15 Tempat Wisata di Bangkalan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangkalan memang menjadi salah satu kabupaten yang cukup terkenal, karena jika Anda melintasi Jembatan Suramadu maka Kabupaten Bangkalan adalah gerbang utama dari Pulau Madura.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Kabupaten Bangkalan memiliki banyak sejarah dan juga tradisi yang masih dijaga hingga saat ini, tidak hanya itu saja bahkan keindahan alam dari Kabupaten Bangkalan juga cukup mengagumkan lho.

Bagi Anda yang tertarik berwisata di Kabupaten Bangkalan, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Kabupaten Bangkalan:

1. Museum Cakraningrat

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Bangkalan adalah berkunjung ke Museum Cakraningrat. Berwisata sambil mempelajari sejarah tentu menjadi salah satu hal menarik.

Museum yang merupakan peninggalan dari Keraton Bangkalan ini memang menyimpan banyak sejarah dan juga nilai-nilai budaya lainnya. Tak ada salahnya untuk Anda mengajak anak berwisata ke Museum Cakraningrat ini.

2. Pasarean Aer Mata Ebu Arosbaya

Tempat yang satu ini memang masih ramai dikunjungi hingga saat ini. Pasarean Aer Mata Ebu Arosbaya ini sendiri merupakan tempat bertapa Cakraningrat I, di tempat ini beliau selalu menangis sepanjang hari tanpa henti karena kecewa atas kisah pertapaan Syarifah Ambami yang menginginkan turunannya berkuasa hanya tujuh turunan.

3. Bukit Jaddih

Salah satu tempat bekas penambangan kapur ini memang begitu menarik untuk dikunjungi. Konturnya yang juga menarik membuat para wisatawan datang ke tempat ini untuk berfoto.

Namun tidak hanya itu saja, terdapat kolam renang yang dapat Anda nikmati di area Bukit Jaddih ini. Bahkan ada juga Danau Biru yang begitu mempesona dimana warna biru tersebut tercipta secara alami karena lumut yang tumbuh didasarnya.

4. Pantai Siring Kemuning

Senang dengan hamparan pasir pantai putih yang luas ? Pantai Siring Kemuning wajib untuk Anda kunjungi. Pantai yang tidak memiliki batu karang ini memang begitu mempesona.

Pasir putihnya yang luas, air laut yang biru jernih, dan juga ombak yang tenang akan menambah kekaguman Anda terhadap Pantai Siring Kemuning ini.

5. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan menjadi salah satu pantai yang cukup instagramable lho. Meski perjalanan menuju pantai yang satu ini cukup sulit karena tersembunyi, namun keindahan alam yang disuguhkan akan membuat Anda terpesona.

Pasir putih dan spot foto yang disediakan di tempat ini akan membuat hasil foto Anda mengagumkan.

6. Labuhan Mangrove Edupark

Hutan mangrove yang memang dikelola sebagai objek wisata ini memang menyuguhkan keindahan dan juga mengedukasi para wisatawan agar paham mengenai lingkungan hidup.

Tidak seperti di hutan mangrove pada umumnya, di Labuhan Mangrove Edupark ini selain Anda dapat mengelilingi area hutannya Anda juga dapat bermain touch pool, melihat sekelompok burung yang terbang bebas, berkemah, dan juga menjelajahi area sekitarnya lho.

7. Mercusuar Sembilangan

Salah satu peninggalan Belanda ini memang masih difungsikan hingga saat ini. Dulunya, pada masa penjajahan mercusuar ini digunakan para penjajah untuk menjadi titik pengawasan.

Karena itulah banyak wisatawan yang akhirnya penasaran untuk berkunjung langsung ke Mercusuar Sembilangan karena melihat sejarah yang ada.

Dari atas mercusuar ini Anda akan disuguhi pemandangan alam hijau dan perairan yang membentang sejauh mata memandang.

8. Bukit Geger Bangkalan

Bagi Anda yang senang menikmati senja, Bukit Geger Bangkalan menjadi salah satu tempat yang harus Anda kunjungi.

Tidak perlu khawatir, Bukit Geger Bangkalan ini memiliki track yang cukup mudah untuk diakses.

Di atas bukit Anda akan disuguhi hamparan pemandangan alam hijau dengan pegunungan yang begitu mengagumkan.

9. Bukit Kapur Arosbaya

Salah satu bukit yang juga tercipta karena aktivitas penambangan ini memang secara tidak sengaja terbentuk menjadi begitu eksotis.

Keindahannya bahkan seringkali dijadikan tempat untuk foto pre-wedding lho. Anda bahkan akan menemukan deretan goa-goa kecil yang ada di Bukit Kapur Arosbaya ini.

10. Taman Rekreasi Bangkalan

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat berwisata bersama keluarga tercinta.

Taman yang asri dan sejuk ini juga dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana permainan yang tentu tidak akan membuat Anda bosan.

Anda dapat berenang dan bahkan memancing lho di area Taman Rekreasi Bangkalan ini.

11. Air Terjun Batu Raja Manitan

Salah satu air terjun yang cukup unik ini menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan.

Air terjun yang mengalir melalui bebatuan besar ini memang begitu mempesona karena terbilang jarang ditemui di air terjun lain yang biasanya langsung terjun begitu saja.

Selain itu pohon yang tumbuh di bebatuannya juga menambah keeksotisan alam di Air Terjun Batu Raja Manitan.

12. Air Terjun Kokop

Jika Air Terjun Batu Raja Manitan cukup unik, nah Air Terjun Kokop ini sama seperti air terjun pada umumnya. Namun keasrian alamnya masih sangat begitu terjaga, belum banyak wisatawan yang mengetahui tempat yang satu ini.

Tentu ketika Anda mengunjungi Air Terjun Kokop Anda akan merasakan keindahan alam yang masih begitu alami dan terjaga, namun akses jalan menuju air terjun yang satu ini pun terbilang cukup sulit.

13. Stadion Kerapan Sapi R. P. Moh. Noer

Selain menikmati keindahan alamnya, jangan lupa untuk mengenal kesenian tradisional di Bangkalan. Tempat khusus yang memang untuk melakukan kerapan sapi ini memang seringkali ramai dikunjungi wisatawan dan juga warga lokal.

Namun untuk menyaksikan kerapan sapi ini tidak bisa kapan saja ya, karena kerapan sapi hanya diadakan pada acara-acara tertentu saja.

Jadi sebelum Anda datang ke tempat ini pastikan untuk mengetahui apakah acaranya sedang diselenggarakan atau tidak ya.

14. Pasarean Makam Sultan Abdul Kadirun

Di Kabupaten Bangkalan Anda memang dapat menemui banyak makan bersejarah lho. Makam Sultan Abdul Kadirun menjadi salah satu makam yang patut Anda kunjungi untuk berwisata religi.

Banyak wisatawan dan juga warga lokal yang mengunjungi tempat ini untuk mendoakan Sultan Abdul Kadirun.

15. Pasar Ki Lemah Duwur

Nah sudah puas berwisata dan menikmati keindahan alam dan juga tradisi di Kabupaten Bangkalan, jangan lupa untuk berkunjung ke Pasar Ki Lemah Duwur.

Selain menyajikan berbagai keperluan harian, banyak juga lho yang menjajakan oleh-oleh untuk Anda bawa pulang di pasar yang satu ini.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Bangkalan. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN