22 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak pernah mendengar Bandung ? Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini menjadi kota metropolitan yang terbesar di provinsi Jawa Barat. Kota yang juga menyimpan banyak sejarah perjalanan kemerdekaan Indonesia.

Bandung sendiri seringkali dijuluki sebagai Paris Van Java, bukan tanpa alasan hal ini dikarenakan udara sejuk kota Bandung yang disebut-sebut mirip dengan kota Paris.

Kesejukan udara Bandung ditambah ramahnya masyarakat Bandung seringkali membuat banyak orang ingin pergi berwisata ke Bandung, tak jarang banyak orang yang pernah mengunjungi Bandung bahkan rindu untuk kembali berwisata di Bandung.

Banyaknya tempat wisata dan juga kuliner khas Bandung yang mudah diterima oleh lidah banyak orang juga menjadi salah satu alasan lain kenapa Bandung harus dijadikan salah satu destinasi wisata pilihan Anda.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih tempat wisata yang akan dikunjungi selama berada di kota Bandung, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata populer di kota Bandung:

1. Museum Gedung Sate

Gedung Sate sendiri memang menjadi salah satu tempat yang iconic di kota Bandung. Tidaklengkap rasanya jika berkunjung ke kota Bandung tanpa mendatangi Gedung Sate.

Di Museum Gedung Sate ini Anda dapat belajar mengenai sejarah, pemanfaatan, dan proses pembangunan yang disajikan menggunakan teknologi digital.

2. Farm House Lembang

Farm House Lembang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Bandung.

Tempat wisata yang mengusung perkebunan dengan gaya klasik Eropa ini dibangun sejak tahun 2015. Selain dapat merasakan sejuknya udara Bandung, Anda juga dapat ber-swafoto di tempat ini.

Farm House Lembang sendiri menyediakan beragam perlengkapan seperti kostum yang lengkap dengan aksesorisnya untuk Anda gunakan berfoto dengan latar belakang suasana pedesaan Eropa.

3. Saung Angklung Udjo

Tradisi memang harus menjadi salah satu hal yang dilestarikan oleh kita sebagai penerus bangsa. Di kota Bandung sendiri Anda dapat mengenal alat musik tradisional di Saung Angklung Udjo.

Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Padasuka No. 118 ini cocok bagi Anda dan keluarga untuk mengenal lebih jauh tentang budaya nasional dan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya sendiri agar tetap dapat diwariskan ke generasi penerus selanjutnya.

4. Gunung Tangkuban Perahu

Salah satu destinasi wisata yang menyimpan sejarah ini juga seringkali memikat para wisatawan untuk mendatanginya. Tangkuban Perahu sendiri dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai perahu yang terbalik.

Tempat yang satu ini disebut Gunung Tangkuban Perahu karena bentuk gunungnya yang memang mirip seperti perahu terbalik. Gunung Tangkuban Perahu sendiri sebenarnya memiliki 2 kawah yang terkenal yaitu Kawah Ratu dan Kawah Domas.

Sama seperti pegunungan lainnya suhu di Gunung Tangkuban Perahu juga biasanya bersuhu kurang dari 20 derajat celcius, namun meskipun suhu udaranya dingin kawah di Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki air belerang yang mendidih dan bahkan dapat Anda gunakan untuk merebus telur.

5. Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata yang berada cukup jauh dari pusat kota Bandung ini juga menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati para wisatawan saat berkunjung ke Bandung.

Kawah Putih ini sendiri sebenarnya terbentuk dari letusan Gunung Patuhan yang telah terjadi ratusan tahun yang lalu.

Meskipun tempat wisata yang satu ini merupakan hasil dari letusan gunung namun pemandangan yang disuguhkan sangatlah memanjakan mata dan akan membuat Anda betah berlama-lama disana. Uniknya air di kawah ini juga dapat berubah warna.

6. Sendang Kahuripan

Sendang Kahuripan merupakan salah satu tempat yang asri dan dikelilingi pedesaan. Orang-orang zaman dulu seringkali mengaitkan sendang sebagai tempat mandi bidadari karena keindahan yang disuguhkannya.

Tempat indah yang dapat memanjakan mata Anda ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat liburan untuk menghilangkan penat dari padatnya aktivitas sehari-hari.

7. Air Panas Ciater

Air Panas Ciater menjadi salah satu tempat pemandian air panas yang populer di Bandung. Sumber air panas yang berada di pemandian ini juga tidak lepas dari aktivitas pra vulkanik Gunung Tangkuban Perahu.

Anda dapat menjadikan tempat pemandian air panas ini sebagai tempat berwisata bersama keluarga sembari melepaskan penat dan juga melemaskan otot-otot yang lelah karena aktivitas sehari-hari.

8. Ranca Upas

Tempat wisata yang satu ini juga cocok untuk Anda jadikan pilihan destinasi selama berada di kota Bandung.

Salah satu bumi perkemahan yang populer di Bandung ini akan membuat Anda merasakan sensasi camping di alam terbuka dengan oemandangan yang mengagumkan.

Selain itu Anda juga dapat mengunjungi tempat penangkaran rusa dan berinteraksi secara langsung dengan rusa yang ada di tempat ini.

Tidak hanya itu Ranca Upas juga menyediakan waterboom, tempat pemandian air panas, dan berbagai aktivitas outbond yang seru.

Tidak perlu khawatir, untuk Anda yang suka berfoto tempat yang satu ini juga menyediakan banyak spot foto menarik lho untuk Anda.

9. Puncak Bintang

Meski tempat wisata yang satu ini tidak jauh dari pusat kota Bandung namun keindahan tempatnya tetap tidak kalah dari tempat wisata alam lainnya. Tempat wisata yang satu ini menyajikan keindahan kota Bandung dari atas ketinggian.

Tak heran jika dinamai Puncak Bintang, karena dari tempat ini Anda dapat melihat seluruh penjuru kota Bandung yang pada malam hari terlihat bercahaya seolah melihat bintang-bintang bertaburan.

10. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey memang dikenal dengan berbagai tempat pemandian air panasnya. Namun di Ciwidey Valley Resort ini Anda akan menemukan tempat pemandian air panas yang berkonsep waterpark dengan balon air yang dapat menambah keasyikan selama Anda berenang.

Selain waterparknya tempat yang satu ini juga menyediakan taman unggas dan taman bermain. Ciwidey Valley Resort ini cocok untuk orang tua dan juga anak-anak, karena anak-anak akan senang bermain air, dan orang tua akan merasa relax dengan berendam air panas.

11. Dusun Bambu Lembang

Tidak lengkap rasanya pergi ke Bandung tanpa mengunjungi Dusun Bambu. Salah satu tempat wisata yang menawarkan fasilitas lengkap ini menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Di Dusun Bambu Lembang Anda dapat menemukan beragam permainan dari mulai permainan yang melatih motorik anak, taman bunga, hingga pujasera yang menyediakan berbagai menu termasuk menu khas sunda.

12. Floating Market

Tempat wisata yang satu ini menyajikan udara sejuk khas pegunungan. Mengunjungi Floating Market akan membuat Anda merasakan sensasi wisata yang berbeda karena Anda akan menemukan pasar terapung yang menyediakan banyak makanan yang menggugah selera dan juga berbagai pernak-pernik oleh-oleh.

Tidak hanya itu Anda juga dapat menyewa kostum khas Jepang untuk berfoto di berbagai spot foto yang telah disediakan.

Floating Market juga menyediakan berbagai tempat lainnya seperti waterboom, kebun binatang kecil-kecilan, dan juga taman bunga.

13. Orchid Forest Cikole

Tidak kalah populer dari Dusun Bambu dan Floating Market, Orchid Forest Cikole juga dapat Anda jadikan pilihan untuk berwisata.

Tempat yang menyuguhkan beragam jenis anggrek dengan kesejukan alamnya ini tentunya banyak diminati oleh para wisatawan.

Selain memanjakan mata, Anda juga dapat ber-swafoto di Orchid Forest Cikole ini di beberapa spot foto yang telah disediakan.

14. Situ Cileunca

Keindahan alam kota Bandung memang tidak ada habisnya, Situ Cileunca juga dapat Anda jadikan pilihan destinasi wisata selama berada di Bandung.

Salah satu tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam dengan pemandangan asri memanjakan mata ini juga memiliki spot foto yang cukup populer dan instagramable yaitu jembatan cinta yang seolah membelah situ.

Selain spot fotonya yang menarik Anda juga dapat menemukan fasilitas lain ditempat ini seperti area perkemahan, kebun strawberry, dan juga tempat permainan air.

15. Stone Garden

Stone Garden sendiri sebenarnya merupakan kawasan dataran tinggi dengan bukit-bukit kapur yang menjulang diatasnya.

Namun kealamian bukit kapur inilah yang akhirnya menarik minat para wisatawan untuk berkunjung, selain itu ketika Anda mengunjungi Stone Garden Anda akan merasakan seolah berada kembali ke masa lampau di zaman batu.

Meski terbilang agak ekstrim, namun tempat wisata yang satu ini seringkali digunakan untuk berfoto lho.

16. Museum Geologi Bandung

Belajar memang tidak harus selalu di sekolah. Anda dapat berlibur sembari menambah pengetahuan di Museum Geologi Bandung.

Menariknya museum yang satu ini menyajikan banyak sekali replika-replika seperti replika gunung merapi, fosil, batuan mineral dan banyak replika lainnya.

Anda juga dapat mengetahui lebih jauh mengenai binatang purba yang telah hidup jauh sebelum kita hadir di bumi ini.

17. Observatorium Bosscha

Mengunjungi tempat yang satu ini akan membuat Anda merasa kembali ke zaman era kolonial Belanda.

Di tempat yang dikelilingi oleh kebun teh dan taman-taman cantik ini Anda dapat mengamati bintang lho.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga menyuguhkan Anda pemandangan yang indah dengan udara sejuk.

Namun untuk mengunjungi salah satu tempat legendaris di kota Bandung ini Anda perlu memenuhi segala prosedur dan administrasi yang berlaku.

18. Sanghyang Heuleut

Tempat yang menyajikan danau hijau mempesona ditambah bebatuan yang tersusun secara alami ini tentu akan memanjakan mata.

Keindahan inilah yang akhirnya memikat para wisatawan untuk datang, saking indahnya tak jarang orang-orang menyebutnya sebagai kolam bidadari.

Selain berfoto, bagi Anda yang memiliki nyali tinggi Anda dapat melompat dari salah satu batu di ketinggian lebih dari 5 meter lho.

19. Upside Down World

Nah bagi Anda yang tidak ingin berwisata diluar ruangan dan hanya ingin berfoto-foto indah untuk mempercantik feeds instagram, tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Tempat yang menyajikan banyak spot foto menarik yang unik ini tidak hanya populer di kota Bandung lho, tapi juga dapat Anda temui di Bali dan Yogyakarta.

20. Babakan Siliwangi

Bagi Anda yang ingin berwisata tidak jauh dari pusat kota Bandung tempat yang satu ini dapat Anda jadikan pilihan. Ruang terbuka hijau yang satu ini telah ada sejak zaman Belanda lho.

Bahkan keindahan tempat ini disebut-sebut setara dengan keindahan Central Park, New York. Wah tidak perlu jauh-jauh keluar negeri deh kalau Anda dapat menemukannya di negara sendiri.

21. Trans Studio Bandung

Meski dapat ditemui diberbagai kota lainnya, Trans Studio Bandung tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak sekali diminati para wisatawan.

Banyaknya fasilitas yang ditawarkan tentu membuatnya menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menghabiskan waktu seharian penuh di tempat seluas 4,2 hektar ini.

Selain atraksi dan wahana bagi anak-anak Anda juga dapat menemukan berbagai wahana ekstrim di tempat ini.

22. Masjid Pusdai

Selain berwisata jangan lupa untuk tetap beribadah ya! Masjid yang satu ini menjadi salah satu masjid yang wajib Anda kunjungi selama berada di kota Bandung.

Selain untuk beribadah Anda juga dapat melihat kemegahan arsitektur masjid yang satu ini lho. Jika Anda berkunjung di hari Jum’at Anda akan menemukan pasar kaget yang ada di depan Masjid Pusdai ini.

Kota Bandung memang tidak pernah salah untuk dijadikan tempat berwisata, selain keindahan tempatnya kuliner kota Bandung juga memang selalu berhasil memanjakan lidah para wisatawan.

Selain beberapa tempat wisata yang telah kami catat diatas Anda juga dapat berwisata secara gratis dengan mengunjungi Jalan Braga, Jalan Cihampelas, dan Jalan Asia Afrika lho untuk menikmati keindahan kota Bandung.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung. Semoga liburan Anda menyenangkan. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN