15 Tempat Wisata di Flores yang Wajib Dikunjungi

Flores merupakan sebuah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dinamai Flores yang memiliki arti bunga dari bahasa Prancis.

Tidak salah jika dinamai Flores, karena pulau ini memiliki keindahan seperti bunga yang sedang mekar-mekarnya. Jika Anda sedang bingung memilih tempat wisata Flores dapat Anda jadikan pilihan lho.

Keindahan alam dan juga keunikannya memang membuat Flores selau berhasil menarik minat para wisatawan untuk datang, tidak hanya warga lokal dan Indonesia, banyak warga negara asing yang juga tertarik untuk menikmati keindahan alam Flores.

Untuk memudahkan Anda memilih tempat wisata terbaik yang ada di Flores, berikut ini beberapa tempat wisata populer yang ada di Flores:

1. Labuan Bajo

Siapa yang tidak tahu Labuan Bajo ? Salah satu destinasi yang sudah sangat terkenal ini dapat Anda kunjungi jika berada di Flores. Labuan Bajo sendiri merupakan sebuah pelabuhan yang akan membawa Anda menuju Taman Nasional Komodo.

Selain itu, di Labuan Bajo Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata lainnya yang menarik seperti Puncak Waringin, Pantai Pede, Pantai Gorontalo, Gua Batu Cermin, Pulau Bidadari, dan masih banyak lagi tempat wisata yang menyajikan keindahan alam lainnya di Labuan Bajo ini.

2. Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium

Tempat wisata yang satu ini dapat Anda jadikan pilihan wisata religi selama di Flores. Tempat wisata yang satu ini juga menjadi salah satu tempat yang cukup iconic lho di Flores.

Selain mengunjungi Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium Anda juga dapat mengunjungi Taman Doa Gua Maria Bukit Moting yang berada tidak jauh dari tempat yang satu ini.

3. Air Terjun Cunca Wulang

Beberapa daerah di Indonesia memang memiliki tempat yang disebut-sebut mirip dengan keindahan Green Canyon.

Flores juga ternyata punya lho tempat wisata yang keindahannya tidak jauh berbeda seperti Green Canyon.

Air Terjun Cunca Wulang ini mengalir melalui tebing sempit dengan hutan yang mengelilinginya. Anda dapat merasakan sensasi terjun dari atas tebing bebatuan lho di tempat ini.

4. Goa Rongko

Tidak sama seperti kolam renang pada umumnya, tempat yang satu ini merupakan tempat berenang yang berada di goad sedalam 4 meter dengan pesona keindahan stalagtit dan stalagmitnya.

Air yang jernih dengan udara sejuk tentu akan membuat Anda betah untuk berenang di tempat ini. Menurut banyak orang, air kolam yang ada didalam goa ini mengandung garam yang disebut-sebut dapat menyehatkan badan lho.

5. Taman Nasional Kelimutu

Pesona alam Flores memang tidak ada habisnya. Taman Nasional Kelimu juga menarik lho untuk Anda kunjungi. Anda akan menemukan Danau Tiga Warna yang unik di tempat yang satu ini.

Selain itu terdapat arboretum, sebuah hutan kecil seluas 4,5 hektar yang memiliki 78 jenis pohon yang diyakini merupakan makanan para dewa.

6. Pantai Pink

Keunikan alam Flores lainnya juga dapat Anda lihat di Pulau Pink. Pantai yang memiliki air jernih dengan pasir berwarna pink ini hanya dapat ditemui di 2 tempat lho di seluruh dunia.

Indonesia tentunya wajib merasa bangga dengan adanya Pantai Pink di Flores ini. Warna pink pasir pantai ini berasal dari butiran terumbu karang berwarna merah yang tercampur air laut, selain itu pantulan matahari juga membuatnya semakin jelas terlihat berwarna pink.

7. Kampung Tori

Kampung Tori ini merupakan sebuah kampung tradisional yang memiliki rumah-rumah kecil yang biasanya merupakan tempat ibadah ataupun tempat barang-barang kudus peninggalan bangsa Portugis.

Tempat yang satu ini tentu menjadi tempat wisata religi yang menarik untuk Anda kunjungi selama berada di Flores.

8. Desa Lamawalang

Di Desa Lamawalang ini Anda dapat menemui rumah-rumah adat khas Flores yang sama seperti rumah-rumah adat yang asli lho.

Menariknya Anda dapat menyaksikan secara langsung proses membuat tenun ikat, proses penyulingan alkohol tradisional, tari tradisional Larantuka, dan jika beruntung Anda bahkan dapat menyaksikan prosesi adat kurban lho.

9. Pulau Mules

Pulau yang satu ini dinamai sebagai Pulau Mules bukan tanpa sebab, kata “mules” menurut bahasa setempat memiliki arti “cantik”.

Kenapa disebut sebagai pulau yang cantik? Karena jika dilihat dari kejauhan pulau yang satu ini menyerupai seorang putri yang sedang tertidur lho.

Anda juga dapat melihat hamparan bukit batu dengan padang rumput hijau yang penuh dengan hewan ternak, selain itu Anda juga dapat mengunjungi hutan tropis yang dihuni oleh para kera.

Tidak cukup sampai disitu saja, Anda bahkan dapat menjelajahi perairan disekitar pulau yang dipenuhi oleh lumba-lumba, penyu, dan banyak jenis ikan lainnya.

10. Sawah Jaring Laba-Laba Desa Cancar

Hamparan sawah yang berada di Desa Cancar ini memang terlihat seperti jaring laba-laba jika dilihat dari atas.

Tempat yang satu ini juga disebut-sebut sebagai jaring laba-laba raksasa yang subur dan hijau. Tentu pemandangan indah ini cocok untuk dijadikan tempat ber-swafoto untuk Anda.

11. Pantai Paihaka

Pantai indah yang merupakan lokasi penggalian dan penelitian periuk kuno dari tanah dan tulang manusia berusia 2000 tahun ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup menarik lho di Flores.

Anda dapat mengunjungi pantai yang satu ini untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

12. Pantai Watohari

Flores dengan keindahan pantainya memang layak untuk dikunjungi para wisatawan selama berada di Flores.

Pantai pasir putih yang memiliki dua batu hitam ini disebut-sebut merupakan perwujudan dari dua orang kakak beradik yang seringkali muncul dari laut dimalam hari, kakak beradik ini berubah wujud menjadi batu hitam karena merasa terkejut mendengar suara kokokan ayam jantan ketika sedang menuju daratan.

13. Pantai Tanjung Bunga

Pantai indah yang mempesona ini juga dapat Anda jadikan pilihan destinasi wisata selama di Flores. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat berjemur atau bahkan berenang lho di Pantai Tanjung Bunga.

Di sekitaran Pantai Tanjung Bunga Anda dapat menemukan beberapa objek wisata lain seperti Situs Cagar Alam Nopin, Batu Payung Karang yang berada di tengah laut, dan juga Danau Weibelen.

14. Pantai Kahale

Hamparan pasir putih dilengkapi pohon kelapa yang berbaris memang membuat pantai yang satu ini begitu terlihat eksotis.

Melalui Pantai Kahale Anda dapat melihat keindahan Teluk Tanjung Bunga lho. Pantai yang satu ini memang cocok sekali Anda jadikan tempat santai sembari menunggu pemandangan matahari terbenam.

15. Pemandian Air Panas Mengeruda

Setelah lelah berwisata alam di Flores yang sangat mempesona, tempat wisata yang satu ini mungkin wajib Anda kunjungi. Tempat pemandian air panas alami ini memiliki aliran air yang berasal dari Gunung Inelika di Bajawa.

Pemandian Air Panas Mengeruda ini disebut-sebut dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Setelah selesai mandi air panas Anda juga dapat menyantap makanan lezat di rumah makan yang berada di pemandian air panas ini.

Keindahan alam Flores memang tidak ada habisnya, selain itu keindahan alam Flores juga memang masih sangat terjaga keasliannya. Demikian rekomendasi tempat wisata di Flores. Semoga dapat menjadi referensi tempat wisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN