18 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

Salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan iklim dan lingkungannya yang begitu nyaman untuk dikunjungi.

Keindahan alam Garut juga memang menjadikannya memiliki banyak objek wisata yang dapat Anda kunjungi.

Bahkan tidak hanya tempat wisatanya saja, makanan khas Garut juga menjadi salah satu hal yang seringkali dirindukan oleh para wisatawan.

Bagi Anda yang berminat untuk berwisata di Garut, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata populer yang ada di Garut:

1. Situ Bagendit

Bagi warga Jawa Barat tentu sudah tidak asing lagi mendengar tempat wisata bernama Situ Bagendit.

Terlepas dari sejarah tentang Nyai Bagendit, sungai yang ada di Kabupaten Garut ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Garut.

Selain menikmati keindahan dari tepi danau Anda juga dapat menyewa rakit lho untuk berkeliling danau yang satu ini.

2. Gunung dan Kawah Papandayan

Keindahan alam Gunung dan Kawah Papandayan memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak heran jika tempat yang satu ini menjadi tempat wisata alam yang cukup populer di Garut.

Disini Anda akan melihat padang edelweiss yang sangat cantik lho, tapi Anda tidak boleh mengambilnya ya.

Selain itu Gunung dan Kawah Papandayan ini juga sudah memiliki akses jalan yang bagus, jadi Anda tidak perlu bersusah untuk menuju ke lokasinya.

3. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas ini merupakan kawah Gunung Talaga Bodas yang merupakan gunung api aktif lho. Tapi tenang saja, kawah ini aman kok untuk Anda kunjungi.

Jika Anda berkunjung ke Kawah Talaga Bodas Anda akan disuguhi pemandangan bukit dengan pepohonan hijau yang begitu indah bersatu dengan telaga berwarna putih.

Tidak hanya menikmati indahnya pemandangan Kawah Talaga Bodas, Anda juga dapat berendam air panas lho di tempat yang memang telah disediakan.

4. Candi Cangkuang

Candi yang berada ditengah Situ Cangkuang ini menjadi salah satu candi yang cukup unik lho, karena untuk mengunjunginya Anda perlu menggunakan rakit menyebrangi danau kecil yang disebut Situ Cangkuang.

Selain itu, tepat berada di sebelah candi terdapat kampung adat bernama Kampung Pulo. Menyenangkan bukan mengunjungi satu tempat dengan tiga destinasi wisata?

5. Karacak Valley

Hutan pinus menjadi salah satu tempat wisata yang sedang viral akhir-akhir ini.

Anda bahkan dapat menemukan tempat wisata hutan pinus diberbagai daerah. Garut juga ternyata memiliki hutan pinus yang menarik lho untuk Anda kunjungi.

Tidak hanya hutan pinus saja, Anda juga dapat menemukan kebun kopi di tempat ini. Karacak Valley dengan pemandangan indahnya tentu cocok untuk Anda yang suka ber-swafoto.

6. Kampung Sampireun

Salah satu resort ekslusif di Garut ini seringkali dijadikan tujuan wisata oleh para wisatawan.

Anda dapat menikmati suasana malam di Garut dengan pemandangan danau ditambah dengan budaya lokalnya yang kental.

Pelayanan yang eksklusif juga tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di Kampung Sampireun ini.

7. Kebun Mawar Situhapa

Selain Kampung Sampireun, Kebun Mawar Situhapa juga merupakan sebuah penginapan yang indah untuk Anda jadikan pilihan.

Berbeda dengan Kampung Sampireun yang begitu eksklusif, Kebun Mawar Situhapa ini memiliki konsep penginapan terbuka.

Tidak sekadar menginap, Anda dapat menikmati indahnya taman mawar indah yang memiliki lebih dari 500 jenis mawar lho.

8. Leuweung Oko D’Great

Leuweung Oko D’Great ini merupakan tempat wisata yang berada di daerah pegunungan. Terbayang bukan bagaimana indah dan sejuknya udara di tempat ini?

Anda juga akan menemukan banyak spot foto instagramable lho di tempat ini. Anda juga dapat menaiki rumah pohon untuk menikmati pemandangan sekitar Leuweung Oko D’Great dari ketinggian.

9. Puncak Guha

Tempat yang satu ini disebut sebagai Puncak Guha karena lokasinya yang berada diatas Gua Kelelawar. Menariknya Gua Kelelawar ini menghadap langsung ke Samudera Hindia lho.

Keindahan Puncak Guha dengan hamparan rumput hijau ditambah pepohonan ini dapat Anda jadikan sebagai tempat bersantai sore sambil menunggu pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan.

10. Pusat Konservasi Elang Kamojang

Tempat wisata edukasi ini cocok Anda kunjungi bersama anak-anak. Tidak hanya pemandangan alam yang indah, Anda dapat belajar dan mengetahui tentang elang secara lengkap lho di tempat ini.

Tentu setelah berkunjung ke tempat ini Anda jadi memiliki pengalaman dan pengetahuan baru untuk dibawa pulang dan sharing ke teman-teman agar terus mencintai dan menjaga setiap makhluk hidup dibumi.

11. Pantai Rancabuaya

Pantai indah dengan bebatuan karang yang juga menambah pesonanya ini cocok untuk Anda jadikan pilihan tempat wisata di Garut.

Tidak hanya pantai dan karangnya saja, udara sejuk dan pemandangan matahari terbenam di tempat ini akan membuat Anda terkagum-kagum lho. Tempat romantis satu ini cocok untuk dikunjungi bersama orang tersayang.

12. Pantai Cijeruk

Pesona Pantai Cijeruk memang membuat siapa saja ingin mengunjunginya lagi dan lagi.

Air yang berwarna biru jernih dengan udara segar memang begitu nyaman untuk dinikmati.

Selain itu Anda juga dapat melihat pasir pantai unik berwarna jingga lho di Pantai Cijeruk ini.

13. Leuwi Jurig

Meskipun tempat yang satu ini dinamai Leuwi Jurig atau dalam bahasa Indonesia berarti Sungai Setan, tapi tenang saja. Tempat yang satu ini tidak menyeramkan kok.

Pemandangan tebing dengan air jernih berwarna hijau kebiruan ini bahkan disebut-sebut sebagai surganya Garut lho. Tempat yang satu ini juga sangat instagramable untuk Anda ber-swafoto.

14. Leuwi Tonjong

Selain keindahan Leuwi Jurig, Leuwi Tonjong juga tidak kalah indahnya. Aliran air yang berada ditengah tengah tebing ini terlihat sangat indah dan mempesona.

Airnya yang tenang juga membuat tempat yang satu ini cocok untuk Anda bermain air. Selain keindahannya, udara sejuk yang ada juga akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

15. Leuwi Jubleg

Garut memang memiliki banyak sekali aliran air yang mengagumkan. Salah satu tempat wisata tersembunyi di Garut ini disebut-sebut memiliki keindahan seperti Grand Canyon dengan versi lebih kecil lho.

Meskipun perjalanan menuju Leuwi Jubleg terbilang cukup ekstrim, namun pemandangan yang akan Anda dapat tentu membayar lelah yang Anda lalui.

16. Batu Patapaan

Sebuah batu besar yang disebut Batu Patapaan ini memang memiliki bentuk batu yang sangat eksotis. Tak heran jika tempat yang satu ini seringkali menarik para wisatawan untuk datang.

Tidak sekadar menikmati pemandangan alam sekitarnya dari ketinggian Batu Patapaan ini seringkali dijadikan tempat untuk berfoto oleh para wisatawan.

17. Gunung Piramida Sadahurip

Gunung Pirmaida Sadahurip disebut-sebut memiliki cerita mistis lho, sayangnya tidak ada yang mengetahui misteri pasti yang ada dibalik Gunung Piramida ini. Namun, konon katanya terdapat harta karun di bawah Gunung Puramida ini.

Terlepas dari cerita-cerita tersebut, keindahan hamparan hijau di Gunung Piramida ini selalu berhasil menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya. Tak jarang wisatawan menjadikannya tempat untuk ber-swafoo karena keindahannya ini.

18. Bukit Teletubbies

Garut juga memiliki hamparan bukit yang mirip seperti bukit di film teletubbies lho.

Diatas bukit hijau mempesona ini Anda dapat menikmati pemandangan Pantai Sayang Heulang yang mempesona, disisi lainnya Anda dapat melihat hijaunya pemandangan sawah dan kebun yang menyegarkan mata.

Tentu menyenangkan bukan melihat pemandangan alam dari ketinggian bukit hijau yang menyejukkan?

Garut dengan keindahan alam dan cerita dibaliknya memang menarik untuk dikunjungi. Namun pastikan yaa Anda tetap menjaga alam tetap bersih setelah mengunjunginya.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Garut. Semoga dapat dijadikan referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN