15 Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Wajib Dikunjungi

Kota Jakarta Barat memang terkenal dengan segala tempat-tempat bersejarahnya. Di kota yang satu ini Anda juga dapat menemui banyak sekali museum-museum.

Meski begitu, setiap museum tentu memiliki konsep dan barang berbeda-beda yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Oh ya, salah satu kota sibuk di Indonesia ini juga memiliki beberapa ruang terbuka hijau lho yang akan membuat Anda merasa tidak sedang berada di Jakarta.

Tertarik untuk berwisata di Kota Jakarta Barat ? Berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Jakarta Barat:

1. Kota Tua Jakarta

Tempat yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga Anda. Sesuai namanya, Kota Tua memang menawarkan suasana zaman dulu lengkap dengan bangunan-bangunan Belanda yang masih authentic dan tidak pernah dirubah sedikitpun.

Tak heran suasananya pun terasa begitu alami. Oh ya, agar lebih seru Anda juga dapat menyewa sepeda onthel sambil berfoto sambil mengelilingi kawasan Kota Tua ini.

2. Museum Fatahillah

Museum yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Museum yang menyimpan sejarah sejak 1707 ini memang cukup menarik untuk dikunjungi.

Berbagai koleksi seperti barang-barang arkeologi, patung, prasasti, dan bahkan benda-benda kebudayaan betawi lainnya dapat Anda temui di Museum Fatahillah.

Tidak hanya museum saja lho, Anda juga dapat mengunjungi toko souvenir, kantin, perpustakaan, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang tersedia di Museum Fatahillah.

3. Museum Bank Indonesia

Jakarta Barat juga memiliki museum lain lho yang menarik untuk Anda kunjungi, namanya Museum Bank Indonesia. Museum yang memiliki fasilitas lengkap dengan AC ini memang sudah sangat nyaman untuk dikunjungi.

Anda dapat menemukan banyak koleksi menarik di Museum Bank Indonesia, seperti emas batangan, uang kertas, uang logam, dan segala benda bersejarah lainnya mengenai keuangan di Indonesia ini.

4. Taman Cattleya

Dengan kemacetan dan panasnya Kota Jakarta, Anda dapat mengunjungi Taman Cattleya ini untuk sekadar menjauhi polusi. Ruang terbuka hijau yang begitu rimbun ini memang cukup sejuk untuk Anda bersantai.

Dengan luasnya yang mencapai 3 hektar Anda akan menemukan sebuah danau yang menambah keindahan taman ini lho. Tak jarang banyak orang yang menjadikan tempat yang satu ini untuk berolahraga.

5. Jembatan Kota Intan

Mungkin terdengar kurang spesial karena tempat yang satu ini hanyalah sebuah jembatan.

Namun jangan salah, Jembatan Kota Intan ini merupakan jembatan peninggalan Belanda yang memiliki gaya sangat khas lho, selain itu tanaman yang tumbuh di dekat jembatan ini memang menambah pesona tersendiri dari Jembatan Kota Intan. Banyak wisatawan yang datang ke jembatan ini biasanya untuk berfoto.

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

Masih seputar museum, Jakarta Barat juga memiliki Museum Seni Rupa dan Keramik lho.

Museum yang satu ini bahkan masih aktif digunakan hingga saat ini, museum yang juga menjadi rumah karya seni dari banyak seniman Indonesia dan juga internasional ini memang menyimpan banyak koleksi seni yang menarik untuk dilihat.

Selain itu, ada juga koleksi keramik baik lokal maupun asing yang dapat Anda temui disini.

7. Museum Wayang

Museum Wayang juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Tempat ini menyimpan 6000 jenis wayang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak sekadar wayang dalam bentuk wujudnya saja, wayang-wayang ini juga memiliki cerita tersendiri yang diungkap di museum ini. Menariknya lagi, di lantai 2 Museum Wayang Anda akan menemukan koleksi boneka dari berbagai negara lho.

8. Jakarta Aquarium

Tidak berada jauh adri Mall Central Park, ada tempat wisata seru yang dapat Anda kunjungi, yaitu Jakarta Aquarium.

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama buah hati, sambil berwisata mmelihat keindahan aquarium raksasa, Anda juga dapat sambil mengedukasi buah hati. Jadi belajarnya semakin seru deh.

9. Museum Trisakti

Apa yang terlintas ketika mendengar Trisakti ? Tentu kenangan tentang perjuangan para mahasiswa bukan ?

Nah Museum Trisakti ini merupakan tempat yang sengaja dibuat sebagai rasa hormat bagi para pejuang reformasi.

Di museum ini Anda juga akan menemukan foto dari keempat mahasiswa Universitas Trisakti yang gugur saat kerusuhan tahun 1998.

Museum ini juga menyimpan runtutan peristiwa dari kejadian tersebut. Oh ya, ada juga tulisan puisi karya Taufiq Ismail yang disimpan di museum ini lho.

10. Pancoran China Town

Bagi Anda yang ingin berwisata kuliner dengan nuansa China, Pancoran China Town ini menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Eh, tapi tidak hanya kulinernya saja lho, di China Town ini Anda juga akan menemukan produk-produk yang memang asli dari China, salah satunya adalah ramuan herbal China.

Jadi sambil berwisata menyantap kuliner juga berbelanja dapat Anda lakukan di Pancoran China Town ini.

11. Sky Rink

Ingin berseluncur di atas es ? Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Mall Taman Anggrek juga menyediakan arena bermain Sky Rink lho.

Jika Anda belum pernah melakukannya, Anda juga tidak perlu khawatir, karena akan ada pemandu yang siap mengajari Anda bermain disini.

12. Mini Waterpark Jakarta Barat

Ingin mengajak buah hati berwisata air? Mini Waterpark ini bisa Anda jadikan pilihan berwisata.

Fasilitas tiga kolam berbeda di tempat ini juga cukup memuaskan lho, kolam dewasa, kolam seluncuran, dan juga kolam anak pasti membuat si kecil betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

Setelah puas bermain air di pinggir kolam Anda juga akan menemukan beberapa tempat yang dapat Anda gunakan untuk bersantai lho.

13. Bentara Budaya Jakarta

Nah bagi Anda yang senang dengan kesenian, tempat yang satu ini bisa Anda jadikan pilihan. Bentara Budaya Jakarta memang merupakan tempat pertunjukan yang memperkenalkan budaya-budaya Indonesia.

Tidak hanya itu lho, banyak juga barang-barang bernilai seni yang dipajang ditempat ini, Anda juga dapat melihat beberapa lukisan dan juga benda kesenian lainnya yang ada di tempat ini.

14. Museum Macan

Berwisata tanpa ber-swafoto memang menjadi suatu hal yang dirasa kurang lengkap di zaman ini. Berbeda dengan museum pada umumnya, Museum Macan ini merupakan museum berkonsep modern yang memiliki lebih dari 800 koleksi seni yang dipajang.

Koleksi seni nya pun tidak hanya berasal dari seniman Indonesia lho, tapi juga seniman dari berbagai negara. Uniknya, museum ini justru memiliki beberapa spot foto instagramable yang dapat Anda gunakan. Wah berkunjung ke museum jadi lebih seru yaa.

15. Hutan Kota Srengseng

Bosan dengan Jakarta yang panas ? Nah Hutan Kota Srengseng ini dapat Anda jadikan alternatif berwisata ketika berada di Jawa Barat.

Ruang terbuka hijau yang sejuk ini memang menjauhka Anda dari sibuknya Kota Jakarta. Tak jarang Hutan Kota Srengseng ini digunakan untuk berolahraga oleh warga sekitar.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Jakarta Barat. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Diperkosa Tetangga sebelum Pernikahan, Pengantin Wanita Ini Dipaksa Tes Keperawanan

Seorang pengantin wanita berusia 24 tahun di Bhilwara, Rajasthan, India , dipaksa untuk tes keperawanan oleh mertuanya. Pemaksaan itu terjadi…

Pasal 164 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

‘Bapak Nggak Ada Wewenang’, Viral Video Pria Tegur Petugas Dishub yang Lakukan Razia Kendaraan hingga Tagih Denda Rp 20 Ribu, sang Oknum Auto Kabur Saat dapat Ancaman Begini

Razia kendaraan memang sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Pada umumnya, pengendara bisa terjaring razia jika melakukan sejumlah pelanggaran.…

Pasal 186 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Gigit Jari! Dikira Enak Nikahi Berondong sampai Singgung Perselingkuhan, Bocor Tabiat Asli Fadel Islami pada Muzdalifah sampai Buat Anak-anak Kaget

Baru-baru ini rumah tangga Muzdalifah dan Fadel Islami sedang disorot. Bagaimana tidak, rumah tangga yang biasa mesra mendadak tunjukkan gelagat…

Pasal 166 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Pasal 159 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Meledak Emosi Lesti Kejora, di Hadapannya Rizky Billar Berani Goda Sosok Wanita Lain Sampai Panggil Sayang

Baru-baru ini, Lesti Kejora dibuat naik pitam gara-gara ulah sang suami, Rizky Billar. Bagaimana tidak? Di hadapan Lesti Kejora, Rizky…

Pernikahan dengan Sule Hancur, Nathalie Holscher Kepikiran Copot Hijab

Pasca-bercerai dari komedian Sule, rupanya Nathalie Holscher sempat berniat untuk copot hijab. Diketahui, Nathalie Holscher belum lama memeluk Islam. Ia…

16 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi

Aceh yang merupakan provinsi paling barat di Indonesia dan berada di ujung pulau Sumatera ini menjadi salah satu provinsi yang…