15 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Banyuwangi menjadi salah satu tempat yang masih menjaga tradisi dan juga keindahan alamnya. Tak heran Banyuwangi memang memiliki banyak daya tarik untuk mengundang para wisatawan berdatangan.

Tanpa pergi jauh-jauh di Banyuwangi Anda dapat menemukan berbagai keindahan alam yang begitu menakjubkan. Selain itu masyarakat yang masih menjaga tradisi dengan baik juga membuat para wisatawan tertarik untuk lebih tau lagi tentang Banyuwangi.

Bagi Anda yang juga sedang berencana berwisata ke Banyuwangi, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika ada di Banyuwangi:

1. Waduk Bajulmati

Bagi Anda yang berada di Jawa Timur, tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati keindahannya. Banyuwangi memiliki Waduk Bajulmati yang mirip seperti Raja Ampat lho.

Bahkan keindahannya disebut-sebut sebagai miniatur dari Raja Ampat. Hamparan bukit-bukit hijau, air yang tenang, dan pemandangan gunung tentu akan membuat Anda terpesona.

2. Puncak Asmoro

Nah jika Waduk Bajulmati disebut sebagai miniatur dari Raja Ampat. Puncak Asmoro adalah tempat yang cocok untuk Anda menikmati keindahan Pulau Dewata dari kejauhan lho.

Ya, di Puncak Asmoro ini Anda dapat melihat keindahan Selat Bali dari ketinggian 640 meter. Bahkan tidak hanya itu Anda juga disuguhi pemandangan dari Gunung Meranti, Gunung Merapi, dan Juga Gunung Raung. Menarik bukan?

3. Pantai Pulau Merah

Salah satu tempat wisata yang cukup unik di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Pasir pantainya yang berwarna kemerahan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tidak hanya itu, air laut yang jernih dan juga pemandangan alam hijau disekitarnya tentu membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Bagi Anda yang ingin belajar berselancar tempat yang satu ini cocok lho untuk peselancar pemula.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung atau yang terkenal dengan sebutan G-Land ini menjadi salah satu tempat yang tak boleh Anda lewatkan ketika berada di Banyuwangi.

Tempat yang seringkali ramai dikunjungi wisatawan asing ini memang pantas digunakan untuk melakukan seluncuran di atas air, ombak Pantai Plengkung bahkan disebut sebagai salah satu ombak terbaik yang ada di dunia.

Bagi Anda yang tidak berniat berseluncur di atas air, tenang saja karena pemandangan Pantai Plengkung juga begitu mempesona lho, bahkan banyak wisatawan yang akhirnya memutuskan menginap disekitaran pantai ini untuk menikmati pesona Pantai Plengkung lebih lama lagi.

5. Pantai Sukamade

Ingin melihat penyu bertelur ? Anda harus mengunjungi pantai yang satu ini. Anda bahkan dapat melihat secara langsung lho saat penyu bertelur hingga proses pelepasan anak penyu ke laut.

Tentu menjadi pengalaman baru yang cukup menarik bukan ? namun proses penyu bertelur biasanya terjadi di malam hari dan tidak boleh ada cahaya apapun agar prosesnya berhasil.

6. Kawah Ijen

Kawah Ijen juga menjadi tempat wisata yang terkenal di Jawa Timur khususnya Banyuwangi.

Kawah yang sampai saat ini masih terus mengeluarkan belerang ini masih digunakan sebagai tempat beraktivitas para penambang belerang, maka dari itu ketika Anda berkunjung ke Kawah Ijen Anda akan melihat aktivitas para penambang membawa bongkahan batu belerang.

Uniknya, di Kawah Ijen Anda juga akan menyaksikan secara langsung adanya blue fire yang menjadi fenomena alam yang cukup langka di dunia, namun tentunya untuk dapat melihat blue fire ini Anda perlu mengunjungi Kawah Ijen sebelum matahari bersinar, karena warna birunya akan lebih terlihat menyala.

7. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata yang memiliki 25.000 hektare ini berada di dua wilayah yaitu Situbondo dan Banyuwangi.

Di Taman Nasional Baluran sendiri Anda akan menemukan kawasan pegunungan, hutan mangrove yang berada di dekat pantai, sabana, dan bahkan hutan musim lho.

Menariknya, sabana di Taman Nasional Baluran ini akan berubah menjadi hijau di musim hujan dengan hamparan rumput yang begitu mempesona, bahkan Anda juga akan menemukan banyak sekali binatang liar.

Tentu menarik bukan mengunjungi tempat wisata alam yang begitu luas dengan berbagai pilihan ada di satu area yang sama ?

8. Waduk Jatirono

Waduk Jatirono juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan.

Alam sekitarnya yang masih begitu asri, airnya yang tenang dan jernih berwarna kehijauan tentunya akan membuat Anda merasa tenang berdiam diri di Waduk Jatirono ini.

9. Air Terjun Tirto Penganten

Air terjun yang berssumber dari mata air Gunung Raung ini unik lho, karena menjadi dua aliran. Banyak orang yang juga menyebutnya sebagai Air Terjun Kembar.

Aliran airnya yang cukup deras dan alam sekitarnya yang asri memberikan sensasi menyegarkan dan juga sejuk ketika Anda mendatangi tempat ini.

10. Desa Wisata Osing Kemiren

Ingin mengetahui kebudayaan khas Banyuwangi ? Desa Wisata Osing Kemiren ini dapat Anda jadikan pilihan destinasi wisata selama di Banyuwangi.

Sebuah desa yang dijadikan desa wisata ini memang masih begitu menjaga tradisinya secara turun-temurun.

Banyak sekali kesenian dan juga budaya lokal yang dapat Anda lihat secara langsung. Bahkan ketika baru sampai di tempat ini Anda akan disuguhi penampilan Barong Osing lho.

11. Rumah Kurcaci Glenmore

Glenmore sendiri sebenarnya merupakan sebuah cafe lho. Jika Anda berkunjung ke tempat yang satu ini Anda tidak perlu bingung untuk mencari rumah kurcacinya, karena rumah kurcaci tersebut ada di belakang Cafe Glenmore.

Jadi Anda harus melewati cafe dulu ya sebelum sampai di rumah kurcaci yang berwarna-warni. Rumah Kurcaci yang disajikan juga cukup menarik untuk Anda ber-swafoto.

12. Gunung Raung

Senang mendaki ? Anda perlu mencoba sensasi mendaki di gunung tertinggi ke-2 di Jawa Timur ini. Medannya yang cukup sulit memang kurang cocok bagi para pendaki pemula.

Tidak hanya ketinggiannya saja yang juara, bahkan Kawah Gunung Raung menjadi kaldera kering terbesar yang ada di Indonesia lho.

Meskipun mendaki gunung yang satu ini cukup ekstrim, namun tentu hasil yang didapat sebanding dengan perjuangan Anda. Di atas puncak Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan alam sekitarnya.

13. X-Badeng Adventure

Ingin olahraga ekstrim yang lain selain mendaki gunung ? Anda bisa coba arung jeram di X-Badeng Adventure.

Tidak hanya menikmati perjalanan arung jeram yang ekstrim, sebelum sampai di tempat start Anda akan disuguhi pemandangan hamparan hutan pinus, perkebunan, persawahan, tebing, dan juga bebatuan yang menakjubkan. Tentu menyenangkan bukan berolahraga ekstrim sambil menikmati keindahan alam ?

14. Blue Bay

Blue Bay menjadi pilihan tempat wisata yang tepat bagi Anda yang senang dengan keindahan alam bawah laut. Keindahan Blue Bay bahkan tidak kalah lho dengan pantai-pantai lainnya.

Bahkan dibanding pantai lainnya Blue Bay terbilang sebagai tempat yang memang masih begitu asri lho, jadi keindahannya tidak dapat diragukan lagi ya.

15. Padang Rumput Sadengan

Hamparan alam hijau memang tidak pernah salah untuk dinikmati. Keindahan Padang Rumput Sadengan ini bahkan disandingkan dengan Padang Savana Afrika lho.

Keasrian alamnya yang masih terjaga akan membuat Anda menemukan banyak sekali kawanan binatang lho di tempat ini.

Bahkan hingga saat ini Padang Rumput Sadengan menjadi lokasi pengelolaan habitat para binatang, jadi jika Anda berkunjung ke tempat ini tetap jaga alamnya agar terus asri ya.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN