17 Tempat Wisata di Kabupaten Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Kebumen merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kebumen menyimpan sebuah keindahan alam yang tidak hanya menyajikan pemandangan yang memesona, melainkan dilengkapi dengan udara yang sejuk yang mampu me-refresh tubuh dan juga pikiran Anda.

Daerah dengan suhu yang sejuk, dengan pemandangan yang masih asri ini memiliki beragam destinasi wisata yang akan memberikan Anda pengalam berlibur yang sangat berkesan.

Kebumen memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Kebumen.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Kebumen yang wajib Anda kunjungi:

1. Pantai Logending

Lokasi: Desa Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Logending menyuguhkan pemandangan pantai dengan laut lepas, pantai putih, serta bukit yang terletak di samping pantai yang bersatu menjadi sebuah harmoni yang sangat memanjakan mata.

Anda bisa menikmati keindahan yang tersaji di sini dengan menyewa perahu wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat. Pantai Logending ini berjarak sekitar 53 km dari pusat kota Kebumen.

2. Pantai Menganti

Lokasi: Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Menganti memberikan Anda landscape yang sangat indah. Laut yang biru, yang dikelilingi area perbukitan yang hijau menjadi pesona yang akan membuat siapa saja betah menatapnya.

Pantai ini memiliki cerita yang berkembang, dimana ada seorang panglima perang yang berasal dari Kerajaan Majapahit yang menjalin kisah dengan seorang perempuan tetapi tidak pernah direstui.

Di pantai ini lah mereka berjanji bertemu tetapi sepanjang hari sang panglima menunggu dan kekasih hatinya tidak jua datang.

3. Bukit Langit

Lokasi: Jl. Karanganyar, Giripurno, Kec. Pejagoan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Bukit Langit akan memanjakan Anda dengan nuansa hijau yang menenangkan, serta pemandangan langit yang terasa dekat.

Udara sejuk, serta tiupan angin yang berhempus pelan akan membawa Anda semakin tenggelam dalam pesona yang ditawarkan oleh objek wisata Bukit Langit ini.

4. Puncak Gunung Duwur

Lokasi: Desa Watukelir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Puncak Gunung Duwur akan mengajak Anda menikmati jamparan samudera Hindia yang tersaji dengan begitu indahnya.

Pemandangan yang begitu istimewa dan dihiasi dengan adanya pembatas berupa garis pantai dan cakrawala ini selalu berhasil membuat siapapun yang mengunjunginya ingin terus menikmati pesonanya.

5. Arung Jeram Padegolan

Lokasi: Desa Sedang Dalem, Kec. Prembun, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Arung Jeram Padegolan sangat cocok untuk Anda yang suka dengan hal menantang dan memicu adrenalin.

Arung Jeram Padegolan memberikan pengalaman berlibur yang seru bagi penikmatnya.

Anda bisa datang dengan kerabat ataupun keluarga untuk suasana yang sejuk Arung Jeram Padegolan yang berada di Desa Sedang Dalem ini.

6. Benteng Van Der Wijck

Lokasi: Jl. Sapta Marga No. 100, Gombong, Sidayutengah, Kec. Gombong, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Benteng Van Der Wijck merupakan sebuah bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan Belanda dan masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Bangunan ini berwarna merah yang dulunya dibangun untuk barak militer dan ditujukan agar bisa meredam perlawanan pasukan Diponegoro.

Namun saat ini kompleks benteng dijadikan sebagai sekolah calon tamtama dan barak militer TNI AD.

7. Curug Silancur

Lokasi: Pujegan, Wadasmalang, Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Curug Silancur memiliki debit air yang tidak terlalu deras, sehingga Anda bisa bermain air di bawah aliran air yang jatuh.

Air yang menyegarkan dengan suasana alam yang asri akan membawa ketenangan pada jiwa. Dengan akses jalan yang cukup sulit, menjadikan objek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang suka berpetualang.

8. Goa Jatijajar

Lokasi: Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Goa Jatijajar memiliki keindahan yang berhasil menarik minat para wisatawan. Untuk bisa masuk ke dalam goa ini, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja.

Di sini terdapat ukiran patung yang memilliki cerita tersendiri, dimana pemandu akan menjelaskannya sehingga Ana mengetahui asal usul dari tempat ini.

9. Air Terjun Superman’s Big Sister

Lokasi: Desa Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Air terjun yang satu ini menjadi destinasi wisata yang ada di dalam sebuah goa. Anda akan disugugkan pemandangan air terjun yang eksotis, Anda bisa menjelajahi goa dengan pemandu plus adanya peralatan caving yang lengkap dengan hanya membayar Rp. 180.000 per rombongan.

10. Pantai Petanahan

Lokasi: Desa Karanggadung, Petanahan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Petanahan memiliki cerita mengenai seorang perempuan bernama Dei Sulastri, dimana perempuan ini merupakan seorang istri dari seorang abdi yang ada di Pucung Kembar dan bernama Raden Sujono. Ketika sang istri diculik, Raden sedang bertugas dan penculikan dilakukan oleh Joko Puring.

Ia pulang membawa istri Raden ke Pantai Karanggadung dan memaksa untuk menjadikannya istrinya. Saat datang ke tempat ini, Anda sudah tidak perlu mengingat cerita tersebut, nikmati saja panorama alam yang tersaji dengan begitu eloknya.

11. Pemandian Air Panas Krakal

Lokasi: Krakal, Alian, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Krakal memiliki area bermain anak-anak dan juga taman yang berada di sekelilingnya.

Dan jika Anda ingin menginap, di sini juga terdapat kamar VIP yang setiap kamar dipisahkan oleh beton. Pemandian Air Panas Krakal akan membuat tubuh Anda kembali segar dan juga relaks.

12. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Lokasi: Jl. Karangsambung, Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Cagar Alam Geologi Karangsambung memiliki jenis batuan terlengkap yang ada di muka bumi, sehingga Anda akan memiliki wawasan baru saat berkunjung ke tempat ini.

Banyak pengunjung yang takjub dengan adanya fenomena geologi yang terjadi seperti adanya patahan, crack, siklin, antiklin hingga formasi batuan lainnya.

Hal ini pula yang menjadikan Cagar Alam Geologi Karangsambung sebagai tempat untuk meneliti sejarah perkembangan bumi.

13. Pantai Suwuk Kebumen

Lokasi: Suwuk, Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Suwuk Kebumen menawarkan pemandangan hamparan laut yang luas, serta pepohonan rindang, dan pasir yang bisa dijadikan tempat bersantai dan bermain-main sehingga Anda bisa berlibur dengan menyenangkan.

Pantai Suwuk Kebumen menjadi salah satu pantai yang selalu ramai didatangi wisatawan.

14. Wisata Alam Jembangan

Lokasi: Sukadana, Jembangan, Poncowarno, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Wisata Alam Jembangan merupakan objek wisata terpadu yang memiliki 3 site, yakni telaga hijau, waduk pejengkolan, dan jembatan gantung.

Wisata Alam Jembangan akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang seru, karena fasilitas di sini pun cukup lengkap sehingga Anda bisa berlibur dengan nyaman.

15. Pantai Lampon

Lokasi: Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Lampon memang bukanlah area pantai yang luas, namun tetap saja pesona pantai tidak pernah akan mengecewakan.

Saat kebanyakan orang tidak tertarik mengunjunginya, maka pantai ini akan jadi pilihan yang tepat untuk Anda menikmati panorama yang tersaji dengan suasana yang sepi.

16. Bukit Pentulu Indah

Lokasi: Jl. Karangsambung, Kaligending, Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Bukit Pentulu Indah menyajikan pemandangan alam dengan konsep taman sederhana.

Suasana sejuk dan asri akan memanjakan Anda sehingga ingin berlama-lama menikmati panorama alam yang ada.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan ini dengan lebih lama, Anda bisa mendirikan tenda dan berkemah di sini.

17. Taman Reptil Kebumen

Lokasi: Jl. Kaleng No. 11 Desa Adiluhur, Dukuh Alasmalang, Gebang, Adiluhur, Adimulyo, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Taman Reptil Kebumen akan mengajak Anda untuk memiliki pengalaman berlibur yang baru.

Dimana di sini terdapat banyak reptil yang telah dipelihara cukup lama, Anda bisa berfoto dengan menyentuh secara langsung atau hanya melihatnya saja, dan mengetahui beragam informasi mengenai hewan-hewan yang ada di sini.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN