17 Tempat Wisata di Ciamis yang Wajib Dikunjungi

Bagi beberapa orang wisata memang menjadi kebutuhan untuk membahagiakan diri dan juga orang-orang tersayang. Tidak heran kesibukan aktivitas sehari-hari terkadang membuat kita lupa untuk menyisihkan waktu bagi yang tersayang.

Berwisata memang tidak perlu mahal, namun tentunya harus berkesan. Ciamis dan sejarah kerajaannya memang masih menjadi hal yang dikenang hingga saat ini.

Banyaknya peninggalan sejarah kerajaan di Ciamis juga menjadikan daya tarik tersendiri untuk wisatawan berkunjung ke kabupaten ini. Selain sejarah kerajaannya yang masih kental, Anda juga dapat menemui banyak tempat wisata alam yang indah di Ciamis.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciamis yang populer:

1. Pantai Pangandaran

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Pantai Pangandaran. Pantai yang memang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Ciamis.

Keindahan pantai pangandaran yang cocok untuk dijadikan tempat bermain air dan berjemur ini juga menyediakan berbagai jenis kuliner lezat yang harus Anda coba.

2. Astana Gede Kawali

Ciamis dan sejarah zaman dulu memang tidak dapat dipisahkan. Salah satu peninggalan bersejarah yang sampai saat ini ada dan dijadikan tempat wisata adalah Astana Gede Kawali.

Tempat wisata yang satu ini seringkali dijadikan tempat edukasi bagi para pelajar mempelajari sejarah lokal.

Selain itu, Astana Gede Kawali juga cocok dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang memang senang dengan benda-benda arkeologi.

3. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh atau yang terkenal disebut sebagai Green Canyon Pangandaran ini merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan alam dengan sungai air jernih dan juga pepohonan hijau yang rimbun.

Keindahan Cukang Taneuh inilah yang akhirnya membuat masyarakat menyebutnya sebagai Green Canyon yang ada di Pangandaran.

Jika Anda berkunjung ke tempat yang satu ini, Anda dapat merasakan sensasi bermain air dibawah goa gelap yang akan memacu adrenalin.

4. Taman Raflesia

Bagi Anda yang ingin mengajak keluarga berwisata tempat yang satu ini cocok untuk dijadikan pilihan.

Pemandangan alam yang mempesona ditambah beberapa ornamen yang membuat taman ini semakin instagramable, tak heran banyak wisatawan mengunjungi taman yang satu ini.

Anda juga dapat mengunjungi Taman Raflesia pada malam hari, di malam hari Anda akan melihat kerlip cahaya warna-warni yang menambah keindahan taman ini.

5. Curug Tujuh Cibolang

Air terjun yang memiliki tujuh tingkatan ini memiliki air terjun yang berundak dengan nama yang berbeda setiap tingkatannya.

Tempat wisata yang satu ini cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang sedang mencari ketenangan.

Udara sejuk ditambah suara air terjun yang memasuki indera pendengaran Anda tentu akan membuat Anda semakin merasakan suasana tenang ditambah lagi dengan adanya bukit yang dihiasi pohon pinus tinggi.

6. Mega Wisata Icakan

Mega Wisata Icakan menjadi tempat wisata terbaik yang berada di Ciamis. Keindahan alam yang mempesona membuat tempat yang satu ini ramah untuk segala usia.

Anda dapat mengajak keluarga berwisata ke tempat yang satu ini. Selain pemandangannya Mega Wisata Icakan juga menyediakan berbagai wahana hiburan yang tentunya family friendly.

7. Kampung Adat Kuta

Sebuah tempat wisata peninggalan Kerajaan Galuh ini memiliki tradisi yang harus dihormati dan juga dipatuhi oleh semua orang yang mengunjunginya.

Jika Anda ingin berwisata ke tempat ini Anda tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki dan juga membawa tas.

Di dalam Kampung Adat Kuta ini Anda juga akan menemukan Hutan Keramat, namun perlu diingat bahwa Hutan Keramat yang ada di Kampung Adat Kuta ini hanya boleh dikunjungi pada hari Senin dan Jumat sesuai tradisi yang ada.

8. Situ Lengkong Panjalu

Tempat wisata yang satu ini merupakan danau yang disebut-sebut berasal dari air zam-zam yang ditumpahkan di Lembah Pasir Jambu oleh seorang putera kerajaan Hindu.

Meski begitu, terlepas dari cerita dibaliknya Situ Lengkong Panjalu ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang indah di Ciamis. Anda bahkan dapat menyewa perahu untuk mengelilingi danau yang satu ini.

9. Wisata Sungai Citumang

Sungai Citumang memang menjadi salah satu destinasi wisata yang unik untuk dikunjungi. Sungai yang membelah hutan jati ini memiliki air yang jernih berwarna hijau kebiruan.

Selain banyaknya bebatuan di tepi sungai, Anda dapat melihat relief-relief alami yang terdapat di relung dalam sungai ini.

Ketenangan air, sejuknya udara, ditambah suara kicauan burung tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

10. Pantai Batu Karas

Keindahan Pantai Batu Karas memang sudah tidak diragukan lagi. Pantai yang disebut-sebut sebagai Bali-nya Ciamis ini memiliki pasir hitam yang jarang Anda temui di pantai-pantai lainnya.

Di pantai yang satu ini juga Anda dapat bermain permainan air lho, selain itu Anda juga bisa berkemah di tepi pantai.

Jika berkunjung ke Pantai Batu Karas jangan lupa untuk menunggu momen matahari terbenam ya, karena keindahannya akan memanjakan mata Anda.

11. Lembah Putri

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian bukit, tempat yang satu ini cocok bagi Anda.

Tempat wisata yang akan memberikan Anda pengalaman melihat pemandangan tepi pantai dari ketinggian ini tentu menjadi tempat yang cocok untuk Anda menenangkan diri.

Selain itu, keindahan Lembah Putri juga membuatnya seringkali digunakan sebagai tempat foto pre-wedding.

12. Taman Surawisesa Kawali

Bagi Anda yang ingin berwisata sambil menenangkan pikiran melihat pemandangan hijau Taman Surawisesa Kawali ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Selain pemandangan hijau yang menyejukkan ini Anda juga bisa menemui berbagai pilihan kuliner di tempat ini.

Bagi Anda yang mengajak anak-anak berwisata, Anda dapat menyewa mainan anak di Taman Surawisesa Kawali ini.

13. Situs Gunung Susuru

Situs Gunung Susuru juga menjadi salah satu situs bersejarah Kerajaan Galuh Kertabumi.

Banyaknya peninggalan arkeologis di tempat ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Jika mengunjungi Situs Gunung Susuru maka Anda akan menemukan bangunan berundak, gua, dan juga sumur batu.

Selain itu di tempat ini juga terdapat 2 makam kuno yaitu Makam Dewi Tanduran Ageung dan Makam Prabu Dimutur.

14. Puncak Mandala Rancah

Bagi Anda yang senang berwisata ke tempat sepi, Puncak Mandala Rancah ini dapat Anda jadikan pilihan.

Tempat yang menyajikan keindahan alam dan belum ramai diketahui wisatawan ini memiliki hamparan sawah hijau yang menyejukkan mata.

Dan jika malam hari Anda dapat melihat hamparan lampu kota dari Puncak Mandala Rancah ini.

15. Pantai Batu Hiu

Pantai yang satu ini disebut sebagai Pantai Batu Hiu karena memiliki batu raksasa yang disebut-sebut mirip seperti hiu.

Keindahan pantai yang satu ini juga dapat Anda nikmati dari ketinggian lho dengan adanya bukit kecil yang menyuguhkan pemandangan laut luas.

16. Pantai Karang Nini

Jika sebelumnya Pantai Batu Hiu yang memiliki batu berbentuk hiu. Pantai yang satu ini memiliki karang yang disebut berbentuk mirip seperti seorang nenek atau dalam bahasa Sunda disebut nini. Selain keunikan bentuk karangnya.

Anda juga dapat menikmati kesejukan udara Pantai Karang Nini karena banyaknya pohon jati di tempat ini.

17. Masjid Agung Ciamis

Nah, tempat terakhir yang kami rekomendasikan adalah Masjid Agung Ciamis. Tempat wisata religi ini memiliki desain arsitektur yang unik karena berbahan dasar kayu.

Selain beribadah, tempat yang satu ini juga seringkali dijadikan tempat ber-swafoto bagi para wisatawan pendatang.

Keunggulan lainnya adalah masjid ini juga memiliki pohon kurma yang jarang sekali kita temui di Indonesia.

Ketika berwisata pastikan untuk Anda menjaga keasrian alam yang Anda kunjungi, dan jangan lupa untuk mentaati peraturan yang memang berlaku di tempat tersebut.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciamis. Semoga dapat dijadikan referensi destinasi wisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN