Bahkan karena goa yang satu ini menarik, banyak wisatawan yang bukan umat Katolik datang ke tempat yang satu ini untuk melihat keindahannya.

6. Candi Tegowangi

Jangan lupakan Candi Tegowangi. Salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Kabupaten Kediri ini memang merupakan salah satu situs peninggalan umat Hindu.

Candi yang berbentuk kompleks ini begitu menarik jika Anda amati. Relief-relief yang ada di Candi Tegowangi ini mengkisahkan tentang kehidupan masa lampau di Kabupaten Kediri.

7. Candi Surawana

Selain Candi Tegowangi, jangan lupa untuk mengunjungi Candi Surawana juga ya.

Meskipun ukurannya tergolong kecil jika dibandingkan dengan candi-candi lainnya, namun keindahan alam sekitarnya yang masih begitu asri akan membuat Anda terpesona.

Relief-relief yang Anda temui pun menyimpan banyak sekali sejarah lho.

8. Gunung Maskumambang

Ingin menikmati keindahan Kediri dari ketinggian ? Gunung Maskumambang menjadi salah satu tempat yang harus Anda kunjungi.

Tidak perlu khawatir, untuk berada di atas Anda tidak perlu mendaki karena sudah disediakan anak tangga yang akan memudahkan Anda.

Keindahan alam Kediri dan juga pegunungan yang terlihat jelas dari Gunung Maskumambang ditambah lagi dengan udara sejuknya akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

9. Museum Airlangga

Tidak ada salahnya berwisata sambil menambah wawasan. Di Museum Airlangga ini Anda akan menemukan banyak sekali peninggalan purbakala yang ditemukan di Kediri.

Lewat barang-barang peninggalan ini kita dapat mempelajari tentang keadaan pada masa itu, terlebih pada masa Kerajaan Kediri.

10. Museum Fotografi

Tidak hanya Museum Airlangga saja yang menyimpan peninggalan purbakala. Ada juga Museum Fotografi yang menyimpan berbagai macam jenis kamera dan juga hasil fotonya dari kamera-kamera yang ada.

Anda akan menemukan kamera zaman dahulu hingga kamera yang baru-baru ini ada lho. Tidak hanya itu saja, terdapat banyak informasi tentang cara memotret yang baik lho.

11. Petilasan Sri Aji Jayabaya

Pernah mendengar kisah tentang Aji Jayabaya ? Tempat yang satu ini disebut-sebut sebagai tempat singgah seorang Aji Jayabaya lho.

Meski cerita dibaliknya memang cukup mistis, namun tempat yang satu ini jauh dari kesan mistis lho.

Anda akan menemukan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk dengan pohon disekelililing Petilasan Sri Aji Jayabaya ini.

12. Bukit Gandrung

Bukit Gandrung cocok bagi Anda yang senang ber-swafoto sambil menikmati keindahan alam dari ketinggian. Udaranya yang sejuk juga tentu membuat siapa saja yang mengunjunginya betah berada di tempat yang satu ini.

Spot foto yang disediakan ditambah dengan pemandangan alam asri tentu menjadi perpaduan yang begitu indah. Hamparan alam hijau dan pegunungan yang ada sejauh mata memandang pun tentu begitu memanjakan mata.

13. Bukit Ongakan

Jika Anda ingin menikmati keindahan jajaran perbukitan, Bukit Ongakan menjadi tempat yang tepat untuk Adna kunjungi.

Bukit yang berada di ketinggian 860 mdpl ini dinamai ongakan yang berasal dari kata “mengongak” atau dalam bahasa Indonesia “melihat” karena memang dulunya digunakan untuk melihat aktivitas Gunung Kelud yang memang merupakan gunung api aktif.

14. Goa Selomangleng

Goa yang satu ini berada di kaki Gunung Klotok. Keunikan dari Goa Selomangleng ini sendiri adalah adanya bebatuan yang berserakan dan juga beberapa pahatan batu, diluar Goa Selomangleng juga Anda akan melihat berbagai relief yang ada. Jika Anda berminat masuk ke dalam goa yang satu ini, maka aroma dupa akan menyapa Anda, belum lagi kegelapan yang begitu pekat.

Tidak jauh dari tempat Goa Selomangleng ini berada Anda akan menemui Kebun Bunga Matahari yang bermekaran dan cocok untuk Anda ber-swafoto lho.

15. Kampung Inggris Pare

Jangan lupakan Kampung Inggris Pare. Salah satu wisata edukasi yang memang sudah terkenal ini cocok bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan dalam berbicara bahasa Inggris.

Di tempat yang satu ini Anda akan mendapat bimbingan dari orang yang memang ahli lho.

Uniknya lagi, setiap warga yang tinggal di Kampung Inggris ini berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris juga.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Kediri. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Wajib Dikunjungi

Kota Jakarta Barat memang terkenal dengan segala tempat-tempat bersejarahnya. Di kota yang satu ini Anda juga dapat menemui banyak sekali…

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule: Janda Anak Dua

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule. Nathalie Holscher secara tiba-tiba menceraikan Sule. Kini, Sule kembali menduda. Sebelumnya,…

Ayahnya Jadi Mantan Kadiv Propam Polri, Anak Ferdy Sambo Ternyata Tempuh Pendidikan Militer yang Sama dengan AHY, Biayanya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Anak Ferdy Sambo turut menjadi sorotan usai mantan Kadiv Propam Polri itu ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. Bak sudah…

Dulu Nangis Saat BBM Naik, Sekarang Megawati Minta Rakyat Jangan Cengeng, Anak Buah AHY: Itu Tangisan ‘Drama’

Politikus Partai demokrat Yan Harahap menyinggung Megawati Soekarnoputri soal tangisannya dulu ketika Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. Menurutnya, tangisannya saat…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Dengan Kota Ungaran sebagai ibu kotanya. Semarang menyuguhkan pemandangan yang memukau dengan…

Hingga Detik Ini Nissa Sabyan Tak Menunjukkan Itikad Baik, Ririe Fairuz Beberkan Hubungan dengan Sosok yang Disebut-sebut Perusak Rumah Tangganya

Masih ingat dengan sosok Ririe Faius? Wanita yang menjadi pusat simpati publik usai perselingkuhan suaminya dengan Nissa Sabyan terkuak. Jika…

Cara Membuat Website Pribadi dan Jualan Online dengan Mudah

Menggunakan website sebagai media berbagi informasi memang sangat menarik, anda bisa berbagi informasi tentang apapun kepada para pengunjung website yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Ketika mendengar nama Kabupaten Ponorogo tentu yang ada dibenak Anda adalah kesenian reog bukan ? Ya, salah satu kesenian dari…

15 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Trenggalek memang terletak di daerah pesisir, tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali keindahan pantai yang dapat Anda…

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…