18 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

Waktu senggang memang seringkali dihabiskan bersama keluarga, meski begitu bukan berarti waktu bersama keluarga adalah waktu berdiam dirumah saja.

Namun bagi kebanyakan orang mereka akan memilih untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang memang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu kebanyakan orang juga akan memilih tempat wisata alam agar mendapat suasana ketenangan dan keindahan dari alam. Kota Bukittinggi juga dapat Anda jadikan salah satu tempat wisata.

Kota yang menjadi kota ke-2 dengan perekonomian terbesar di Sumatera Barat ini memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, termasuk beberapa wisata alam yang disediakannya.

Untuk memudahkan Anda dalam merencanakan perjalanan wisata bersama orang-orang tersayang, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata populer di kota Bukittinggi:

1. Jam Gadang Bukittinggi

Sama seperti kota-kota lainnya, Bukittinggi juga memiliki tempat yang iconic di kotanya. Jam Gadang ini selalu menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan ketika pergi ke Sumatera Barat khususnya Kota Bukittinggi.

Di tempat ini Anda dapat mengelilingi taman sembari menikmati kemegahan jam raksasa tersebut lho. Tidak perlu khawatir karena di tempat ini juga disediakan kursi-kursi untuk Anda memandangi Jam Gadang sambil menikmati suasana sekelilingnya.

2. Bukit Ngarai Takuruang

Bukit Ngarai Takuruang sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “bukit yang terkurung”. Ya, bukit yang satu ini memang terkurung diantara tebing tinggi yang membelah sungai dan Puncak Singgalang yang membuatnya seperti sebuah bukit terpencil.

Kabar yang beredar Bukit Ngarai Takuruang ini terbentuk karena adanya gempa yang cukup besar melanda Sumatera Barat kala itu. Di tempat ini Anda akan menikmati suara gemercik air dengan pemandangan yang memanjakan mata dijamin menenangkan pikiran Anda.

3. Lembah Ngarai Sianok

Tidak jauh berbeda dengan Bukit Ngarai Takuruang, Lembang Ngarai Sianok juga terbentuk karena adanya gempa bumi.

Lembah yang memiliki panjang 15km dan membentang dari Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku ini memiliki suasana yang begitu damai dan menenangkan lho.

Tempat yang satu ini cocok untuk Anda yang sedang ingin melepas penat dan menenangkan diri.

4. Janjang Saribu Koto Gadang Bukittinggi

Janjang Saribu Koto Gadang Bukittinggi ini disebut-sebut mirip dengan Tembok Besar Cina, tempat yang satu ini juga memiliki sebutan sebagai Great Wall of Koto Gadang.

Anda dapat menikmati sebuah tembok besar dengan deretan anak tangga yang begitu banyak di tempat ini. Janjang Saribu ini terbentang di sepanjang Ngarai Sianok lho.

5. Museum Rumah Bung Hatta

Bung Hatta memang menjadi seseorang yang berharga bagi kemerdekaan Indonesia karena besarnya perjuangan beliau.

Tidak heran Museum Bung Hatta akhirnya didirikan di kota Bukittinggi sebagai objek wisata agar kita tidak melupakan bagaimana para pejuang memperjuangkan kemerdekaan negeri ini.

Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah, tempat yang satu ini cocok didatangi untuk berwisata sembari menambah wawasan dan kecintaan terhadap tanah air.

6. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta atau yang disebut Gedung Negara Tri Agra ini memiliki halaman luas yang begitu asri dengan udara yang menyejukkan.

Meskipun wisatawan tidak diperbolehkan untuk masuk kedalam gedung ini namun menikmati keindahannya dari luar pagar tembok saja akan cukup membuat Anda terpesona pada tempat yang satu ini.

7. Taman Monumen Bung Hatta

Peran Bung Hatta memanglah luar biasa, selain museum dan istananya, Anda juga dapat mengunjungi Taman Monumen Bung Hatta di Bukittinggi.

Taman yang begitu rindang dengan udaranya yang sejuk ini dapat Anda nikmati sembari memandangi patung Bung Hatta yang begitu gagah sambil tersenyum tipis yang akan membuat Anda terkagum-kagum dan seolah mengulang momen sebelum kemerdekaan dulu.

8. Taman Panorama Bukittinggi

Di Taman Panorama Bukittinggi ini Anda dapat menikmati keindahan Ngarai Sianok yang mempesona lho.

Di taman ini Anda tidak akan merasa kepanasan meskipun udara sedang terik-teriknya karena banyaknya pepohonan yang ada sepanjang jalan Taman Panorama Bukittinggi ini.

Selain itu di taman ini juga terdapat gazebo untuk beristirahat, spot foto yang instagramable, dan juga beberapa toko yang menyediakan berbagai macam buah tangan untuk Anda bawa pulang.

9. Janjang Ampek Puluah

Hampir sama seperti Janjang Saribu, Janjang Ampek Puluah ini juga merupakan deretan anak tangga.

Bedanya anak tangga ditempat ini tidak sebanyak di Janjang Saribu. Anda harus melewati 40 anak tangga yang tersedia untuk nantinya menemukan sebuah pasar diatasnya.

Tempat yang satu ini juga selalu ramai dikunjungi para wisatawan karena tempatnya yang terbilang instagramable.

10. Air Terjun Lembah Anai

Bukittinggi juga memiliki tempat wisata air terjun yang memukau lho. Tempatnya yang sejuk dan masih sangat asri ini cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya melihat pemandangannya saja, Anda juga dapat menikmati air terjunnya secara langsung lho. Jangan lupa untuk memastikan Anda memiliki baju ganti ya saat mengunjungi tempat ini.

11. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Bukittinggi. Tempat yang menyimpan banyak sejarah saat masa penjajahan di Bukittinggi ini terletak di kawasan Jam Gadang.

Jadi Anda dapat mengunjungi Jam Gadang dan Benteng Fort de Kock secara langsung untuk menghemat biaya transportasi selama berwisata.

12. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau yang lebih dikenal sebagai Kebun Binatang Bukittinggi ini merupakan peninggalan pada masa kolonial Belanda.

Kebun binatang yang sudah ada sejak 1929 ini selain menyediakan berbagai macam binatang juga memiliki rumah adat yang disebut sebagai Rumah Adat Baanjuang.

Uniknya kebun binatang yang satu ini terhubung secara langsung dengan Benteng Fort de Kock lho.

13. Danau Maninjau

Keindahan Danau Maninjau tidak perlu diragukan lagi. Jalan kelok ampek puluh ampek yang sempat viral ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Danau Maninjau.

Tidak sekadar jalan kelok 44nya saja, Anda juga akan disuguhi pemandangan yang memanjakan mata dan kesejukannya yang akan membuat Anda merasa relax.

14. Puncak Lawang

Dari Puncak Lawang Anda akan disuguhi keindahan Danau Maninjau dari atas puncaknya, dengan udara sejuk Anda juga dapat melihat pemandangan awan yang seolah mengapung di udara.

Tempat ini tentunya selain memanjakan mata akan membuat Anda merasa sangat tenang ketika menikmatinya.

15. Pantai Nirwana

Pantai yang satu ini menjadi salah satu pantai yang masih begitu asri di Bukittinggi. Pantai yang memiliki pepohonan rimbun dan terasa sangat sejuk ini akan semakin indah jika dikunjungi saat matahari terbenam.

Keindahan pantai yang satu ini tentunya akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa betah dan ingin kembali lagi ke Pantai Nirwana.

16. Danau Singkarak

Danau yang satu ini terkenal dengan kejernihan airnya, banyaknya pepohonan juga menambah sejuk udara disekitarnya.

Tidak hanya sekadar melihat keindahannya saja Anda bahkan dapat berkeliling Danau Singkarak menggunakan sampan milik nelayan lho.

Selain itu bagi Anda yang mungkin tertarik mengelilingi daerah sekitar Danau Singkarak, Anda dapat menaiki kereta api wisata yang memang disediakan di tempat ini.

17. Jembatan Gantung Guguak

Jembatan yang satu ini sempat viral di sosial media lho. Tak heran jika akhirnya tempat yang satu ini menjadi tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang memang instagramable.

Tidak hanya jembatan saja, di Jembatan Gantung Guguak ini Anda dapat melihat pemandangan Ngarai Sianyia yang memiliki dua buah air terjun kecil yang biasa dijadikan sebagai latar belakang saat berfoto.

18. Pasar Atas Bukittinggi

Nah setelah puas berwisata alam di Bukittinggi jangan lupa untuk berbelanja di Pasar Atas ya.

Di pasar yang berada dekat dengan Jam Gadang ini Anda akan menemukan berbagai macam buah tangan dan juga jajaran kuliner lezat yang menggugah selera.

Keindahan alam Bukittinggi memang sangat memanjakan mata. Tidak ada salahnya untuk Anda menjadikan Kota Bukittinggi sebagai tempat wisata saat liburan tiba.

Demikian artikel rekomendasi tempat wisata di Bukittinggi. Semoga dapat dijadikan pilihan destinasi wisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN