Pengertian Youtube, Fitur, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangan Youtube

Di era millennium saat ini, hampir semua orang tidak asing lagi dengan kata Youtube. Apalagi dengan kemudahan membuat video yang bahkan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone, Youtube semakin populer karena semakin banyak orang yang bisa mengunggah video sendiri untuk ditonton orang lain.

Tidak sedikit orang atau kelompok yang menjadi terkenal karena rajin mengunggah videonya di Youtube, bahkan untuk Indonesia sendiri disebut sebagai rajanya YouTube Asia Tenggara seperti channel YouTube Atta Halilintar, Ria Ricis dan masih banyak lainnya yang mencapai puluhan juta subscriber. Untuk mengetahui lebih jauh apa itu Youtube, yuk simak ulasan kami dibawah ini!

Pengertian YouTube

YouTube adalah situs web yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, menonton, dan berbagi video secara publik. YouTube adalah tempat/sarana terbaik untuk berbagi video dari seluruh dunia mulai dari video pendek, tutorial, vlog, film pendek, trailer film, musik, pendidikan, animasi, hiburan, berita, TV, dan berbagai informasi menarik lainnya.

Pada umumnya konten YouTube kebanyakan diunggah oleh individua tau yang biasa disebut content creator/Youtuber. Dalam perkembangannya, pembuat konten tidak hanya bekerja sendiri, mereka mulai membentuk tim untuk mempercepat proses pengeditan dan pengaturan ulang untuk ide konten berikutnya. Namun begitu, Perusahaan media dan TV juga menggunakan Youtube untuk membagikan video seperti CNN, CNBC, TRANSTV, KOMPAS, serta organisasi dan institusi lainnya.

Selain itu, YouTube juga memberikan ketentuan untuk konten yang bersifat ofensif. Pengguna di bawah usia 18 tahun tidak memiliki izin untuk menonton video yang ofensif tersebut. Hal ini untuk menjaga remaja dan anak-anak agar tidak menonton video sembarangan. Aplikasi YouTube Kids juga tersedia untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun.

YouTube didirikan oleh tiga mantan karyawan PayPal, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Mereka mengembangkan YouTube pada bulan pertama tahun 2005 di mana ide itu muncul ketika mereka kesulitan berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Situs web yang kini berisi miliaran video itu berkembang sangat pesat sejak awal. Pada tahun 2006 di bulan November, bahkan Google membeli Youtube seharga US$1,65 miliar.

Youtube mendapatkan penghasilannya dari iklan yang ditampilkan sebelum video youtube diputar. Iklan tersebut disebut Google AdSense, sebuah program yang menawarkan pembayaran berdasarkan frekuensi pemutaran video.

Fitur di YouTube

Dalam perkembangannya, YouTube terus menghadirkan berbagai fitur menarik agar penggunanya nyaman dan betah menggunakannya. Salah satu fitur baru yang paling mencolok di YouTube saat ini adalah YouTube Stories di mana pengguna dapat membuat cerita. Fitur ini identik dengan Instagram Stories dan Snapchat Stories. Untuk lebih jelasnya, lihat beberapa fitur utama YouTube di bawah ini;

  • Anotasi

Anotasi adalah fitur yang memungkinkan pengunggah video untuk merekomendasikan video lain dalam bentuk tautan atau kotak ke video yang sedang diputar. Fitur ini sangat berguna dan bermanfaat bagi para pengunggah karena video yang direkomendasikan memiliki peluang untuk ditonton. Anotasi terlihat lebih baik saat ditampilkan di akhir video sehingga tidak mengganggu pemirsa saat melihat video.

Namun, anotasi yang ditampilkan secara tidak tepat dan mengganggu penonton akan menjadi masalah. Sebagai penonton, pengguna dapat mematikan fitur anotasi pada setiap video yang mereka tonton. Pengguna dapat memilih ikon pengaturan pada video yang mereka tonton, lalu mematikan fitur Anotasi.

  • Autoplay

Autoplay adalah fitur putar otomatis yang memungkinkan pengguna untuk memutar/menonton video pada rekomendasi selanjutnya. Saat fitur Autoplay aktif, YouTube akan memutar video berikutnya yang disesuaikan dengan minat dan preferensi pengguna. Ini juga ada hubungannya dengan Algoritma YouTube yang super pintar.

Ketika pengguna melihat dan mendengarkan musik di YouTube sampai habis, YouTube akan memutar video musik berikutnya, dengan genre atau penyanyi yang sama. Hal ini juga berlaku untuk menonton video lainnya, baik itu PodCast, Politik, Ekonomi, Teknologi, Gaming, Vlog, dan lain sebagainya. Jika pengguna tidak menyukai fitur ini, pengguna dapat mematikannya melalui menu Settings, kemudian mematikan bagian Autoplay atau melalui sidebar rekomendasi video YouTube.

  • Kecepatan Video

Berikutnya adalah fitur Speed ​​dimana pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk mempercepat atau memperlambat video. Fitur ini sangat membantu pengguna saat menonton video tutorial agar lebih mudah menjelaskan video tersebut. Pengguna bisa mengklik menu Setting, lalu mengatur kecepatan video di bagian “Playback Speed” sesuai keinginan dan kebutuhannya.

Untuk memperlambat video, pemirsa dapat mengaturnya antara 0,25-0,75. Sedangkan untuk mempercepat, penonton bisa mengatur antara 1,25-1,75. Kecepatan normalnya adalah 1. Jika perlu, penonton bisa mengatur kecepatan melalui opsi Costume.

  • Subtitle

YouTube juga menghadirkan fitur subtitle di mana pengguna dapat memahami setiap kata/kalimat yang diucapkan dalam sebuah video. Baik itu video musik, trailer film, tutorial, dokumentasi, hingga percakapan. Fitur ini tentunya akan sangat membantu pemirsa yang tidak mengerti bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Pilihan Subtitle bisa dilihat di menu Setting, lalu pilih Subtitle. Pemirsa dapat memilih subtitle sesuai dengan bahasa yang mereka pahami.

Fitur ini akan ada saat pengunggah menambahkan opsi Subtitle ke video. Selain itu, pemirsa atau kontributor juga dimungkinkan untuk menambahkan subtitle. Dengan adanya kontributor, pilihan bahasa dalam subtitle akan lebih banyak.

  • Download

YouTube juga menyediakan fitur Download untuk smartphone dan tablet sehingga pengguna dapat menonton video secara offline. Fitur ini hanya tersedia di aplikasi YouTube, bukan untuk browser smartphone dan komputer. Pengguna dapat menemukan fitur ini saat menonton video apa pun di YouTube. Kualitas unduhan juga dapat disesuaikan; dari rendah (144p), sedang (360p), dan tinggi (720p). Pengguna juga dapat mengatur unduhan hanya saat terhubung ke WiFi saja.

Namun tidak semua konten dapat diunduh secara gratis, konten musik dan video premium tidak dapat diunduh dan ditonton secara offline. Pengguna harus berlangganan YouTube Premium untuk dapat mengunduh dan menontonnya secara offline.

  • Live Streaming

Live Streaming dikembangkan oleh YouTube pada tahun 2009. Fitur Live Streaming hanya tersedia untuk beberapa mitra YouTube, tidak untuk semua pengguna. Periode ini merupakan periode pengembangan dan pengujian Live Streaming, bekerja sama dengan pihak ketiga. Pada tahun 2017, Live Streaming mulai digunakan secara publik, seiring dengan hadirnya fitur Super Chat agar pengguna dapat saling berkomentar.

  • YouTube Stories

Pada tahun 2018, YouTube juga memperkenalkan YouTube Stories atau istilah lain “YouTube Reels”. Fitur ini sangat identik dengan Instagram Stories dan Snapchat Stories. Fitur ini hanya tersedia untuk YouTuber atau Channel dengan minimal 10.000 subscriber. Adanya fitur ini memungkinkan kreator mengunggah foto dan video dengan durasi maksimal 1 menit, dan menghilang selama 24 jam.

  • YouTube Premium

YouTube Premium (sebelumnya YouTube Red) adalah fitur premium (berbayar) untuk pengguna yang ingin berlangganan. Dengan berlangganan YouTube Premium, pengguna dapat menonton video bebas iklan, mengunduhnya dengan menontonnya secara offline, dan mendapatkan tontonan eksklusif video YouTube originals mulai dari drama, komedi, animasi, dokumentasi, dan lainnya.

Manfaat Youtube

Sebagai sebuah platform, tentunya YouTube memiliki segudang manfaat bagi kita semua. YouTube bukan hanya sekedar media hiburan, YouTube juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis, media pembelajaran, popularitas, dan penghasilan. Untuk lebih jelasnya, simak manfaat YouTube berikut ini;

  • Mencari Penghasilan dari Google Adsense

YouTube adalah salah satu platform terbaik yang dapat memberikan manfaat bagi pengguna dan pembuat konten, sebut saja pembuat konten atau Youtuber. Kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube melalui program Google Adsense. Kamu bisa memulainya dengan membuat Channel YouTube, serta membuat konten yang unik, kreatif, dan menghibur.

Namun, kamu juga perlu membaca syarat dan ketentuan YouTube agar video dapat dimonetisasi. Saluran memiliki persyaratan monetisasi minimum 4.000 jam tayangan dalam 12 bulan dan memiliki 1.000 pelanggan. Selain program Google Adsense, Youtuber juga berkesempatan untuk bekerja sama dengan pihak ketiga, baik itu perusahaan, perorangan, maupun UKM.

  • Hiburan Tanpa Batas

Manfaat lain dari YouTube adalah pengguna bisa mendapatkan hiburan tanpa batas dan dapat mengakses sepuasnya. Berbagai konten seru, menarik, dan menghibur tersedia di YouTube. Pengguna dapat menonton berbagai hiburan seru yang disediakan oleh konten kreator YouTube, mulai dari Drama, Film, Musik, Motivasi, Inspirasi, PodCast, dan lain-lain. Bahkan acara TV juga mulai masuk ke YouTube, mulai dari program Talk Show, sinetron, drama, FTV, dan lain-lain.

  • Sebagai Media Promosi

Media digital memang lebih kuat dari media konvensional. YouTube telah menarik banyak perusahaan kecil dan besar sebagai media promosi termurah dan paling tepat sasaran. YouTube mulai digunakan sebagai media baru dalam branding produk atau citra perusahaan. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh perusahaan, institusi seperti universitas, sekolah, dan organisasi masyarakat juga menggunakan YouTube.

Integrasi dengan Google Adsense juga akan memperkenalkan produk mereka lebih luas dan maksimal. Tak jarang, perusahaan juga mulai bekerja sama dengan para Youtuber untuk meng-endorse produknya.

  • Sebagai Media Pembelajaran Gratis

Selain sebagai media promosi, YouTube adalah platform terbaik untuk mempelajari keterampilan apa pun secara bebas dan gratis. Pengguna bisa belajar banyak hal dari YouTube mulai dari video editing, desain grafis, coding, Internet Marketing, bisnis, memasak, memancing, dan lain-lain. Bahkan pembelajaran sekolah dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi juga sudah mulai masuk YouTube.

  • Sumber Informasi

YouTube adalah sumber informasi utama saat ini. Pengguna dapat menemukan rilis produk teknologi, musik, infotainment, dan hal menarik lainnya langsung dari YouTube. Perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Facebook, SAMSUNG biasanya juga melakukan Live Streaming untuk memperkenalkan produknya. Semua media TV dan perusahaan digital memiliki Saluran YouTube sehingga setiap berita dan informasi harus diperbarui, termasuk berita dan informasi sepeser pun.

Kelebihan dan Kelemahan YouTube

YouTube sebagai platform juga memiliki dampak kelebihan dan kelemahan bagi penggunanya. YouTube seperti media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sejenisnya yang tujuan utamanya adalah membuat pengguna puas dan menonton video dalam waktu yang lama. Untuk itu, simak kelebihan dan kekurangan YouTube berikut ini;

Kelebihan YouTube

  • Menjadi sumber informasi yang lengkap dan up-to-date.
  • Menjadi sumber penghasilan.
  • Media menyalurkan kreativitas tanpa batas.
  • Media promosi terbaik dan tepat sasaran.
  • Media untuk mempelajari keterampilan tertentu secara gratis.

Kekurangan YouTube

  • Banyak konten yang tidak cocok untuk ditonton anak-anak.

Di YouTube banyak sekali konten vulgar yang sangat memungkinkan untuk ditonton oleh anak-anak. Apalagi ketika anak-anak dibebaskan untuk menonton video tanpa pengawasan orang tua, ini akan sangat berbahaya. Meskipun aplikasi YouTube Kids tersedia, siapa yang bisa memastikan semuanya terkontrol dengan baik?

  • Ada banyak berita HOAX yang beredar di YouTube.

Memang benar, banyak sekali fitnah dan buzzer yang suka membuat berita HOAX tanpa sumber yang jelas dan mampu mempengaruhi banyak orang. Ini PR kita semua untuk berhati-hati menggunakan YouTube dan media sosial lainnya.

Beberapa negara memblokir YouTube. Negara-negara seperti China, Iran, Turki, Korea Utara, dan lainnya memblokir YouTube dengan alasan konten tersebut vulgar dan mengandung konten “berbahaya” bagi persatuan dan kedaulatan negara. Meski begitu, beberapa orang di sana menggunakan VPN agar tetap bisa menggunakan YouTube.

  • Mengurangi produktivitas seseorang.

Karena banyaknya hiburan, pengguna bisa kecanduan YouTube. Menonton video YouTube dapat membuang-buang waktu berharga seseorang.

Demikian artikel kami tentang pengertian youtube lengkap dengan fitur, manfaat serta kelebihan dan kekurangan youtube. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai Youtube. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…

Ditagih Utang Oleh Seorang Ibu, Yusuf Mansur Marah: Geblek Bener Sih Lu!

Percakapan dalam sebuah video yang diduga antara seorang Ibu-ibu dengan pengusaha Jamaan Nurchotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur viral di…

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Sudah Operasi Tapi Kondisinya Makin Memburuk , Bintang Sinetron Jin dan Jun ini Meninggal Dunia Usai Sekian Lama Menahan Sakit Luar Biasa

Innalillahi wa innailaihi rojiun, artis senior ini meninggal dunia dengan kondisi yang memilukan. Nama Misye Arsita mungkini memang tak terlalu…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…

Ditendang Keluarga Reino Barack karena Masa Lalunya, Foto Seksi Luna Maya hingga Pakaian Dalamnya Setengah Terlihat Heboh di Sosial Media

Lakukan pemotretan hingga pakaian dalam terlihat, Luna Maya langsung bikin geger warganet. Siapa yang tak mengenal sosok artis cantik Luna…

Lain Dulu Lain Sekarang, Nissa Sabyan Nelangsa Turun Pamor Tak Laku Lagi di TV, Potret Ayus Cs Manggung di Gang Sempit Disorot, Netizen: Karma Shay!

Sabyan Gambus dikabarkan sepi tawaran job manggung di TV selama Ramadhan kemarin. Hal ini banyak dikaitkan dengan kehebohan isu perselingkuhan…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…