21 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur memang menjadi provinsi dengan jumlah kota atau kabupaten terbanyak di pulau Jawa. Tak heran jika pilihan tempat wisata di Jawa Timur juga lebih beragam.

Tidak hanya keindahan alamnya saja, namun sejarah, dan juga kebudayaan Jawa Timur memang begitu kaya. Banyak tempat unik yang dapat Anda kunjungi selama berada di Jawa Timur.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih tempat wisata di Jawa Timur, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata paling populer di Jawa Timur:

1). Jatim Park di Kota Batu

Jatim Park memang menjadi tempat wisata yang paling populer di Jawa Timur. Jatim Park sendiri terbagi menjadi tiga area, yang disebut sebagai Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Jatim Park 1 merupakan area yang berisi wahana bermain, Jatim Park 2 berisi tentang binatang dan juga museum binatang yang telah mati dan diawetkan, sedangkan di Jatim Park 3 Anda dapat menemukan beberapa bagian seperti Kampung Jepang, Forbidden City China, Dino Park, dan tempat-tempat seru lainnya.

2). Candi Penataran di Blitar

Candi yang berada tepat di bawah kaki Gunung Kelud ini tentu membuatnya memiliki udara yang sejuk.

Candi yang telah dibuat di tahun 1194 ini dibuat sebagai tempat pemujaan dengan tujuan agar dapat terhindar dari marabahaya karena pada saat itu Gunung Kelud seringkali meletus.

Meskipun Candi Penataran ini baru dikenal oleh banyak kalangan masyarakat pada tahun 1850 namun eksistensinya justru masih bertahan hingga saat ini.

Banyak wisatawan yang juga tertarik berkunjung ke Candi Penataran ini karena keberadaannya yang tepat di bawah kaki Gunung Kelud.

3). Gunung Bromo di Probolinggo

Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama Gunung Bromo, salah satu tempat yang memang cukup iconic di Jawa Timur ini memang menyuguhkan keindahan alam yang begitu menakjubkan.

Hamparan pasir luas yang akan membuat Anda merasa berada di gurun pasir dan juga pemandangan yang begitu instagramable, tak heran membuat para wisatawan ramai mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Tidak hanya itu bahkan Anda dapat melihat secara langsung pemandangan matahari terbit yang menembus kabut.

Bagi Anda yang mungkin tidak ingin lelah berjalan kaki, Anda juga dapat menyewa kuda lho di kawasan Gunung Bromo ini. Menyenangkan bukan menikmati keindahan Bromo sambil menunggangi kuda ?

4). Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen juga menjadi tempat wisata yang terkenal di Jawa Timur khususnya Banyuwangi.

Kawah yang sampai saat ini masih terus mengeluarkan belerang ini masih digunakan sebagai tempat beraktivitas para penambang belerang, maka dari itu ketika Anda berkunjung ke Kawah Ijen Anda akan melihat aktivitas para penambang membawa bongkahan batu belerang.

Uniknya, di Kawah Ijen Anda juga akan menyaksikan secara langsung adanya blue fire yang menjadi fenomena alam yang cukup langka di dunia, namun tentunya untuk dapat melihat blue fire ini Anda perlu mengunjungi Kawah Ijen sebelum matahari bersinar, karena warna birunya akan lebih terlihat menyala.

5). Petilasan Rambut Monte di Blitar

Petilasan Rambut Monte sendiri merupakan sebuah telaga yang begitu indah, di telaga ini Anda akan menemukan ratusan ikan langka asli Indonesia.

Adanya cerita sejarah dan cerita mistis dibalik tempat wisata yang satu ini, membuat ikan-ikan yang ada di dalam telaga ini disebut sebagai ikan keramat yang tidak boleh diambil oleh siapapun, bahkan orang-orang yang mengambil ikan di telaga ini dipercaya dapat mendatangkan malapetaka.

Namun terlepas dari cerita-cerita dibaliknya keindahan telaga yang memiliki air yang sangat jernih bahkan kejernihannya ini membuat pepohonan disekitarnya seolah bercermin di telaga ini.

6). Batu Secret Zoo di Malang

Batu Secret Zoo tentu sudah tidak asing lagi kita dengar. Kebun binatang modern yang satu ini memang seringkali menarik perhatian para wisatawan ketika datang ke Jawa Timur khususnya Kota Malang.

Tidak hanya binatang-binatangnya saja yang dapat Anda lihat dan berinteraksi secara langsung, namun Anda juga dapat menikmati wisata hiburan lainnya yang tak kalah menarik.

7). Pantai Gondo Mayit di Blitar

Nama pantai yang satu ini memang cukup menyeramkan, nama “Gondo Mayit” sendiri dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai “bau mayat” hal ini karena di zaman dulu ditemukan banyak sekali jenazah di pantai yang satu ini.

Meskipun namanya cukup menyeramkan namun keindahan Pantai Gondo Mayit memang begitu mempesona, pasir pantai yang putih dan air laut jernih berwarna kebiruan ini tentu akan memanjakan mata Anda.

Selain itu, lokasinya yang berada di balik Bukit Pantai Tambak Rejo ini membuatnya dikelilingi pemandangan hijau yang begitu mempesona.

8). Taman Nasional Baluran

Tempat wisata yang memiliki 25.000 hektare ini berada di dua wilayah yaitu Situbondo dan Banyuwangi.

Di Taman Nasional Baluran sendiri Anda akan menemukan kawasan pegunungan, hutan mangrove yang berada di dekat pantai, sabana, dan bahkan hutan musim lho.

Menariknya, sabana di Taman Nasional Baluran ini akan berubah menjadi hijau di musim hujan dengan hamparan rumput yang begitu mempesona, bahkan Anda juga akan menemukan banyak sekali binatang liar.

Tentu menarik bukan mengunjungi tempat wisata alam yang begitu luas dengan berbagai pilihan ada di satu area yang sama ?

9). Taman Nasional Meru Betiri

Jika Taman Nasional Baluran ada diantara dua wilayah. Taman Nasional Meru Betiri juga tidak jauh berbeda.

Lokasinya yang berada di perbatasan Jember dan Banyuwangi ini merupakan sebuah taman yang begitu besar yang memiliki banyak sekali binatang-binatang unik seperti anjing hutan, kera ekor panjang, kumbang hitam, dan banyak lagi binatang unik lainnya.

Tidak hanya binatangnya saja yang unik, tanaman langka juga dapat Anda temukan di tempat ini. Belum lagi pemandangan gunung dan juga pantai-pantai yang begitu memanjakan mata, tentu membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

10). Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Pesona Air Terjun Madakaripura memang seringkali menjadi tujuan wisata para wisatawan jika berkunjung ke Probolinggo.

Air terjun yang memiliki tinggi 200 meter ini memang dikelilingi oleh tebing tinggi yang disebut-sebut sebagai tempat meditasi Patih Gajah Mada lho.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura ini Anda perlu menggunakan sandal atau sepatu anti licin yaa dan jangan lupa untuk berhati-hati karena jalurnya yang memang cukup licin.

11). Air Terjun Coban Rondo di Malang

Jika Anda datang ke Malang, jangan lewatkan air terjun yang satu ini. Air terjun yang berada di kaki gunung ini menjadikannya terlihat begitu hijau karena adanya hutan lebat yang menyejukkan, selain itu air terjun yang cukup deras juga memberikan efek menyegarkan.

Tidak cukup menikmati pemandangannya saja Anda juga dapat mengunjungi kawasan mancakrida lho yang menyediakan berbagai wahana seperti flying fox dna permainan seru yang memacu adrenalin lainnya.

12). Air Terjun Tancak di Jember

Bagi Anda yang senang berpetualang, mengunjungi Air Terjun Tancak adalah pilihan yang tepat.

Keindahan air terjun yang begitu deras lengkap dengan bebatun yang menambah pesonanya ini harus ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang dua kilometer dan juga menyebrangi sungai yang aliran airnya cukup deras.

Karena jauhnya rute yang harus dilewati ada baiknya Anda menyewa pemandu ya untuk menemani Anda agar tidak tersasar.

13). Situs Purbakala Trowulan di Mojokerto

Situs Purbakala Trowulan ini disebut-sebut sebagai ibu kota dari Kerajaan Majapahit, situs ini juga dibuat karena banyaknya peninggalan situs budaya di tempat ini dari mulai candi, kolam segaran, dan gapura yang disebut-sebut sebagai arah menuju rumah Gajah Mada.

Namun untuk mengunjungi semua kompleks Purbakala Trowulan ini disarankan untuk Anda menggunakan kendaraan pribadi karena lokasinya yang memang terbagi di beberapa titik.

14). Pantai Klayar di Pacitan

Pantai pasir putih memang dapat kita temui diberbagai tempat, namun keindahannya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tidak hanya pasir pantai putihnya saja, Pantai Klayar ini juga memiliki air laut jernih yang aman untuk Anda berenang.

Uniknya Anda juga akan menemukan seruling laut yang lho di Pantai Klayar ini, karang besar tersebut menghasilkan bunyi yang begitu unik dan hanya dapat Anda temui di Pantai Klayar.

15). Pantai Plengkung di Banyuwangi

Pantai Plengkung atau yang terkenal dengan sebutan G-Land ini menjadi salah satu tempat yang tak boleh Anda lewatkan ketika berada di Banyuwangi.

Tempat yang seringkali ramai dikunjungi wisatawan asing ini memang pantas digunakan untuk melakukan seluncuran di atas air, ombak Pantai Plengkung bahkan disebut sebagai salah satu ombak terbaik yang ada di dunia.

Bagi Anda yang tidak berniat berseluncur di atas air, tenang saja karena pemandangan Pantai Plengkung juga begitu mempesona lho, bahkan banyak wisatawan yang akhirnya memutuskan menginap disekitaran pantai ini untuk menikmati pesona Pantai Plengkung lebih lama lagi.

16). Teluk Biru di Banyuwangi

Teluk Biru memang belum begitu terkenal dikalangan wisatawan bahkan warga lokal sekalipun.

Tak heran tempat yang satu ini masih begitu terjaga keasliannya, keindahan pemandangannya pun memang begitu menakjubkan lho.

Tapi untuk menuju ke Teluk Biru Anda perlu menyewa kapal selama 15 menit sebelum sampai ke tempat yang satu ini.

Namun tentunya keindahan Teluk Biru tidak akan mengecewakan Anda dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat menenangkan.

17). Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Pantai Banyu Tibo memiliki keunikannya tersendiri, Anda akan fenomena unik sesuai namanya “Banyu Tibo” yang berarti “Air jatuh” karena adanya air terjun yang menjurus langsung ke pantai.

Meskipun Pantai Banyu Tibo ini merupakan pantai yang cukup kecil namun keunikannya inilah yang membuat wisatawan ramai mengunjungi Pantai Banyu Tibo.

Namun ketika air laut sedang pasang air terjun ini tentu tidak akan Anda temukan karena air laut yang akan menutupi tebing air terjun ini.

18). Bukit Jaddih di Bangkalan

Jawa Timur memang memiliki banyak sekali bekas galian kapur, namun tempat yang satu ini berbeda daripada bekas galian kapur yang lainnya.

Konturnya yang terbilang unik dan adanya telaga kecil berwarna biru ini seringkali menyita perhatian para wisatawan, selain itu Anda juga dapat mengunjungi beberapa gua kapur yang ada di Bukit Jaddih ini.

Keindahan Bukit Jaddih pun tidak jarang dijadikan tempat untuk ber-swafoto para wisatawan.

19). Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang juga memiliki keunikannya tersendiri. Anda tidak akan menemukan hamparan pasir pantai di tempat ini, namun Anda akan menemukan beberapa kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alami lho.

Para wisatawan biasanya menjadikan kolam-kolam kecil dipinggir pantai ini sebagai tempat berenang ataupun sekadar bermain air. Keunikan Pantai Kedung Tumpang ini juga menjadi salah satu hal yang jarang ditemui di tempat lain.

20). Teluk Kletekan di Malang

Banyaknya tempat wisata yang ada di Kota Malang memanglah menjadi salah satu hal yang begitu menarik perhatian wisatawan.

Di Malang Anda juga dapat menemukan sebuah teluk indah dengan air dangkal yang berwarna kehijauan. Di Teluk Kletekan ini Anda dapat berenang dan juga snorkeling lho.

Jangan lupa untuk menggunakan kendaraan roda dua ya ketika ingin mengunjungi Teluk Kletekan ini, karena medannya yang memang tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

21). Bukit Larangan Panceng di Gresik

Tempat wisata yang kami rekomendasikan selanjutnya berada di Gresik. Bukit Larangan Panceng ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Bagaimana tidak dari ketinggian Bukit Larangan Panceng ini Anda dapat melihat dua pemandangan yang begitu berbeda yaitu pemandangan pantai yang indah dan juga pemandangan bukit-bukit kapur yang begitu mempesona.

Anda bahkan dapat menikmati pemandangan ini sembari berkemah lho di atas Bukit Larangan Panceng.

Ketika mengunjungi suatu tempat jangan lupa untuk mentaati peraturan yang ada dan tetap menjaga alamnya dengan baik ya.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur. Semoga dapat dijadikan referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Tak Khawatir Hartanya Habis, Jennifer Jill Ngaku Lebih Butuh Dibikin Klepek-klepek Ajun Perwira. ‘Gue Gak Perlu Duit’

Pernikahan Jennifer Jill Supit dan Ajun Perwira tak pernah gagal menarik perhatian publik. Sebagaimana diketahui, Ajun Perwira menikahi Jennifer Jill…

Putus Hubungan, Ricky Miraza Tuding Kalina Oktarani Punya Penyakit Kelamin

Kalina Oktarani rupaya sudah putus dari kekasihnya, Ricky Miraza. Kabar itu dibagikan sendiri oleh Ricky di Instagram. "Mending milih putus,"…

15+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu berkas penting yang harus kamu persiapkan. Bisa kamu…

Inilah Wajah Verano Siliyana, Model yang Diduga Jadi Pelakor, Cantik ala Bule ‘Saingi’ Zaskia Gotik

Sosok Verano Siliyana alias Inez Gonzalez tengah ramai diperbincangkan. Memiliki wajah cantik ala bule, Verano Siliyana justru diterpa isu pelakor.…

Terungkap Alasan Nathalie Holscher Enggan Menikah Lagi, Trauma Cerai, Singgung Nama Sule

Nathalie Holscher membuat pengakuan apa yang dipendamnya. Jika sudah resmi cerai dari komedian Sule, Nathalie Holscher mengaku trauma untuk membangun…

Akhirnya Jawab Rumor Alasan Cerai karena Tak Tahan dengan Tingkah Putri Delina, Nathalie Holscher: Kalian Juga Tahu

Nathalie Holscher akhirnya buka suara soal isu Putri Delina menjadi penyebab utama dirinya menggugat cerai Sule. Seperti diketahui, rumah tangga…

Bharada E Akhirnya Mengaku, Ceritakan Semua Peristiwa di Rumah Ferdy Sambo

Bharada E akhirnya mengaku dan menceritakan peristiwa berdarah di rumah mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, yang menewaskan Brigadir…

Jawaban Sule Saat Nathalie Holscher Minta Cerai Bikin Warganet Ngamuk: Terlalu Angkuh dengan Kejayaannya

Artis Nathalie Holscher mengungkapkan reaksi dan jawaban sang suami, Sule, saat dia mengutarakan keinginannya berpisah. Sebelum memasukkan gugatan cerai, Nathalie…

18 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Purwakarta adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Topografi purwakarta yang didominasi area perbukitan, membuat kabupaten ini menyuguhkan panorama…

Niat Sholat Isya dan Tata Cara Pelaksanaannya

Sholat isya merupakan salah satu sholat fardu atau wajib yang harus dilaksanakn oleh setiap muslim dan muslimah yang sudah masuk…