17 Tempat Wisata di Boyolali yang Wajib Dikunjungi

Boyolali merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Boyolali memiliki beragam destinasi wisata, termasuk wisata alam yang akan memanjakan Anda dengan keindahan yang disuguhkannya.

Tidak hanya itu Anda juga akan dibuat betah dengan udara sejuk serta suasana alam yang masih sangat asri di kabupaten Boyolali ini.

Berlibur ke Boyolali akan memberikan Anda pengalaman yang menyenangkan, yang akan membuat Anda ketagihan untuk kembali menikmati sajian alamnya.

Boyolali memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Boyolali.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Boyolali yang wajib Anda kunjungi:

1). Lembah Gunung Madu

Lokasi: Jl. Raya Simo-Klego KM. 5, Gunung Madu, Tanjung, Klego, Kedunglengkong, Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Lembah Gunung Madu merupakan tempat bersejarah yang dimana dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian masyarakat Indonesia dari jajahan Jepang.

Dibalik cerita sejarahnya, destinasi wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, udara yang sejuk, serta suasana yang menyegarkan,

2). Bukit Gancik

Lokasi: Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Bukit Ganik menyuguhkan panorama alam yang hijau, disertai kabut tipis yang menambah elok pemandangan yang ada.

Anda bisa menikmati keindahan yang tersaji di sini dengan berpiknik, sehingga moment liburan terasa lebih seru dan juga penuh kebersamaan.

Bukit Ganik juga menyediakan gardu pandang yang menjadi spot foto favorit para pengunjung.

3). Air Terjun Semuncar

Lokasi: Candisari, Kec. Ampel, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Air Terjun Semuncar memiliki keindahan yang tersembunyi, sehingga saat Anda berkunjung ke sini akan disuguhkan suasana alam yang masih begitu asri dan udara yang bersih.

Air Terjun Semuncar berada di Desa Candisari, lebih tepatnya di dekat lereng Gunung Merbabu sebelah timur.

Walau memang Anda harus menempuh lokasi dengan jalan yang cukup sulit, tetapi keindahan yang dimilikinya akan menghapuskan rasa lelah yang dirasakan.

4). Ekowisata Tlatar

Lokasi: Gombol, Tlatar, Kebonbimo, Kec. Boyolali, Kab.Boyolali, Jawa Tengah.

Ekowisata Taman Air Tlatar merupakan taman wisata air yang keragaman sumber daya alam. Di sini Anda akan belajar serta melihat langsung proses pembudidayaan ikan.

Juga menikmati panorama di bawah air yang begitu sangat menakjubkan. Ekowisata Taman Air Tlatar akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang mengesankan dan juga menyenangkan.

5). Pemandian Umbul Pengging

Lokasi: Umbulsari, Bendan, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Pemandian Umbul Pengging ini memiliki air yang sangat jernih dan juga menyegarkan, yang di dasar kolamnya terdiri dari batu halus sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pemandian Umbul Pengging dulunya merupakan tempat pemandian keluarga keraton, sehingga saat berkunjung ke sini Anda akan melihat dan merasakan nuansa keraton dengan pemandangan sekitarnya yang memesona.

6). Oemah Bamboo Merapi

Lokasi: Plalangan, Lencoh, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Oemah Bamboo Merapi hadir dengan konsep rumah bambu dengan pemandangan alam yang hijau dan menyejukkan, karena memang berada di sekitar perbukitan dan pegunungan. Saat berada di sini Anda akan merasakan suasana alam yang tradisional dan sejuk.

Oemah Bamboo Merapi merupakan destinasi wisata yang cukup populer di kalangan pendukuk lokal dan juga selalu berhasil menarik minat para wisatawan baik dari dalam maupun luar kota.

7). Waduk Cengklik

Lokasi: Jl. Raya Waduk Cengklik, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Waduk Cengklik termasuk salah satu waduk yang memiliki usia cukup tua karena dibangun pada masa penjajahan Belanda.

Waduk Cengklik dapat Anda jadikan salah satu tempat di Boyolali untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dengan pemandangan yang sungguh memesona.

Karena keindahannya, tak heran Waduk Cengklik seringkali didatangi oleh para fotografer untuk mendapatkan hasil jepretan bernuansakan senja.

8). Gunung Merbabu

Lokasi: Suroteleng, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Jika Anda suka mendaki, Gunung Merbabu cocok untuk Anda jadikan pilihan tempat wisata yang ada di kabupaten Boyolali.

Gunung Merbabu menawarkan pemandangan yang sangat elok, dimana Anda juga bisa menemukan pemandangan berupa padang sabana yang dipenuhi bunga edelweis saat akan menuju ke puncak Merbabu.

Apalagi saat Anda sudah sampai di puncak Gunung Merbabu ini akan membuat rasa lelah yang menerjang langsung sirna.

9). Agrowisata Sapi Perah

Lokasi: Cepogo, Paras, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Agrowisata Sapi Perah ini akan mengajak Anda untuk melihat bagaimana proses pemerahan susu sapi, memerah susu sapi, dan menikmatinya secara langsung.

Adanya objek wisata ini juga menjadi salah satu ikon dari kabupaten Boyolali, yang mana terkenal seabgai penghasil susu sapi perah yang ada di Indonesia.

10). Pemandian Kedung Goro

Lokasi: Jl. Raya Wonosegoro, Bolo, Wonosegoro, Kauman, Kemusu, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Pemandian Alam Kedung Goro memiliki air yang sangat sejuk dan juga menyegarkan. Anda juga bisa melakukan aktivitas menyelam, karena memang tempat pemandian ini memiliki kedalaman yang cukup dalam.

Pemandian Kedung Goro dikelilingi oleh hutan dan pohon hijau yang tinggi, hal tersebut membuat suasana di sin menjadi sejuk.

11). Waduk Kedung Ombo

Lokasi: Kab. Grobogan, Kab. Sragen dan Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Selain sebagai tempat wisata, Waduk Kedung Ombo ini juga digunakan sebagai salah satu irigasi persawahan milik penduduk sekitar.

Waduk Kedung Ombo menyugugkan pemandangan yang sangat indah, dilengkapi dengan beragam aktivitas yang mungkin untuk Anda lakukan, seperti memancing, berkemah, menikmati santapan di rumah makan apung, dan wisata air.

12). Kampung Air Kragilan

Lokasi: Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Kampung Air Kragilan menyajikan panorama alam yang menyejukkan mata, lokasinya yang dikelilingi oleh perbukitan hijau juga membuat udara di sini terasa menyegarkan.

Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan di desa wisata ini seperti live musik, waterboom, gazebo, dan rumah makan.

Sehingga Anda dapat menikmati pemandangan di sini sambil mendengarkan alunan musik, menyantap makanan, dan bersantai.

13). New Selo

Lokasi: Samiran, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

New Selo mengajak Anda untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian, sehingga Anda bisa melihat landscape kabupaten Boyolali dengan lebih luas lagi.

Destinasi wisata ini merupakan tempat yang populer di masyarakat Boyolali, karena memang keindahan yang tersaji akan membuat siapa saja terhipnotis dan betah untuk tinggal di sini.

Untuk menikmati keindahan New Selo, Anda perlu berhati-hati karena harus melewati lereng yang cukup terjal walaupun memang akses jalannya cukup bagus.

14). Candi Sari

Lokasi: Desa Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Candi Sari hadir sebagai objek wisata sejarah, di sini terdapat beberapa peninggalan sejarah yang masih terjaga kelestariannya.

Bukit yang ada di Candi Sari ini menjadi sumber mata air penduduk sekitar, juga terdapat cerita/legenda tersendiri yang menyertainya, yang juga masih dipercayai oleh masyarakat Boyolali.

15). Candi Lawang

Lokasi: Dangean, Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Candi Lawang merupakan situs candi peninggalan sejarah terutama para wali. Dimana di sekliling Candi Lawang ini hanya terdapat batu berornamen saja, tidak ada arca atau relief.

Juga terdapat bebatuan yang tersebar dan belum disusun di sekitar candi. Candi Lawang memiliki keunikan tersendiri, karena candi ini merupakan peninggalan Hindu di abad ke 9.

16). Brown Canyon

Lokasi: Kragilan, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Brown Canyon merupakan sebuah bukit bekas penambangan batuan yang mengandung mineral, karena keindahannya akhirnya bukit ini dijadikan tempat wisata yang banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Di sini Anda dapat berfoto di spot foto yang telah tersedia.

17). Kampung Lele

Lokasi: Jl. Kampung Lele, Mangkubumen, Tegalrejo, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Jawa Tengah.

Kampung Lele mengangkat konsep tradisional dan pedesaan. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk diajarkan cara menangkap dan melakukan budidaya ikan lele.

Kampung Lele menawarkan pengalaman berlibur yang seru dan menyenangkan, dan menjadi destinasi wisata yang tepat untuk berlibur bersama keluarga.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Terbaru

Sering kali anda sebagai pelajar maupun mahasiswa diminta untuk mengerjakan tugas berupa makalah, sayangnya tidak semua tahu cara membuat makalah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jombang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jombang memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Tak heran dinamai Jombang yang memiliki arti “sedap dipandang”. Salah satu…

Sosok Biduan yang Sedang Hamil Ini Nangis, Imbas Lihat Ulah Ayu Ting Ting di Acara TV, Ada Apa?

Lihat aksi Ayu Ting Ting di acara TV, sosok biduan yang sedang hamil, Zaskia Gotik menangis. Menangis, sosok biduan yang…

Tanggapi Somasi dari Mbak Rara gegara Bongkar Trik Pawang Hujan, Pesulap Merah Santai: Saya Gak Nyebut Nama Dia!

Mbak Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022, mlayangkan somasi kepada Pesulap Merah karena telah membongkar trik pawang hujan yang dilakukannya.…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

Foto Penampakan Jenazah Brigadir J Sesaat Usai Dieksekusi Ferdy Sambo cs

Komnas HAM menunjukkan foto jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, terkapar di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Foto…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tuban yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tuban memang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam ini juga menyimpan banyak sejarah menarik…

15 Tempat Wisata di Jembrana Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jembrana dan kebudayaan Bali memang menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan kekayaan budayanya kabupaten yang satu ini juga…

Dulu Nangis Saat BBM Naik, Sekarang Megawati Minta Rakyat Jangan Cengeng, Anak Buah AHY: Itu Tangisan ‘Drama’

Politikus Partai demokrat Yan Harahap menyinggung Megawati Soekarnoputri soal tangisannya dulu ketika Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. Menurutnya, tangisannya saat…

Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar ke Polisi soal Dugaan KDRT

Penyanyi dangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),…