17 Tempat Wisata di Kabupaten Batang yang Wajib Dikunjungi

Batang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Meski keberadaannya tidak cukup populer, namun terdapat banyak objek wisata alam yang dapat Anda kunjungi dan akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang menyenangkan dan mengesankan.

Salah satu faktor yang membuat Batang memiliki destinasi wisata alam yang indah adalah karena Batang masuk dalam garis Pantai Utara atau Pantura. Anda dapat menikmati segala suguhan alam yang tersaji di sini, apalagi jika Anda memiliki waktu liburan yang panjang.

Batang memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Batang. Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Batang yang wajib Anda kunjungi:

1). Pantai Sigandu

Lokasi: Sidomulyo, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai Sigandu menyuguhkan panorama alam yang sangat indah, terlebih saat matahari terbit. Di sini terdapat fasilitas yang cukup lengkap, sehingga Anda dapat berlibur dengan nyaman.

Pantai Sigandu akan membuat Anda merasa sangat nyaman dengan pesona pasir putih, deburan ombak, dan semilir angin khas pantai.

Jika perut mulai keroncongan, Anda akan dimanjakan dengan beragam santapan lezat yang berada di resto yang ada di sekitar Pantai Sigandu.

2). Curug Gombong

Lokasi: Gombong, Kec. Pacalungan, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Curug Gombong terdiri dari dua air terjun besar, untuk bisa menikmati keindahannya Anda perlu menuruni sekitar 30 anak tangga.

Curug Gombong menyajikan pemandangan alam yang asri, dengan udara yang sejuk, serta pepohonan hijau yang mengitarinya. Letaknya berada di Desa Gombong yang jaraknya sekitar 20 menit dari Jalur Pantura.

3). Kebun Teh Pagilaran

Lokasi: Jln, Botosari, Pagilaran, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Kebun Teh Pagilaran selalu berhasil membuat siapa saja betah, karena hamparan warna hijau akan sangat meneduhkan mata, ditambah hawa sejuknya yang menjadi hal yang akan membuat wisatawan datang lagi. Di sini juga Anda bisa menyaksikan atraksi wisata agro yang bisa dinikmati yakni tea walk.

4). Bukit Sri Gunung

Lokasi: Jl. Banyuputih, Kedawung , Kec. Banyuputih, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Bukit Sri Gunung menyuguhkan pemandangan berupa hamparan bunga dengan latar belakang perbukitan hijau, suguhan pemandangan yang tersaji di sini akan sangat memanjakan setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Terdapat puluhan jenis bunga yang ditanam di puncak bukit dan ada gazebo untuk menikmati suasana taman. Bukit Sri Gunung menjadi destinasi wisata yang tepat untuk para pecinta tanaman.

5). Pantai Cemoro Sewu

Lokasi: Kebonan, Proyonanggan Utara, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai Cemoro Sewu akan mengajak Anda untukl menikmati udara yang begitu sejuk, sehingga Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan indah dengan nyaman. Di sini ditanami banyak sekali pohon cemara dengan tujuan untuk mencegah abrasi.

Anda bisa berkemah atau melakukan aktivitas outbound di bibir pantai. Juga terdapat karang maheso yang cukup terkenal sebagai tempat memancing para wisatawan.

6). Pantai Ujung Negoro

Lokasi: Rowokudo, Ujungnegoro, Kec. Kandeman, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai Ujung Negoro memiliki goa yang berada tidak jauh dari pantai, beserta bukit yang menyajikan pemandangan yang indah, juga terdapat area batu karang yang ada di sisi tebing samping pantai, dimana Anda bisa memancing pada area tersebut.

Pantai Ujung Negoro menyajikan keindahan alam yang tiada habisnya, yang akan membuat Anda betah untuk terus menikmati keindahannya.

7). Pantai Pelabuhan Perikanan

Lokasi: ketanggan, Kec. Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Pantai Pelabuhan Perikanan adalah spot memancing favorit, pasalnya di sini para wisatawan dapat memancing dan mendapatkan beragam jenis ikan, sehingga akan memberikan pengalaman memancing yang seru dan berbeda.

Bukan hanya terdapat beragam pilihan ikan, Pantai Pelabuhan Perikanan juga memiliki panorama alam yang tidak kalah indahnya.

8). Telaga Dringo

Lokasi: Mojotengah, Kec. Reban, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Telaga Dringo menyajikan nuansa hijau yang sangat menyejukkan mata, sehingga Anda merasa tenang dan juga sejuk saat berkunjung ke sini.

Objek wisata ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan bersantai dan menikmati alam yang masih asri untuk melepaskan segala penat yang dirasakan.

9). Desa Wisata Pranten

Lokasi: Praten, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Desa Wisata Pranten merupakan sebuah desa yang menghasilkan berbagai sayur-mayur. Desa Wisata Pranten berlokasi di ketinggian sekitar 1700 Mdpl.

Selain menyajikan suasana pedesaan dengan segala aktivitas pertaniannya, di sini juga terdapat sumber mata air hangat yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

10). Curug Sijeglong

Lokasi: Margosono, Kec. Tersono, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Curug Sijeglong akan mengajak Anda menikmati setiap jengkal pesona yang ada di sini. Anda bisa menikmati segarnya aliran air di sini dengan berenang.

Dilengkapi dengan banyak spot foto yang menarik, membuat banyak parawisatawan mengabadikan moment di Curug Sijeglong dengan latar belakang yang kekinian serta suasana alami yang tersaji di objek wisata air terjun ini.

11). Batang Dolphin Center

Lokasi: Jl. Pantai Sigandu , Ujungnegoro, Kidanglor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Dolphin Center akan memberikan Anda pengalam berlibur seru, yakni dengan bercengkrama bersama para lumba-lumba.

Dolphin Center menjadi destinasi wisata yang sangat disukai anak-anak, dimana Anda akan diajak bermain dan menyaksikan tingkah lucu dari banyak lumba-lumba yang ada di sini.

12). Cagar Budaya Silurah

Lokasi: Silurah, Kec. Wonotunggal, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Cagar Budaya Silurah adalah salah satu peninggalan Hindu. Di sini Anda bisa menemukan arca siwa yang agung dan peninggalan di abad ke 9 masehi.

Cagar Budaya Silurah menjadi destinasi wisata yang tepat untuk Anda yang memiliki ketertarikan tersendiri dengan sejarah.

13). Pemandian Air Panas Sangubanyu

Lokasi: Pesanggrahan, Sangubanyu, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Air Panas Sangubanyu akan berhasil melunturkan segala lelah yang telah menghinggapi tubuh Anda.

Air panas memang dikenal dapat membuat tubuh menjadi relaks, sehingga Anda pun akan merasa lebih fresh.

Hangatnya air, ditambah udara yang sejuk menjadi perpaduan yang akan sangat membuat Anda nyaman berada di sini.

14). Tubing Pandansari

Lokasi: Jln, Raya Gunung Tugel, Kec. Warungasem, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Tubing Pandansari cocok untuk Anda yang senang berpetualang dan melakukan aktivitas yang memacu adrenalin.

Di sini Anda bisa melakukan aktivitas body rafting dan outbound, serta menikmati keindahan yang disuguhkan di sini dengan berkemah.

Pastikan Anda membawa peralatan juga perlengakap dengan baik, pasalnya hawa dingin di Tubing Pandansari akan sangat menusuk tubuh saat malam mulai datang.

15). Curug Genting

Lokasi: Bawang, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Curug Genting memiliki nuansa alam yang masih sangat asri dan juga alami. Anda akan disuguhkan pemandangan berupa air terjun dengan air yang jernih, suasana hijau dari pepohonan di sekitarnya, serta udara yang sejuk.

Namun berdasarkan cerita masyarakat setempat, Curug Genting ini memiliki aura mistis tersendiri jadi jangan lupa untuk menuruti setiap aturan adat yang ada di tempat ini.

16). Agrowisata Selopajang

Lokasi: Selopajang Timur, Blado, Slambat, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Agrowisata Selopajang dapat menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman, selain karena memiliki pemandangan pegunungan yang indah serta udara yang sejuk, juga memiliki beberapa fasilitas seperti kolam terapi ikan, kolam renang, berbagai permainan outbound.

Anda juga bisa membeli beragam jenis buah-buahan sebagai buah tangan dari Agrowisata Selopajang.

17). Batu Gamelan Batang

Lokasi: Tosa , kec. Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Batu Gamelan Barang merupakan objek wisata sejarah serta edukasi. Batu-batu yang ada di tempat ini adalah peninggalan dari zaman megalithikum.

Batu Gamelan Barang juga cukup kental akan mistisnya. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, di tempat ini seringkali terdengar buyi gamelan yang berasal dari batu.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Apa Itu Leasing Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya

Leasing adalah sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah…

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Mobil merupakan alat transportasi yang dipilih oleh banyak orang karena memiliki kapasitas serta fasilitas yang nyaman. Sadarkah Anda bahwa saat…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

Hingga Detik Ini Nissa Sabyan Tak Menunjukkan Itikad Baik, Ririe Fairuz Beberkan Hubungan dengan Sosok yang Disebut-sebut Perusak Rumah Tangganya

Masih ingat dengan sosok Ririe Faius? Wanita yang menjadi pusat simpati publik usai perselingkuhan suaminya dengan Nissa Sabyan terkuak. Jika…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah Kabupaten atau Kota di provinsi Jawa Tengah. Magelang menyimpan keindahan yang beberapa diantarnya masih jarang diketahui, sehingga…

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah dan Syarat Pengurusan Terbaru

Apakah Anda berencana untuk mengurus balik nama sertifikat tanah setelah transaksi? Pertama, Anda harus mengetahui detail biaya yang harus dikeluarkan…

Ditantang Turunkan Hujan dalam Waktu 10 Menit, Rara Pawang Hujan Auto Salting dan Langsung Lirik HPnya, Dokter Richard Lee: Kamu Salah Ngomong dengan Saya

Baru-baru ini, sosok Rara pawang hujan mendadak jadi sorotan saat ditantang turunkan hujan oleh Dokter Richard Lee. Tak hanya ditantang…

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen…

Terpaksa Jadi Janda Lagi Usai Bahagia Dinikai Brondong Usia 27 Tahun, Syok Nikahi Suami Orang

Kemampuan akting artis senior Henidar Amroe tak perlu diragukan lagi. Ia sudah malang melintang di dunia hiburan tanah air cukup…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…