17 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

Jepara merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Karena letak geografisnya, Jepara menyuguhkan banyak destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Panorma pantai, puncak perbukitan, dan air terjun memberikan Anda pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan, dengan suasana tenang dan juga udara segar yang menyertainya.

Jepara memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Jepara.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Jepara yang wajib Anda kunjungi:

1. Kampung Batik Kembangmulyo

Lokasi: Jl. Bougenvil Raya No. 18, Mulyoharjo, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Kampung Batik Kembangmulyo akan memanjakan Anda dengan beragam motif batik yang sangat cantik dan khas.

Kampung Batik Kembangmulyo ini merupakan eduwisata yang diresmikan oleh Rumah Zakat di bulan Maret tahun 2019 dengan tujuan untuk menopang pemasaran dan juga produksi batik dari para pengrajin batik Jepara.

2. Puncak Distoroto

Lokasi: Damarwulan, Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Puncak Distoroto menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian. Anda bisa berfoto di spot foto yang tersedia di sini, seperti gardu pandang bintang hingga rumah pohon dan jendela langit.

Dan tentunya telah dilengkapi dengan pamandangan Puncak Distoroto yang memesona. Destinasi wisata ini akan sangat cocok untuk Anda yang suka fotografi.

3. Hutan Wisata Sreni

Lokasi: Tirto, Bategede, Nalumsari, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Hutan Wisata Sreni memiliki keindahan alam yang begitu asri dengan udara yang sangat sejuk.

Di sini juga terdapat banyak spot foto yang menarik, sehingga Anda dapat mengabadikan momen dengan latar tempat yang indah.

Untuk menikmati pemandangan dengan jarak yang lebih luas, Anda bisa mengeksplore melalui gardu pandang yang sudah ada.

4. Bukit Ragas

Lokasi: Kedungsari, Clering, Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Bukit Ragas merupakan danau bekas aktivitas penambangan yang memiliki keindahan alam begitu memukau dengan view perbukitan di sekitarnya.

Bukit Ragas menjadi tempat yang tepat untuk Anda menikmati keindagan sambil bersantai, maupun berfoto di beberapa spot foto kekinian yang telah disediakan.

Spot foto yang berada di tempat wisata selalu menjadi daya tarik tersendiri, sekaligus sebagai ajang promosi gratis bagi pengelola tempat wisata.

5. Karimun Jawa

Lokasi: Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Karimun Jawa menjadi destinasi wisata di Jepara yang wajib Anda kunjungi, pantai ini menwarkan landscape yang begitu indah dan akan memanjakan siapapun yang mengunjunginya.

Terdapat perbukitan yang menawan hingga hutan bakau dan alam bawah laut yang memesona.

Di sini juga Anda bisa melakukan beragam aktivitas seperti snorkeling, diving, hunting foto hingga sebagai tempat untuk berbulan madu.

6. Puncak Jehan

Lokasi: Kunir, Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Puncak Jehan menyajikan pemandangan alam yang akan memanjakan siapapun yang mengunjunginya.

Objek wisata ini coock untuk Anda yang suka berpetualang, pasalnya Anda perlu menempuh track yang cukup sulit untuk sampai dan menikmati keindagan di Puncak Jehan ini.

Pemandangan hijau yang tersaji di Puncak Jehan akan membawa perasaan tenang dan damai pada diri.

7. Pantai Punuk Sapi

Lokasi: Balong, Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Pantai Punuk Sapi memiliki hamparan pasir yang cenderung berwarna hitam dengan tanam berwarna merah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Berdasarkan cerita masyarakat, pantai ini merupakan tempat petilasan dari Syekh Siti Jenar. Pantai Punuk Sapi menjadi tempat yang tepat untuk Anda menikmati senja dengan pemandangan yang begitu elok.

8. Air Terjun Jurang Nganten

Lokasi: Tanjung, Pakis Aji, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Air Terjun Jurang Nganten akan memanjakan Anda dengan pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk, sehingga Anda bisa bersantai sambil menikmati sajian alam di sini.

Meski memang membutuhkan perjuangan yang tak mudah untuk sampai di Air Terjun Jurang Nganten ini, tetapi segala lelah yang Anda rasakan akan sektika sirna saat Anda melihat dan merasakan suasana alam di Air Terjun Jurang Nganten yang begitu indah.

9. Air Terjun Gembong

Lokasi: Dukuh Papasan, Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Untuk sampai di Air Terjun Gembong Anda perlu menempuh medan yang tidak mudah, maka destinasi wisata ini cocok untuk Anda yang suka bepertualang dan suka hal-hal yang menantang. Air Terjun Gembong memiliki pemandangan alam yang masih sangat terjaga.

Aliran air yang cukup deras di lokasi membuat suasana jadi semakin dingin dengan percikan air yang terasa menyegarkan dan udara sekitar yang sangat sejuk.

10. Danau Blingoh

Lokasi: Blingoh, Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Danau Blingoh menghadirkan pemandangan alam dengan keindahan yang akan membuat Anda terkesima.

Danau Blingoh ini merupakan danau yang terbentuk karena aktivitass galian tambang batu kapur yang menghasilakn keindahan alam yang begitu menarik dan mengagumkan.

Air bernunasa hijau dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya membuat pemandangan yang tersaji di sini semakin indah untuk dinikmati.

11. Candi Bubrah

Lokasi: Dukuh Duplak, Tempur, Kec. Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Candi Bubrah merupakan tumpukan batu yang terkesan namun berhasil menyajikan pemandangan alam dengan kesan eksotis dan juga unik.

Bangunan candi tidak pernah bisa terlepas dari sebuah cerita sejarah, berdasarkan ceritanya Candi Bubrah ini merupakan pintu gerbang dari Candi Angin di dataran lebih tinggi dan merupakan peninggalan Kerajaan Kalingga.

12. Jepara Ocean Park

Lokasi: Pantai Mororejo, Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Jepara Ocean Park mengusung konsep istana Rusia dan juga Mediterania ala negeri dongeng ini telah berhasil menarik banyak minat para wisatawan.

Jepara Ocean Park menghadirkan 36 slide waterpark yang akan membuat Anda mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan dan juga seru.

Selain itu Anda juga bisa mencoba wahana flying fox dengan ketinggian sekitar 20 meter dengan pemandangan Pantai Mororejo yang indah.

13. Air Terjun Songgolangit

Lokasi: Bucu, Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Dalam bahasa jawa, Songgolangit artinya menyangga langit. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan pesonanya yang akan memanjakan mata.

Air Terjun Songgolangit menghadirkan pemandangan alam yang asri berupa pepohonan hijau dan air terjun yang begitu menyegarkan.

14. Pulau Panjang

Lokasi: Ujungbatu, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Pulau Panjang menjadi pilihan tempat untuk Anda yang ingin bersantai untuk melepas penat dari segala rutinitas yang ada.

Anda akan disuguhkan panorama pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang juga bersih, dan suasana pantai yang menenangkan.

Di sini juga terdapat dermaga yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto dengan background Pulau Panjang.

15. Benteng Portugis

Lokasi: Jl. Benteng Portugis – Tayu KM. 48, Banyumanis, Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Benteng Portugis memiliki keindagan alam yang cukup unik dan menarik. Benteng Portugis ini merupakan objek wisata sejarah yang akan memberikan Anda pengetahuan mengenai asal usul adanya Benteng Portugis ini.

Lokasinya yang berada di pinggir laut, membuat Anda bisa menikmati suasana laut saat berkunjung ke lokasi ini.

16. Kuliner Pantai Pungkruk

Lokasi: Mororejo, Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Menikmati sajian alam sambil menyantap makanan yang lezat akan memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan.

Di sini terdapat kuliner berupa seefood yang segar, yang mampu membuat Anda ingin terus menikmatinya tanpa henti. Apalagi disantap di bangunan berupa saung atau gazebo yang akan menambah suasana syahdu.

17. Pantai Kartini

Lokasi: Rw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Pantai Kartini memiliki beragam fasilitas yang bisa Anda coba, seperti banana boat, perahu, dan wahana air lainnya. Ada juga Kura-Kura Ocean Park, dimana Anda bisa melihat banyaknya spesies dan jenis kura-kura maupun penyu disini.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN