Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi dan Contoh WWW

Tentunya di zaman serba online ini, kita sudah sangat sering mendengar istilah WWW. Namun, apakah kita sudah mengetahui pengertian dari WWW itu sendiri? Mungkin bagi kamu yang mengambil jurusan ilmu komputer tentunya familiar dengan istilah WWW.

Nah, agar ilmu terkait WWW bisa sama – sama kita ketahui, yuk simak ulasasn mengenai pengertian WWW menurut ahli, sejarah, fungsi dan contoh WWW berikut!

Pengertian WWW

WWW adalah singkatan dari World Wide Web yang dapat diartikan sebagai ruang informasi yang digunakan oleh pengenal global. Disebut juga sebagai pengenal sumber daya seragam untuk mengidentifikasi sumber daya yang berguna.

WWW juga sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, padahal sebenarnya hanya sebagian dari internet. Maka WWW juga dapat diartikan sebagai nama yang diberikan kepada seluruh bagian internet yang dapat diakses dengan software web browser.

Dengan WWW inilah kita dapat menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. Sering disebut sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator), istilah ini tak lain untuk mengidentifikasi sebuah media jaringan internet.

Pengertian WWW Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan WWW, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli tentang definisi WWW sebagai berikut:

1). MCLeod (Pearson)

Pengertian WWW menurut MCLeod adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana berbagai dokumen hypermedia/file komputer, disimpan kemudian diambil kembali dengan cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.

2). V. Djong

Pengertian WWW menurut V. Djong adalah suatu fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protokol http. Kita sering melihat nama domain ditulis secara lengkap, misalnya www.google.co.id

3). Akbar Kaelola

Pengertian WWW menurut Akbar Kaelola adalah media bagi manusia dalam berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa di internet.

4). Lisa Kuswayatno

Pengertian WWW / World Wide Web menurut Lisa Kuswayatno adalah layanan internet yang menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling terkait.

5). Yuhefizar

Pengertian WWW menurut Yuhefizar adalah suatu cara untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui paladen/browser.

Sejarah dan Perkembangan WWW

Istilah WWW pertama kali dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, pada tahun 1991. Dalam perkembangannya, World Wide Web telah melewati sejarah yang cukup panjang hingga saat ini dengan penjelasannya sebagai berikut:

1). 1989 Tim Berners Lee pertama kali mengungkapkan ide untuk membuat protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi.

2). 1990 Tim Berners Lee selanjutnya menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi dasar dari website. Tak lain adalah HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier) dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

3). 1991 Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (WWW) yang berasal dari kebutuhan untuk mengkompilasi arsip penelitiannya.

4). 1993 dilanjutkan dengan Marc Andersen dan timnya dari NCSA membuat web browser grafis. Dimana web browser grafis ini bernama Mosaic untuk OS X-Windows.

5). 1994 Andersen berkolaborasi dengan Jim Clark untuk membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai browser web.

6). 1995 ada sekitar 300.000 website di internet dimana pada tahun sebelumnya hanya ada 50 website.

7). 2009 Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Foundation, yang bertujuan untuk berbagi web terbuka dengan orang-orang di seluruh dunia.

Fungsi WWW

Fungsi WWW adalah sebagai penyedia data dan informasi yang dibutuhkan untuk digunakan bersama-sama. Ada juga fungsi WWW lainnya, yaitu sebagai informasi global yang menghubungkan pengguna jaringan internet atau lebih dikenal sebagai pengguna ke server dan pengguna lain.

Dalam rangka menyajikan data, dokumen dan juga berbagai macam informasi yang dapat digunakan bersama-sama dengan pengguna lain menggunakan bahasa HTML.

Secara umum, ada empat layanan dan manfaat dari World Wide Web, antara lain:

1). Layanan Surat Web

Layanan surat web digunakan untuk mengirim surat elektronik ke orang lain. Layanan ini bisa didapatkan secara gratis atau berbayar. Misalnya layanan gratis dari Gmail.com, Yahoo.com dan hotmail.com.

Sedangkan email berbayar ini biasanya diperuntukkan dan ditujuan untuk keperluan perusahaan dengan menggunakan domain sendiri.

2). Mesin Pencari

Search engine atau mesin pencari adalah layanan gratis untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Dua mesin pencari yang hingga kini cukup populer adalah Google dan Bing.

3). Hosting Web

Hosting web merupakan tempat untuk menyimpan database dari sebuah website. Sebuah website hanya dapat diakses jika domain website tersebut terhubung dengan web hosting tempat database disimpan.

4). Portal

Portal adalah sebuah layanan di internet dimana terdapat beberapa layanan sekaligus. Seperti email, berita, chat, tanya jawab dimana salah satu portal yang cukup populer adalah Yahoo.com.

Contoh WWW

Pengguna internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah World Wide Web.

Sebagian besar situs web di internet menggunakan WWW di awal nama domain mereka. Berikut adalah beberapa contoh WWW:

  • www.google.com
  • www.yahoo.com
  • www.facebook.com
  • www.twitter.com
  • www.youtube.com

Demikian artikel kami mengenai pengertian WWW menurt ahli, sejarah, fungsi dan contoh WWW.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai WWW. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pengertian Frasa, Karakteristik dan Jenis – Jenis Frasa

Pernahkah kamu mendengar kata frasa? Kata itu mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, walaupun frase sering digunakan…

Suaminya Tiap Hari Minta Jatah, Ashanty Ngaku Jadikan Urusan Ranjang Sebagai Senjata Saat Berdebat dengan Anang Hermansyah

Siapa yang tak kenal dengan pasangan artis Anang Hermansyah dan Ashanty? 9 tahun menikah, rumah tangga Anang Jermansyah dan Ashanty…

Satu Tahun Bolak-Balik Dokter Jiwa Usai Alami Depresi Berat, Presenter Cantik Ini Ingat Pesan Suami Sebelum Meninggal Hingga Ucap Niat Nikah Lagi: Itu Terpatok di Pikiran Aku…

Satu tahun sudah presenter cantik, Intan RJ menyandang status janda pasca ditinggal sang suami meninggal pada Maret 2020 lalu. Kepergian…

Deretan Artis yang Dikaruniai Anak Pertama di Tahun 2021, Ada yang Menanti Selama 10 Tahun

Buah hati merupakan karunia luar biasa bagi para pasangan suami istri yang telah menanti-nantikan kehadiran mereka. Ada yang baru menikah,…

Viral Artis Jadi ‘Piala Bergilir’ Waria dan Tante-tante, Satria Ungkap DM dari Rizky Billar

Suami pedangdut Lesti Kejora, Rizky Billar diterpa isu tak sedap setelah seorang pria bernama Satria Mulia koar-koar ada artia jadi…

Bak Ramalannya Jadi Nyata, Mbak You Ternyata Sudah Ramal Asmara Gisel dan Wijin Bakal Bubar Gegara Masalah Sepele Ini, Apa Tuh?

Baru-baru ini hubungan asmara Wijaya Saputra alias Wijin dengan Gisella Anastasia kembali menjadi sorotan. Bagaimana tidak? Wijin dan Gisel dikabarkan…

Ini Alasan Pedangdut Velline Chu Konsumsi Narkoba, Trauma akibat KDRT

Pedangdut Velline Chu ditangkap akibat penggunaan narkoba. Velline Chu mengaku dirinya terjerumus mengkonsumi barang haram tersebut karena trauma mendalam yang…

Ciyee… Baru Juga Cerai dari Vicky Prasetyo, Kalina Kepergok Suap-suapan dengan Berondong

Kalina Ocktaranny merasa tidak sanggup lagi menjadi istri bagi presenter sekaligus pelawak, Vicky Prasetyo. Memang sejak awal, tak sedikit publik…

Berkali-kali Lakukan Operasi Plastik, Netizen Salfok Lihat Tubuh Krisdayanti Gunakan Pakaian Terbuk: Kok Begitu

Sosok Krisdayanti memang tak ada henti-hentinya menjadi sorotan. Diusianya yang ke-44 tahun, KD sapaan akrab Krisdayanti bahkan masih cantik dan…

Nahloh! Raffi Ahmad Digrebek Karena Narkoba, Nagita Slavina Berani Langsung Pukul Polisi Hingga Menjerit, Ada Apa Nih?

Raffi Ahmad digrebek polisi karena narkoba! Nagita Slavina langsung berani pukul polisinya, padahal lagi makan malam! Lagi-lagi Raffi harus berurusan…