16 Tempat Wisata di Bondowoso yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bondowoso memang menjadi salah satu daerah yang kaya di Indonesia. Kaya akan keindahan alamnya, kaya dengan budaya dan juga tradisinya, bahkan juga terkenal dengan kerajinan kuningannya.

Kabupaten Bondowoso memang menjadi salah satu daerah yang cocok untuk dijadikan tempat pilihan berwisata Anda.

Bagi Anda yang tertarik dengan kekayaan Kabupaten Bondowoso, berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Bondowoso:

1. Air Terjun Blawan

Salah satu tempat wisata yang harus Anda kunjungi selama berada di Bondowoso adalah Air Terjun Blawan.

Salah satu air terjun yang ada di Bondowoso ini disebut-sebut sebagai Niagara versi mini lho.

Keindahan alam dan udaranya yang sejuk pasti membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Selain itu Anda juga bisa ber-swafoto dengan keindahan alam yang ada lho.

2. Puncak Piramid

Ingin melihat keindahan alam Kabupaten Bondowoso dari ketinggian ? Puncak Piramid ini dapat Anda jadikan salah satu destinasi wisata ketika berada di Bondowoso.

Selain keindahan alam Bondowoso yang hijau, Puncak Piramid juga memiliki keindahan alam hijau lho. Jadi tentunya udara sejuk akan menemanimu selama berada di Puncak Piramid ini.

3. Kawah Wurung

Salah satu keindahan alam yang wajib Anda nikmati selama di Bondowoso adalah Kawah Wurung.

Keindahan kawah dan hamparan rerumputan hijau yang menyejukkan mata memang menjadi daya tarik tersendiri dari Kawah Wurung ini.

Tidak hanya rumput saja, banyak juga beragam jenis bunga bisa Anda temui di tempat ini.

4. Gunung Raung

Senang mendaki gunung ? Gunung Raung menjadi salah satu gunung yang tidak boleh Anda lewatkan.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl ini juga memiliki kaldera yang terys menerus mengeluarkan asap lho.

Di atas gunung ini Anda akan melihat pemandangan indah langit biru dengan awan yang begitu terlihat bersih.

5. Pegunungan Hyang

Tempat yang memang sudah dijadikan sebagai objek wisata ini memang telah memiliki akses jalan yang cukup baik, bahkan Anda dapat menggunakan motor ataupun mobil untuk sampai di area Pegunungan Hyang.

Puncak tertinggi dari Pegunungan Hyang sendiri berada di Gunung Argopuro lho. Tempat wisata yang memang buka selama 24 jam ini lebih indah jika Anda kunjungi pada waktu matahari terbit ataupun matahari terbenam.

6. Bosamba Rafting

Ingin berwisata sambil memacu adrenalin ? Bosamba Rafting dapat Anda jadikan pilihan. Aliran air terjun dan juga air sungainya yang terbilang deras memang cocok untuk digunakan rafting.

Meskipun agak menantang, namun tentu rafting menjadi salah satu kegiatan yang begitu menyenangkan.

7. Bukit Mahadewa

Bukit Mahadewa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk Anda menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Tidak hanya menikmati keindahan alam yang ada, Anda juga dapat mengabadikan momen lho di beberapa spot foto yang ada di Bukit Mahadewa ini.

Bagi Anda yang senang bersepeda sambil memacu adrenalin Anda juga dapat bersepeda menaiki Bukit Mahadewa.

8. Situs Megalitikum Bondowoso

Situs Megalitikum memang selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata bersejarah di Bondowoso ini memiliki banyak sekali peninggalan zaman batu besar.

Tidak hanya tentang sejarahnya saja, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di Situs Megalitikum Bondowoso yang sangat asri ini.

9. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

Senang meminum kopi ? Anda perlu merasakan sensasi minum kopi langsung di Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit. Perkebunan kopi dengan luas 4.000 hektar ini juga berada di ketinggian 900 mdpl lho.

Terbayang bukan bagaimana menyenangkannya menikmati secangkir kopi hangat dengan udara yang dingin ? Tidak hanya menikmati kopinya saja, Anda juga dapat ikut melihat proses pembuatan kopi lho di tempat ini.

10. Museum Kereta Api Bondowoso

Bagi Anda yang senang berwisata sambil menambah pengetahuan, Museum Kereta Api Bondowoso ini menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan.

Di museum yang satu ini Anda akan mempelajari tentang proses perkembangan kereta api dimulai dari zaman kolonial Hindia Belanda lho.

11. Air Terjun Belerang

Air Terjun Belerang ini memang cukup menarik lho. Air belerang yang terjun di tempat ini berasal dari Kawah Ijen.

Bebatuan besar yang ada di air terjun yang satu ini juga bahkan menambah keeksotisan alam yang ada.

Tidak hanya itu, Air Terjun Belerang ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang akan memanjakan mata Anda.

12. Air Terjun Tancak Kembar

Tidak kalah menarik dari Air Terjun Belerang, Air Terjun Tancak Kembar juga memiliki daya tariknya tersendiri lho.

Anda akan menemukan aliran air terjun yang terbelah mejadi dua dengan ketinggiannya yang mencapai 77 meter.

Airnya yang jernih dan deras juga akan membuat Anda merasakan sensasi kesegaran berada di air terjun yang satu ini.

13. Air Terjun Gentongan

Bondowoso memang memiliki beragam air terjun yang cukup menarik, Air Terjun Gentongan ini juga memiliki tebing karst yang eksotis lho.

Tidak hanya itu, aliran air di Air Terjun Gentongan ini berasal dari Kawah Ijen yang mengandung belerang. Tak jarang banyak orang yang datang ke tempat ini untuk mengobati penyakit kulit.

14. Rawa Indah Almour

Ingin menikmati keindahan alam dengan fasilitas yang lengkap ? Rawa Indah Almour ini menawarkan wisata paket lengkap lho untuk Anda.

Keindahan alam yang begitu menenangkan, area untuk bermain outbound, area memancing, gazebo, cafe, dan fasilitas bermain lainnya ada di tempat yang satu ini.

15. Kawasan Labeng Seng

Keindahan alam Bondowoso memang tidak ada habisnya, Kawasan Labeng Seng sendiri memang belum banyak diketahuin wisatawan.

Keindahan yang ditawarkan Kawasan Labeng Seng sendiri memang begitu mengagumkan. Hamparan alam hijau tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini sambil melepas penat.

16. Kawah Ijen

Nah rekomendasi tempat wisata terakhir dari kami adalah Kawah Ijen, salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Bondowoso dan juga Banyuwangi ini memang begitu terkenal.

Kawah yang sampai saat ini masih terus mengeluarkan belerang ini masih digunakan sebagai tempat beraktivitas para penambang belerang, maka dari itu ketika Anda berkunjung ke Kawah Ijen Anda akan melihat aktivitas para penambang membawa bongkahan batu belerang.

Uniknya, di Kawah Ijen Anda juga akan menyaksikan secara langsung adanya blue fire yang menjadi fenomena alam yang cukup langka di dunia, namun tentunya untuk dapat melihat blue fire ini Anda perlu mengunjungi Kawah Ijen sebelum matahari bersinar, karena warna birunya akan lebih terlihat menyala.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Bondowoso. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN