17 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Wajib Dikunjungi

Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Banjarnegara memiliki beragam destinasi alam yang akan memanjakan siapapun yang datang mengunjunginya.

Banjarnegara adalah tempat yang tepat bagi Anda yang senang menikmati keindahan yang tersaji di dataran tinggi, adapun salah satu dataran tinggi yang paling populer di sini adalah Dieng.

Masih banyak destinasi wisata lainnya yang ada di Banjarnegara yang bisa Anda jadikan tempat yang tepat untuk melepas penat.

Banjarnegara memiliki destinasi wisata alam yang cukup variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten Banjarnegara.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Banjarnegara yang wajib Anda kunjungi:

1). Bukit Asmara Situk

Lokasi: Jl. Raya Karangkobar, Dusun I, Kalilunjar, Kec. Banjarmangu, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Asmara Situk memberikan nuansa yang hangat dan juga romantis, objek wisata yang satu ini tentu menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi bersama pasangan.

Anda akan disuguhi pemandangan yang indah, dengan landscape pegunungan serta sungai yang menawan.

Suasana yang diberikan oleh Bukit Asmara Situk akan membuat moment berlibur bersama pasangan menjadi hal yang sangat berkesan.

2). Curug Pundung Sewu

Lokasi: Petir, Kec. Purwonegoro, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Curug Pundung Sewu merupakan wisata air terjun yang masih sangat asri, sehingga menghadirkan suasana alam yang masih sangat alami.

Curug ini memang memiliki lokasi yang bisa dibilang cukup tersembunyi, tempat ini akan sangat cocok untuk Anda yang suka berpetualang untuk mencari keindahan alam yang masih belum banyak diketahui atau terjamah oleh tangan-tangan manusia.

Curug Pundung Sewu menyuguhkan pemandangan yang memesona, hasil dari perpaduan gemercik air yang menyegarkan, tebing bebatuan yang mengitarinya, serta suasana pedeasaan yang masih sangat terjaga.

3). Lembah Semurup Bukit Pangonan

Lokasi: Karangsari, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Lembah Semurup Bukit Pangonan mengajak Anda untuk berpetualang, karena untuk bisa menikmati keindahan di Lembah Semurup Bukit Pangonan ini, Anda perlu mendaki sekitar 30 menit dari pos pendakian Gunung Pangonan Dieng.

Jalur untuk menuju ke Lembah Semurup Bukit Pangonan ini tidaklah sulit, terlebih pemandangan selama perjalanan akan sangat menyejukkan mata sehingga Anda akan sangat bisa menikmati setiap langkahnya.

4). Anglir Mendung

Lokasi: Jl. Raya Karangkobar, Kasimpar, Paweden, Kec. Karangkobar, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Anglir Mendung merupakan taman rekreasi yang menyuguhkan suasana yang sejuk serta panorama alam yang begitu asri, karena memang letak dari Anglir Mendung ini adalah di lereng bukit.

Anda perlu menempuh jarak kurang lebih 18 km dari pusat kota Banjarnegara untuk bisa sampai di objek wisata Anglir Mendung.

Taman wisata ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, camping ground, hingga taman bermain yang akan memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan dan seru.

5). Curug Mrawu

Lokasi: Giritirta, Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Curug Mrawu memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan air yang sangat jernih. Anda bisa menikmati pemandangan yang begitu akan memanjakan mata.

Anda juga bisa menuju ke sumber mata air panas Giri Tirta yang juga tak kalah menawan. Dijamin Anda akan mendapatkan rasa relaks dan tubuh yang kembali segar setelah berlibur ke objek wisata Curug Mrawu

6). Tampomas

Lokasi: Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara No.7, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tampomas merupakan tempat wisata berupa danau dengan luas sekitar 1.8 hektare, dimana di sekitarnya dikelilingi oleh bebatuan serta pamandangan yang begitu manis.

Objek wisata ini telah dibuka sejak tahun 2017 dan masih menjadi destinasi wisata yang diminati oleh para wisatawan, karena mampu menghadirkan rasa tenang dan damai sehingga menjadi tempat ideal untuk melepas segala lelah.

7). Bukit Watu Sodong

Lokasi: Karang Tunon, Glempang, Kec. Mandiraja, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Watu Sodong adalah area perbukitan hijau yang meneduhkan pandangan, objek wisata ini seringkali dipakai sebagai jalur offroad motor trail.

Pemandangan hijau yang terhampar luas, menjadi satu-satunya pemandangan yang akan mampu menghipnotis Anda sehingga menjadi betah untuk berlama-lama menikmati setiap jengkal keindahan yang ditawarkannya.

8). Surya Yudha Park

Lokasi: Jl. Raya Rejasa No.KM, RW.1, Rejasa, Kec. Madukara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Surya Yudha Park menghadirkan konsep one step pleasurei, sehingga Anda akan diajak untuk menikmati sensasi berlibur yang seru dan lengkap dari mulai hotel, waterpark, sampai area foto 3D trick art yang dilengkapi dengan miniatur patung ikonik dari beberapa negara.

Tempat ini sangat cocok untuk memaksimalkan suasana liburan hanya dengan mengunjungi satu tempat saja.

9). Taman Margasatwa Seruling Mas

Lokasi: Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Taman Margasatwa Seruling Mas dapat Anda jadikan destinasi wisata untuk berlibur bersama keluarga.

Tidak hanya sekedar melihat aneka satwa saja, Anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas menarik lainnya, seperti kolam renang, taman bermain hingga flying fox.

Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat piknik keluarga sambil menikmati santapan lezat, baik yang Anda bawa dari rumah, maupun Anda beli di tempat makan yang ada di sekitar objek wisata.

10). Bukit Rumpit Bike Park

Lokasi: Krajan, Salamerta, Kec. Mandiraja, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Rumpit Bike Park menyediakan beragam spot foto yang menarik. Selain untuk yang hobi berfoto, tempat ini cocok untuk Anda yang suka berpetualang.

Karena tentu saja untuk dapat menikmati pemandangan indah dari Bukit Rumpit Bike Park ini Anda harus naik ke atas bukit terlebih dahulu.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan dari mulai matahari terbit hingga terbenam, bahkan hingga pergantian hari, Anda bisa camping di bukit ini.

Selain itu jika Anda ingin melakukan downhill dan offroad, Bukit Rumpit Bike Park merupakan tempat yang tepat.

11). Bukit Icika

Lokasi: Kalitengah, Gunugtugel, Kec. Purwanegara, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Icika merupakan bukit yang dihasilkan dari bekas aktivitas penambangan pasir putih. Penambangan ini berada di perbatasan tiga desa yakni Desa Kaliajir, Desa Petir dan juga Desa Kalitengah.

Bukit Icika menyajikan pemandangan alam yang sangat memesona, walau memang untuk menikmati keindahannya Anda perlu menempuh jalan dengan akses yang cenderung sulit.

12). Watu Desel

Lokasi: Semagung, Pesangkalan, Kec. Pagedongan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Watu Desel menyuguhkan pemandangan yang begitu elok, sekaligus spot foto kekinian yang sangat keren dengan batu-batu yang tersusun secara alami.

Selama perjalanan menuju ke Watu Desel, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah sehingga Anda bisa menikmati keindahannya bahkan sebelum sampai di lokasi yang diinginkan.

13). Curug Sikopel

Lokasi: Babadan, Kec. Pagentan, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Curug Sikopel merupakan air terjun dengan panorama alam yang sangat indah serta udara yang sejuk, dan airnya yang begitu dingin.

Anda perlu melewati jalanan yang cukup terjal untuk bisa sampai di Curug Sikopel ini. Curug Sikopel memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan nuansa hijau khas alam yang akan sangat menyejukkan mata.

14). Curug Pitu

Lokasi: Kemiri, Kec. Sigaluh, Kab. Banjaranegara, Jawa Tengah.

Curug Pitu menjadi curug lainnya yang ada di Banjarnegara dengan keelokan alam yang begitu memesona. Curug Pitu menyuguhkan pemandangan alam yang begitu masih sangat asri dan udara yang begitu sejuk dan segar.

Pada waktu tertentu, di sini seringkali diadakan festival durian dimana Anda bisa durian dengan harga yang murah meriah dan rasa yang begitu legit dan nikmat.

15). Sungai Serayu

Lokasi: Randegan, Kec. Sigaluh, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jika Anda suka dengan tantangan dan hal yang memacu adrenalin, olahraga arung jeram adalah pilihan yang harus Anda pilih.

Sungai Serayu menawarkan tempat wisata arung jeram yang akan memberikan pengalaman seru sekaligus mengesankan.

Anda bisa memilih paket arung jeram berdasarkan jarak dan waktu tempuh yang sesuai dengan yang diinginkan. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar yang masih asri.

16). Wadas Tumpang

Lokasi: Majalangu, Majalengka, Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Wadas Tumpang merupakan tempat wisata yang menyajikan eksotisme alam dengan hawa sejuk pegunungan.

Pemandangan perbukitan hijau akan mampu memanjakan mata setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

Untuk bisa merasakan sejuk serta menyaksikan keindahan Wadas Tumpang, Anda perlu sedikit usaha dengan menempuh jalan yang akan cukup melelahkan.

17). Waduk Mrica

Lokasi: Waduk Mrica, Dusun Satu, Karangjambe, Kec. Wanadadi, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Waduk Mrica menyajikan pemandangan waduh dengan padu-padan pemandangan disekitarnya yang akan membuat Anda betah.

Keindahan yang tersaji di Waduk Mrica akan mampu menghapus segala penat yang sudah menumpuk karena rutinitas yang Anda lakoni setiap hari.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya.

Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Tertangkap Mesum dengan Mantan hingga Viral Se-Indonesia, Istri Polisi Tanggung Malu, padahal Wajah Suami Mirip Arya Saloka!

Kasus perselingkuhan selalu jadi sorotan utama warga Indonesia. Terutama jika pelaku maupun korbannya merupakan orang yang terpandang. Salah satu yang…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Klaten yang Wajib Dikunjungi

Klaten merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Dengan pusat pemerintahannya berada di Kota Klaten Kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Daerah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

Hingga Detik Ini Nissa Sabyan Tak Menunjukkan Itikad Baik, Ririe Fairuz Beberkan Hubungan dengan Sosok yang Disebut-sebut Perusak Rumah Tangganya

Masih ingat dengan sosok Ririe Faius? Wanita yang menjadi pusat simpati publik usai perselingkuhan suaminya dengan Nissa Sabyan terkuak. Jika…

Pesulap Merah Cuek Disomasi Rara Pawang Hujan: Biarin Saja, Kenapa Memangnya?

Marcel Radhival atau Pesulap Merah menanggapi somasi Rara Pawang Hujan terkait pernyataan yang dianggap merendahkan pekerjaannya. Ditemui di kawasan Pluit,…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…