15 Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Wajib Dikunjungi

Jakarta Utara memang menyimpan banyak sekali tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi. Selain itu, menariknya di kota ini juga ada satu-satunya hutan di Jakarta yang dilindungi oleh pemerintah lho.

Eits tidak cukup disitu, Museum Rekor MURI pun ada di Jakarta Utara. Wah memang Jakarta Utara menjadi pilihan tepat untuk berwisata yaa.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Kota Jakarta Utara, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata di Jakarta Utara yang wajib Anda kunjungi:

1. Taman Impian Jaya Ancol

Siapa yang tidak tau tempat wisata yang satu ini ? Salah satu tempat wisata yang menawarkan wisata lengkap ini memang tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Selain Pantai Ancol-nya, di area Taman Impian Jaya Ancol juga ada beberapa tempat wisata seru yang dapat Anda kunjungi lho.

2. Sea World

Sea World menjadi salah satu tempat wisata yang masih berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Sea World sendiri merupakan aquarium raksasa yang akan membuat Anda merasakan sensasi seperti ada di dalam laut.

Banyak ikan-ikan yang berenang kesana kemari dengan cantiknya didalam aquarium ini, jenisnya pun juga beragam lho.

3. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau yang biasa disebut sebagai Dufan memang tidak boleh dilewatkan jika Anda berada di kawasan Ancol.

Tempat wisata yang menawarkan banyak wahana permainan menarik mulai dari wahana anak-anak hingga wahana ekstrim ini memang seru untuk dikunjungi.

Selain wahananya, banyak juga lho penjual makanan yang bisa memanjakan perut Anda setelah lelah bermain.

4. Kampung Marunda

Anda tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini. Kampung nelayan dengan suasana yang tenang dan damai ini memang sangat cocok untuk Anda yang ingin menjauh dari kesibukan kota.

Angin sejuk yang ada juga pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini sambil mensyukuri kehidupan yang sedang dijalani ketika menyaksikan aktivitas para nelayan di Kampung Marunda ini.

5. Museum Bahari

Sesuai namanya, museum yang satu ini sangat erat kaitannya dengan dunia laut dan juga perikanan.

Tempat yang sudah ada sejak zaman penjajahan ini memang di alih fungsikan dari gudang menjadi sebuah museum yang menyimpan berbagai peralatan laut mulai dari jangkar, teriping, meriam, bahkan ada juga lho replika kapal tradisional di tempat ini.

6. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke merupakan tempat hidup berbagai flora dan fauna yang masih sangat begitu asri lho, tak heran jika akhirnya tempat ini menjadi satu-satunya hutan di Jakarta yang dilindungi oleh pemerintah.

Menariknya Anda dapat mengelilingi tempat yang satu ini dengan berjalan di jembatan kayu sepanjang 843 meter atau Anda juga dapat menggunakan perahu untuk berkeliling menikmati alamnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba pengalaman baru, di tempat ini juga ada penginapan yang akan membuat Anda merasakan sensasi menginap di tengah hutan.

7. Taman Hutan Kota Penjaringan

Nah taman yang satu ini juga dapat Anda jadikan sebagai tempat wisata murah meriah lho. Taman Hutan Kota Penjaringan ini selain gratis juga memiliki fasilitas lengkap yang dapat Anda gunakan.

Selain tamannya yang luas, banyak orang biasanya berolahraga di taman ini, bahkan Anda juga dapat menemukan tempat makan, kamar mandi, dan beberapa fasilitas lainnya di Taman Hutan Kota Penjaringan ini.

8. Amped Trampoline Park

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini, tempat yang terbilang hits ini memang seru untuk dikunjungi.

Tidak hanya area trampoline untuk anak saja, Amped Trampoline Park ini juga memiliki area trampoline bagi orang dewasa lho.

Menariknya bermain trampoline sendiri mempunyai banyak manfaat seperti menghilangkan beban pikiran, merasa lebih bahagia, dan juga sebagai alternatif olahraga.

9. Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum Rekor Dunia Indonesia juga cukup menarik untuk dikunjungi, museum yang menyimpan berbagai rekor yang berhasil dipecahkan dan dicatat oleh MURI ini memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri atas pencapaian-pencapaian yang ada di Indonesia ini.

Dokumen-dokumen yang ada di museum ini juga merupakan dokumen yang akan dibukukan ke Guinness’ Book of World Record lho.

10. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung ini bukan sekadar rumah yang dibuat untuk menarik para wisatawan lho, rumah yang satu ini disebut-sebut memang merupakan rumah miliki Si Pitung, yaitu jagoan legendaris asal Betawi yang hidup pada zaman penjajahan Belanda.

Di tempat ini juga banyak sekali barang-barang untuk melawan para penjajah lengkap dengan sejarahnya. Rumah ini juga begitu khas dengan gaya Betawi zaman dulunya lho, jadi Anda akan merasa dibawa oleh mesin waktu menikmati kehidupan Betawi di masa lampau.

11. Waterboom Jakarta Utara

Tidak hanya wahana waterboomnya yang lengkap, Waterboom Jakarta Utara ini juga memiliki banyak pepohonan hijau lho yang membuat udaranya menjadi begitu segar.

Di tempat ini Anda juga dapat mencoba berbagai seluncuran seru yang memacu adrenalin lho, tapi tenang saja Waterboom Jakarta Utara juga menyediakan ban pelampung kok agar Anda tetap aman.

12. Aqua Fun Jakarta Utara

Selain Waterboom Jakarta Utara, Anda juga harus mengunjungi Aqua Fun Jakarta Utara. Wahana permainan yang ada di tengah laut ini memang begitu mengasyikan.

Area bermain yang dibuat dari balon karet lengkap dengan rintangannya pun menambah keseruan bermain di Aqua Fun Jakarta Utara.

13. Kampung Tugu

Jakarta Utara masih punya kampung lainnya yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata.

Kampung Tugu sendiri merupakan salah satu kampung bersejarah dimana ada makam para penduduk pertama yang menginjakan kakinya di kampung ini.

Selain itu, di kampung ini juga masih terdapat beberapa barang peninggalan belanda lho, salah satunya adalah adanya lonceng kuno.

Oh ya, tempat yang satu ini juga merupakan tempat tinggal para pendeta, tak heran jika akhirnya banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata rohani.

14. Kampung Luar Batang

Tidak jauh berbeda dengan Kampung Tugu, Kampung Luar Batang juga telah ada sejak dulu, tepatnya pada tahun 1630.

Kampung yang menjadi pemukiman tertua yang ada di Jakarta ini memang begitu terkenal dengan makam Habib Husain yang berada di Masjid Luar Batangnya. Hal inilah yang membuat banyak para wisatawan berdatangan untuk berziarah.

15. Jakarta Islamic Centre

Jakarta Islamic Centre atau yang biasa disingkat menjadi JIC ini memang menjadi pusat pendidikan Islam yang ada di Jakarta Utara.

Salah satu tempat yang tidak pernah sepi ini menariknya justru karena sebenarnya dulu tempat ini merupakan tempat hiburan malam yang dirubah menjadi pusat pendidikan Islam terbesar di Jakarta.

Oh ya, JIC juga memiliki fasilitas pelengkap lainnya lho yang dapat Anda gunakan, seperti perpustakaan, tempat ibadah, dan bahkan gedung pertemuan juga ada di tempat yang satu ini.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Jakarta Utara. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak pulau-pulau indah yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Wonogiri banyak…

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule: Janda Anak Dua

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule. Nathalie Holscher secara tiba-tiba menceraikan Sule. Kini, Sule kembali menduda. Sebelumnya,…

Efek Video Sikap Ashanty ke Sosok Fuji Viral, Thariq Halilintar Pasang Badan: Seakan-akan Lebih Tau Tentang Kami

Hebohnya Ashanty dihujat imbas video sikapnya ke sosok Fuji sampai ke telinga Thariq Halilintar. Ya, video yang perlihatkan sikap Ashanty…

Dulu Nangis Saat BBM Naik, Sekarang Megawati Minta Rakyat Jangan Cengeng, Anak Buah AHY: Itu Tangisan ‘Drama’

Politikus Partai demokrat Yan Harahap menyinggung Megawati Soekarnoputri soal tangisannya dulu ketika Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. Menurutnya, tangisannya saat…

Ayahnya Jadi Mantan Kadiv Propam Polri, Anak Ferdy Sambo Ternyata Tempuh Pendidikan Militer yang Sama dengan AHY, Biayanya Bikin Geleng-geleng Kepala!

Anak Ferdy Sambo turut menjadi sorotan usai mantan Kadiv Propam Polri itu ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. Bak sudah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Bagi Pemula

Untuk memiliki sebuah barang yang sedang sangat dibuthkan atau berharga, terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih…