15 Tempat Wisata di Bantul yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang terkenal dengan sejarahnya ini memang menyimpan banyak sekali kisah. Namun dibalik berbagai kisahnya Kabupaten Bantul memiliki banyak sekali keindahan alam yang dapat Anda nikmati.

Namun untuk berkunjung ke beberapa tempat yang ada di Bantul Anda juga perlu menghormati peraturan yang ada ya, jadi pastikan sebelum pergi ke Bantul Anda mengetahui tempat mana saja yang memiliki beberapa larangan.

Nah untuk memudahkan Anda mencari tempat wisata yang populer di Bantul, berikut ini telah kami rangkum beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Bantul:

1). Pantai Parangtritis

Anda tentu sering mendengar tentang Pantai Parangtritis, cerita mistis dibaliknya memang begitu melekat hingga saat ini.

Meski begitu keindahan Pantai Parangtritis sendiri memang layak untuk dijadikan tempat berwisata, pasir pantai yang coklat, langit biru yang memanjakan mata, belum lagi deburan ombak yang seringkali datang tiba-tiba.

Namun jangan lupa untuk mentaati beberapa peraturan yang berlaku ya untuk datang ke tempat ini.

2). Bukit Panguk Kediwung

Keindahan hutan pinus memang selalu memanjakan mata. Namun tidak hanya itu, Bukit Panguk Kediwung menyajikan hal yang luar biasa, di atas bukit Anda dapat melihat pemandangan hamparan awan lho.

Pemandangannya akan lebih terlihat eksotis lagi diwaktu matahari terbit dan terbenam.

3). Watu Goyang

Dalam Bahasa Indonesia kata “watu” berarti “batu”. Ya, di tempat ini memang ada sebuah batu unik yang akan bergoyang ketika disentuh. Tenang saja, Anda tidak hanya menikmati batu bergoyang saja kok di tempat ini.

Lokasinya yang berada di ketinggian membuat Anda dapat melihat hamparan alam hijau yang menyejukkan, belum lagi lokasi tempat batu ini berada menghadap langsung lho ke kempleks pemakaman Raja-Raja Imogiri.

4). Pantai Parangkusumo

Selain Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo juga menjadi salah satu pantai yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Bantul.

Bahkan jika beruntung Anda dapat melihat secara langsung ritual Labuhan yang seringkali dilakukan di pantai ini.

Selain menikmati keindahan pantainya Anda juga dapat menyantap berbagai hidangan yang ada di rumah makan sekitar pantai lho, bahkan terdapat beberapa penginapan yang dekat dari Pantai Parangkusumo ini.

5). Rumah Budaya Tembi

Bagi Anda yang senang sejarah dan ingin berwisata sambil menambah wawasan, tempat yang satu ini dapat Anda jadikan pilihan.

Rumah Budaya Tembi adalah sebuah museum yang memiliki banyak dokumentasi mengenai sejarah dan juga budaya Jawa, tidak jarang Anda dapat menyaksikan pertunjukan seni lho di tempat ini.

Tidak hanya itu, Anda dapat menikmati pemandangan alam hijau di sekitar Rumah Budaya Tembi ini.

6). Pintu Langit Dahromo

Tempat yang satu ini cocok bagi Anda yang suka berfoto. Tenang saja, Anda tidak akan tersesat dilangit kok jika mengunjungi tempat ini.

Pintu Langit Dahromo sendiri hanyalah sebuah spot foto berupa pintu terbuka yang berada di ketinggian, jika Anda berfoto disini hasilnya seolah olah Anda sedang membuka pintu menuju langit. Tentu pemandangannya indah bukan ?

7). Gumuk Pasir Parangkusumo

Tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menikmati gumuk pasir. Indonesia juga memiliki gumuk pasir yang mempesona lho, tepatnya di Bantul.

Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri merupakan salah satu jenis gumuk pasir yang jarang ditemui.

Selain mengagumi keindahan gumuk pasir dan ber-swafoto di tempat ini, Anda juga dapat bermain sandboarding lho.

8). Bukit Panguk Kediwung

Keindahan Bukit Panguk Kediwung memang tidak dapat diragukan lagi. Tempat yang disebut sebagai Negeri di Atas Awan ini bahkan seringkali digunakan sebagai tempat pre-wedding lho.

Pesona keindahan hamparan awan tentu membuat Anda terkagum-kagum ketika berada di tempat yang satu ini.

9). Bukit Lintang Sewu

Selain pantainya, Bantul juga menawarkan berbagai bukit yang menyuguhkan keindahan alam luar biasa. Bukit Lintang Sewu menjadi salah satu bukit yang tidak boleh Anda lewatkan.

Suasana diatas bukit yang romantis tentu cocok untuk Anda kunjungi bersama orang tersayang, terlebih dengan banyaknya spot foto yang dapat Anda gunakan di tempat ini.

10). Pinus Pengger

Pinus Pengger cocok bagi Anda yang senang hunting foto. Tempat yang merupakan area hutan pinus ini memang memiliki banyak spot foto unik yang akan membuat hasil foto Anda seolah menyatu dengan alam.

Bahkan tidak hanya dijadikan untuk spot berfoto saja, Anda juga dapat melihat keindahan Kota Yogyakarta lho.

11). Rumah Paris

Jika Anda yang ingin merasakan sensasi berada di rumah dengan nuansa Eropa, tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berfoto.

Namun tidak hanya itu Anda juga dapat menyewa tempat ini lho untuk berlibur bersama keluarga, bahkan Anda juga dapat menginap jika ingin menikmati suasana rumah dengan gaya Eropa lebih lama.

12). Watu Lumbung

Watu Lumbung sendiri merupakan sebuah kampung edukasi yang berada di Kecamatan Kretek.

Masyarakatnya yang masih menerapkan gaya hidup yang tradisional menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di kampung yang satu ini bahkan masih diberlakukan sistem barter lho.

Anda dapat menyumbang buku di perpustakaan yang ada di kampung ini untuk mendapatkan imbalan dari warga setempat berupa makanan. Menyenangkan bukan ?

13). Pantai Gua Cemara

Pantai pasir putih memang tidak pernah salah untuk dijadikan tempat berwisata. Uniknya, di Pantai Gua Cemara ini Anda akan melihat jajaran pohon cemara yang begitu rimbun lho, bahkan banyaknya pohon cemara ini membuatnya mirip seperti pintu masuk gua.

Tidak hanya menikmati keindahan pantai saja, Anda dapat bersantai sembari menyantap berbagai kuliner yang ada di warung-warung sekitaran pantai ini.

14). Jurang Tembelan

Tidak menyeramkan seperti jurang pada umumnya, Jurang Tembelan menyajikan keindahan alam yang menakjubkan lho.

Bahkan warga lokal pun sering mengunjungi tempat yang satu ini untuk menikmati senja.

Pemandangan hamparan pohon hijau ditambah kabut yang menyelimutinya memang selalu berhasil membuat siapa saja terpesona bukan ? Namun, bagi Anda yang takut ketinggian jangan coba-coba berkunjung ke tempat ini ya.

15). Kampung Batik Giriloyo

Nah rekomendasi terakhir dari kami tidak boleh Anda lewatkan. Meskipun Bantul bukan sebuah kabupaten yang terkenal dengan batik, namun Bantul memiliki batik dengan kualitas yang baik lho.

Di Kampung Batik Giriloyo ini Anda dapat belajar secara langsung bagaimana cara membatik. Selain itu, ada juga beragam jenis batik yang Anda beli untuk buah tangan orang-orang tersayang.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Bantul. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 3 SD/MI dan Jawabannya

Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SD/MI bertujuan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas, memiliki…

Jadi Saksi Pertengkaran Rumah Tangga Sule, Adik Nathalie Holsher Tegas Ogah Beri Izin sang Kakak Rujuk: Takut Mentalnya Kena

Sidang perceraian Sule dan Nathalie Holscher kembali digelar dk Pengadilan Agama Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (3/8/2022). Agenda sidang…

Beda Jauh dengan Anak Nathalie Holsher yang Dapat Jatah 25 Juta Per Bulan dari Sule, Bayi Lina Jubaedah Bernasib Miris Tinggal di Rumah Bambu yang Jauh dari Kata Layak

Kabar Bintang putri kelima Lina Jubaedah membuat Putri Delina sang kakak tak kuasa menahan air mata. Kabarnya, Bintang yang kini…

Bacaan Doa Keluar Rumah dan Artinya

Alangkah indahnya jika segala sesuatu yang kita kerjakan bisa bernilai ibadah dan mendapat pahala dari Allah Swt., dan hal itu…

Contoh Soal CPNS Kementerian PPN/Bappenas

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian…

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/MA dan Jawabannya

Untuk memperoleh kemampuan menggunakan bahasa pada berbagai keperluan, siswa harus belajar, berlatih, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa Indoensia yang telah dipelajari…

Terungkap Alasan Nathalie Holscher Enggan Menikah Lagi, Trauma Cerai, Singgung Nama Sule

Nathalie Holscher membuat pengakuan apa yang dipendamnya. Jika sudah resmi cerai dari komedian Sule, Nathalie Holscher mengaku trauma untuk membangun…

Tempat Rental Alat Berat di Medan

Alat berat memang menjadi salah satu alat yang dapat membantu mempermudah dan juga mempersingkat pekerjaan manusia. Tak heran jika proyek-proyek…

Shandy Purnamasari Umumkan Berpisah dari Gilang Juragan 99, Resmi Bercerai?

Shandy Purnamasari membuat pengakuan mengejutkan. Bagaimana tidak, dia mengaku sedang dalam proses berpisah dengan suaminya, Gilang Widya Pramana alias Juragan…

10 Tempat Wisata di Kabupaten Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Berkunjung ke suatu tempat baru akan memberikan pengalaman baru yang pastinya menyenangkan. Apalagi jika Anda telah sangat lelah dengan berbagai…