17 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

Anda tentu sudah tahu bahwa Aceh disebut sebagai Serambi Mekah, tapi tahukah Anda tentang Kota Gorontalo yang disebut sebagai Serambi Madinah? Hal ini karena masyarakat Gorontalo senang beribadah beramai-ramai seperti penduduk Madinah lho.

Selain masyarakat Gorontalo yang begitu taat agama. Keindahan alam Gorontalo juga menjadikan kota ini sebagai kota yang tepat dijadikan tempat berwisata.

Jika Anda tertarik untuk menikmati keindahan alam Gorontalo, terlebih ingin melihat kehidupan dibawah laut, berikut ini telah kami rangkum beberapa rekomendasi tempat wisata yang populer di Gorontalo:

1. Pulo Cinta

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi selama berada di Gorontalo ini memang memiliki keindahan yang menakjubkan. Keindahan Pulo Cinta ini bahkan tidak jauh beda lho dengan Maldives.

Hamparan pasir putih yang mempesona dan eco-resort yang menawarkan Anda pengalaman baru menginap di tepi pantai tentu membuat tempat yang satu ini banyak diminati wisatawan dari berbagai daerah.

Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Maldives yaa karena Indonesia juga memiliki pantai yang sama indahnya.

2. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Selain Pulo Cinta, air terjun ini wajib Anda kunjungi jika berada di Gorontalo.

Air jerih dengan pemandangan alam yang memanjakan mata ditambah sejuknya udara membuat Anda betah berlama-lama di Air Terjun Hiyaliyo Da’a ini.

Anda juga tidak perlu khawatir, karena akses jalan menuju air terjun ini terbilang mudah kok.

3. Desa Suku Bajo

Meskipun belum begitu banyak diketahui, namun Desa Suku Bajo menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat yang masih asri ini akan memberikan Anda pengalaman baru mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan Suku Bajo.

Mengunjungi tempat ini juga tentu akan membuat Anda menyadari bahwa Indonesia memang kaya akan keberagaman yang indah.

4. Wisata Bukit Layang

Bagi Anda yang senang berkemah, tempat yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi.

Anda dapat bermalam di Wisata Bukit Layang ini sambil menikmati pemandangan Kota Gorontalo dari ketinggian.

Anda akan terkagum-kagum dengan cahaya dari pemukiman warga seolah melihat banyak bintang jatuh bertaburan.

Meski akses menuju Wisata Bukit Layang tidak bisa dibilang mudah, namun lelah Anda akan terbayar dengan keindahan dan juga pengalaman yang Anda dapat.

5. Pulau Saronde

Gorontalo memang memiliki banyak sekali tempat indah. Keindahan Pulau Saronde juga akan membuat Anda terpesona.

Pulau dengan hamparan pasir putih ini memang masih sangat terawat lho, tidak heran jika pulau ini terlihat sangat asri dan nyaman.

Anda juga dapat menikmati keindahan bawah air sambil melihat ikan-ikan kecil dan juga karang yang dijadikan tempat bermain ikan-ikan ini.

6. Benteng Otonaha

Salah satu peninggalan bersejarah yang ada di Gorontalo juga menjadi salah satu tempat yang menarik untuk Anda kunjungi.

Benteng dulunya merupakan tempat pertahanan dari para musuh ini memiliki pemandangan yang indah dan mempesona lho. Anda akan melihat pepohonan hijau yang rimbun mengelilingi benteng ini.

7. Desa Adat Bubohu

Desa adat yang juga terkenal sebagai desa wisata religi ini menjadi salah satu tempat bagi para santri belajar ilmu agama Islam lho.

Namun karena keindahannya Desa Adat Bubohu ini akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata bagi para wisatawan.

Konsep desa yang begitu asri dan menenangkan ini cocok bagi Anda menghilangkan penat setelah melewati aktivitas-aktivitas yang melelahkan. Tidak hanya pemandangannya.

8. Pantai Biluhu

Pantai indah dengan air yang cukup tenang dan tebing yang menjulang ini memang menjadikan pantai satu ini cukup eksotis.

Meskipun akses jalan ke Pantai Biluhu terbilang cukup sulit, tapi keindahan yang akan Anda dapat tidak akan membuat Anda kecewa.

Tidak sekadar menikmati keindahannya dari tepi pantai Anda juga dapat menyelam lho untuk melihat secara langsung kehidupan di bawah laut.

9. Danau Limboto

Salah satu tempat dengan pemandangan matahari terbenam yang begitu romantis ini menjadi salah satu tempat wisata yang begitu indah di Gorontalo.

Danau yang merupakan muara dari lima sungai di Gorontalo ini memang menjadi salah satu tempat aktivitas nelayan mencari ikan.

Jika Anda ingin menikmati keindahan Danau Limboto lebih jauh, Anda dapat menaiki sampan lho untuk menambah pengalaman berwisata Anda.

10. Taman Laut Olele

Keindahan bawah laut Gorontalo memang selalu mengagumkan. Bagi Anda yang senang diving ataupun snorkeling tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Airnya yang jerning membuat Taman Laut Olele ini sangat indah ketika diselami. Anda bahkan dapat melihat secara langsung coral endemik yang mirip seperti Salvador Dali lho.

11. Pusat Karawo

Jika Anda berada di Gorontalo jangan lupa untuk mendatangi tempat yang satu ini ya. Anda akan menemukan beragam kerajinan khas Gorontalo untuk dijadikan buah tangan di tempat ini.

Anda juga bahkan dapat melihat secara langsung lho proses menyulam khas Gorontalo.

12. Air Terjun Permai Taludaa

Air terjun yang masih sangat asri dan terjaga ini akan memberikan Anda pengalaman baru dengan adanya flora dan fauna yang berada disekitar air terjun ini.

Keindahan Air Terjun Permai Taludaa ini akan membuat Anda melupakan segala beban pikiran yang ada ketika melihatnya.

Sejuknya udara ditambah pemandangan yang memanjakan mata tentu menjadikan tempat yang satu ini layak untuk Anda kunjungi.

13. Pantai Kurenai

Gorontalo memang memiliki banyak sekali pantai-pantai indah. Pantai Kurenai juga memiliki keindahan yang mempesona lho.

Pasir pantai yang putih dan hamparan bukit hijau disekelilingnya membuat pantai yang satu ini begitu mengagumkan. Di pantai ini Anda juga dapat menikmati keindahan alam bawah lautnya lho.

14. Pantai Mananggu

Salah satu pantai dengan pemandangan eksotis di Gorontalo ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang banyak diminati para wisatawan.

Uniknya, tidak seperti pantai di Gorontalo lainnya Pantai Mananggu ini tidak memiliki pasir putih yang luas, tapi Anda dapat menemukan tumpukan terumbu karang yang mengagumkan di tepi Pantai Mananggu.

Menunggu matahari terbenam sambil duduk bersantai di terumbu karang tentu akan membuat suasana terasa begitu syahdu.

15. Air Terjun Tenilo

Air terjun yang memiliki debit air deras ini menjadi salah satu air terjun yang masih sangat asri di Gorontalo.

Selain mandi, Anda juga dapat berkeliling sekitar area Air Terjun Tenilo lho sembari menemui warga lokal yang berada di dekat sini agar perjalanan Anda di Gorontalo menjadi lebih mengesankan.

16. Pantai Tenilo

Selain Air Terjun Tenilo, ternyata ada Pantai Tenilo di Gorontalo. Pantai yang satu ini disebut-sebut mirip dengan pantai-pantai yang berada di Bali.

Pantai dengan air yang dangkal ini cocok untuk Anda jadikan tempat berwisata bersama anak-anak karena terbilang aman untuk bermain air. Tak jarang keindahan Pantai Tenilo juga dijadikan sebagai spot foto lho.

17. Masjid Walima Emas Gorontalo

Selain menikmati keindahan alamnya, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata religi yang satu ini ya.

Masjid yang terletak di pinggir tebing Teluk Tomini ini memiliki pemandangan luar biasa yang akan memberikan pengalaman baru bagi Anda.

Masjid yang satu ini juga seringkali mengadakan acara pagelaran budaya Islam lho.

Keindahan daratan dan juga kehidupan bawah laut yang ada di Gorontalo memang sangat mempesona. Hal ini juga menandakan kekayaan alam Indonesia yang harus kita jaga agar tetap lestari.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Gorontal. Semoga liburan Anda menyenangkan. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN