16 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi

Aceh yang merupakan provinsi paling barat di Indonesia dan berada di ujung pulau Sumatera ini menjadi salah satu provinsi yang memiliki status sebagai daerah istimewa lho.

Aceh sendiri dikenal sebagai Serambi Mekkah karena menjadi daerah pertama masuknya agaman Islam di Indonesia dan pada saat itu pula pengaruh agama dan kebudayaan Islam begitu besar bagi masyarakat Aceh.

Tak heran jika sampai saat ini Aceh menjadi satu-satunya provinsi yang menerapkan syariat sesuai dengan ketentuan hukum Islam.

Kuatnya sejarah kemerdekaan dan perkembangan agama di Aceh membuat banyak tempat wisata disini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Tidak hanya keindahan alamnya saja, namun Anda dapat menggali lebih dalam sejarah Indonesia di zaman dulu.

Bagi Anda yang mungkin tertarik untuk berwisata ke Aceh, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata populer yang harus Anda kunjungi selama berada di Aceh:

1. Masjid Raya Baiturrahman

Tempat wisata pertama yang wajib dikunjungi ketika berada di Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid yang sudah ada sejak tahun 1612 ini tentunya menjadi salah satu tempat bersejarah bagi masyarakat Aceh, masjid ini juga bahkan menjadi salah satu tempat berlindung masyarakat saat peristiwa tsunami terjadi

Masjid yang juga menjadi icon di Aceh ini dikelilingi oleh 7 menara dengan bangunan utamanya berwarna putih dengan kubah hitam, selain itu ketika berkunjung ke masjid ini Anda dapat menikmati ketenangan pancuran air yang berada di depan masjid.

2. Taman Gunongan

Taman Gunongan disebut-sebut sebagai Taj Mahal Aceh. Taman yang memiliki bangunan putih nan megah ini terhubung langsung dengan istana yang dikelilingi taman hijau dan juga kolam yang menyejukkan.

Tempat yang satu ini tidak hanya menarik wisatawan lokal lho, karena keindahannya dan cerita dibaliknya Taman Gunongan bahkan seringkali dikunjungi oleh para wisatawan dari Malaysia.

3. Museum Tsunami

Tsunami Aceh pada tahun 2004 memanglah masih terkenang hingga saat ini. Bagaimana ribuan nyawa hilang dan banyaknya bangunan diporak-porandakan oleh tsunami ini.

Peristiwa yang cukup memilukan ini akhirnya diabadikan di Museum Tsunami Aceh. Menariknya tempat yang satu ini akan membuat Anda merasakan sensasi tsunami yang sangat dahsyat itu.

Di lorong yang ada di museum ini Anda akan mendengar suara gemuruh air yang mengingatkan kita tentang datangnya tsunami pada waktu itu, Anda juga dapat melihat ruang kenangan yang berisi foto-foto orang yang menjadi korban, selain itu terdapat juga sumur doa yang dibuat seolah menjadi kuburan masal dan biasanya para wisatawan dianjurkan untuk mengirim doa di tempat ini.

Anda juga dapat menemui lorong cerobong yang didalamnya menggambarkan tentang ketakutan, kebingungan, dan juga ke putus asaan yang dirasakan masyarakat Aceh kala itu.

Di akhir perjalanan Anda di Museum Tsunami Anda akan menemukan jembatan harapan yang berisi 54 bendera negara yang membantu masyarakat Aceh untuk bangkit dari tsunami yang terjadi di tahun 2004.

Menarik bukan? Meskipun mungkin penuh kesedihan, tapi tempat yang satu ini akan membuat Anda merasakan perasaan masyarakat Aceh kala itu.

4. Rumah Cut Nyak Dien

Berwisata sembari mengenal lebih jauh sosok pahlawan tentunya akan membuat kita semakin cinta terhadap tanah air. Di Rumah Cut Nyak Dien ini Anda dapat melihat arsip-arsip perjuangannya untuk mengusir para penjajah.

Sayangnya Rumah Cut Nyak Dien yang ada saat ini bukanlah rumah aslinya melainkan hanya sebuah replika, namun meski begitu Anda akan tetap menemukan banyak sekali hal-hal baru setelah mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

5. Air Terjun Blang Kolam

Air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini menyuguhkan pemandangan yang begitu asri dengan pepohonan yang rimbun dan hutan yang lebat.

Suara burung juga akan menemani wisata Anda menjadi lebih syahdu lho. Selain menikmati keindahan air terjun dan alamnya yang masih asri Anda juga dapat menemukan para penjual makanan dan minuman di tempat ini.

6. Pantai Lampuuk

Salah satu pantai yang begitu indah di Aceh ini juga menyajikan deretan pohon pinus yang membuat suasana pantai menjadi sangat sejuk.

Selain itu Anda juga dapat menikmati keindahan pasir putih dengan air laut yang berwarna biru kehijauan.

Tidak sekadar menikmati keindahannya saja Anda juga dapat merasakan sensasi bermain banana boat dan olahraga air lainnya lho di Pantai Lampuuk.

7. Danau Laut Tawar

Danau yang menyerupai sisa-sisa air laut yang terjebak di daaratan ini disebut-sebut terbentuk karena adanya badai besar yang terjadi ribuan tahun lalu.

Pemandangan sekitar danau yang cukup memanjakan mata dengan adanya barisan pegunungan sangat cocok jika Anda nikmati sambil meminum kopi gayo khas Aceh.

Keindahan danau yang satu ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat ber-swafoto lho karena dianggap instagramable.

8. Tugu Nol Kilometer

Tempat yang satu ini juga menjadi tempat yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Aceh.

Banyak wisatawan yang berfoto di tugu ini sebagai kenangan bahwa mereka pernah berada di titik nol kilometer Indonesia.

Tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat yang cukup iconic di Aceh ini untuk sekadar berfoto mengabadikan momen yang ada.

9. Pulau Keluang

Pulau yang memiliki pemandangan eksotis dan juga romantis ini cocok Anda jadikan tempat wisata bersama orang-orang tersayang.

Pulau yang menyajikan pasir pantai putih dengan bebatuan besar yang tersusun rapi dan dilengkapi pepohonan hijau yang menyejukkan tentunya cocok untuk dijadikan tempat menghilangkan penat.

10. Goa Sarang

Salah satu goa yang memiliki air jernih ini dapat Anda nikmati secara langsung dengan berenang dan mandi di tempat ini lho.

Tempatnya yang seolah pulau privat akan membuat Anda merasa lebih nyaman untuk menikmati keindahannya.

Meski perjalanan menuju goa ini butuh perjuangan namun lelah Anda akan tergantikan begitu menikmati kesejukan airnya yang begitu jernih ini.

11. Ujong Seukee

Ujong Seukee menjadi salah satu tempat wisata yang hits akhir-akhir ini. Di tempat ini biasanya orang-orang memancing sambil menikmati keindahan matahari terbenam yang begitu mempesona.

Warna air kehijauan yang menyimpan banyak sekali ikan ini cocok untuk dijadikan tempat Anda bersantai sambil menikmati keindahan alam Aceh.

12. Air Terjun Pria Laot

Air terjun yang memiliki bentuk unik ini menjadi salah satu air terjun yang cukup istimewa di Aceh. Air terjun bertingkat ini dapat Anda jadikan tempat wisata yang menyenangkan lho.

Anda akan merasakan bagaimana bermain air atau bahkan berenang secara langsung dibawah air terjun. Tidak perlu khawatir Anda juga dapat menemukan banyak sekali warung yang menjajakan makanan di tempat ini.

13. Taman Ratu Safiatuddin

Sebuah taman yang berada di daerah Kuta alam ini cocok bagi Anda yang sedang ingin berfoto dengan pemandangan indh. Di tempat ini Anda dapat melihat rumah tradisional Aceh secara langsung lho.

Di Taman Ratu Safiatuddin ini juga Anda dapat menikmati pertunjukan tari, pameran kuliner, dan banyak lagi hal-hal menarik lainnya yang akan Anda temui di tempat ini.

14. Sungai Pucoek Krueng Raba

Objek wisata yang belum begitu banyak dikenal ini menjadi tempat yang paling kami rekomendasikan untuk Anda.

Tempat yang keasrian alamnya masih terjaga ini akan memberikan pemandangan yang menakjubkan untuk Anda nikmati.

Selain melihat keindahan pemandangannya Anda juga dapat bersantai di pinggir sungai sembari menikmati kuliner khas Aceh.

15. Museum Sejarah Aceh

Tempat wisata yang dapat menambah pengetahuan kita ini menyajikan banyak hal bersejarah dimuali artefak prasejarah dan juga banyak barang-barang peninggalan para penjajah.

Selain itu bangunannya yang berbentuk rumah adat ini juga dapat kamu jadikan spot foto yang begitu menarik lho.

16. Benteng Indra Patra

Benteng Indra Patra merupakan salah satu peninggalan kerajaan Hindu yang menjadi saksi sejarah peradaban Aceh sejak dulu kala.

Anda dapat menikmati indahnya arsitektur khas Hindu yang lengkap dengan stupa. Sayangnya karena sudah terlalu lama bangunan ini mulai rusak.

Tapi tidak usah khawatir kamu tetap bisa menikmati keagungannya meskipun sudah tidak seindah dulu.

Banyaknya tempat wisata bersejarah di Aceh memang memberikan kita pengetahuan baru terlebih tentang cerita di masa lampau.

Demikian artikel rekomendasi tempat wisata di Aceh. Semoga dapat dijadikan pilihan destinasi wisata Anda. Terima kasih.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Video Raffi Ahmad Diduga Senggol Payudara Niena Kirana Viral, Netizen Auto Pasang Badan

Raffi Ahmad turut menghadiri acara ulang tahun Niena Kirana Riskyana yang digelar pada hari Selasa (30/8/2022) kemarin. Dalam unggahan Instagram…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Wonogiri banyak…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Purworejo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menyenangkan dan indah untuk…

15 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi

Meski Jakarta terbagi menjadi beberapa bagian, Jakarta Timur merupakan daerah terpadat lho yang ada di Jakarta. Sebagai daerah terpadat yang…

6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Bagi Pemula

Untuk memiliki sebuah barang yang sedang sangat dibuthkan atau berharga, terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih…

Foto Penampakan Jenazah Brigadir J Sesaat Usai Dieksekusi Ferdy Sambo cs

Komnas HAM menunjukkan foto jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, terkapar di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Foto…

Dua Kali Jadi Janda Tapi Tampangnya Masih Bak ABG, Wulan Guritno Ngaku Kini Fokus Bahagiakan Diri Sendiri: Nggak Perlu Status!

Sosok artis Wulan Guritno selalu berhasil menjadi buah bibir warganet. Pasalnya, apapun yang berkaitan dengan Wulan Guritno tak pernah luput…

‘Masih Bisa Saya Toleransi’ Haji Faisal Santai, Tak Masalah Kalau Fuji Dugem dengan Thariq Halilintar

Haji Faisal ayah Fuji menanggapi gosip tak sedap yang belakangan menimpa putrinya dan Thariq Halilintar. Gosip beredar belakangan menyebut Fuji…