15 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul. Pesona alam Gunung Kidul memang patut kita syukuri.

Keindahan yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran dapat Anda temui di berbagai tempat di Gunung Kidul. Mulai dari gunung, goa, air terjun, pantai, dan hamparan alam hijau ada di Gunung Kidul.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Gunung Kidul, berikut ini beberapa tempat wisata yang kami rekomendasikan untuk Anda:

1). Goa Kalisuci

Siapa yang ingin merasakan sensasi cave tubing ? Goa Kalisuci cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Goa dengan aliran air yang begitu jernih ini memang membuat siapa saja yang datang terkagum-kagum melihat keindahannya.

Tak heran jika para wisatawan menjadikan tempat yang satu ini sebagai piliahan tempat untuk berwisata di Gunung Kidul.

2). Air Terjun Sri Gethuk

Jika pada umumnya Anda akan menemukan satu air terjun saja, namun di Air Terjun Sri Gethuk ini Anda akan menemukan banyak sekali air terjun lho.

Dimulai dari air terjun yang begitu tinggi sampai air terjun yang pendek. Anda juga dapat berenang di air terjun yang satu ini.

Tak heran di musim liburan air terjun yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

3). Goa Jomblang

Keindahan Goa Jomblang memanglah mempesona, tak heran banyak wisatawan yang senang berwisata ke tempat yang satu ini.

Tidak seperti goa pada umumnya, goa yang berbentuk vertikal ini memiliki kedalaman hingga 80 meter.

Anda juga tidak perlu khawatir karena ketika berwisata ke Goa Jomblang Anda akan didampingi oleh pemandu yang ahli dan juga alat pengaman yang lengkap.

4). Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran ini cocok untuk Anda yang suka memacu adrenalin. Untuk mencapai ke puncaknya Anda perlu mendaki selama 1 jam dengan track yang cukup menantang.

Namun keindahan yang akan Anda dapat tentunya akan membayar lelah selama mendaki. Belum lagi pesona keindahan matahari terbit yang menjadi salah satu alasan banyak wisatawan datang ke Gunung Api Purba Nglanggeran ini.

5). Air Terjun Luweng Sampang

Gunung Kidul memang menawarkan keindahan alam yang tidak biasa. Air Terjun Luweng Sampang sendiri merupakan sebuah air terjun yang berada diantara dua bebatuan kapur lho.

Bahkan disebut-sebut tempat yang satu ini mirip seperti Grand Canyon. Uniknya, berdasarkan kabar yang beredar jika Anda berani untuk menyusuri sungai yang ada di bawah air terjun ini Anda akan menemukan terowongan tempat pertapaan Sunan Kalijaga lho.

6). Pantai Jogan

Tidak seperti pantai pada umumnya, Pantai Jogan menjadi salah satu pantai yang cukup unik lho karena memiliki air terjun setinggi 10 meter.

Jadi selain menikmati keindahan pantainya, Anda juga dapat langsung merasakan sensai air terjun di pantai yang satu ini.

7). Pantai Krakal

Pantai yang satu ini juga memiliki keunikannya tersendiri lho. Anda akan menemukan batu besar di tepi pantai yang ditumbuhi berbagai tumbuhan hijau lho.

Selain itu keindahan pasir putih dan air laut yang biru juga menambah pesona Pantai Krakal ini. Alam sekitarnya yang begitu hijau juga membuat pantai yang satu ini cukup sejuk.

8). Pantai Ngobaran

Keunikan tempat wisata di Gunung Kidul memang tidak ada habisnya. Di Pantai Ngobaran Anda bahkan dapat melihat empat tempat ibadah untuk empat agama yang berbeda berdiri berdekatan.

Uniknya lagi ketika air lautnya surut Anda akan melihat hamparan rumput laut yang menjadikan pantai yang satu ini mirip seperti sawah.

9. Taman Bunga Nawari

Bagi Anda yang senang dengan keindahan bunga-bunga, tempat yang satu ini tentu akan memanjakan mata.

Hamparan taman bunga yang indah bermekaran dan berwarna-warni ditambah banyaknya spot foto yang dibuat di tempat ini tentu cocok untuk Anda ber-swafoto dengan pemandangan menakjubkan.

10). Air Terjun Kedung Kandang

Tidak jauh berbeda dengan Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Kedung Kandang juga memiliki banyak air terjun yang berundak lho.

Tidak hanya keindahan air terjun berundak saja, bahkan Anda dapat menikmati hamparan sawah hijau yang memanjakan mata menghimpir Air Terjun Kedung Kandang ini.

11). Kebun Bunga Amarilis

Selain Taman Bunga Nawari, Kebun Bunga Amarilis juga dapat Anda jadikan pilihan berwisata.

Kebun yang memang menawarkan keindahan Bunga Amarilis ini sayangnya tidak selalu menyuguhkan bunga bermekaran karena Bunga Amarilis sendiri biasanya bermekaran pada bulan Juli hingga Oktober.

12). Goa Pindul

Ingin mencoba sensasi cave tubing ? Goa Pindul dapat Anda jadikan salah satu pilihan untuk cave tubing.

Goa yang memang menawarkan keindahan alami ini memang begitu menyenangkan sekaligus menantang untuk Anda coba.

Tapi tenang saja, Anda juga tentunya akan ditemani oleh pemandu yang ahli untuk menyusuri goa yang satu ini.

13). Kali Oyo

Ingin memacu adrenalin dengan mencoba rafting ? Kali Oyo menjadi salah satu tempat yang harus Anda coba jika sedang berada di Gunung Kidul.

Bebatuan kapur yang ada disetiap sisinya menambah keeksotisan dari Kali Oyo ini. Di akhir perjalanan rafting Anda akan menemukan air terjun kecil yang tentunya menyegarkan.

14). Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan sebuah danau buatan yang berada di puncak Gunung Batur Agung.

Meskipun ini merupakan danau buatan namun keindahannya tetap mempesona lho, bahkan danau ini menjadi danau tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemandangan alam yang mempesona terlebih ketika matahari terbit dan terbenam tentu membuat Anda betah untuk menenangkan pikiran di tempat ini.

15). Gunung Gentong

Gunung Gentong menjadi salah satu tempat bersejarah, gunung ini bahkan disebut-sebut sebagai tempat Prabu Brawijaya V bersemedi.

Jika Anda sudah berada di puncak gunung ini Anda dapat berkemah sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan lho, hamparan awan dan juga taburan bintang-bintang yang memanjakan mata Anda.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Gunung Kidul, semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN