17 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Kota Cirebon yang berada di Provinsi Jawa Barat memang memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui.

Kota yang kental dengan tradisi dan sejarah yang masih melekat hingga saat ini membuatnya memiliki banyak sekali tempat wisata bersejarah yang menjadi salah satu pemikat para wisatawan.

Selain sejarahnya, keindahan alam Cirebon juga memang seringkali membuat para wisatawan terpesona melihatnya.

Bagi Anda yang mungkin sedang ingin berwisata mengisi waktu luang bersama orang-orang tersayang, Cirebon dapat Anda jadikan pilihan berwisata.

Untuk memudahkan Anda mencari destinasi wisata di Cirebon, berikut ini beberapa tempat wisata paling populer yang ada di Cirebon:

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Tidak lengkap rasanya datang ke Cirebon tanpa mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon.

Keraton yang telah didirikan pada tahun 1529 di masa penyebaran agama Islam ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Cirebon.

Selain arsitekturnya yang akan membuat Anda merasakan suasana zaman dulu, Anda juga akan mendapat pengetahuan baru mengenai sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon ini.

2. Keraton Kanoman Cirebon

Cirebon memang kental dengan sejarah penyebaran agama Islam. Keraton Kanoman Cirebon juga menjadi bukti dari syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati.

Selain cerita dibaliknya arsitektur keraton memanglah selalu menjadi daya tarik para wisatawan untuk hadir bahkan sekadar ber-swafoto.

3. Keraton Kacirebonan

Jika keraton sebelumnya merupakan peninggalan sejarah penyebaran agama Islam, keraton yang satu ini merupakan tempat bersejarah yang menyimpan banyak peninggalan benda pusaka yang menarik.

Keraton Kacirebonan ini sendiri dianggap memilki arsitektur yang cukup menarik karena merupakan perpaduan antara gaya tradisional Cirebon dengan gaya Belanda dan juga gaya Cina.

Keunikan bangunan ini sendiri membuat banyak orang akhirnya menjadikan tempat yang satu ini sebagai objek berfoto.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Hampir setiap daerah memiliki Masjid Agung yang cukup iconic di kotanya. Cirebon juga memiliki Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang wajib Anda kunjungi jika berada di Cirebon.

Uniknya atap dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini tidak sama seperti bangunan masjid-masjid lainnya lho. Hal ini dikarenakan desain arsitekturnya didominasi oleh pengaruh kerajaan Islam di zaman dulu.

Bahkan yang istimewa adalah pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini disebut-sebut melibatkan rastusan toko penting dari Kerajaan Cirebon, Kerajaan Majapahit, dan juga Kerajaan Demak.

5. Makam Sunan Gunung Jati

Cirebon memang memiliki banyak sekali kerajaan di masa lampau. Syeikh Syarif Hidayatullah atau yang dikenal sebagai Sunan Gunung Jati juga merupakan seseorang yang berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di Cirebon.

Makam Sunan Gunung Jati ini sendiri sering dikunjungi para wisatawan karena desain arsitekturnya yang unik antara gaya arsitektur Jawa, Arab, dan juga Cina yang dipadukan menjadi satu.

6. Danau Setu Patok

Objek wisata yang satu ini seringkali dijadikan tempat untuk menenangkan pikiran bagi para wisatawan.

Danau yang berada di Kecamatan Mundu ini memang sudah banyak dikenal karena keindahan alamnya yang sejuk dan menenangkan.

Saking indahnya danau ini Anda bahkan akan banyak menemukan spot foto yang menarik lho untuk dijadikan objek foto Anda.

7. Taman Sari Goa Sunyaragi

Salah satu destinasi wisata yang memiliki pemandangan eksotis yang memanjakan mata ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya, tempat yang satu ini juga seringkali dijadikan sebagai objek foto bagi para pencita fotografi.

Tak heran memang jika tempat yang satu ini dijadikan objek wisata yang memiliki keindahan alam luar biasa, karena dulunya tempat ini merupakan tempat meditasi para pembesar kerajaan-kerajaan yang ada di Cirebon.

8. Telaga Nilem

Telaga Nilem menjadi salah satu tempat wisata yang sedang populer akhir-akhir ini.

Tempat wisata yang instagramable ini memiliki suasana alam menyejukkan dilengkapi dengan panorama hijau yang memanjakan mata.

Tidak heran jika tempat yang satu ini menjadi salah satu objek wisata yang sedang banyak diburu wisatawan akhir-akhir ini.

9. Telaga Remis

Keindahan Telaga Remis juga tidak dapat diragukan lagi. Nama Telaga Remis ini bukan dibuat tanpa alasan, di tempat ini Anda dapat menemukan banyak sekali kerang air tawar atau remis di telaga ini.

Selain keindahan pemandangannya, telaga yang berada di kaki Gunung Ciremai ini memiliki suasana sejuk yang sangat menenangkan lho.

10. Situ Sedong

Situ Sedong merupakan sebuah danau yang begitu indah dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata. Di danau yang indah ini Anda dapat bersantai sambil memancing ikan lho.

Selain itu, bagi Anda yang ingin mengajak keluarga berlibur ke tempat ini Anda juga dapat menggunakan bebek air untuk mengelilingi danau yang satu ini.

11. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Cirebon.

Tidak hanya pantai saja tempat yang satu ini juga merupakan Tempat Pengelolaan Ikan dan objek wisata terapi lho.

Bagi Anda yang mungkin ingin berkeliling pantai, Anda dapat menyewa perahu motor milik nelayan.

12. Wisata Kera Plangon

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berinteraksi langsung dengan kera liar Wisata Kera Plangon ini dapat Anda jadikan pilihan.

Tempat wisata yang berada di daerah Babakan Sumber ini merupakan bukit-bukit yang dikelilingi hutan dan kera-kera liar yang begitu banyaknya.

13. Cirebon Waterland

Cirebon Waterland atau yang dulunya disebut sebagai Taman Ade Irma Suryani ini cocok Anda jadikan destinasi wisata bersama keluarga tercinta.

Bukan hanya taman bermain air saja Anda juga dapat menemukan berbagai restaurant yang memiliki desain arsitektur menarik lho.

Meskipun tempat yang satu ini merupakan tempat bermain buatan dan bukan wisata alam tapi keindahan tempat bermain yang satu ini tidak kalah indah dibandingkan tempat wisata alam lainnya.

14. Desa Wisata Cikalahang

Bagi Anda yang mungkin tertarik berwisata ke tempat alam yang asri Desa Wisata Cikalahang ini dapat Anda jadikan pilihan.

Di tempat ini Anda juga bisa memancing ikan secara langsung di kolam pemancingannya lho, dan jika sudah lelah memancing Anda dapat langsung menikmati hasil pancingannya di restaurant yang siap memasak ikan hasil pancingan Anda dengan lezat.

15. Wahana Outbound Siwalk

Nah bagi Anda yang mungkin ingin outbound bersama keluarga tercinta, tempat yang satu ini merupakan tempat yang pas untuk Anda.

Tidak hanya flying fox, ATV, dan speed boat saja Anda juga dapat menemukan berbagai wahana menarik lainnya di tempat ini.

Selain itu suasana Wahana Outbound Siwalk juga cukup menyejukkan dan akan membuat Anda merasa betah selama berada di tempat ini.

16. Kampung Batik Trusmi

Tempat yang satu ini juga menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilupakan jika berada di Cirebon.

Di Kampung Batik Trusmi Anda dapat merasakan sensasi membatik secara langsung dan akan diajari oleh Ki Gede Trusmi secara langsung.

Selain itu, di tempat ini juga Anda dapat membeli berbagai jenis batik dengan motif yang begitu cantik untuk diberikan kepada orang-orang tersayang.

17. Banyu Panas Palimanan

Sudah lelah seharian berwisata di Cirebon, jangan lupa untuk berkunjung ke Banyu Panas Palimanan.

Tempat pemandian air panas yang satu ini tentunya cocok bagi Anda menghilangkan lelah setelah melewati berbagai kegiatan lho. Anda dapat berendam air panas sembari menikmati pemandangan alam indah yang sejuk.

Banyaknya peninggalan sejarah di Kota Cirebon mengajarkan kita untuk tidak lupa akan sejarah yang ada.

Tetap jaga alam dan juga peninggalan sejarah dengan baik, agar generasi penerus bangsa tetap dapat menikmatinya.

Demikian artikel rekomendasi tempat wisata di Cirebon. Semoga dapat dijadikan destinasi pilihan Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN