17 Tempat Wisata di Cilegon yang Wajib Dikunjungi

Cilegon, sebuah kota yang berada di tepi Selat Sunda ini memang memiliki banyak sekali keindahan alam yang mempesona.

Kota yang juga disebut Kota Baja karena menjadi penghasil Baja terbesar di Asia ini dapat Anda jadikan Kota pilihan untuk berwisata di Provinsi Banten.

Banyaknya tempat unik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berwisata di Kota Cilegon.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih tempat berwisata selama di Cilegon, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata populer yang ada di Cilegon untuk Anda:

1. Pantai Anyer Cilegon

Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar Pantai Anyer, pantai yang berada di Cilegon ini merupakan objek wisata yang ramai dikunjungi saat musim luburan tiba.

Tidak sekadar menikmati keindahan pantai saja, Anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti bermain banana boat, snorkeling, dan juga jet sky.

Bagi Anda yang berminat bermalam di Pantai Anyer Anda akan menemui banyak penginapan di sekitar pantai.

2. Pulau Merak Besar

Salah satu tempat wisata yang memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan ini juga seringkali dikunjungi para wisatawan saat musim liburan tiba.

Pulau yang sebenarnya merupakan Pulau Hutan Lindung ini menjadi salah satu tempat strategis untuk membantu pemerintah menjaga aset kelautan Indonesia.

Hamparan pasir putih dan terumbu karang yang mempesona tentunya akan membuat Anda betah berada di pulau ini.

3. Pulau Merak Kecil

Selain Pulau Merak Besar, Anda juga dapat berkunjung ke Pulau Merak Kecil jika sedang berwisata ke Cilegon.

Pulau yang memiliki koral-koral indah ini ternyata berfungsi sebagai penghalau ombak laut menuju pelabuhan merak agar pelayaran kapal-kapal berjalan dengan lancar.

Keindahan Pulau Merak memang sangat mempesona dan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

4. Bukit Teletubbies

Siapa yang saat masa kecilnya sering menonton Teletubbies? Cilegon memiliki objek wisata yang mirip dengan sebuah bukit di Teletubbies lho.

Hamparan bukit hijau yang indah memanjakan mata ini dapat Anda kunjungi selama berada di Cilegon. Dari atas bukit ini Anda juga dapat melihat pemandangan air menenangkan.

Menyenangkan bukan? Jangan lupa untuk ber-swafoto juga ya, karena tempat yang satu ini begitu instagramable.

5. Krakatau Country Club

Krakatau Country Club merupakan tempat wisata yang berada di daerah Kebondalem. Tempat wisata yang satu ini cocok Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Banyak sekali pilihan wahana permainan yang dapat Anda coba di tempat ini, seperti kolam renang dengan segala permainan airnya, ATV, flying fox, dan masih banyak lagi pilihan permainan lainnya.

6. Krakatau Bike Park

Olahraga sepeda memang menjadi salah satu olahraga yang sedang populer akhir-akhir ini. Bagi Anda yang mungkin senang bersepeda, Anda dapat kunjungi tempat yang satu ini.

Tempat wisata dengan rute berspeda ini akan memberikan Anda pengalaman bersepeda secara ekstrim lho.

7. Gunung Batu Lawang

Siapa yang suka melihat keindahan alam dari ketinggian ? Tempat yang satu ini cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan ketenangan.

Tempat wisata yang berupa pegunungan granit berjajar ini akan memberikan Anda hamparan pemandangan hijau sekaligus air laut biru lengkap dengan pasir putihnya.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi tempat yang satu ini pastikan Anda siap untuk melakukan hiking terlebih dahulu yaa sebelum menikmati pemandangan indah mempesona yang akan membayar rasa lelah.

8. Villa Ternak Cikerai

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk mengajak keluarga berwisata bersama. Wisata seru sambil menambah wawasan ini akan memberikan Anda pengalaman baru dengan belajar berternak, memanah, berkuda, dan bahkan Anda dapat mengunjungi rumah pohon lho di Villa Ternak Cikerai ini.

9. Gunung Batur

Bagi Anda yang tertarik mendaki gunung dengan mudah, tempat wisata yang satu ini cocok untuk dijadikan pilihan.

Jalur pendakian yang aman dilengkapi dengan segala fasilitasnya ini sudah berupa jalan aspal yang mempermudah Anda untuk sampai di puncaknya.

Di Gunung Batur ini Anda dapat berkemah, bermain gantole, dan juga merasakan sensasi jogging di kaki gunung lho.

10. Istana Pasir Temiang

Sudah pernah dengar Istana Pasir Temiang ? Tempat wisata yang sempat viral ini merupakan sebuah istana besar yang dibuat menggunakan pasir asli lho.

Di sekeliling Istana Pasir Temiang ini juga dapat Anda temui pepohonan dan juga daerah pertambangan.

Tak heran jika tempat yang satu ini sempat viral, karena pemandangannya yang sangat instagramable.

11. Situ Rawa Arum

Keindahan Situ Rawa Arum sudah tidak bisa diragukan lagi. Keindahannya ini seringkali digunakan untuk foto pre-wedding lho.

Anda dapat bersantai sambil menghilangkan penat di sisi danau. Bagi Anda yang ingin mengelilingi danau, Anda dapat menyewa kapal yang disediakan di sekitaran danau ini.

12. Pantai Kelapa Tujuh

Tidak jauh dari Pelabuhan Merak, Anda dapat menemukan Pantai Kelapa Tujuh. Pantai yang memiliki air tenang ini dapat Anda jadikan tempat berenang lho.

Selain itu, banyak wisatawan biasanya hanya berdiam dipinggir pantai untuk sekadar mengagumi keindahan alam Pantai Kelapa Tujuh ini.

13. Batu Gambir

Pepohonan hijau yang tumbuh subur di bukit ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke Batu Gambir.

Udaranya yang sejuk juga membuat para wisatawan semakin betah berada di bukit yang satu ini.

Meskipun tempatnya menenangkan, namun jika Anda berkunjung ke Batu Gambir disaat musim liburan tempat ini tidak akan pernah sepi.

Jadi jika memang ingin merasakan ketenangannya pastikan Anda datang tidak saat musim liburan tiba ya.

14. Kampung Wisata UMKM

Cilegon memang sangat kreatif dalam memajukan para pelaku UMKM. Tempat wisata yang satu ini memiliki lebih dari 75 UMKM lho di dalamnya.

Kampung yang juga sudah diubah sedemikian rupa dengan beragam lukisan dan mural ini juga membuat tempat yang satu ini terasa semakin instagramable.

15. Agrowisata Waras Farm

Ingin berwisata sambil mengedukasi anak ? Tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Agrowisata Waras Farm ini memiliki banyak sekali perkebunan buah didalamnya, Anda dapat belajar secara langsung lho bagaimana cara menanam aneka tanaman ini.

Setelah lelah bercocok tanam, Anda dapat mengunjungi Saung Rumah Makan Khas Jawa Timur yang ada di area Agrowisata Waras Farm untuk menikmati makanan nikmat.

16. Wisata Gunung Pinang

Wisata Gunung Pinang yang berada diperbatasan antara Serang dan Cilegon ini disebut-sebut sebagai tempat wisata yang instagramable lho.

Hiasan payung warna-warni yang menggantung ditambah rimbunnya pepohonan hijau disetiap sisinya membuat tempat yang satu ini menjadi menarik dijadikan objek foto.

Selain menikmati keindahannya tempat yang satu ini juga memiliki banyak pilihan kuliner yang dapat Anda santap sembari menikmati kesejukan alam yang ada.

17. Alun-Alun Cilegon

Rekomendasi terakhir dari kami adalah Alun-Alun Cilegon. Tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Cilegon ini memiliki fasilitas lengkap yang akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Keindahan Alun-Alun Cilegon ini memang akan lebih terlihat pada malam hari dengan warna-warni cahaya lampu yang menyala. Anda juga dapat menyaksikan atraksi lho jika mengunjungi tempat yang satu ini di hari Minggu.

Senang mengunjungi tempat wisata alam yang indah jangan sampai membuat Anda lupa untuk menjaga kelestarian alamnya ya.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Cilegon. Semoga dapat dijadikan referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN