16 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Wilayah Jambi yang berada di pesisir pantai Sumatera ini tentu memiliki keindahan alam yang tidak dapat diragukan lagi.

Tempat wisata di Jambi bahkan terbilang cukup menarik lho, Anda dapat menemukan beberapa tempat wisata seperti wisata religi, wisata alam, dan bahkan tempat wisata buatan yang begitu menarik.

Bagi Anda yang mungkin sedang berkunjung ke Jambi, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Jambi :

1). Monas Jambi

Tidak hanya Jakarta, ternyata Jambi juga memiliki Monumen Nasional lho. Tempat yang sengaja dibuat sebagai replika dari Monas Jakarta ini sekilas memang terlihat sama.

Namun jika diperhatikan Monas dalam bentuk yang lebih kecil dari aslinya itu memiliki 4 buah jam dinding dan ukiran angsa di bawah jam dinding disetiap sisinya.

Hal inilah yang menjadi ciri khas dari Monas Jambi. Meskipun hanya replika saja, namun tempat yang satu ini tidak pernah sepi didatangi oleh wisatawan dan bahkan warga sekitar lho.

2). Jambi Paradise

Sebuah tempat wisata yang memiliki luas 4 hektar ini memang begitu terkenal di Jambi. Banyaknya wahana seru dan spot foto instagramable yang ada memang membuat tempat yang satu ini seringkali dijadikan pilihan para wisatawan ketika berwisata di Jambi.

Terlebih disaat musim liburan tiba. Setelah puas menikmati wahana dan ber-swafoto Anda dapat menyantap kuliner yang juga dijual di Jambi Paradise ini lho.

3). Museum Siginjei

Setiap daerah tentu memiliki sejarah dan kebudayaannya sendiri. Di Jambi Anda dapat mempelajari budaya dan sejarahnya secara langsung lho di Museum Siginjei ini.

Menariknya museum yang berupa bangunan rumah adat Jambi ini memiliki banyak sekali benda bersejarah yang memiliki nilai budaya dari masa ke masa.

Tentu menyenangkan bukan melihat perkembangan budaya Jambi dari masa ke masa ? Tempat yang satu ini juga cocok untuk menjadi tempat berwisata bersama anak-anak sambil menambah pengetahuan tentang kekayaan budaya Indonesia.

4). Candi Muaro Jambi

Sejarah masa lalu Jambi dengan cerita Kerajaan Sriwijaya memang masih terkenang hingga kini. Candi Muaro Jambi merupakan salah satu peninggalan yang menjadi saksi bisu tentang kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Dengan sejarah dibaliknya, reruntuhan yang ditemukan pada tahun 1820 ini akhirnya dipugar pada taun 1975 agar tetap dapat dikenang oleh para generasi penerus.

Maka dari itu jika Anda berkunjung ke Jambi, Candi Muaro Jambi ini menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lupakan untuk dikunjungi.

5). Candi Tinggi

Candi Tinggi juga masih ada di satu lokasi yang sama lho dengan Candi Muaro Jambi. Meskipun namanya Candi tinggi, tenang saja karena candi yang satu ini tidak berada diketinggian yang mengharuskan Anda mendaki kok.

Candi yang satu ini disebut sebagai Candi Tinggi karena bangunannya yang memiliki ketinggian 7,6 meter. Para wisatawan biasanya mendatangi candi yang satu ini untuk ber-swafoto.

6). Danau Sipin

Danau Sipin juga menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan lho. Danau yang menjadi tempat budidaya ikan air tawar ini selain keindahan danaunya Anda juga dapat melihat secara langsung bagaimana aktivitas para nelayan menangkap ikan, tidak hanya melihat dari tepi danau Anda bahkan dapat menyewa perahu untuk merasakan sensasi mengelilingi danau.

Tidak cukup hanya mengelilingi danau saja, Anda juga dapat menyantap secara langsung ikan segar yang baru ditangkap dideretan warung makan sekitaran danau.

Tentu menyenangkan bukan ? Anda jadi punya pengalaman baru dengan melihat penangkapan ikan dan menyantapnya sambil menikmati keindahan Danau Sipin.

7). Bukit Ngarau Merangin

Melihat keindahan alam dari ketinggian memang selalu menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Di Bukit Ngarau Merangin ini Anda juga dapat melihat secara langsung lho keindahan alam Jambi dari ketinggian.

Tidak hanya hamparan hijau yang memanjakan mata, Bagi Anda yang senang ber-swafoto di Bukit Ngarau Merangin ini juga sudah disediakan berbagai spot foto yang menarik.

8). Air Terjun Sigerincing

Bagi Anda yang mungkin sedang ingin menenangkan pikiran dan menghilangkan penat, Air Terjun Sigerincing ini cocok untuk Anda kunjungi. Air terjun yang begitu deras ini tentu menimbulkan gemuruh yang dapat membuat Anda relax.

Selain itu pemandangan disisi air terjun berupa tebing yang sudah dipenuhi tanaman hijau ini membuat pesona Air Terjun Sigerincing terlihat begitu alami. Udara sejuk di tempat ini juga tentu akan membuat Anda betah untuk berlama-lama disini.

9). Danau Gunung Tujuh

Keindahan Danau Gunung Tujuh memang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan. Pemandangan indah danau lengkap dengan pegunungan ini bahkan disebut-sebut sebagai Ranukumbolo Jambi lho.

Air danau yang berwarna biru jernih ditambah dengan udaranya yang sejuk karena berada didataran tinggi ini cocok bagi Anda yang senang menjelajahi alam. Keindahan Danau Gunung Tujuh pun tentu ampuh sebagai salah satu penghilang penat.

10). Pulau Penyu

Pasir pantai yang putih dan air laut biru jernih memang selalu mempesona. Pulau Penyu ini sendiri sebenarnya merupakan pulau kecil tanpa penghuni lho.

Pulau ini sengaja dibuat menjadi kawasan konservasi penyu, maka dari itu jika Anda berkunjung ke Pulau Penyu ini Anda harus berhati-hati karena banyak terlur-telur penyu yang ada di pasir pantai.

11). Air Terjun Arai Indah

Air terjun dan suara gemuruhnya memang selalu berhasil membuat kita merasa relax. Air Terjun Arai Indah ini selain suara gemuruh air terjunnya yang begitu deras tak jarang Anda juga dapat melihat pelangi muncul di air terjun yang satu ini.

Pemandangan yang masih begitu hijau asri ditambah udara sejuk tentu akan memanjakan mata dan juga menenangkan pikiran Anda.

12). Air Terjun Kolam Jodoh

Salah satu tempat wisata yang memiliki dua air terjun berdampingan ini disebut-sebut dapat mempercepat datangnya jodoh lho.

Meskipun hal tersebut tidak dapat dipastikan kebenarannya, namun keindahan Air Terjun Kolam Jodoh ini benar-benar memiliki pemandangan yang indah lho, terlebih adanya dua air terjun berdampingan tentu menjadi pengalaman baru bagi Anda untuk melihatnya bukan ?

13). Air Terjun Talang Kemulun

Keindahan Air Terjun Talang Kemulun yang begitu mempesona membuat tempat yang satu ini disebut sebagai surga tersembunyi yang berada di Jambi.

Air terjun yang satu ini juga masih sangat begitu asri lho, bahkan untuk sampai di Air Terjun Talang Kemulun ini Anda perlu melewati hutan yang lebat.

Tak heran kenapa disebut sebagai surga tersembunyi karena tempatnya yang memang berada dibalik hutan lebat.

14). Taman Telun Berasap

Taman Telun Berasap juga menjadi salah satu tempat wisata yang populer lho di Jambi. Taman yang berada di area Taman Nasional Kerinci ini dinamai Taman Telun Berasap karena adanya air terjun tinggi yang percikan airnya seolah menjadi asap, jadi tenang saja yaa asapnya hanya efek dari percikan air terjun saja kok.

Tempat wisata yang begitu rimbun ditumbuhi berbagai macam tanaman ini juga memiliki udara sejuk yang tentu akan membuat Anda betah berada di tempat ini.

15). Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Tempat wisata yang memiliki dua area ini tentu menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Di area Taman Mini Anda akan disuguhkan miniatur budaya yang memiliki konsep mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah, hanya saja di tempat ini miniatur yang dibuat adalah budaya-budaya yang ada di Jambi saja.

Nah sedangkan di Taman Rimba Anda akan menemukan beragam spesies binatang yang dibuat seperti kebun binatang pada umumnya.

Tak jarang warga sekitar menjadikan tempat yang satu ini untuk sekadar berjalan-alan atau bahkan olahraga lho.

16). Pasar Keramik Sitimang

Jika sudah puas berwisata di Jambi dengan suguhan keindahan alamnya, tempat yang satu ini dapat Anda jadikan tempat untuk membeli buah tangan berupa berbagai hiasan dan juga peralatan makan yang berbahan dasar keramik, motif-motif yang Anda dapatkan disini bahkan terbilang sebagai motif yang sangat jarang ditemukan di tempat lain lho.

Pilihan tempat wisata di Jambi memang begitu menarik perhatian wisatawan dengan berbagai jenisnya. Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Jambi. Semoga dapat dijadikan referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN