21 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta memang menjadi salah satu kota yang seringkali menjadi destinasi wisata para wisatawan. Selain candi-candi yang ada, kekayaan alam dan keramahan warga Yogyakarta juga memang menjadi hal yang didambakan banyak orang.

Biaya hidup di Yogyakarta yang terbilang murah juga tentunya dapat menghemat budget wisata Anda, bahkan Anda dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata secara cuma-cuma alias gratis lho.

Nah, selain wisata alam, Yogyakarta juga menjadi salah satu tempat yang pas untuk Anda berbelanja dan berburu kuliner lezat khas Yogyakarta.

Kekentalan budaya keraton Yogyakarta juga masih dapat Anda rasakan hingga saat ini, hal ini tentunya akan menambah kesyahduan selama Anda berada di Yogyakarta.

Untuk mempermudah rencana wisata Anda, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata paling populer di Yogyakarta untuk Anda:

1. Alun-Alun Kidul

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Yogyakarta tanpa menungunjungi Alun-Alun Kidul.

Salah satu tempat yang iconic di Yogyakarta ini akan menyuguhkan kita sebuah tempat klasik dan juga romantis, selain itu di tempat ini juga dapat Anda temui banyak pilihan kuliner untuk Anda coba.

Namun biasanya Alun-Alun Kidul sendiri akan terasa lebih seru jika dikunjungi pada malam hari.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton yang merupakan peninggalan bersejarah kesultanan Yogyakarta ini memang menjadi salah satu destinasi yang juga wajib Anda kunjungi selama berada di Yogyakarta.

Di keraton ini Anda dapat melihat secara langsung barang-barang kesultanan Yogyakarta dari mulai barang rumah tangga hingga barang-barang unik hadiah dari raja Eropa.

Anda juga dapat menyewa pemandu keraton jika ingin mengetahui sejarah dari Keraton Yogyakarta ini.

3. Candi Borobudur

Salah satu tempat wisata yang seringkali dijadikan tujuan utama para wisatawan ini memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya.

Candi yang masuk kedalam daftar Warisan Dunia UNESCO ini merupakan Candi Buddha terbesar dan terlengkap di dunia. Keindahan dari Candi Borobudur ini akan tampak lebih indah di waktu matahari terbit dan matahari terbenam.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini jangan lupa untuk mentaati peraturan yang ada agar keindahannya tetap terjaga.

4. Candi Prambanan

Selain mengunjungi Candi Borobudur, para wisatawan juga biasanya mengunjungi Candi Prambanan untuk destinasi wisata selanjutnya.

Jika Candi Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar di dunia, maka Candi Prambanan adalah Candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Di Candi Prambanan Anda dapat menyaksikan pertunjukan Rama Shinta lho.

Akan lebih spesial lagi jika Anda mengunjungi candi yang satu ini di malam purnama, karena pertunjukan Rama Shinta yang biasa digelar di dalam ruangan akan digelar di ruang terbuka dengan latar belakang Candi Prambanan setiap kali bulan purnama.

5. Candi Ratu Boko

Jika berkunjung ke Candi Ratu Boko maka Anda akan disuguhi pemandangan hamparan rumput hijau yang luas, bekas pendopo, goa, paseban, dan juga keputren dengan kolam unik yang akan memanjakan mata Anda.

Candi yang berada di atas bukit desa Bokoharjo ini sebenarnya dikenal sebagai kompleks kerajaan lho. Pesona keindahan candi yang satu ini juga akan menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah untuk Anda.

6. Candi Ijo

Tidak kalah indah dari candi yang lainnya, candi yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang sangat memanjakan mata.

Keindahan alam di sekitar candi juga tentunya akan membuat Anda terpesona lho. Selain itu, Candi Ijo ini juga merupakan candi yang berada di atas bukit bernama Bukit Ijo.

7. Pantai Parangtritis

Pantai yang kental dengan hal-hal mistisnya ini tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi jika berada di Yogyakarta.

Meski terkenal mistis namun keindahan Pantai Parangtritis tidak membuat para wisatawan batal mengunjungi tempat ini. Deburan ombak yang kuat juga menambah kesan eksotis pantai yang satu ini.

8. Jalan Malioboro

Selama berada di Yogyakarta pastikan bahwa Anda berjalan-jalan di Jalan Malioboro. Disini Anda akan menemukan banyak toko dan juga para pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya dengan harga yang terbilang murah.

Jalan Malioboro akan membuat Anda merasakan sensasi menyenangkan selama berada di Yogyakarta, terlebih dengan alunan musik dari para pemusik jalanan yang membuat malam hari di Yogyakarta Anda lebih syahdu.

9. Museum Gunung Merapi

Museum bersejarah di Yogyakarta ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang seringkali dikunjungi para wisatawan.

Di tempat ini Anda dapat mengetahu segala pengetahuan tentang Gunung Merapi dan bahkan Anda dapat melihat bagaimana aktivitas dari Gunung Merapi.

Anda juga dapat melihat foto-foto ketika Gunung Merapi erupsi. Selain itu, ada juga replika Gunung Merapi dan simulasinya lengkap dengan berbagai alat peraga lainnya.

10. Goa Jomblang

Jika Anda menginginkan wisata yang tidak begitu-begitu saja Goa Jomblang cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Sebuah Goa yang berbentuk vertikal ini merupakan hasil dari permukaan tanah yang runtuh, di dalam Goa juga dapat Anda temui tanaman-tanaman yang membentuk hutan dan dinamai Hutan Purba.

Anda dapat menyusuri Goa yang satu ini dengan berjalan kaki dilengkapi dengan peralatan pengaman yang telah disediakan.

11. Goa Pindul

Destinasi wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin menguji adrenalin. Di Goa Pindul Anda dapat merasakan sensasi cave tubing yaitu menyusuri Goa menggunakan ban bagian dalam.

Di dalam Goa ini dapat Anda temui stalagtit yang telah menyatu dengan stalagmit dan membentuk sebuah pilar besar. Mitosnya, jika Anda terkenal tetesan air yang berada pada stalagtit maka dipercaya akan membuat awet muda lho.

12. Pantai Timang

Yogyakarta memang memiliki banyak sekali pantai-pantai indah. Namun Pantai Timang berbeda dengan pantai yang lainnya.

Tidak sekadar menyuguhkan keindahan pasir pantai saja, Anda juga dapat menguji adrenalin dengan menyebrangi laut pantai selatan yang ekstrim dengan menggunakan gondola.

13. Pantai Kukup

Anda juga dapat menjadikan Pantai Kukup sebagai pilihan destinasi wisata selama berada di Yogyakarta.

Sama seperti pantai lainnya, pantai yang satu ini juga memiliki pemandangan yang begitu mempesona.

Tidak hanya itu saja, di pantai ini Anda dapat berjalan di jembatan yang akan membawa Anda sampai di tebing karang yang ada di tengah pantai lho.

14. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran dapat Anda jadikan destinasi wisata selama berada di Yogyakarta. Pantai yang memiliki air biru ini akan membuat Anda terkagum-kagum saat melihatnya.

Keindahannya yang disandingkan dengan kebudayaan tentu menjadi keunggulan pantai yang satu ini.

Jika berkunjung ke pantai ini Anda juga dapat melihat secara langsung ritual keagamaan umat Hindu di sejumlah pura dan arca yang ada di Pantai Ngobaran.

15. Merapi Park

Merapi Park cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. Tempat wisata yang akan membuat Anda merasakan sensasi berkeliling dunia ini memiliki banyak sekali miniatur berbagai tempat di seluruh dunia.

Bahkan tempat yang satu ini juga disebut-sebut sebagai The World Landmark lho.

16. Pantai Sundak

Keindahan pantai di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Ketenangan di Pantai Sundak ini sangat cocok untuk membawa keluarga dan anak-anak bermain air.

Kehadiran ombak yang cukup tenang tentunya tidak akan membuat kita merasa khawatir saat bermain air di pinggir pantai.

17. Pantai Siung

Pantai Siung terbilang sebagai pantai yang belum terlalu banyak diketahui wisatawan.

Pantai yang juga menyajikan keindahan alam luar biasa ini akan membuat kita merasa relax ketika berada di tempat ini.

Suara deburan ombak, air yang jernih, dan juga udara yang menyapa memberi kesan tenang di tempat ini.

18. Pantai Pok Tunggal

Tidak berbeda dari Pantai Siung, Pantai Pok Tunggal juga belum banyak diketahui wisatawan. Pantai yang satu ini cocok untuk Anda berlibur bersama keluarga atau teman terdekat.

Pantai yang satu ini akan memberikan pengalaman baru bagi Anda karena dapat berkemah di pinggir Pantai. Menyenangkan bukan ? apalagi dapat melihat matahari terbenam di pagi harinya saat Anda terbangun.

19. Air Terjun Kedung Pedut

Destinasi wisata yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ketika namanya disebut.

Meskipun jalur menuju air terjun yang satu ini cukup memacu adrenalin karena harus menaiki gunung dan perbukitan namun dipastikan pemandangan yang Anda dapat akan membuat Anda lupa bagaimana susahnya menuju ke Air Terjun Kedung Pedut.

Air terjun yang satu ini juga memiliki keunikan warna air hijau tosca yang jernih lho.

20. Pantai Sepanjang

Pantai yang satu ini cocok bagi Anda yang senang dengan pasir pantai yang putih, tidak hanya keindahan pasir putihnya saja Anda juga dapat melihat air laut yang begitu jernih dan masih terjaga di Pantai Sepanjang.

Selain itu, pantai yang satu ini juga tidak memiliki batu karang, jadi Anda tidak perlu khawatir kaki Anda akan sakit ya.

21. Pasar Beringharjo

Satu hal yang paling penting jika Anda berkunjung ke Yogyakarta adalah mengunjungi Pasar Beringharjo. Pasar tertua yang ada di Yogyakarta ini menyediakan banyak sekali buah tangan untuk Anda bawa pulang.

Tidak perlu khawatir di Pasar Beringharjo Anda akan dengan mudah menemukan berbagai macam oleh-oleh seperti batik, makanan tradisional, dan macam-macam buah tangan lainnya dengan harga yang murah.

Yogyakarta memang selalu menjadi tempat yang banyak dirindukan oleh para pengunjungnya. Jadi jangan sia-siakan waktu Anda selama berada di tempat ini ya.

Demikian artikel rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN