17 Tempat Wisata di Banyumas yang Wajib Dikunjungi

Banyumas merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, dengan ibu kotanya adalah Purwokerto. Banyumas memiliki banyak destinasi wisata alam yang masih sangat asri dan alami, sehingga mampu menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.

Bahkan beberapa diantaranya adalah keindahan yang masih tersembunyi, sehingga masih sangat terjaga keasriannya. Banyumas memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Banyumas.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Banyumas yang wajib Anda kunjungi:

1). Lokawisata Baturraden

Lokasi: Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Lokawisata Baturraden merupakan objek wisata yang menawarkan konsep liburan yang beragam di dalam satu area yang sangat luas.

Tempat ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang sangat tepat untuk Anda bersama keluarga dapat menikmati area taman, pemandian, kolam renang yang besar, wahana air yang menyenangkan, jembatan hits, dan beberapa spot lainnya.

Bukan hanya wisata yang lengkap, Lokawisata Baturraden ini memiliki udara yang segar dari pepohonan di sekitarnya.

2). The Village Baturraden

Lokasi: Rempoah, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

The Village Baturraden menyediakan beragam wahana permainan yang cocok untuk dimainkan anak-anak, dengan banyak spot foto menarik yang akan membuat Anda dapat mengabadikan moment dengan latar belakang yang kekinian.

Juga terdapat wahana air seperti perahu atau bebek sehingga Anda dapat menikmati pemandangan sekitar di atas air. Tempat ini akan menjadi destinasi wisata keluarga yang sangat menyenangkan dan seru.

3). Air Terjun Curug Jenggala

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Air Terjun Curug Jenggala menyajikan pemandangan empat air terjun dengan aliran yang cukup deras, ditambah pemandangan pepohonan sekitar, juga spot foto kekinian menjadikan tempat ini selalu berhasil menarik minat para wisatawan.

Walaupun memiliki aliran air yang cukup deras, namun tetap sangat aman untuk Anda bermain air di bawahnya untuk menikmati kesegaran air di Air Terjun Curug Jenggala.

4). Telaga Sunyi

Lokasi: Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Telaga Sunyi menghadirkan suasana yang sangat tenang, dan sesuai namanaya sunyi. Di sini Anda hanya akan mendengar gemericik air dan tiupan angin yang sangat lembut, objek wisata ini jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan ketenangan.

Anda bisa menikmati segarnya air di Telaga Sunyi ini dengan berenang sambil menikmati pemadangan pepohonan hijau yang mengelilinginya.

5). Dream Land Water Park

Lokasi: Pancasan, Kec. Ajibarang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Dream Land Water Park hadir dengan beragam pilihan wahana permainan air yang sangat seru dan menyenangkan.

Di sini terdapat beragam kolam renang dengan wahana dan kedalaman yang berebeda-beda. Sehingga dari mulai anak kecil hingga dewasa dapat menikmati suasana liburan di Dream Land Water Park ini.

Lokasi ini juga menyediakan berbagai tempat untuk bersantai yang nyaman dan spot foto menarik untuk pengunjung yang datang.

6). Taman Rekreasi Andhang Pangrenan

Lokasi: Karangklesem, Kec. Banyumas, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Rekreasi Andhang Pangrenan dapat Anda jadikan alternatif destinasi wisata keluarga lainnya yang ada di Banyumas.

Rekreasi Andhang Pangrenan juga merupakan objek wisata yang cukup populer sehingga seringkali dipenuhi oleh para wisatawan, terutama pada saat akhir pekan atau libur panjang.

Di sini tersedia banyak spot foto menarik dan juga kekinian yang bisa Anda jadikan latar belakang berfoto yang keren.

7). Desa Wisata Ketenger

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Desa Wisata Ketenger menyuguhkan pemandangan dan suasana yang masih sangat begitu asri dan memiliki udara yang segar.

Di sepanjang desa terdapat aliran sungai juga rumah tradisional yang mengajak Anda untuk menikmati suasana khas pedesaan yang tenang dan damai. Rumah tradisional tersebut berbentuk rumah panggung sederhana yang sangat nyaman.

8). Pancuran Pitu

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Pancuran Pitu yang artinya tujuh pancuran air ini menandakan adanya tujuh pancuran air yang mengandung belerang di objek wisata yang satu ini.

Air dengan kandungan belerang ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit, diantaranya membuat tetap kenyal dan awet muda serta bebas dari penyakit.

Setelah merasakan air belerang ini tubuh Anda akan terasa sangat relaks dan segar kembali.

9). Taman Balai Kemambang

Lokasi: Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Taman Balai Kemambang merupakan taman yang memiliki konsep bangunan yang berada di tengah kolam air yang cukup luas, di sini terdapat wahana air yang ramah anak, sehingga aman saat dimainkan oleh anak-anak.

Anda juga dapat memberikan makan hewan sambil berjalan berkeliling area Taman Balai Kemambang.

10). Baturraden Botanical Garden

Lokasi: Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Baturraden Botanical Garden ini berada di dalam kawasan Wanawisata Baturraden, sehingga menjadi satu paket liburan yang sangat lengkap.

Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan sekaligus mengesankan. Baturraden Botanical Garden menyuguhkan pemadangan yang asri, alami, dengan udara yang sejuk sehingga membuat Anda akan sangat betah berlama-lama di sini.

11). Museum BRI

Lokasi: Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Barat, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Museum BRI akan memberikan Anda wawasan mengenai peradaban dan keuangan di Indonesia serta beberapa negara tetangga.

Anda juga bisa melihat koleksi uang kuno yang saat ini masih ada di dalam Museum BRI. Objek wisata sejarah seperti ini seharusnya menjadi salah satu wisata wajib yang Anda kunjungi saat berlibur ke Banyumas.

12). Small World (Miniatur Dunia)

Lokasi: Jl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kota Purwokerto.

Dari namanya Anda pasti sudah bisa menebak apa yang akan disuguhkan oleh objek wisata yang satu ini, Small World yang artinya Miniatur Dunia ini memiliki replica tujuh keajaiban.

Dimana tujuh keajaiban dunia yang tersebar di beberapa negara itu dibuat sangat mirip dengan aslinya dalam bentuk minatur.

Berlibur ke objek wisata ini akan memberikan Anda gambaran tentang keajaiban dunia yang ada beberapa negara.

13). Curug Telu

Lokasi: Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Sepertinya kabupaten Banyumas identik dengan nama curug yang mendeskripsikan pemandangan air terjun yang Anda lihat, tidak terkecuali Curug Telu ini.

Dimana Anda akan melihat tiga air terjun yang terletak di satu lokasi yang sama. Tiga sumber ini memiliki debit air dan ketinggian yang berbeda-beda, sehingga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan juga estetik.

14). Curug Nangga

Lokasi: Petahunan, Kec. Pekuncen, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Nangga merupakan objek wisata alam yang masih sangat asri. Curug Nangga menampilkan air terjun yang terjatuh di atas undak-undakan bebatuan, hal tersebut pula yang memberikan pemandangan air terjun yang indah dan unik di Curug Nangga ini.

Memiliki air dengan aliran yang tidak terlalu deras, membuat Curug Nangga menjadi tempat yang cukup aman untuk berenang dan bermain air bagi anak-anak.

15). Curug Lima Kedungbanteng

Lokasi: Baseh, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Lima Kedungbanteng menyuguhkan pemandangan lima air terjun yang terletak bersebelahan dengan jarak yang sangat dekat.

Di sekitar Curug Lima Kedungbanteng terdapat banyak pepohonan rindang dan jyga hijau yang akan memanjakan Anda.

Di sini Anda akan mendapatkan suasana segar dari air terjun, udara yang sejuk, dan pemandangan hijau yang meneduhkan.

16). Wisata Tuk Bening dan Goa Jepang

Lokasi: Tumiyang, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes.

Wisata Tuk Bening merupakan area perkebunan teh dengan hamparan pemandangan hijau yang memberikan udara yang sejuk, ditambah di tengah-tengah perkebunan teh ini terdapat Goa Jepang yang akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Selain hamparan perkebunan teh, di sekitarnya juga terdapat pohon-pohon rindang yang akan membuat Anda sangat nyaman untuk bersantai dan menikmati suguhan alam yang ada di sini.

17). Curug Ceheng

Lokasi: Gandatapa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Ceheng menyajikan pemandangan hijau yang begitu sangat asri. Anda akan mendapati hawa yang sejuk dan udara yang sangat segar, tempat wisata satu ini akan jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin melepas lelah dan merefresh tubuh dan juga pikiran.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar ke Polisi soal Dugaan KDRT

Penyanyi dangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Tulungagung dan Bali menjadi dua tempat yang tidak jauh berbeda, pesona keindahan pantainya menjadi salah satu yang harus Anda kunjungi…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak pulau-pulau indah yang…

15 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang berada di kawasan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini memang sangat terkenal dengan keindahannya. Kabupaten Kepulauan…

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…

Tinggalkan Anak 11 Bulan Demi Berzina dengan Pria Lain, Seorang Anggota Polisi Pergoki Istrinya Berselingkuh dengan Anak Kepala Desa, Temukan Fakta Mencengangkan di Kamar Hotel

Tinggalkan tanggungjawabnya di rumah, sang suami pergoki istrinya asik dengan pria lain. Tak semua pasangan suami istri bisa menangani masalah…

Viral Pengantin Wanita Pakai Perhiasan Emas Menutupi Tubuh Sampai Tak Mampu Jalan, Kisahnya Tuai Simpati

Pengantin tampil mewah di hari pernikahan tentu sudah menjadi hal yang umum. Salah satu membuat penampilan pengantin terlihat mewah di…

15 Tempat Wisata di Jembrana Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jembrana dan kebudayaan Bali memang menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan kekayaan budayanya kabupaten yang satu ini juga…