22 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Bogor yang dijuluki sebagai Kota Hujan memanglah memiliki curah hujan yang tinggi. Meski begitu tingginya curah hujan di Bogor justru membuat tanahnya begitu subur. Tidak heran jika di Bogor Anda dapat menemui banyak sekali tanaman hijau yang menyegarkan mata.

Salah satu kota yang jaraknya tidak jauh dari Jakarta ini memiliki begitu banyak objek wisata yang dapat Anda kunjungi. Tidak heran jika kota yang satu ini seringkali macet dimusim liburan.

Padatnya aktivitas sehari-hari memang membuat waktu bersama keluarga begitu terasa sangat singkat, oleh karena itu banyak orang memanfaatkan waktu libur untuk berwisata berasama keluarga tercinta.

Banyaknya pilihan destinasi wisata di Bogor tentu membuat Anda bingung harus berwisata ke tempat yang mana. Untuk memudahkan Anda dalam memilih objek wisata di Bogor, berikut ini rekomendasi tempat wisata paling populer di Bogor:

1. Kebun Raya Bogor

Kebun yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda ini memang begitu indah. Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar namanya. Kebun Raya Bogor seringkali didatangi para wisatawan saat musim libur tiba.

Bagaimana tidak, di tempat yang menyajikan keindahan alam yang sejuk dan asri ini juga dapat Anda temui berbagai kuliner lezat yang menggugah selera.

Bayangkan betapa menyenangkannya berwisata bersama keluarga di tempat sejuk sembari memakan makanan lezat, tentunya mengasyikan bukan?

2. Situ Gede

Situ Gede merupakan sebuah objek wisata berupa danau yang seringkali didatangi oleh para wisatawan.

Danau yang juga merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda ini juga memiliki keindahan yang membuat banyak wisatawan jatuh cinta melihatnya. Selain itu Anda juga dapat menikmati fasilitas-fasilitas lainnya lho di Danau ini.

3. Sindang Barang

Tempat yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh budaya Sunda. Kampung budaya yang satu ini akan mengajarkan alat musik dan juga kesenian tradisional Sunda.

Hal ini tentunya akan menjadi hal menyenangkan terlebih untuk para anak muda penerus bangsa, sambil berwisata, sambil belajar, dan melestarikan budaya lokal.

4. Pemandian Gunung Peyek

Selain di Bandung, Anda juga dapat menemukan pemandian air panas lho di Bogor.

Di Pemandian Air Panas Gunung Peyek Anda dapat berendam air hangat sambil menikmati indahnya pemandangan yang asri memanjakan mata.

Dijamin setelah pulang dari tempat ini Anda akan merasa lebih relax dan siap untuk kembali beraktivitas lagi.

5. Istana Bogor

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Bogor tanpa mendatangi Istana Bogor.

Selain menambah wawasan nasionalisme, di tempat ini juga Anda dapat melihat rusa-rusa berkeliaran secara bebas.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Istana Bogor secara cuma-cuma alias gratis lho.

6. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara dapat Anda jadikan pilihan tempat wisata yang instagramable lho. Di tempat ini Anda dapat menemui berbagai jenis bunga dan juga tanaman yang dibentuk sedemikian rupa.

Taman yang memiliki luas sekitar 23 hektar ini akan membuat Anda merasa senang, terlebih untuk Anda yang menyukai tanaman.

Selain menikmati beragam bunga, Anda juga dapat bermain permainan lainnya seperti ATV, go-kart, taman labirin, dan masih banyak permainan lainnya.

7. Highland Park Resort

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki pengalaman glamour camping atau glamping.

Fasilitas tenda-tenda ala Mongolia yang dilengkapi karaoke, foot reflexology, kolam renang, lapang futsal, dan flying fox tentunya akan menyenangkan jika didatangi bersama orang tercinta.

8. Taman Wisata Gunung Pancar

Nah jika tempat yang sebelumnya menawarkan glamour camping, tempat yang satu ini menawarkan keasrian alam.

Tak heran kenapa tempat yang satu ini disebut sebagai Gunung Pancar, karena di siang hari banyaknya pepohonan di tempat ini membuat seolah matahari memancarkan sinarnya secara indah ke tempat ini.

Tempat yang dikenal sebagai bumi perkemahan ini juga seringkali dijadikan tempat foto pre-wedding lho karena keindahannya.

9. Curug Ciherang

Anda dapat menemui pemandangan indah dari ketinggian bukit di Curug Ciherang.

Selain keindahan alam yang hadir secara alami, tempat yang satu ini juga memiliki jembatan kayu gantung yang cukup instagramable dan sempat viral beberapa waktu lalu.

10. Suaka Elang Loji

Nah bagi Anda yang senang memburu tempat wisata hits, Suaka Elang Loji dapat Anda jadikan pilihan.

Pemandangan hutan pinus yang memanjakan mata tentunya sangat cocok untuk Anda berfoto.

Jika belum puas menikmati keindahannya sebentar saja, Anda juga dapat berkemah di sekitar tempat ini.

11. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa yang memang dijadikan objek wisata ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah lho.

Tidak perlu khawatir dengan rusa-rusanya, karena di tempat ini Anda akan menemukan rusa-rusa jinak yang terbiasa hidup dengan keramaian manusia.

Tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak berwisata ke tempat yang satu ini agar menumbuhkan rasa kasih sayangnya terhadap binatang.

12. Museum PETA

Museum yang satu ini menjadi salah satu bukti sejarah kemerdekaan Indonesia.

Di museum ini dapat Anda temui beberapa seragam lengkap dengan senjatanya yang digunakan para pasukan untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia.

Sembari berwisata kita dapat menambah wawasan dan juga kecintaan terhadap bangsa sendiri di museum ini.

13. Museum Balai Kitri

Selain Museum PETA, di Bogor juga Anda dapat berkunjung ke Museum Balai Kitri.

Museum yang menyimpan cerita sejarah para pemimpin Negara Indonesia ini merangkum kisah presiden dari mulai Ir. Soekarno hingga presiden yang menjabat saat ini, agar nantinya dapat dilihat oleh para penerus bangsa.

14. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Bogor juga memiliki museum khusus yang menyimpan segala kekayaan alam Indonesia lho.

Museum ini menjadi pengingat bagi para Warga Negara Indonesia agar mensyukuri dan dapat menjaga kekayaan alam yang ada agar terus lestari.

15. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian air panas yang satu ini juga cukup populer lho di Bogor. Pemandian air panas yang menyediakan kolam berendam privat ini cocok bagi Anda yang menginginkan berendam air panas tanpa bercampur baur dengan orang lain.

Selain itu, tempat yang satu ini juga memiliki tempat terapi lintah, fish pedicure, dan juga permainan outbond untuk anak.

16. Bukit Alesano

Bukit Alesano juga disebut sebagai bukit bintang. Tempat wisata yang satu ini menawarkan sensasi camping di atas ketinggian yang dikelilingi keindahan kota Bogor yang pada malam hari memancarkan sinarnya seperti bintang-bintang bertaburan.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati matahari terbit dengan latar belakang pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede lho.

17. Leuwi Lieuk

Tempat wisata yang satu ini disebut-sebut sebagai Green Canyonnya Bogor lho.

Meskipun perjalanan yang harus dilalui cukup sulit karena harus berenang dari Leuwi Cepet namun pemandangan sungai hijau yang akan Anda dapat akan membuat Anda melupakan bagaimana sulitnya akses ke Leuwi Lieuk.

18. Little Venice Kota Bunga

Berbeda dengan Taman Bunga, Kota Bunga menghadirkan sesuatu yang lebih menarik dan instagramable.

Disini para wisatawan dapat merasakan sensasi mendayung gondola seolah berada di Venesia lho. Selain itu Anda akan menemukan banyak sekali spot foto indah dan ditemani udara yang sejuk.

19. Devoyage

Devoyage menjadi salah satu tempat wisata yang menyajikan sensasi berada di Eropa.

Di tempat ini Anda akan menemukan Eropa dalam bentuk kecil-kecilan, ada Bryggen Mini, Menara Eiffel, dan juga kanal-kanal yang akan membuat Anda merasa berada di Venesia.

20. Pura Parahyangan

Pura Parahyangan sendiri sebenarnya merupakan tempat ibadah umat Hindu di Bogor.

Namun karena kemegahan arsitekturnya banyak wisatawan yang akhirnya tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Selain melihat kemegahannya dan ber-swafoto di tempat ini juga Anda dapat mempelajari sejarah dan budaya Hindu.

21. Paragliding Bogor

Tempat yang satu ini cocok dicoba bagi Anda yang senang merasakan adrenalin diatas ketinggian.

Sensasi terbang dari atas puncak ini akan menyuguhkan Anda keindahan lahan hijau di kota Bogor dengan sensasi udara yang sejuk.

Tidak perlu khawatir, Paragliding Bogor ini akan memberikan pengamanan dengan cara memberikan pilot berpengalaman untuk menemani Anda.

22. Curug Cibaliung

Rekomendasi destinasi wisata Bogor terakhir dari kami adalah Curug Cibaliung.

Curug yang akan menyuguhi Anda pemandangan air biru yang jernih ini tentu akan menjadi pengalaman menarik bagi Anda.

Tempat wisata yang satu ini juga belum banyak diketahui oleh wisatawan lho.

Bogor memang menarik untuk dikunjungi, wisata alam dan juga tempat wisata lainnya memang memberikan ketenangan selama kita berwisata.

Demikian artikel mengenai tempat wisata di Bogor. Semoga dapat dijadikan destinasi wisata pilihan Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN