17 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

Demak merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Demak menjadi salah satu tempat yang terkenal dengan destinasi wisata religinya, karena memang nama Demak ini diambil dari salah satu kerajaan Islam yang memiliki kejayaan di Indonesia.

Namun tidak ketinggalan juga beragam wisata alamnya yang menghadirkan suasana yang asri dan alami dengan pemandangan yang memesona.

Demak memiliki destinasi wisata yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Demak.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Demak yang wajib Anda kunjungi:

1). Masjid Agung Demak

Lokasi: Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Masjid Agung Demak memang hanya sebuah tempat ibadah sebagaimana masjid pada umumnya.

Namun karena memiliki sejarah yang panjang dan arsitektur yang khas membuat Masjid Agung Demak memiliki daya tarik tersendiri, sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik untuk beribadah, sekedar melihat–lihat, beristirahat, dan berfoto.

Menurut catatan sejarah, Masjid Agung Demak merupakan salah satu peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah yang masih terawat sampai saat ini.

2). Museum Masjid Agung Demak

Lokasi: Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Museum Masjid Agung Demak yang berlokasi tepat di sebelah Masjid Agung Demak menjadi objek wisata yang bisa Anda kunjungi.

Di sini terdapat berbagai macam benda bersejarah yang berkaitan dengan proses penyebaran Agama Islam di era Wali Songo, seperti bedug pertama Masjid Agung Demak, pintu asli Masjid Agung Demak, gentong dari campa, miniatur masjid, serat – serat, kitab tulisan tangan para wali, dll.

Ada juga kap lampu peninggalan Paku Buwono, dan Kitab Suci Al – Qur’an kuno lengkap 30 juz yang tersimpan rapi dengan kondisi yang masih bagus.

3). Pantai Morosari

Lokasi: Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Pantai Morosari memiliki kawasan hutan mangrove yang berderet rapi dan jembatan panjang yang menjorok ke arah laut.

Di Pantai Morosari terdapat beragam aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan, seperti berenang, bermain air, memancing, berfoto, maupun duduk santai sambil menikmati suguhan alam yang sangat mengagumkan.

Namun pantai ini memang tidak memiliki pasir yang bisa dimanfaatkan untuk bermain pasir layaknya di kebanyakan pantai lainnya.

4). Pantai Tirangan

Lokasi: Desa babalan, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Pantai Tirangan menyuguhkan pemandangan alam dengan deburan ombak, serta hamparan pasir yang indah. Di sini Anda bisa bermain pasir, berjemur, bermain air, serta menyantap sajian khas laut yang sangat lezat dan menggugah selera.

Anda juga bisa membeli beragam ikan ikan segar dengan harga yang murah. Untuk menikmati keindahan Pantai Tirangan secara utuh, sebaiknya Anda berkunjung saat matahari mulai terbenam.

5). Brown Canyon

Lokasi: Desa Koban Batur, Kec. Mranggen, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Brown Canyon merupakan objek wisata dengan panorama alam berupa tebing berwarna kecokelatan yang sangat eksotis, yang disebut mirip dengan Green Canyon. Brown Canyon ini dihasilkan dari bekas aktivitas pertambangan yang ditinggalkan oleh pengelolanya.

Karena sisa-sisa tambang ini menghasilkan pemandangan yang unik, sehingga tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata yang berhasil menarik minat banyak wisatawan.

6). Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

Lokasi: Desa Betokan, Tempuran, Sidomulyo, Wonosari, dan Mranak.

Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima akan mengajak Anda untuk menikmati lezat dan segarnya buah belimbing dan jambu merah delima.

Selain itu Anda juga bisa melihat secara langsung proses pemanenan dan pemeliharaan kebun belimbing, melakukan aktivitas petik buah sendiri di kebunnya secara langsung, dan Anda juga bisa membeli buah Belimbing dan Jambu Merah Delima untuk dibawa pulang sebagai buah tangan, maupun membeli bibit belimbing dan jambu merah delima untuk ditanam di rumah.

7). Kelenteng Hok Tek Bio

Lokasi: Jalan Siwalan No 3, Bintoro, Kec. Demak.

Klenteng yang merupakan rumah ibadah ummat Konghucu ini memang selalu hadir dengan arsitektur yang khas dan unik.

Hal tersebut membuat Kelenteng Hok Tek Bio tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah saja, melainkan menjadi tempat wisata yang terbuka untuk umum.

8). Pantai Glagah Wangi Istambul

Lokasi: Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Pantai Glagah Wangi Istambul memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri. Pantai ini memiliki ombak yang paling bersahabat, sehingga memungkinkan Anda untuk bermain air dengan lebih aman dan nyaman.

Namun tetap saja Anda perlu terus berhati-hati dan selalu waspada, karena alam tidak pernah bisa ditebak akan seperti apa. Hamparan pantainya juga sangat nyaman untuk Anda duduk bersantai dengan tipuan angin yang lembut dan menyejukkan.

9). Waterboom Niagara

Lokasi: Petengan Selatan, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Waterboom Niagara menyediakan cukup banyak wahana permainan yang menarik, seperti wahana seluncuran dengan beragam bentuk dan ukuran, wahana ember tumpah, dan lainnya.

Untuk menikmati fasilitas yang ada di Waterboom Niagara ini Anda hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 15.000 saja per orang.

Anda bisa bersantai di pinggiran kolam renang sambil menyantap makanan yang Anda bawa dari rumah, maupun yang Anda beli di tempat makan yang berada di sekitar kolam renang.

10). Wisata Mangrove Morodemak

Lokasi: Desa Purworejo Kecamatan Bonang, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Wisata Mangrove Morodemak ini memiliki penataan pohon magrove yang sangat cantik. Anda dapat mengabadikan momen dengan latar yang indah di Wisata Mangrove Morodemak.

Objek wisata ini memang belum banyak dikenal oleh para wisatawan karena masih terbilang baru, sehingga masih terjaga keasriannya.

11). Sentra Kerajinan Batik

Lokasi: Kecamatan Wedung, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Batik yang merupakan kekayaan budaya Indonesia ini memiliki beragam corak yang berbeda-beda, salah satunya batik khas Demak.

Sentra Kerajinan Batik akan menjadi surga bagi Anda pecinta batik, pasalnya di sini Anda dapat menemui beragam batik, serta melihat secara langsung proses pembuatan kain batik, bahkan Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara membatik yang baik dan benar sehingga Anda mendapatkan pengalaman berlibur yang berkesan.

12). Sentra Kerajinan Kaligrafi

Lokasi: Kampung Tembiring, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Kaligrafi buatan para pengrajin di Demak terkenal akan kualitas dan keindahan bentuk ukirannya, tak heran kalau sudah menembus pasar internasional. Sentra Kerajinan Kaligrafi adalah tempat yang tepat untuk Anda berburu hasil kaligrafi.

Anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan kaligrafi dari awal sampai jadi dan siap untuk dipasarkan. Selain itu, Anda nantinya juga bisa membeli berbagai macam kaligrafi dengan harga yang relatif lebih murah.

13). Sentra Kerajinan Rebana

Lokasi: Jalan Raya Bonang Demak, Karangmlati, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Selain sejarah kejayaan Islam, Demak juga menjadi daerah yang terkenal dengan kesenian musik Rebana. Terdapat salah satu tempat kerajinan Rebana yang ternama yakni Sentra Kerajinan Rebana.

Di sini Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan alat musik rebana dan bedug. Selain itu Anda juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah marawis dan rebana, juga membeli alat musik ini dengan harga yang jauh lebih murah.

14). Tradisi Grebek Pasar Khas Demak

Lokasi: Desa Kadilangu, Demak, Jawa Tengah.

Walaupun memang ini bukanlah objek wisata, tetapi Tradisi Grebek Pasar selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para Wisatawan. Tradisi Grebek Pasar merupakan sebuah tradisi yang diselenggarakan oleh pemerintah setiap tanggal 9 Dzulhijjah.

Dimana pelaksanaan Tradisi Grebek Pasar akan dimulai dengan arak – arakan tumpeng songo dari kawasan pendopo kabupaten ke kawasan Masjid Agung Demak untuk selanjutnya diadakan acara pengajian.

Kemudian setelah selesai, pengunjung dapat tumpeng songo yang tersedia di area serambi masjid. Dan pada tanggal 10 Dzulhijah diadakan Upacara Jamasan, Upacara Jamasan ini merupakan upacara tradisi untuk memandikan pusaka peninggalan para wali dan kerajaan Demak.

15). Pantai Surodadi

Lokasi: Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Pantai Surodadi menyajikan keindahan pantai dengan hutan mangrove yang hijau. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini sambil bersantai menunggu matahari terbenam.

Pantai Surodadi ini termasuk cukup tenang dan memiliki garis pantai yang landai sehingga sangat seru untuk bermain pasir, maupun bermain air di sisi pantainya.

16). Makam Sunan Kalijaga

Lokasi: Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Makam Sunan Kalijaga yang terletak di lokasi yang sama persis dengan lokasi Masjid agung Demak ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin melakukan ziarah ke makam Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga merupakan salah satu orang yang paling berjasa dalam proses penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa.

17). Makam Raja Demak

Lokasi: Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

Kerajaan Demak memiliki wilayah khusus yang difungsikan sebagai lokasi makam untuk para raja dan anggota keluarganya. Lokasi Makam Raja Demak ini ada di sebelah utara Masjid Agung Demak, tepatnya di Desa Kauman, Demak.

Di lokasi kompleks makam ini ada beberapa makam orang penting di Kerajaan Demak yang dapat Anda ziarahi, yaitu makam Pangeran Trenggono, makam Raden Patah, makam Syekh Maulana Magribi, makam Arya Penangsang, dll.

Selain berziarah ke makam para raja, saat berkunjung ke sini Anda juga dapat duduk di Paseban yang ada di areal pendopo, berkunjung ke Makam Kasepuhan dan Kanoman, dll.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

18 Tempat Wisata di Kabupaten Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah Kabupaten atau Kota di provinsi Jawa Tengah. Magelang menyimpan keindahan yang beberapa diantarnya masih jarang diketahui, sehingga…

Dituduh Pakai Pelet, Eks TKW Makmur Dinikahi Pengusaha Taiwan, Jadi Ratu, Tinggal di Apartemen Mewah

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia bernasib mujur lantaran mendapat jodoh seorang pengusaha asal Taiwan. Ia tak menyangka bakal…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Kediri yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kediri menjadi salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Kediri sendiri memang terkenal dengan sejarah dan…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

15 Tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi

Sidoarjo dan duka saat bencana lumpur lapindo melanda memang tidak pernah bisa dilupakan hingga saat ini. Namun meski begitu musibah…

Foto-foto Istri Sambo di Rekonstruksi: Tiduran dan Adegan Yosua Masuk Kamar

Putri Candrawathi, istri Sambo yang menjadi salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J ikut melakukan rekonstruksi yang digelar hari ini…

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tuban yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tuban memang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam ini juga menyimpan banyak sejarah menarik…

Viral! Video Ustadz Abdul Somad tantang dukun berwajah seram santet dirinya: Bertambah pula musuh saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu tokoh agama yang kerap mengajarkan syi'ar islam dengan pembawaan yang ringan dan mudah…