16 Tempat Wisata di Cilacap yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Cilacap, sebuah kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini menjadi kabupaten yang memiliki wilayah paling luas di Jawa Tengah.

Kabupaten yang seringkali dikenal karena adanya Pulau Nusakambangan sebagai lapas para narapidana yang memiliki keamanan sangat tinggi ini ternyata menyimpan keindahan alam yang layak untuk Anda kunjungi jika berwisata ke Jawa Tengah.

Selain keindahan alamnya, di Kabupaten Cilacap juga dapat Anda temui beberapa tempat bersejarah peninggalan Belanda.

Nah, bagi Anda yang tertarik berwisata di Kabupaten Cilacap, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang berada di Kabupaten Cilacap:

1. Kampung Laut

Kampung Laut memang bukan tempat wisata yang banyak diketahui orang-orang. Namun keindahan alamnya seringkali membuat banyak orang mengunjungi tempat yang satu ini untuk sekadar melepas penat aktivitas sehari-hari.

Di Kampung Laut Anda dapat melihat secara langsung bagaimana aktivitas para nelayan, selain itu Anda juga dapat menyusuri hutan bakau menggunakan kapal yang telah disediakan penduduk setempat.

2. Gunung Selok

Gunung Selok ini konon katanya merupakan sebuah gunung yang dibagun oleh para dewa, hal ini juga disebut sebagai hukuman dari Tuhan kepada dewa-dewa ini.

Terlepas dari cerita dibaliknya, Anda akan menemukan pemandangan indah yang memanjakan mata di gunung ini. Anda juga bisa menaiki balon udara lho di Gunung Selok untuk melihat keindahan alam dari atas.

3. Waduk Kubangkangkung

Waduk buatan yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda ini merupakan sebuah sumber cadangan air bersih di Cilacap.

Adanya sumber air yang jernih dan tenang ini akhirnya menarik para wisatawan berdatangan untuk menikmati ketenangan air Waduk Kubangkangkung sembari melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

4. Benteng Phendhem

Phendhem yang berarti pendam dalam bahasa Jawa ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang sempat menghilang karena terpendam oleh pasir.

Benteng yang akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1986 ini kemudian dijadikan objek wisata yang hingga saat ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Cilacap.

5. Benteng Karang Bolang

Selain Benteng Phendem, Benteng Karang Bolang juga merupakan benteng peninggalan Belanda yang saat ini dijadikan tempat wisata.

Benteng yang memiliki kesan mistis masa penjajahan ini cocok bagi Anda yang senang dengan hal-hal berbau mistis.

Para wisatawan dapat berkeliling benteng memasuki ruang medis, ruang rapat, dapur, dan juga ruang penjara yang ada didalamnya.

Memasuki benteng yang satu ini akan membuat Anda mendapatkan gambaran mengenai sistem pertahanan masa penjajahan Belanda.

6. Gunung Srandil Cilacap

Gunung yang disebut-sebut sebagai sebuah patilasan Kaker Semar dan Penguasa Ghaib ini merupakan padepokan dari para Penguasa Ghaib.

Meskipun kesan mistis di Gunung Srandil Cilacap ini masih begitu kental, namun tempat yang satu ini seringkali dijadikan salah satu destinasi wisata para wisatawan saat berkunjung ke Cilacap.

7. Pantai Widarapayung

Pesona Pantai Widarapayung memanglah tidak pernah bosan untuk dikunjungi para wisatawan. Hijaunya pohon kelapa dipinggir pantai menambah keindahan pantai yang satu ini.

Jika Anda mengunjungi Pantai Widarapayung pada bulan Suro Anda dapat menyaksikan upacara adat sedekah bumi secara langsung di tempat ini.

Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat mengunjungi kolam renang yang berada didekat Pantai Widarapayung.

8. Curug Mandala

Keindahan Curug Mandala tidak dapat diragukan lagi. Air terjun yang berada di tengah-tengah perbukitan ini akan membuat Anda terkagum-kagum dengan keindahan alamnya yang masih asri.

Udara sejuk juga menambah kesan romantis di Curug Mandala ini. Sayangnya akses jalan menuju Curug Mandala ini terbilang masih sulit untuk dikunjungi.

9. Pulau Nusakambangan

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Pulau Nusakambangan? Tempat yang terkenal dengan lapas para narapidana ini juga ternyata memiliki banyak pantai pasir putih yang indah lho.

Selain keindahan pantai pasir putihnya, Anda juga dapat melihat secara langsung benteng peninggalan Belanda yang berada di perbukitan kapur.

10. Pantai Teluk Penyu

Jika Anda berminat mengunjungi Benteng Phendhem, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Teluk Penyu yang juga memiliki lokasi tidak jauh dari Benteng Phendhem.

Keindahan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini tentu sudah tidak bisa diragukan lagi.

Panorama alam Pantai Teluk Penyu akan lebih indah pada saat senja, namun meskipun namanya Pantai Teluk Penyu Anda tidak akan menemukan penyu di tempat yang satu ini.

11. Kemit Forest

Kemit Forest menjadi salah satu tempat wisata yang sedang populer di Cilacap. Hutan pinus yang sedang banyak diminati para wisatawan akhir-akhir ini juga dapat Anda temukan disini.

Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandangan alam indah dari atas gardu pandang Kemit Forest. Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin, Anda bisa menaiki sepeda gantung sembari berfoto lho.

12. Curug Pengantin

Tidak hanya di Banyumas, ternyata Cilacap juga memiliki Curug Pengantin. Meski tidak setinggi air terjun lainnya, Curug Pengantin cukup indah untuk Anda nikmati sembari bersantai melepas penatnya aktivitas sehari-hari.

13. Pantai Kemiren

Suara deburan ombak memang menjadi salah satu hal yang dicari ketika mengunjungi pantai. Pantai Kemiren yang memiliki ombak yang cukup besar ini menjadi salah satu pantai indah yang memiliki pepohonan hijau yang rimbun.

Meskipun Anda tidak diizinkan berenang di pantai yang satu ini, namun melihat keindahannya saja tentu sudah membuat Anda merasa puas berada di Pantai Kemiren ini.

14. Curug Cimandaway

Curug Cimandaway menjadi salah satu air terjun yang cukup unik. Air terjun lima tingkat ini menjadi air terjun paling tinggi di Cilacap.

Setelah puas bermain air di Curug Cimandaway Anda juga dapat menemukan fasilitas lainnya, salah satunya adalah adanya warung makan yang akan memuaskan perut Anda setelah puas bermain-main di air terjun ini.

15. Pemandian Air Panas Cipari

Lelahnya aktivitas sehari-hari seringkali membuat badan terasa pegal-pegal. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk menghilangkan lelah dan pegal-pegal Anda lho.

Selain itu, kandungan belerang yang ada di air panas ini juga dpaat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Tidak ada salahnya menjadikan tempat yang satu ini sebagai destinasi wisata Anda selama berada di Cilacap.

16. Bumi Perkemahan Jambusari

Bagi Anda yang mungkin senang dengan suasana berkemah dialam terbuka. Tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan destinasi wisata di Cilacap.

Tidak perlu khawatir, meskipun berkemah di alam, Bumi Perkemahan Jambusari ini menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, penerangan, dan juga air bersih untuk Anda gunakan.

Keindahan alam Kabupaten Cilacap dan sejarah zaman penjajahan memanglah menjadi daya tarik tersendiri untuk berwisata di kabupaten yang satu ini. Ketika berwisata, jangan lupa untuk tetap menjaga alam salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Cilacap. Semoga dapat dijadikan destinasi wisata pilihan Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN