17 Tempat Wisata di Brebes yang Wajib Dikunjungi

Brebes merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal sebagai Kota Bawang. Brebes menawarkan pesona keindahan alam yang masih asri dengan udara yang sejuk, sehingga membuat siapa saja yang datang akan merasa betah dan ketagihan untuk kembali lagi.

Berlibur di Brebes menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan bersama kerabat dan keluarga, untuk melepas segala rasa lelah dari ramainya kehidupan di kota dengan berbagai rutinitas yang ada.

Brebes memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Brebes.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Brebes yang wajib Anda kunjungi:

1). Air Terjun Ranto Canyon

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Air Terjun Ranto Canyon memiliki pesona alam yang eksotis dengan pemandangan alam yang hijau dan tebing-tebingnya yang terjal.

Air Terjun Ranto Canyon memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 29 meter, dengan aliran air yang cukup jernih dan menyegarkan, ditambah pemandangan hijau yang mengelilinginya membuat suasana asri dan alami semakin terasa.

2). Pemandian Air Panas Tirta Husada

Lokasi: Kedungoleng, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Tirta Husada memiliki kolam air panas yang akan membuat tubuh Anda menjadi relaks dan kembali segar.

Dikelilingi oleh hutan pinus di sekitarnya membuat Anda bisa menikmati suasana alam yang sangat indah, sambil berendam air panas.

Anda cukup membayar Rp. 6000 saja per orang dan nikmati fasilitas yang sudah disediakan. Dan untuk menikmati kolam pemandian air panas dengan kamar mandi VIP dan karaoke keluarga, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

3). Curug Putri

Lokasi: Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Curug Putri dapat Anda jadikan salah satu tempat berkemah dengan udara serta pemandangan yang akan me-refresh tubuh Anda.

Namun memang untuk menikmati segala keindangan yang tersaji di sini Anda perlu melalui medan yang cukup menantang, dan akan sangat aman untuk dilalui dengan berjalan kaki saja.

Curug Putri ini dikelilingi oleh tebing-tebing alami yang membentuk ornamen khas alam yang juga menjadi daya tarik tersendiri.

4). Pantai Randusongo

Lokasi: Randusanga, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Pantai Randusongo menjadi tempat yang sangat tepat jika Anda ingin melihat pemandangan matahari terbenam di Brebes.

Pantai dengan hamparan pasir putih dan ombaknya yang cukup tenang akan membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini. Pantai Randusongo juga dikenal dengan budidaya rumput laut dan juga ikan bandengnya.

5). Waduk Malahayu

Lokasi: Malahayu, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Waduk Malahayu merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda yang ada di Brebes. Waduk ini digunakan untuk irigasi sekaligus tempat wisata, karena memang pemandangan yang tersaji di Waduk Malahayu ini akan sangat memanjakan siapa saja yang mengunjunginya.

Untuk menikmati keindahan dari Waduk Malahayu, Anda hanya perlu membayar biasa masuk seharga Rp 6.000 saja.

6). Candi Pangkuan

Lokasi: Hutan, Cilibur, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Candi Pangkuan ini merupakan sebuah hutan yang memiliki artefak candi dengan tinggi 50 cm, dimana di sekitarnya terdapat banyak pepohonan rindang yang usianya mencapai ratusan tahun.

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan hijau, serta udara yang sejuk karena banyaknya pepohonan di sekitar.

7). Desa Wisata Cisereun

Lokasi: Lereng Gunung Kumbang, Kec. Ketanggung, Kab. Brebes. Jawa Tengah.

Desa Wisata Cisereun merupakan sebuah daerah yang masiih memegang erat tradisi dan menjaga kebudayaan. Desa ini berada di Lereng Gunung Kumbang.

Anda akan diajak untuk mengenal tradisi dan budaya setempat, seperti adanya upacara Ngasa setiap hari Selasa Kliwon, yang merupakan simbol rasa syukur kepada Tuhan.

8). Kalibaya Park

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Kalibaya Park menyuguhkan pemandangan alam berupa puncak gunung dan juga pemandangan langsung ke Waduk Malahayu.

Tempat wisata yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan dari Pemerintah Desa Pasir Panjang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat Anda memiliki pengalaman berlibur yang seru, seperti outbound, gardu pandang, padang savana hingga ATV Track. Lokasi Kalibaya Park ini ada di puncak Malio.

9). Hutan Mangrove Kaliwlingi

Lokasi: Pandansari, Kaliwlingi, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Mangrove Kaliwlingi yang berada di Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi ini bertujuan untuk mencegah adanya abrasi yang makin meluas di pesisir Kabupaten Brebes.

Namun karena keindahan yang terhampar di lokasi ini akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata. Di sini Anda dapat menikmati keindahan hutan mangrove dan melihat budidaya biota laut yang memukau dengan menggunakan perahu kecil.

10). Bukit Panenjoan

Lokasi: Wanoja, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Memiliki lokasi yang strategis membuat Bukit Panenjoan menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar maupun wisatawan.

Anda bisa melihat matahari terbenam dengan pemandangan yang sangat indah di Bukit Panenjoan ini dengan duduk bersantai di kursi yang tersedia.

Anda juga dapat menyantap wisata kuliner yang ada di sekitar Bukit Panenjoan.

11). Waduk Penjalin

Lokasi: Jln. Raya Waduk Penjalin, Winduaji, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Waduk Penjalin memiliki luas sekitar 1.5 km, tempat ini telah dibangun pada tahun 1930 dan menyuguhkan panorama alan yang sangat indah. Anda perlu menjaga kebersihan saat berkunjung ke Waduk Penjalin ini untuk tetap membuatnya asri.

Waduk Penjalin dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk membuatnya menjadi destinasi wisata favorit keluarga apalagi saat sore hari.

12). Ciblon Waterboom

Lokasi: Jln. Yos Sudarso, Ps. Batang, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Ciblon Waterboom memiliki beragam wahana permainan air yang sangat menyenangkan. Objek wisata ini dapat Anda jadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga, karena menyediakan banyak fasilitas dan wahana permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa.

Ciblon Waterboom akan memberikan pengalaman berlibur yang seru dan menyenangkan.

13). Curug Panyusuhan

Lokasi: Tembongraja, Kec. Salem Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Curug Panyusuhan memiliki 7 air terjun dengan ketinggian dan ukuran yang berbeda. Anda perlu berjalan kaki sekitar 1,5 jam untuk bisa menikmati keindahan yang tersaji di Curug Panyusuhan ini.

Perjalanan yang memang cukup melelahkan tersebut akan terhempas seiring keindahan yang tersaji saat Anda sampai di curug, ditambah segarnya aliran air di bawahnya.

14). Kebun Teh Kaligua

Lokasi: Pandansari, Kec. Paguyangan Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Kebun Teh Kaligua akan memberikan Anda suasana sejuk yang akan membuat Anda betah. Destinasi wisata ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai sambil menikmati hamparan hijau perkebunan teh.

Suasana serta pemandangan perkebunan teh memang selalu menjadi favorit siapa saja, bahkan memberikan suasana yang selalu dirindukan.

15). Puncak Gunung Lio

Lokasi: Pabuaran, Kec. Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Gunung Lio menyajikan panorama alam yang sangat memesona. Puncak Gunung Lio menjadi tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai spot berkemah, sambil menikmati setiap jengkal pesona alam yang tersaji dari atas Puncak Gunung Lio ini, disertai udara sejuk dan menyegarkan.

Letak Puncak Puncak Gunung Lio ada di perbatasan daerah Salem dan Banjarharjo. Dari objek wisata Kalibaya Park, puncak gunung ini dapat ditempuh dalam kurun waktu beberapa menit saja.

16). Curug Rambukasang

Lokasi: Cisuerah Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Curug Rambukasang ini merupakan sebuah keindahan tersembunyi yang masih sangat jarang terjamah oleh tangan manusia, alhasil mampu menyuguhkan pemandangan yang masih sangat asri dan sejuk.

Walau memang untuk menikmati keindahan dan pesonanya Anda perlu menempuh jalan yang cukup sulit dan menantang. Curug Rambukasang memiliki air yang sangat jernih dan sangat menyegarkan.

17). Danau Beko

Lokasi: Jatilaba, Kec. Margasari, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

Danau Beko merupakan sebuah danau yang berasal dari kerukan jenis beko yang dulunya terbengkalai.

Anda akan disuguhkan sebuah hamparan karang putih yang mengelilingi air danau, dilengkapi dengan udara yang segar akan membuat Anda betah untuk berlama-lama di sini. Keindahan Danau Beko membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

17 Tempat Wisata di Kabupaten Klaten yang Wajib Dikunjungi

Klaten merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Dengan pusat pemerintahannya berada di Kota Klaten Kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Daerah…

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Terbaru

Sering kali anda sebagai pelajar maupun mahasiswa diminta untuk mengerjakan tugas berupa makalah, sayangnya tidak semua tahu cara membuat makalah…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Wajib Dikunjungi

Rembang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Mungkin nama kabupaten Rembang ini tidak cukup populer di telinga Anda. Namun…

Kasihan! Rela main belakang demi punya momongan, Syahrini disebut sulit hamil karena hal ini

Tiga tahun menjalin bahtera rumah tangga dengan Reino Barack, Syahrini harus menerima kenyataan belum juga dikaruniai momongan. Penyanyi cantik ini…

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah dan Syarat Pengurusan Terbaru

Apakah Anda berencana untuk mengurus balik nama sertifikat tanah setelah transaksi? Pertama, Anda harus mengetahui detail biaya yang harus dikeluarkan…

Apa Itu Leasing Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya

Leasing adalah sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah…

‘Dukun-dukun Langsung Resign’, Pesulap Merah Gandeng Hotman Paris Jadi Pengacara, Firdaus Oiwobo Kebakaran Jenggot: Sesat Semua!

Makin panas, Pesulap Merah alias Marcel Radhival dan dr Richard Lee kini gandeng Hotman Paris sebagai pengacara untuk lawan para…

Foto-foto Istri Sambo di Rekonstruksi: Tiduran dan Adegan Yosua Masuk Kamar

Putri Candrawathi, istri Sambo yang menjadi salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J ikut melakukan rekonstruksi yang digelar hari ini…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…