15 Tempat Wisata di Blitar yang Wajib Dikunjungi

Blitar memang banyak dikenal warga Indonesia, terlebih Kabupaten Blitar juga menjadi tempat presiden pertama Indonesia dilahirkan dan juga dimakamkan.

Selain kental dengan sejarah dan juga budayanya, di Blitar Anda juga dapat menemui banyak sekali tempat wisata yang menarik lho.

Tidak hanya sekadar berwisata banyak tempat wisata yang menawarkan edukasi dan juga sejarah yang patut Anda ketahui.

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Kabupaten Blitar, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Kabupaten Blitar:

1. Candi Penataran

Candi yang berada tepat di bawah kaki Gunung Kelud ini tentu membuatnya memiliki udara yang sejuk.

Candi yang telah dibuat di tahun 1194 ini dibuat sebagai tempat pemujaan dengan tujuan agar dapat terhindar dari marabahaya karena pada saat itu Gunung Kelud seringkali meletus.

Meskipun Candi Penataran ini baru dikenal oleh banyak kalangan masyarakat pada tahun 1850 namun eksistensinya justru masih bertahan hingga saat ini.

Banyak wisatawan yang juga tertarik berkunjung ke Candi Penataran ini karena keberadaannya yang tepat di bawah kaki Gunung Kelud.

2. Pantai Gondo Mayit

Nama pantai yang satu ini memang cukup menyeramkan, nama “Gondo Mayit” sendiri dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai “bau mayat” hal ini karena di zaman dulu ditemukan banyak sekali jenazah di pantai yang satu ini.

Meskipun namanya cukup menyeramkan namun keindahan Pantai Gondo Mayit memang begitu mempesona, pasir pantai yang putih dan air laut jernih berwarna kebiruan ini tentu akan memanjakan mata Anda.

Selain itu, lokasinya yang berada di balik Bukit Pantai Tambak Rejo ini membuatnya dikelilingi pemandangan hijau yang begitu mempesona.

3. Petilasan Rambut Monte

Petilasan Rambut Monte sendiri merupakan sebuah telaga yang begitu indah, di telaga ini Anda akan menemukan ratusan ikan langka asli Indonesia.

Adanya cerita sejarah dan cerita mistis dibalik tempat wisata yang satu ini, membuat ikan-ikan yang ada di dalam telaga ini disebut sebagai ikan keramat yang tidak boleh diambil oleh siapapun, bahkan orang-orang yang mengambil ikan di telaga ini dipercaya dapat mendatangkan malapetaka.

Namun terlepas dari cerita-cerita dibaliknya keindahan telaga yang memiliki air yang sangat jernih bahkan kejernihannya ini membuat pepohonan disekitarnya seolah bercermin di telaga ini.

4. Makam Ir. Soekarno

Presiden pertama Indonesia memang memiliki banyak sekali jasa yang luar biasa. Blitar menjadi kota dimana Ir. Soekarno dilahirkan dan juga dimakamkan.

Tak ada salahnya jika Anda datang ke Blitar mengunjungi Makan Ir. Soekarno untuk mengirim doa dan juga mengingat betapa besarnya jasa para pahlawan bangsa.

Tidak hanya makamnya saja, di tempat ini juga terdapat sebuah perpustakaan yang menyediakan koleksi tulisan-tulisan dari Ir. Soekarno dan juga buku-buku yang membahas beliau.

5. Goa Luweng

Goa Luweng disebut-sebut memiliki air surga lho karena keindahannya. Air di goa ini memang turun bercucuran dari atasnya, cahaya yang masuk dari lubang-lubang kecil juga menambah kesan mistis di goa ini.

Namun meski memiliki kesan mistis, keindahan yang Anda temukan didalam goa akan membuat Anda takjub melihatnya.

6. Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirto Galuh memiliki keunikannya tersendiri lho. Tidak hanya satu air terjun saja Anda akan disuguhi banyak sekali titik air terjun di tempat yang satu ini.

Tidak hanya air terjunnya yang banyak, keindahan alam sekitarnya yang masih asri dan begitu sejuk juga tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

Bahkan Anda dapat mencoba sensasi baru bermain flying fox melewati air terjun lho di Air Terjun Tirto Galuh.

7. Pantai Peh Pulo

Keindahan Pantai Peh Pulo memang begitu mempesona, bahkan banyak yang menyebutkan bahwa keindahannya mirip seperti Raja Ampat lho.

Pulau dengan karang-karang kecil ini memang cukup mirip dengan Raja Ampat dalam versi lebih kecil.

Tidak hanya karang-karangnya saja hamparan pasir putih di Pantai Peh Pulo juga begitu mempesona lho.

8. Gumuk Sapu Angin

Ingin berwisata ke tempat yang instagramable ? Gumuk Sapu Angin ini dapat Anda jadikan pilihan.

Tempatnya yang ada di atas bukit memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan alam sekitar dari ketinggian lho. Bahkan ada spot foto menarik yang dapat Anda gunakan juga di Gumuk Sapu Angin ini.

9. Bukit Teletubbies

Tidak kalah instagramable dari Gumuk Sapu Angin, Bukit Teletubbies juga memiliki spot foto yang menarik lho.

Lokasinya yang juga berada di atas bukit memberikan udara sejuk yang menenangkan untuk Anda. Jadi tentu Anda akan senang berlama-lama di tempat ini sambil ber-swafoto.

10. Perkebunan Teh Sirah Kencong

Kemanapun Anda berwisata kebun teh tidak pernah menjadi pilihan yang salah untuk Anda kunjungi.

Hamparan alam hijau memang selalu saja mempesona, udaranya yang sejuk juga selalu berhasil menenangkan jiwa. Bahkan tidak jarang banyak wisatawan yang ber-swafoto di Perkebunan Teh Sirah Kencong ini.

11. Gunung Butak

Gunung Butak memang menjadi salah satu tempat wisata yang disenangi oleh para pendaki. Gunung yang memang menyajikan banyak sekali spot foto instagramable ini memang begitu mempesona lho.

Bahkan Anda akan merasakan sensasi berada di atas awan ketika berada di puncaknya. Seru bukan melihat hamparan awan putih dengan udara sejuk ditambah hangatnya mentari pagi ?

12. Bukit Bunda

Bukit Bunda menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer belakangan ini. Tempatnya yang disebut instagramable ini memang tidak pernah sepi didatangi para wisatawan dan juga warga lokal.

Alam hijau dan pegunungan kapur yang bersatu membuat pemandangan alamnya begitu eksotis lho.

13. Sumber Ember

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berenang di kolam renang yang cukup unik, Anda dapat berkunjung ke Sumber Ember ini.

Kolam renang dengan suasana alam asri ini menyuguhkan udara yang begitu sejuk lho,bahkan ketika Anda berenang meski di alam terbuka Anda tidak perlu takut panas karena ada pohon besar yang menaungi kolam ini.

14. Oemah Djadoel

Bagi Anda yang senang dengan barang-barang antik tempat yang satu ini menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi selama berada di Blitar.

Barang-barang antik yang ada di Oemah Djadoel juga cukup beragam lho, dimulai dari ornamen khas Tionghoa, dan bahkan barang antik milik Ir. Soekarno.

Ketika Anda memasuki Oemah Djadoel ini pasti Anda akan merasakan sensasi dibawa kembali ke zaman dahulu.

15. Pesanggrahan Tambakrejo

Bagi Anda yang ingin menginap di Blitar, tempat yang satu ini dapat Anda jadikan pilihan. Lokasinya yang berada di atas bukit tentu menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona.

Jadi tentu ketika Anda menginap disini Anda tidak akan merasa bosan meski tidak pergi ke tempat lain.

Anda juga dapat menikmati senja dengan secangkir teh hangat bersama orang tersayang sambil menikmati pemandangan alam yang begitu romantis.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Blitar. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN