13 Tempat Wisata di Dumai yang Wajib Dikunjungi

Kota Dumai menjadi kota dengan wilayah administrasi terluas ketiga di Indonesia. Kota Dumai sendiri merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Riau, dan berjarak 188km dari ibu kota provinsinya yaitu kota Pekanbaru.

Meski dikenal sebagai kota penghasil minyak di Indonesia, kota Dumai juga memiliki berbagai destinasi wisata dengan kekayaan alamnya. Bahkan sampai saat ini kota Dumai masih terus mengalami perkembangan di sektor pariwisatanya.

Untuk Anda yang mungkin tertarik dengan eksotisnya alam Dumai, berikut ini kami rekomendasikan beberapa tempat wisata populer di kota Dumai:

1. Tugu Lancang Kuning

Tugu Lancang Kuning sendiri menjadi salah satu tugu yang iconic di kota Dumai.

Tugu yang berada di dekat Taman Bukit Gelanggang ini seringkali digunakan sebagai spot foto bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Dumai.

2. Taman Bukit Gelanggang

Tidak cukup dengan berfoto di Tugu Lancang Kuning, Anda juga dapat berkunjung ke Taman Bukit Gelanggang.

Tempat yang menyajikan ruang terbuka hijau ini disediakan khusus oleh pemerinta pusat kota Dumai untuk menaikkan sektor pariwisata di kota Dumai.

Keindahan tempat yang satu ini tak jarang dijadikan tempat berkumpul para anak muda di sore hari. Anda juga dapat menikmati koneksi internet secara gratis lho di tempat ini.

3. Gua Pelintung

Gua yang memiliki keindahan alam yang unik ini menjadi salah satu tempat yang seringkali dikunjungi para wisatawan.

Selain itu, di zaman dulu gua ini disebut-sebut sebagai lokasi penyimpanan harta karun seorang bajak laut, sayangnya hingga saat ini harta karun itu tidak pernah ditemukan.

4. Pantai Teluk Makmur

Kota Dumai memanglah memiliki banyak pantai yang layak dijadikan destinasi wisata. Pantai Teluk Makmur juga menjadi salah satu pantai yang paling banyak diminati para wisatawan.

Keindahan pasir putihnya dan birunya air laut seringkali dijadikan sebagai objek foto bagi para pemburu foto.

Selain itu Anda juga dapat diam didalam pondokkan yang tersedia di pinggir pantai sambil menunggu matahari terbenam.

5. Pantai Purnama

Pantai Purnama menjadi pantai yang paling populer di kota Dumai. Pantai yang memiliki keindahaan luar biasa ini dapat membuat siapa saja merasa terhipnotis dengan pemandangan dan suara deburan ombaknya.

Tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu senggang dengan berdiam dipantai ini sambil menikmati keindahan yang tak ada habisnya ini.

6. Pantai Marina

Pantai yang satu ini menyajikan pemandangan laut indah yang masih terjaga disertai dengan angin menyejukan.

Tidak hanya melihat pemandangan saja, di tempat ini Anda juga dapat bermain permainan air seperti banana boat, mega bambo, flying fish, dan banyak lagi permainana lainnya. Anda juga dapat menemukan penginapan yang berada di sekitar Pantai Marina.

7. Pantai Koneng

Keindahan pantai yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Pantai yang juga sering digunakan sebagai tempat foto pre-wedding ini dapat Anda akses dengan mudah.

Jalannya yang terbilang luas bahkan memungkinkan untuk Anda mendatanginya menggunakan bus ukuran sedang.

Selain para wisatawan, Pantai Koneng juga seringkali dikunjungi oleh warga sekitar untuk sekadar bersantai sore.

8. Hutan Mangrove Dumai

Banyaknya pantai di Dumai tidak bisa dihindari dari hutan mangrovenya. Hutan yang alami dan ditumbuhi dengan lebatnya pohon bakau membuat banyak wisatawan menyukai tempat yang satu ini.

Selain itu pemerintah setempat juga telah menambahkan beberapa fasilitas seperti jembatan dan perahu agar mempermudah wisatawan untuk menikmati keindahaannya.

9. Taman Telaga Tirta Patra

Salah satu taman yang menjadi objek wisata di Dumai ini menyediakan pemandangan danau yang akan berhasil memanjakan mata Anda.

Tidak hanya danau saja, Anda juga dapat bersantai dengan berjalan-jalan kecil bersama orang tersayang lho.

Tempat yang satu ini sangat cocok Anda kunjungi pada sore hari karena cuacanya yang pas dengan keindahan danau yang disajikan.

10. Hutan Wisata Dumai

Tidak perlu membayangkan hutan-hutan yang seram, hutan yang khusus dibuat untuk berwisata ini cocok untuk Anda jadikan tempat piknik bersama orang-orang tersayang.

Selain itu di Hutan Wisata ini juga telah disediakan berbagai spot foto yang dapat Anda gunakan untuk mengabadikan momen bersama orang tersayang.

11. Tapak Harimau Sakti

Tempat yang satu ini juga menjadi salah satu tempat yang menarik untuk Anda kunjungi. Tempat yang penuh sejarah ini disebut-sebut sebagai tapak atau jejak kaki harimau asuhan Datuk Pawang Leon.

Harimau ini sendiri bukanlah harimau pada umumnya, tapi merupakan harimau yang dipercaya masyarakat setempat sebagai harimau yang memiliki kesaktian luar biasa yang dapat mengusir musuh dengan satu kali hentakan kaki saja.

12. Danau Bunga Tujuh

Ditengah panasnya kota Dumai ternyata Anda dapat menemukan salah satu tempat sejuk yang berada di pusat kota Dumai.

Tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan tempat bersantai menghilangkan penat. Tidak hanya danau, tempat yang satu ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas pariwisata lainnya.

13. Masjid Raya Al-Manan

Anda juga dapat berwisata religi di Dumai, salah satu pilihannya adalah Masjid Raya Al-Manan.

Masjid yang memiliki arsitektur cukup menarik dengan perpaduan warna biru cerah ini seringkali dijadikan tempat istirahat para wisatawan setelah berwisata, tak jarang banyak wisatawan juga berfoto di masjid ini.

Tempat wisata di kota Dumai memang tidak sebanyak kota-kota lain. Meski begitu bukan berarti tidak ada tempat wisata di kota Dumai.

Sampai saat ini pemerintah kota Dumai sedang berinovasi dengan menyediakan berbagai tempat wisata baru untuk mengundang para wisatawan berdatangan.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Dumai. Semoga dapat dijadikan referensi wisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN