19 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Jawa Barat dan keindahan alamnya memang selalu membuat para wisatawan ingin kembali lagi mengunjungi Jawa Barat. Udara sejuk Jawa Barat juga membuat para wisatawan merasa betah berwisata. Tidak hanya keindahan alamnya saja, berbagai fasilitas wisata yang disediakan pun tergolong lengkap.

Banyaknya tempat wisata di Jawa Barat tentunya membuat kebanyakan wisatawan merasa bingung harus mengunjungi tempat wisata yang mana yang memiliki keindahan alam lengkap dengan fasilitas penunjangnya.

Untuk memudahkan Anda selama berwisata di Jawa Barat. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang populer di Jawa Barat :

1). Pantai Pangandaran di Pangandaran

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Pantai Pangandaran. Pantai yang memang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Ciamis.

Keindahan pantai pangandaran yang cocok untuk dijadikan tempat bermain air dan berjemur ini juga menyediakan berbagai jenis kuliner lezat yang harus Anda coba.

2). Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Pantai Pelabuhan Ratu, pantai yang terkenal dengan legenda Nyi Roro Kidul ini memang tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

Ombaknya yang cukup besar ini juga sangat cocok digunakan untuk surfing lho. Selain menikmati keindahan pantainya Anda juga dapat menikmati berbagai santapan khas laut yang terdapat di sepanjang Pantai Pelabuhan Ratu.

3). Gunung Tangkuban Perahu

Salah satu destinasi wisata yang menyimpan sejarah ini juga seringkali memikat para wisatawan untuk mendatanginya. Tangkuban Perahu sendiri dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai perahu yang terbalik.

Tempat yang satu ini disebut Gunung Tangkuban Perahu karena bentuk gunungnya yang memang mirip seperti perahu terbalik. Gunung Tangkuban Perahu sendiri sebenarnya memiliki 2 kawah yang terkenal yaitu Kawah Ratu dan Kawah Domas.

Sama seperti pegunungan lainnya suhu di Gunung Tangkuban Perahu juga biasanya bersuhu kurang dari 20 derajat celcius, namun meskipun suhu udaranya dingin kawah di Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki air belerang yang mendidih dan bahkan dapat Anda gunakan untuk merebus telur.

4). Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata yang berada cukup jauh dari pusat kota Bandung ini juga menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati para wisatawan saat berkunjung ke Bandung.

Kawah Putih ini sendiri sebenarnya terbentuk dari letusan Gunung Patuhan yang telah terjadi ratusan tahun yang lalu.

Meskipun tempat wisata yang satu ini merupakan hasil dari letusan gunung namun pemandangan yang disuguhkan sangatlah memanjakan mata dan akan membuat Anda betah berlama-lama disana. Uniknya air di kawah ini juga dapat berubah warna.

5). Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara dapat Anda jadikan pilihan tempat wisata yang instagramable lho.

Di tempat ini Anda dapat menemui berbagai jenis bunga dan juga tanaman yang dibentuk sedemikian rupa.

Taman yang memiliki luas sekitar 23 hektar ini akan membuat Anda merasa senang, terlebih untuk Anda yang menyukai tanaman.

Selain menikmati beragam bunga, Anda juga dapat bermain permainan lainnya seperti ATV, go-kart, taman labirin, dan masih banyak permainan lainnya.

6). Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng juga menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika datang ke Jawa Barat khusunya Sukabumi.

Pantai yang memiliki keindahan luar biasa ini juga seringkali didatangi oleh para penyu lho.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Ujung Genteng ini jangan lewatkan momen matahari terbit dan terbenam ya yang akan membuat Anda terpesona.

7). Curug Cikaso

Keindahan Curug Cikaso memang sudah tidak dapat diragukan lagi adanya dua air terjun besar dan satu air terjun kecil ini juga penuh dengan tanaman hijau yang menambah keindahannya.

Aliran airnya yang jernih juga tentu menambah keindahan dari Curug Cikaso ini. Tak jarang jika mengunjungi Curug Cikaso ini para wisatawan akan melihat pelangi lho.

8). Curug Cimahi

Curug Cimahi atau yang biasa disebut sebagai Air Terjun Pelangi oleh warga sekitar ini ternyata bukan tanpa alasan lho, hal ini karena Anda akan menemui lampu-lampu hias yang menghasilkan warna seperti warna pelangi.

Terbayang bukan, bagaimana indahnya pemandangan air terjun dihiasi lampu-lampu pelangi ? Tapi jika Anda ingin menikmati pemandangan lampu pelangi ini Anda harus mendatangi air terjun yang satu ini saat hari mulai petang yaa, dijamin air terjun yang satu ini akan menjadi tempat paling romantis di Jawa Barat.

9). Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Area Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini memang memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan.

Tempat yang menjadi habitat berbagai flora dan juga fauna ini juga tentu sudah tidak diragukan lagi keasriannya.

Berbagai spot keindahan alam lainnya juga dapat Anda temui di tempat ini, seperti kebun teh, air terjun, tempat berkemah, dan banyak lagi yang lainnya.

10). Taman Safari

Taman Safari menjadi salah satu tempat wisata yang mungkin sering Anda dengar namanya.

Tempat wisata berupa kebun binatang dengan konsep berada di alam bebas ini akan membuat Anda merasakan sensasi berinteraksi secara langsung dengan binatang-binatang tersebut.

Koleksi binatang yang ada di Taman Safari ini juga berasal dari berbagai penjuru dunia lho. Selain binatang-binatang yang dapat Anda temui di Taman Safari ini Anda juga dapat menemukan berbagai area permainan lainnya lho.

11). Floating Market

Tempat wisata yang satu ini menyajikan udara sejuk khas pegunungan. Mengunjungi Floating Market akan membuat Anda merasakan sensasi wisata yang berbeda karena Anda akan menemukan pasar terapung yang menyediakan banyak makanan yang menggugah selera dan juga berbagai pernak-pernik oleh-oleh.

Tidak hanya itu Anda juga dapat menyewa kostum khas Jepang untuk berfoto di berbagai spot foto yang telah disediakan.

Floating Market juga menyediakan berbagai tempat lainnya seperti waterboom, kebun binatang kecil-kecilan, dan juga taman bunga.

12). Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan alam dengan sungai air jernih dan juga pepohonan hijau yang rimbun.

Jika Anda berkunjung ke tempat yang satu ini, Anda dapat merasakan sensasi bermain air dibawah goa gelap yang akan memacu adrenalin.

13). Kampung Sampireun Garut

Kalau Anda datang ke Garut jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini ya.

Kampung Sampireun ini sebenarnya merupakan sebuah resort yang cukup romantis lho, tidak jarang para pengantin baru menjadikan Kampung Sampireun Garut ini sebagai tempat berbulan madu.

14). Kampung Naga Tasikmalaya

Selain Kampung Sampireun yang ada di Garut, jika Anda berada di Tasikmalaya Anda dapat mengunjungi Kampung Naga lho.

Kearifan budaya lokal yang disuguhkan di Kampung Naga ini tentunya membuat Anda betah berlama-lama disini.

Berbeda dengan Kampung Sampireun Garut yang meruoapakan sebuah resort Kampung Naga Tasikmalaya ini merupakan sebuah kampung yang memang berada di Tasikmalaya yang masih melestarikan budaya lokal.

15). Kampung Karuhun Sumedang

Sumedang juga memiliki Kampung Karuhun lho. Tempat wisata yang berkonsep eco park ini menyuguhkan keindahan alam dengan berbagai fasilitas wisata yang cukup lengkap.

Selain berbagai pilihan permainan dan keindahan alam yang disuguhkan, Anda juga dapat menyantap berbagai kuliner khas Sunda di tempat ini.

16). The Lodge Maribaya Lembang

Bagi Anda yang ingin berwisata di alam terbuka, The Lodge Maribaya Lembang ini dapat Anda jadikan pilihan.

Tempat wisata yang sempat viral beberapa bulan lalu ini menyediakan area berkemah lengkap dengan segala fasilitasnya lho.

Selain itu banyak juga permainan outbound dan spot foto yang menarik di The Lodge Maribaya Lembang ini.

17). Little Venice Kota Bunga

Kota Bunga menghadirkan sesuatu yang menarik dan instagramable. Disini para wisatawan dapat merasakan sensasi mendayung gondola seolah berada di Venesia lho.

Selain itu Anda akan menemukan banyak sekali spot foto indah dan ditemani udara yang sejuk.

18). Farm House Lembang

Farm House Lembang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Bandung.

Tempat wisata yang mengusung perkebunan dengan gaya klasik Eropa ini dibangun sejak tahun 2015.

Selain dapat merasakan sejuknya udara Bandung, Anda juga dapat ber-swafoto di tempat ini.

Farm House Lembang sendiri menyediakan beragam perlengkapan seperti kostum yang lengkap dengan aksesorisnya untuk Anda gunakan berfoto dengan latar belakang suasana pedesaan Eropa.

19). Batu Dua Paragliding Flying Site Sumedang

Bagi Anda yang senang dengan permainan memacu adrenalin dengan mencoba permainan paralayang, tempat yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi.

Sembari bermain paralayang Anda juga dapat menyaksikan keindahan alam Sumedang dari ketinggian. Jika Anda belum terlalu mahir jangan lupa untuk meminta ditemani oleh ahlinya ya.

Tetap jaga alam agar tetap asri ya, jangan buang sampah sembarangan, dan taati peraturan yang ada.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Barat. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pantas Cabut dari Manajemen Sule, Nathalie Holscher Ternyata Tak Ada Kontrak Sama Sekali, Aturan Ayah Putri Delina Harus Bayar saat Bikin Konten Bareng Adzam Dijawab Eko Patrio: Itu Spesial…

Artis Nathalie Holscher tengah menghadapi proses perceraiannya dengan komedian Sule. Di tengah proses perceraiannya ini, Nathalie Holscher mengumumkan bahwa ia…

9 Cara Budidaya Tanaman Karet Agar Hasil Panen Maksimal

Karet secara konsisten masih menjadi salah satu komoditas unggul perkebunan di Indonesia. Bagaimana tidak? Memasuki awal bulan tahun 2021, harga…

Bikin Bergidik Ngeri! Penampakan Kuntilanak Merah Terpampang Jelas di Kediaman Ruben Onsu, Sosoknya yang Terekam Kamera Bikin Seisi Rumah Jejeritan!

Penampakan kuntilanak merah di kediaman Ruben Onsu dan Sarwendah viral. Terekam jelas di kamera, sosok kuntilanak merah yang berada di…

Contoh Soal Psikotes Polri dan Kunci Jawabannya

Psikotes atau tes psikologi merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui aspek psikis dari seseorang. Adapun menurut Urbina (2004), Tes psikologis…

Niat Sholat 5 Waktu dan Tata Cara Melakukannya

Bagi umat muslim, sholat merupakan kewajiban yang senantiasa harus dijalankan selama hidup didunia. Selain demi menjalankan kewajiban, sholat juga bisa…

Penyanyi Pendatang Baru Dana Tarigan Rilis Lagu Baru ‘Ku Bayangmu’

Untuk meramaikan industri musik lokal terkhusus di kota Medan, musisi yang satu ini berani unjuk gigi untuk mempersembahkan hasil karyanya…

9 Cara Budidaya Cabai Rawit Agar Hasil Panen Melimpah

Cabai rawit, atau sering juga disebut dengan cabe rawit adalah komoditas tumbuhan anggota genus Capsicum. Penggunaan cabai rawit sebagai bahan…

Contoh Soal Biologi Kelas 9 SMP/MTs dan Jawabannya

Ilmu Biologi modern telah mencakup banyak ilmu pengetahuan yang luas, maka mempelajarinya menjadi hal yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sekarang…

Contoh Soal CPNS Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

Indonesia memiliki peluang pariwisata alam yang sangat potensial, maka penting untuk dapat bisa memaksimalkannya dengan baik. Melalui Kementerian Pariwisata dan…

Contoh Soal CPNS Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral)

Memiliki banyak kelebihan, Pegawai Negeri Sipil hingga kini menjadi sebuah profesi yang banyak diminati oleh Warga Negara Indonesia. Berpenghasilan tetap,…