15 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bojonegoro memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata alamnya, Anda juga dapat mengunjungi wisata budaya dan juga religi yang ada di Kabupaten Bojonegoro ini.

Sejarah masa lampau yang masih terdengar hingga saat ini bahkan menjadikan beberapa tempat wisata di Bojonegoro kental dengan kesan mistis lho. Meski begitu kesan mistis yang ada kalah dengan keunikkan tempat wisatanya.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Bojonegoro, berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Kabupaten Bojonegoro:

1. Waduk Pacal

Waduk yang telah ada sejak zaman pemerintahan Kolonial Hindia Belanda ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan ketika berada di Kabupaten Bojonegoro.

Dibalik fungsinya yang menjadi sumber irigasi bagi warga sekitar ini keindahannya memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bahkan banyak para calon pengantin berfoto pre-wedding di Waduk Pacal ini.

2. Wana Tirta Dander

Jika Anda ingin berwisata bersama keluarga dan juga anak-anak, Wana Tirta Dander ini menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk Anda.

Berbagai wahana permainan yang ditawarkan pun terbilang cukup menarik seperti lapang golf, waterboom, kolam arus, area outbound, dan masih banyak pilihan lainnya.

3. Bukit Tono

Senang menikmati keindahan alam sambil ber-swafoto ? Ada dapat menjadikan Bukit Tono sebagai destinasi wisata pilihan Anda.

Kawasan yang merupakan perladangan ini memang seringkali dijadikan tempat berkemah lho, baik oleh para wisatawan ataupun warga lokal.

Menariknya, dengan keindahan alam yang ada Anda dapat berfoto di spot foto yang telah disediakan.

4. Wisata Negeri di Atas Angin

Lokasinya yang berada di atas bukit dengan angin yang cukup kencang memang membuat tempat yang satu ini dinamai sebagai Negeri di Atas Angin.

Dari ketinggian ini Anda akan melihat keindahan alam Kabupaten Bojonegoro lho. Tidak hanya menikmatinya sebentar saja, Anda dapat berkemah juga di tempat yang satu ini.

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan disini adalah momen saat matahari terbit, pasti membuat Anda takjub dengan keindahannya.

5. Air Terjun Kedung Maor

Air terjun yang airnya selalu jernih ini memang begitu menyegarkan. Belum lagi tebingnya yang begitu indah membentuk secara alami.

Pepohonan yang ada di sekitar Air Terjun Kedung Maor ini pun memberi sensasi kesejukan di tempat ini. Berkunjung ke Air Terjun Kedung Maor tentu akan berhasil menghilangkan penatnya aktivitas sehari-hari.

6. Bendungan Gerak Bojonegoro

Keindahan alam dari Bendungan Gerak Bojonnegoro ini memang sudah tidak diragukan lagi.

Aliran air bendungan dan hamparan rumput hijau disekitarnya membuat siapa saja jatuh cinta dengan tempat yang satu ini.

Tak jarang banyak pasangan yang berfoto pre-wedding di Bendungan Gerak Bojonegoro ini.

7. Teksas Wonocolo

Tempat wisata yang memang memiliki konsep mirip seperti Texas di Ameraka Serikat ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Bojonegoro akhir-akhir ini.

Namun warga setempat sengaja membuat namanya menjadi Teksas bukan Texas, dimana kata Teksas ini sendiri merupakan sebuah singkatan dari “Tekad Selalu Aman dan Sejahtera”.

Selain mirip dengan Texas, di tempat ini Anda akan menemui 250 sumur minyak bumi lho, menarik bukan?

8. GoFun Entertainment Complex

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin berwisata di malam hari. GoFun Entertainment Complex juga memiliki banyak wahana yang menarik lho.

Tidak hanya wahananya saja, bagi Anda yang hanya ingin berjalan-jalan malam tempat yang satu ini juga cukup indah untuk dikunjungi karena banyak kerlipan lampu berwarna-warni yang menghiasinya.

9. Petilasan Angling Darma

Petilasan Angling Darma memang menjadi salah satu tempat bersejarah di Bojonegoro. Tempat yang disebut-sebut merupakan tempat Angling Darma melakukan ritual ini memang memiliki arsitektur yang begitu khas.

Lokasinya yang berada di tengah persawahan yang jauh dari pemukiman penduduk ini bahkan disebut sebagai tempat Angling Darma dihukum dan dikutuk menjadi seekor burung belibis.

10. Hutan Jati

Tentu Anda tau bahwa Bojonegoro memang menjadi salah satu daerah penghasil kayu jati terbaik di Indonesia.

Jadi Hutan Jati ini menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Kabupaten Bojonegoro.

Alam asri dan pemandangannya yang terbilang instagramable memang cocok untuk Anda ber-swafoto.

Tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja, ditempat ini juga banyak sekali berbagai olahan kuliner khas Bojonegoro yang dapat Anda coba.

11. Sendang Grogolan

Sendang Grogolan menawarkan air jernih yang begitu menyegarkan. Udara sekitarnya yang jernih juga akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

Tidak hanya menikmati keindahannya lewat indera pengelihatan saja, Anda juga dapat melakukan aktivitas rafting lho di Sendang Grogolan.

12. Waduk Pedang

Waduk Pedang atau biasa juga disebut sebagai Embung Pedang sebenarnya merupakan aliran air yang dibuat untuk pengairan.

Namun keindahan alam sekitarnya yang asri dan terawat membuat wisatawan dan juga warga lokal seringkali mengunjungi tempat yang satu ini untuk melepas penat.

13. Agrowisata Belimbing

Bagi Anda yang suka dengan buah belimbing tempat yang satu ini menjadi surganya belimbing lho di Kabupaten Bojonegoro.

Selain menikmati buah belimbing langsung dipetik dari pohonnya, ada juga gazebo yang memang disediakan untuk Anda bersantai di tempat ini sambil menikmati indahnya perkebunan belimbing.

14. Kayangan Api

Salah satu fenomena unik yang ada di Kabupaten Bojonegoro ini memang menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Bojonegoro. Uniknya bahkan api abadi ini pernah menjadi tempat pengambilan api untuk obor PON XV lho.

Api yang memang sudah menyala sejak zaman Kerajaan Majapahit ini bahkan memiliki beberapa sumur yang digunakan untuk merendam pusaka oleh masyarakat setempat, ya tempat yang unik dan juga sakral ini memang memiliki kesan mistis yang masih melekat hingga saat ini.

15. Batu Semar

Batu Semar juga menjadi salah satu hal yang harus Anda lihat ketika berkunjung ke Bojonegoro. Batu yang diletakan di Alun-Alun Bojonegoro ini memang masih menjadi misteri hingga saat ini.

Batu yang berasal dari muntahan Gunung Pandan ini dipercaya memiliki hubungan spiritual dengan Eyang Gendro Sari yang menjadi penguasa dari Gunung Pandan.

Bahkan sebelum Batu Semar ini ditempatkan di Alun-Alun Bojonegoro banyak masyarakat yang sering menjadikannya sebagai tempat untuk melangsungkan ritual lho.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN